"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Doa Untuk Pengantin Baru : Sesudah Pernikahan Dan Malam Pertama

Doa untuk Pengantin Baru : Setelah Akad Nikah dan Malam Pertama - Manfaat Doa untuk Pengantin Baru Agar Pernikahan Bahagia Dan Sakinah, mawaddah wa rahmah (SAMAWA) - Menikah ialah sebuah bentuk ibadah yang direkomendasikan oleh Allah, karena sejatinya insan sudah Allah ciptakan secara berpasangan. Hukum menikah dalam Islam yaitu termasuk pada kelompok ibadah sunnah. Yang sangat dianjurkan sekali untuk dilakukan sebab Lillah. 

Doa untuk Pengantin Baru


Doa Setelah Akad Nikah

 Manfaat Doa untuk Pengantin Baru Agar Pernikahan Bahagia Dan Sakinah Doa untuk Pengantin Baru : Setelah Akad Nikah dan Malam Pertama

Pernikahan yang bahagia adalah ijab kabul yang diberkahi oleh Allah, sehingga wajib untuk senantiasa memanjatkan do'a agar tercipta kebahagiaan pernikahan yang berkah. Sebagaimana telah kita pahami dalam firman Allah pada surat Al-Najm:45 yang berbunyi mirip berikut:

“Wa annahu khalaqazzauzainidz dzakara wal unsa”

Yang artinya: “Dan sebenarnya Dialah yang membuat berpasang-pasangan antara laki-laki dan perempuan"

Doa Sehabis Membaca Doa Akad untuk Pengantin Baru

 Manfaat Doa untuk Pengantin Baru Agar Pernikahan Bahagia Dan Sakinah Doa untuk Pengantin Baru : Setelah Akad Nikah dan Malam Pertama


Doa Malam Pertama untuk Pengantin Baru

 Manfaat Doa untuk Pengantin Baru Agar Pernikahan Bahagia Dan Sakinah Doa untuk Pengantin Baru : Setelah Akad Nikah dan Malam Pertama


Doa untuk pengantin mempunyai peran penting biar penikahan menjadi berkah dan bahagia. Baginda Rasul, Nabi Muhammad SAW pun bersabda untuk umatnya yang berbunyi: “ Bahwa ada 4 masalah sunnah para Rasul, diantaranya rasa aib, bersiwak, menggunakan parfum, dan menikah" 

Pengertian Dan Doa-Doa Untuk Pengantin Agar Sakinah dan Bahagia

Doa ialah salah satu kegiatan yang dijalankan agar terhindar dari segala jenis malapetaka. Sama mirip doa pengantin yang diucapkan, bertujuan supaya mendapatkam kebahagiaan dan keberkahan atas pernikahannya. Baik untuk pernikahan Anda sendiri maupun untuk mendoakan pernikahan orang lain. Berikut ialah doa yang umum diucapkan oleh maupun untuk mendoakan pengantin lain:

“Baarakallaahu Laka Wa Baaraka ‘Alaika Wa Jama’a Bainakuma Fii Khoir”

Yang artinya:

“Semoga Allah memberi keberkahan padamu, memberi keberkahan atasmu, dan supaya Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan.” (HR.Ahmad dan Hakim)”

Doa diatas mengandung beberapa makna untuk kelancaran ijab kabul sekaligus menjadi keinginan. Layaknya doa yang selalu kita panjatkan sehari-hari, bertujuan agar kita menerima keberkahan dan keridhoan dari Allah SWT sang Maha Pemberi Kasih dan Rezeki. Berikut yaitu makna yang terkandung dalam doa untuk akad nikah diatas:

Harapan Keberkahan Untuk Pengantin

Keberkahan dalam pernikahan meliputi banyak hal. Misalnya saja keberkahan supaya kesehatan,  rezeki menjadi lebih mengalir dan berlimpah. Atau mampu juga agar menimbulkan pengantin menjadi lebih erat dengan Allah SWT. Karena sudah Allah pertemukan jodoh yang menjadikannya lebih bertaqwa. Dengan mengucapkan doa tersebut, semoga keinginan ijab kabul akan dipermudah segala urusannya. 

Harapan Supaya Tercipta Keharmonisan

Harmonisnya keluarga dalam pemikiran Islam yaitu keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah. Atau dengan kata lain peenikahan tersebut terjalin ketulusan, ketenangan dan kasih sayang yang tak terkira. Sehingga tercipta keluarga yang diliputi penuh dengan keceriaan dan kebahagiaan. Oleh sebab itu doa untuk pengantin wajib untuk dipanjatkan. 

Keluarga yang serasi akan langgeng, berlawanan dengan keluarga yang tak harmonis. Meski dilimpahi kelangsungan rezeki berlimpah, jika tak bahagia maka tidak dapat ditentukan pernikahannya akan bertahan lebih lama. Oleh sebab itu landasan sakinah mawaddah dan warohmah menjadi landasan terpenting semoga tercipta keserasian rumah tangga

Harapan Agar Dikaruniai Keturunan Yang Baik

Doa untuk pengantin juga menyiratkan cita-cita biar mendapatkan keturunan yang baik. “wabarakallahulaka ‘alaika" ialah kalimat doa yang tersirat biar mendapatkan keturunan yang bagus. Karena artinya yakni “agar Allah memberikan keturunan belum dewasa yang bagus bagimu".

Lalu dimanakah letak keserasian dalam menemukan keturunan yang baik?. Keberkahan dalam mendapatkan keturunan ialah mempunyai anak-anak yang baik dala pemikiran, nalar sehat dan ibadahnya. Artinya keberkahan kebaikan dapat mengalir terhadap orang bau tanah alasannya adalah anak-anaknya terampil, pandai, senantiasa sehat dan taat terhadap Allah SWT. 

Karena anak merupakan karunia penting yang akan berharga untuk kehidupan di alam baka nanti. Karena doa dari anak yang shalih dan shaliha tak pernah terputus untuk orangtuanya. Untuk itu, memiliki anak yang shalih dan shaliha adalah dambaan siapa saja tua. Agar kehidupan di alam baka nanti menjadi lebih senang, doa untuk pengantin yang memiliki sisipan doa semoga mampu keturunan yang bagus senantiasa dipanjatkan. 

Doa tersebut tak hanya dipanjatkan hanya untuk anak-anaknya, melainkan untuk seluruh keturunannya kelak. Agar mendapatkan keturunan yang didambakan, maka doa pun akan senantiasa dipanjatkan. Karena tidak ada hal baik yang lebih baik dari pada berdoa dan mendoakan.

Anjuran Dan Doa Untuk Pengantin 

Dalam pemikiran Islam semua kegiatan yang mau dikerjakan senantiasa berpegang teguh kepada Al-Qur'an dan hadist. Tak terkecuali dalam menjalani sebuah program sakral seperti akad nikah, doa untuk pengantin wajib diucapkan. Ada beberapa sunnah dan tawaran yang diajarkan oleh Baginda Rosul Nabi Muhammad SAW supaya tercipta keluarga yang sakinah. Berikut yakni anjuran sunnah yang dapat dilaksanakan:

1. Mendoakan Mempelai

Sunnah pertama yang umum dilaksanakan adalah dengan mendoakan pengantin gres saat final mengucapkan ijab qobul. Sunnah ini sudah menjadi acara yang menjadi kebiasan untuk senantiasa dikerjakan. Apabila terlewatkan maka akan terasa ada kelemahan dan kejanggalan pada acara pernikahan tersebut. 

2. Mempelai Melaksanakan Sholat Sunnah 

Sholat sunnah ialah sebuah tauladan yang Rasulallahu ajarkan kepada teman dan umatnya. Sama mirip shalat sunnah dua rakaat yang harus dijalankan oleh kedua mempelai. Seperti yang telah diriwayatkan oleh Abu Said Maula yang ketika dia gres saja menikah. Sahabat Rasulallahu membweikan usulan supaya shalat 2 rakaat dan memanjatkan doa untuk pengantin ketika istri tiba menghampirinya.

3. Memegang Ubun-ubun Sang Istri

Anjuran sunnah memegang ubun-ubun istri yaitu aktivitas yang baiknya dilakukan oleh suami kepada istrinya. Seperti sabda Rasulallahu: “Apabila kau menikahi wanita atau membeli seorang budak maka peganglah ubun-ubunnya lalu bacalah ‘basmalah’ serta doakanlah istrimu. 

Serta ucapkanlah doa untuk pengantin wanitamu dengan doa selaku berikut sambil memegang ubun-ubunnya: “Ya Allah, saya memohon kepadaMu kebaikannya dan kebaikan moral yang beliau bawa. Dan saya berlindung dari kejelekannya juga keburukan etika yang telah beliau bawa“. (HR. Bukhari).”

4. Interaksi Dengan Penuh Kehangatan Dan Kemesraan

Interaksi dengan sarat kemesraan senantiasa Rasulallahu kerjakan terhadap Ummul Mukminin Aisya Ra. Seperti yang diriwayatkan oleh Rasulallohu terhadap Aisyah pada suatu peluang ketika Rasulallahu menerima menu segelas susu. Setelah dia meneguk air susu tersebut, ia menawari Aisya untuk mencicipinya. 

5. Berdoa Sebelum Jima 

Sebagaimana kebiasaan seorang muslim ketika hendak melakukan sebuah kegiatan selalu diawali dengan doa. Begitu pula dikala hendak melaksanakan korelasi intim dimalam pertama. Baiknya awali dengan doa untuk pengantin agar terhindar dari godaan syaitan, dan menerima keberkahan untuk keturunannya. Doa tersebut yakni selaku berikut: “Bismillaah. Allaahumma jannibnasy-syaithoona wa jannibisy-syaithoona maa rozaqtanaa.”

Yang artinya: Dengan nama Allah. Ya Allah, jauhkan kami dari setan, dan jauhkan setan untuk mengganggu apa yang Engkau rezekikan kepada kami (HR. Al-Bukhari 6/141 dan Muslim 2/1028 dari teman Abdullah bin Abbas ra.)

Hadist diatas menyebutkan bahwa apabila Allah menawarkan karunia anak, maka syaitan tidak akan mampu mencelakakan anak tersebut. Dengan kata lain, syaitan tidak akan bisa merasuki anak tersebut, seperti yang sudah dinukilkan dari Al minhaj. Karena doa untuk pengantin salah satunya yakni menharapkan dukungan dari Allah untuk keturunannya. 

6. Sunnah Menabuh Rebana Pada Acara Pernikahan

Bukan tanpa alasan,engapa rebana ditabuh pada program pernikahan. Melainkan ada faedah yang tersirat dalam penabuhan rebana untuk pengantin. Manfaat tersebut diantaranya untuk memperlihatkan suatu pengumuman acara akad nikah dan juga agar mampu memperlihatkan hiburan untuk pengantin. 

Ada beberapa hadist yang menyatakan bahwa menabuh rebana ialah sunnah yang dapat dilaksanakan pada acara akad nikah. Diantaranya yaitu ada hadist dari Muhammad bin Hathib. Yang Menyebutkan bahwa perbedaan dari sebuah kasus halal dan haram dalam suatu pesta akad nikah terdapat padarebana dan nyanyiannya. Menabuh rebana selain untuk hiburan tapi tersirat syair doa untuk pengantin yang dipanjatkan. 

Anjuran Dan Doa Untuk Pengantin Dari Tamu Undangan

Sebagai tamu undangan sekalipun tetap untuk mengamati beberapa anjuran ketika menghadiri program walimah akad nikah. Oleh karena itu patuhilah anjuran tersebut biar mendapatkan keberkahan dari acara akad nikah tersebut. Dan berikut yaitu beberapa anjurang yang mesti dilakukan oleh tamu permintaan:

1. Memenuhi Undangan Pernikahan

Anjuran menyanggupi usul ialah hal yang menjadi wajib ketika dipanggil dalam sebuah program walimah nikah. Kewajiban untuk hadirpun berlaku bagi mereka yang pada saat itu sedang melaksanakan ibadah puasa. Sebagai tanda bahwa memenuhin sebuah permintaan yakni wajib, terdapat dalam beberapa hadist yang disabdakan oleh Rasulallahu. Salah satu isi doa untuk pengantin dapat berbentukbanyaknya tamu yang mau hadir. 

2. Doakan Yang Punya Hajat Setelah Selesai Makan

Mendoakan yang sedang memiliki hajat ialah salah satu proposal bagi yang diundang dam walimah nikah. Selain menjadi sebuah anjuran Untuk menawarkan suatu doa, namun juga merupakan suatu bentuk rasa syukur. Dan juga sebagai terimakasih terhadap orang ya sudah memanggil. 

3. Mendoakan Kedua Mempelai

Ada berbagai jenis doa untuk dipamjatkan oleh tamu ajakan untuk diberikan terhadap kedua pengantin. Doa untuk pengantin disini dipanjatkan biar pengantin menerima keberkahan pada waktu sempit dan bahagia. Dan berharap agar pengantin memang dipersatukan oleh Allah dalam suatu kebaikan. 

4. Rekomendasi Ucapan Dan Doa Untuk Pengantin

Tak hanya menunjukkan sebuah kalimat selamat atas akad nikah, tetapi menyiratkan sebuah doa untuk kebahagiaan dan kebeekahan untukpernikahannya. Ada aneka macam opsi ucapan selamat menempuh hidup baru untuk pengantin. Berikut ialah beberapa acuan kalimat ucapan selamat sebagai doa untuk pengantin:

5. Ucapan Selamat Hari Penikahan Islami

Allah ciptakan manusia berpasang-pasangan. Mulai zamannya Nabi Adam Hingga akhir dunia dan ditiupnya sangkakala. Itulah takdir, agar dengan jalan ini kalian akan menjadi manusia yang lebih taat kepada Allah SWT. dibukakan segala pintu keberkahan dan kebaikan untukmu dan keluargamu. Doa untuk pengantin ini akan membawamu mengarungi samudera kebahagian.

Pernikahan merupakan langkah baru dalam menciptakan dunia gres. Dunia dimana kamu akan mengembangkan dan berdampingan dengan pasangan setiap harinya. Semoga akad nikah ini memberikan keberkahan sampai maut. Dan agar disetiap kesulitan Allah selalu berikan isyarat jalan. 

Sahabat, supaya ikatan cinta kalian menawarkan keberkahan dan kebahagiaan berlapis dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Semoga kalian dianugerahi keturunan yang shalih dan shaliha. Sehingga menciptakan kebahagiaan yang kalian rasakan akan menjadi terasa lebih tepat. Semoga doa untuk pengantin yang terucap Allah kabulkan untuk keberkahan hidupmu. 

6. Ucapan Selamat Hari Pernikahan Puitis

Pernikahan bukanlah hal yang mudah, selamat atas pernikahanmu. Selamat telah mendapatkan tulang rusukmu yang hilang. Selamat atas kebahagiaanmu, agar kebahagiaan ini menjadi keberkahan. Sehingga tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah yang senantiasa diberkahi oleh Allah SWT. 

Tawamu, tangismu, doamu sekarang sudah menjadi positif. Permintaanmu supaya segera mendapatkan pasangan halal telah Allah kabulkan. Semoga tak akan ada lagi kesepian dan tangis yang mau menghantuimu. Hanya akan ada kemesraan, kehangatan dan kebahagiaan bersama pasangan hidupmu. Selamat menempuh hidup baru. Aku panjatkan doa untuk pengantin gres ini semoga selalu dalam kedamaian dan kebahagiaan. 

7. Ucapan Selamat Hari Pernikahan Lucu

Ciee...  sekarang telah bebas dari hukuman kejomblowan yang selama ini menjadi titel abadimu. Selamat atas pernikahanmu, sayang. Semoga pasanganmu tidak akan menjadi patung yang selalu dibuat terkejut oleh tingkahmu, ketika merasa lapar diwaktu tengah malam. Jaga diri dan tetap jaga keselarasan dengan pasanganmu yaa. 

8. Ucapan Selamat Hari Pernikahan Unik

Tidak ada lagi kalimat doa untuk pengantin yang ingin aku ucapkan kepadamu, kawan. Selain menyampaikan bahwa kamu jahat, telah mendahuluiku menikah dengan pujaan hatinya. Kamu, membuat hatiku merasa sungguh senang tak terkira. Karena sekarang kesannya akan ada yang menggantikanku untuk menemanimu sekedar makan mie rebus dimalam hari. Selamat menempuh hidup baru. 

9. Ucapan Selamat Hari Pernikahan Dalam Bahasa Inggris

Congrate on the marriage, may you forever find enjoy in each other eyes. Hoping you have a beautiful endless love story. Today you start this new journey in new life. Here’s to making dream came of life and here's to one of my all time favorite couple. Happy wedding, wish the joy you feel today last alifetime. 

Keutamaan Doa untuk Pengantin

Ketika doa untuk pengantin telah terucap, artinya semua impian tersirat didalamnya. Berharap kedua mempelai akan rukun, bahagia dan mesra mungkin menjadi harapan pertama. Namun ada pula yang mendoakan agar segera diberikan keturunan, yang menjadi doa khususnya. 

Terlebih orang-orang tercinta disekitar, pastinya mereka menghendaki atas kelangsungan kehidupan pernikahan, kelancaran rezeki dan dijauhkan dari segala macam kesialan dari segala dilema yang datang. Berharap supaya pengantin mampu lewat segala macam watu, kerikil bahkan gunung dilema yang hendak dihadapinya kelak. 

Tak cuma menciptakan atau memohon suatu impian, doa untuk pengantin pun merupakan satu bentuk ibadah. Ibadah yang kita panjatkan sebab Allah, sehingga doa baik yang terucap akan kembali dan datang terhadap yang mendoakan. Berikut yaitu keistimewaan doa yang dipanjatkan untuk pengantin:

Doa yang diucapkan oleh tamu permintaan terhadap pengantin adalah ibadah. Nilai ibadah yang terkandung tak ternilai jumlahnya. Karena mendoakan pengantin artinya turut mengharapkan keduanya salaing menjaga, saling rukun, saling berpegang teguh pada ikatan pernikahan dan akan senantiasa saling mencintai satu sama lain. 

Mengucapkan doa untuk pengantin artinya turut serta membekali pengantin dengan bermacam-macam impian. Dan mengirimkan mereka berlabuh mengarungi samudera kehidupan baru didepan mata. Yang akan dilengkapi dengan segala macam rasa senang, bahkan mungkin beragam dilema yang mau tiba menghampirinya. Karena menikah tak cuma sehari saja, melainkan janji suci untuk selamanya.

Tak hanya tamu undangan saja yang mengucapkan doa, melainkan pasangan pengantin pun wajib berdoa biar pernikahannya berkah. Selain bermaksud supaya mampu mengembangkan ketakwaan, juga berharap Allah akan meridhoi segala bentuk permohonan yang diucapkan oleh kedua pasangan pengantin. 

Tips Merawat Keharmonisan Pernikahan

Dalam pedoman Islam, kerharmonisan ijab kabul akan menciptakan keturunan yang shalih dan shaliha. Semua pasangan yang menikah pastinya menghendaki keserasian senantiasa terjaga dalam rumah tangganya. Doa untuk pengantin sudah menyiratkan impian agar menerima keluarga yang serasi. Dalam Al Alquran disebutkan bahwa kebahagian dan keserasian dalam ijab kabul yaitu nikmat yang agung. 

Nah, Setelah mengetahui apa arti, faedah, keutamaan, dan makna dari doa untuk pengantin yang dipanjatkan. Saatnya Anda mengetahui beberapa tips semoga keharmonisan akad nikah tetap tersadar. Berikut yaitu beberapa tips merawat keharmonisan pernikahan supaya selalu dalam kedamaian dan kebahagiaan:

1. Selalu Melihat Pasangan Setara

Tips pertama dalam mempertahankan keselarasan pengantin ialah dengan senantiasa menyaksikan pasangan setara. Karena mengarungi perjalanan akad nikah ialah seumur hidup lamanya. Untuk itu penting sekali mencicipi segala rasa kehidupan rumah tangga bareng . Seperti doa untuk pengantin yang diucapkan oleh orang bau tanah, para tamu undangan dan keluarga tercinta. Berharap pasangan gres menikah mampu menjaga keharmonisan pernikahannya. 

Tidak perlu adanya pembatas bahwa suamilah yang mempunyai derajat paling tinggi dalam rumah tangga. Melainkan harus saling menghargai, alasannya adalah Allah membuat keunggulan dan kekurangan pada kedua pasangan. Dengan tujuan pasangan tersebut mampu membekali diri biar dapat bertanggung jawab untuk keluarganya. 

Karena dalam Al Alquran Allah menyebutkan kesetaraan derajat yang diemban oleh suami dan istri. Dalam firmanNya Allah tidak membedakan istilah untuk istri dan suami, melainkan menerima istilah “zauj” untuk keduanya. Meski nyatanya arti zauj adalah untuk laki-laki dan zaujiah yaitu untuk wanita. Untuk itu, dalam ikatan pernikahan tidak ada pembatas antara keduanya. Seperti impian doa untuk pengantin yang berharap pasangan akan rukun.

2. Selalu Menambah Semangat Beribadah Kepada Allah

Tips merawat akad nikah biar tetap serasi yang kedua yakni dapat selalu memperbesar semanagat untuk beribadah terhadap Allah. Hal ini menjadi penting dalam suatu ijab kabul, karena kasih sayang dalam ijab kabul ialah nikmat agung yang Allah berikan terhadap suami dan istri. 

Hanya Allah yang memiliki sifat Muqollibal Qulub (Dzat Yang Maha Membolak-balik hati). Ketika sebelum saling terikat, suami-istri tidak dapat mencicipi cinta yang sangat dalam. Karenanya Allah pertemukan dengan suami/istrinya biar mampu saling menyayangi. Doa untuk pengantin gres yaitu agar saling terjaga dari dosa kepada suami atau istri. 

Karena kalau Allah menjadi murka terhadap dosa yang telah diperbuat, Allah akan memisahkan keduanya. Sehingga hancur telah ikatan cinta antara keduanya. Oleh alasannya itu, jaga selalu ikatan cinta suami,istri biar senantiasa tetap berada dikoridor keimanan. Sehingga kedua pasangan pengantin mampu menikmati indahnya beribadah dalam sebuah akad nikah. 

3. Berdoa Agar Pasangan Menjadi Penyejuk Hati

Tips ketiga dalam merawat keselarasan rumah tangga yakni dengan senantiasa berdoa biar pasangan menjadi penyejuk hati. Bahkan mereka yang bertakwa senantiasa berdoa supaya mendapatkan pasangan dan keturunan selaku penyejuk hati. Doa untuk pengantin gar selalu bertakwa merupakan salah satu doa yang menyiratkan supaya pasangan pengantin tersebut dapat berbuat kepada pasangannya baik itu dengan perkataan maupun tindakan.

4. Berdoa Agar Mendapatkan Kebahagiaan Di Dunia Dan alam baka

Tips yang keempat yaitu senantiasa berdoa biar dapat senang di dunia maupun diakhirat bersama pasangannya. Oleh sebab itu, hendaknya suami selalu mengajak istri dan anaknya agar mampu berdoa bersama untuk menerima kebahagiaan hakiki di dunia dan di darul baka kelak. Karena kebahagiaan hakiki adalah dengan mampu merasakan kebahagiaan sampai syurganya Allah.

Mempunyai rumahtangga yang harmonis yakni doa untuk pengantin dan dambaan siapa pun. Untuk membuat hal tersebut yakni dengan selalu berusaha menjadi yang terbaik. Bila perlu kerjakan beberapa tips diatas. Karena keselarasan rumah tangga tak hanya dirasakan oleh suami dn istri saja. Melainkan akan membuat anak yang dapat hidup dengan tenteram. 

Anak yang hidupnya nyaman dan penuh keselarasan akan menjadi anak yang shalih dan shaliha. Menjadi dambaan siapa pun bau tanah yang berdoa biar menerima keturunan yang shalih dan shaliha. Untuk itu penting sekali menjada keserasian rumah tangga akan tidak menciptakan pribadi anak yang kurang baik. 

Baca Juga : Makna dari Kata Bismillah lengkap dengan Penjelasannya secara Detail

Penutup

Itulah tadi klarifikasi singkat perihal doa untuk pengantin yang Anda simak dalam artikel ini. Semoga sehabis membaca artikel ini, Anda menjadi lebih mengerti lagi pentingnya doa untuk dipanjatkan dan pentingnya menciptakan dan menjaga keselarasan rumah tangga. 

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar