Instal Xsplit Vcam dan OBS Untuk Membuat Virtual Studio Google Meet

Panduan langkah demi langkah ini akan membantu Anda dalam mengunduh dan menginstal XSplit VCam di windows 10 dan juga OBS Studio serta Pluginnya.
BAHYUDINNOR.COM Sebelumnya saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke kesini. Pada kesempatan ini saya akan memberikan panduan bagaimana menginstal Xsplit Vcam dan OBS untuk membuat Virtual Studio dari berbagai Platform seperti Zoom, HangoutGoogle Meet dan sejenisnya.

Panduan langkah demi langkah ini akan membantu Anda dalam mengunduh dan menginstal XSplit VCam di windows 10 dan juga OBS Studio serta Pluginnya.

Bagaimana cara mengunduh dan menginstal XSplit VCam di Windows 10?

Panduan langkah demi langkah ini akan membantu Anda dalam mengunduh dan menginstal XSplit VCam di windows 10.
1. Pertama-tama, unduh XSplit VCam versi yang terbaru dari Xsplit.com. Anda dapat menemukan semua opsi unduhan yang tersedia untuk PC dan laptop Anda di halaman unduhan tersebut.


2. Kemudian, pilih penginstal yang sesuai (64 bit, atau 32 bit ) dan simpan ke perangkat Anda.
Setelah itu, mulailah proses instalasi dengan klik dua kali pada penginstal pengaturan yang diunduh.

3. Sekarang, layar akan muncul meminta Anda untuk mengkonfirmasi instalasi. Klik "Yes".

4. Terakhir, ikuti instruksi yang diberikan oleh penginstal hingga Anda melihat konfirmasi bahwa penginstalan berhasil. Proses Instal cukup mudah hanya dengan klik Next > Next > dst. Biasanya, tombol Selesai dan pesan "penginstalan selesai dengan sukses".

Bagaimana cara menjadikan XSplit VCam sebagai aplikasi WebCam default untuk Windows 10?

1. Buka Start Menu Windows 10 yang ada di pojok kiri paling bawah dan Ketik, selanjutnya ketik dan klik Xsplit Vcam nya.

2. Pertama kali membuka aplikasi akan ada konfigurasi otomatis untuk mendeteksi hardware pada perangkat anda.

3. Ketika aplikasi Sxplit Vcam sudah terbuka klik Skip login (1) selanjutnya Anda bisa atur kamera webcam yang dipakai (2) dan Background layar anda (3) dari daftar.

Cara Menginstal Perangkat Lunak Streaming OBS di Windows

OBS, atau Open Broadcaster Software, adalah paket perangkat lunak sumber terbuka gratis (Opensource) yang memungkinkan Anda merekam atau mengalirkan apa yang ditampilkan di layar komputer Anda, serta sumber lainnya. Anda juga dapat melakukan streaming ke layanan seperti YouTube, Facebook atau Twitch, dll serta dapat merekam dalam berbagai format berbeda untuk diedit nanti atau dipublikasikan ke situs web berbagi video.

Instal OBS Studio untuk Windows

Pastikan sebelum menginstal OBS wajib instal Visual C++, karena OBS Studio memerlukan beberapa file tambahan (Visual C ++ 2017 Redistributables) apabila di perangkat komputer anda belum terinstal.

1. Untuk Download dan Instal Visual C++ klik disini dan ikuti instruksi nya disana. Apabila langkah pertama sudah dilakukan lanjut tahap 2.

2. Buka browser pilihan Anda, dan kunjungi beranda OBS Studio klik di sini. Pilih Windows dari halaman beranda untuk download.

3. Buka file yang diunduh setelah selesai.

4. Windows akan meminta izin untuk menjalankan penginstal. Pilih Yes.

5. Penginstal OBS Studio akan menampilkan layar selamat datang. Pilih Next (1) Selanjutnya bacalah Perjanjian Lisensi ditampilkan. Baca Perjanjian dengan cermat, setelah Anda memahami dan setuju, pilih I agree (2). Kemudian Anda akan ditanya di mana Anda ingin menginstal OBS. Lokasi default dapat diterima, pilih Next (3). Selanjutnya Anda akan ditanya lagi apakah Anda ingin memasang komponen tambahan. Dalam kebanyakan kasus, aman untuk membiarkannya kosong. Pilih Instal (4)

6. Jika Instalasi selesai. Untuk saat ini, hapus centang Launch OBS Studio, lalu pilih Finish .
Ikon baru akan muncul di Desktop untuk OBS Studio sehingga Anda dapat meluncurkan program nanti dengan mudah.

7. Selanjutnya anda buka aplikasi OBS melalui desktop dan OBS siap digunakan.

Di postingan selanjutnya akan saya sampaikan bagaiman cara menghubungkan Xsplit Vcam dengan OBS Studio.

Install Virtual Cam

Setelah OBS Studio terinstal di Perangkat Komputer anda adalah menginstal OBS Virtual Cam. OBS Virtualcam memiliki dua metode utama untuk mengeluarkan video dari OBS. Yang pertama adalah keluaran Pratinjau, yang diaktifkan dari menu Alat. Keluaran ini akan memberikan apa yang Anda lihat di Pratinjau di OBS, termasuk perubahan atau pemandangan apa pun yang mungkin Anda tuju. Ini adalah metode yang paling umum, dan mungkin yang ingin Anda gunakan.
Untuk download dan instal OBS Virtual Cam silahkan kunjungi disitu resminya di sini.


Setelah terdownload, selanjutnya Lakukan Instalasi seperti biasa ya.

Terus ikuti Postingan Blog ini ya dengan cara klik di sini.

Catatan
Tutorial ini di ambil dari beberapa sumber (https://www.support.com/ dan https://files10.com/ yang ditranslate kedalama bahasa Indonesia. Jika ada yang tidak berkanan dengan tulisan ini bisa hubungi kami.