"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Pengertian Artikel, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur Dan Contoh Artikel

Pengertian Artikel, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur Dan Contoh Artikel

Pengertian Artikel, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur dan Contoh yaitu -  Halo sobat semua, untuk pembahasan kali ini kami akan menjajal untuk mengulas sebuah artikel yang dimana dalam hal ini meliputi diantaranya pemahaman, ciri, tujuan, manfaat, jenis, struktur dan contoh, nah agar kalian lebih mampu mengerti dan memahami apa itu postingan yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Artikel

untuk pembahasan kali ini kami akan mencoba untuk mengulas sebuah artikel yang dimana dal Artikel adalah : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur dan Contoh

Artikel adalah sebuah karangan konkret secara lengkap yang memiliki panjang tertentu sengaja dibentuk untuk dipublikasikan (lewat media online, koran, majalah, buletin, dlsb.) dengan tujuan memberikan gagasan dan fakta yang mampu meyakinkan publik, mendidik, dan juga menghibur.

Ciri-Ciri Artikel

Adapun ciri-ciri sebuah artikel yang perlu kita ketahui diantaranya yaitu:

  • Isi tulisannya didasari oleh sebuah fakta bukan sekedar mitos saja yang belum terjamin dengan kebenarannya.
  • Sifatnya faktual dan informative, dengan mengungkapkan sebuah informasi yang berdasarkan hasil-hasil dari observasi yang sudah dikerjakan dan juga dapat dipertanggung jawabkan akan kebenarannya.
  • Artikle ilmiah juga memiliki sebuah opini atau suatu analisa ajaran-anutan si penulis, akan namun, adapun anutan itu dikuatkan atau didasari oleh data valid berupa hasil dari observasi sebelumnya, teori, maupun suatu fakta yang ditulis ke dalam postingan.
  • Menggunakan sebuah sistem penulisan yang sistematis, dengan tujuan adalah biar semua berita yang ada di dalam postingan itu mampu diterima oleh masyarakat luas.
  • Menggunakan ragam bahasa yang baku dan resmi, hal ini dikarenakan dengan menggunakan sebuah bahasa yang resmi bercirikan lugas, efektif, logis dan denotatif akan menciptakan bahasa artikel ilmiah itu terasa padat dan berisi.

Tujuan Artikel

Tujuan dari penulisan postingan ilmiah yang dimaksudkan bukan untuk memenuhi peran yang diberikan oleh seseorang, namun ini lebih mengarah pada apa yang ingin dicapai dalam sebuah penulisan postingan imiah tersebut, lebih tepatnya tujuan dalam penulisan artikel ilmiah.

Didalam paragrafnya mendeskripsikan cara menguraikan atau ada bahasan pokok duduk perkara yang sudah diputuskan dan diteliti oleh penulis.

Mendeskripsikan sebuah pembatasan ruang lingkup dari artikel ilmiah tersebut.

Manfaat Artikel

Manfaat dari menulis postingan ilmiah yakni sebagai berikut:

  • Sebagai sarana untuk menyampaikan sebuah ilham dari dengan menulis dan dalam mengembangkan daya khayalan serta kreatifitas.
  • Lebih berpikir sistematis serta berbahasa secara baik, tertib dan teratur.
  • Dapat memahami tujuan dari menulis yang nantinya akan mampu menguasai kompetensi menulis itu sendiri yang harus diraih.
  • Sebagai sarana publikasi dari hasil pemikiran secara kegiatan ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Memberi pengaruh akademis bagi para pembaca.

Jenis-Jenis Artikel

Adapun untuk jenis-jenis postingan diantaranya yaitu:

1. Narasi

Secara sederhananya, narasi ini diketahui sebagai postingan kisah, umumnya pada narasi terdapat kejadian atau peristiwa dalam satu runtutan seperti urutan waktu, kawasan peristiwa, ada pula tokoh yang menghadapi suatu pertentangan. Makara narasi dapat berisi fakta atau fiksi.

2. Deskripsi

Artikel yaitu suatu karangan yang berisi sebuah citra tentang hal-hal atau sebuah kondisi sehingga si pembaca seperti mencicipi, mendengar, menyaksikan keadaan yang sesungguhnya dari hal tersebut.

3. Argumentasi

Artikel jenis karangan ini bermaksud untuk pertanda adanya kebenaran dari sebuah pertimbangan atau kesimpulan dengan data atau fakta yang bantu-membantu selaku argumentasi atau bukti. Dalam suatu argumentasi maka pengarang ini menginginkan adanya pembenaran pendapatnya dari para pembaca, adanya suatu bagian opini dan data, juga ada fakta atau sebuah alasan selaku penyokong dari suatu opini tersebut.

4. Persuasi

Jenis karangan ini bermaksud untuk mensugesti para pembaca untuk berbuat sesuatu, di dalam persuasi biasanya pengarang mengharapkan adanya perilaku motorik berupa tindakan yang dijalankan oleh pembaca sesuai dengan yang diusulkan penulis dalam karangannya tersebut.

Struktur Artikel

Berikut ini ada beberapa struktur artikel, selaku berikut:

1. Pembuka (lead)

Pembuka yakni alinea pertama yang ada pada permulaan suatu postingan. Terdiri atas intro, prolog, lead, atau teras yang pada umumnya disebut dengan pembuka. Bagian kepala postingan ini berisi uraian nyata yang sangat penting untuk dijadikan pijakan pada sebuah pembahasan artikel berikutnya.

Bagian pembuka ini biasanya berisi uraian peristiwa, rangkaian kejadian, pernyataan, kutipan kata bernyali dan sebagainya. Jika pembaca jeli dalam menguraikan insiden atau pernyataan yang hendak di tuangkan di dalam artikel, tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

2. Leher

Pada bab ini lalu disambungkan teras dengan suatu isi bahan yang mau disajikan di dalam postingan. Bagian ini sering disebut dengan jembatan atau pengait. Isi bab dari leher postingan ini biasanya menyampaikan pernyataan atau sebuah uraian yang mengungkapkan suatu persoalan. Lebih jelasnya, pada bab ini menghubungkan antara bagian kepala dengan perut postingan yang sudah persiapkan.

3. Isi/tubuh

Bagian dari isi artikel ialah sebuah bab yang paling penting dalam proses penulisan suatu artikel, alasannya pada bagian inilah segala masalah biasanya dituangkan. Pada bab ini berupa suatu uraian eksplanasi. Caranya yakni dengan mengungkapkan sebuah urusan yang ingin dikupas. Usahakan dalam hal ini tetap terjaga fokusnya, jangan hingga kalian keluar dari konsentrasi persoalan.

4. Alinea epilog

Pada bab tamat dari suatu postingan biasa disebut antiklimaks, kaki, atau ending dari sebuah postingan itu sendiri. Pada bab ini umumnya berisi kalimat kunci yang merangkum suatu pembahasan kedalam bentuk kesimpulan yang ringkas dan jelas.

Dalam membuat ending yang baik, sahabat mesti mengaitkan kembali bagian teras, prolog, isi, dan bahan postingan secara runtut biar nantinya mampu tercapai suatu kesatuan yang utuh. Perlu di ingat! jangan mengakhiri penulisan postingan itu dengan kesimpulan yang bernada normatif, umum, atau serasa menggurui.

Contoh Artikel

Pernahkah teman mengajukan pertanyaan-tanya apa penyebab Channel Youtube itu sepi penonton sedangkan keadaan Channelnya telah cukup kaya konten?

Padahal teman sudah rajin mengupload video secara teratur, tetapi tidak acuh betapa keras sahabat melakukannya, view Channel tidak kunjung menunjukkan suatu peningkatan.

Youtuber veteran mungkin mampu bersikap damai dalam menghadapi view yang stagnan dan tahu apa yang harus dilaksanakan untuk menciptakan perubhannya. Namun bagi pemula atau mereka yang belum tahu, kerap kali situasi tersebut malahan menciptakan frustrasi dan down dalam mengupload video.

Penutup

Nah, demikianlah pembahasan perihal Pengertian Artikel, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis, Struktur dan Contohnya. Semoga dengan adanya ulasan tersebut diatas dapat memperbesar wawasan dan pengetahuan kita semua, terima kasih sudah membaca postingan ini sampai jumpa lagi pada ulasan artikel yang yang lain.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar