"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Rumus Cara Menjumlah Volume Kotak Dan Balok

Rumus Cara Menghitung Volume Kotak dan Balok - Halo sahabat, berjumpa kembali di hari ini, supaya kondisi kalian juga baik-baik saja ya. Kotak ialah suatu berdiri ruang yang bentuknya mempunyai tiga dimensi yang mana mempunyai 12 rusuk dan 6 bidang permukaan dengan masing-masing bidangnya berbentuk bujursangkar atau sebuah persegi panjang.

Rumus Volume Kotak dan Balok

Rumus Cara Menghitung Volume Kotak dan Balok  Rumus Cara Menghitung Volume Kotak dan Balok

Jadi, sebuah kotak itu memiliki 12 rusuk. Adapun untuk masing masing rusuknya dapat dianggap sebagai rusuk lebar, panjang dan rusuk tinggi yang mana bergantung pada sudut pandang si pengamat. Disini ada 4 rusuk yang sama panjang yang mana mampu juga disebut dengan rusuk panjang dan ada 4 rusuk yang sama panjang dan dapat disebut dengan rusuk lebar, dan ada 4 rusuk yang sama panjang dan dapat disebut rusuk tinggi. Jika ke 12 rusuk pada sebuah kotak ini memiliki panjang yang serupa, maka kotak tersebut bisa disebut sebagai kubus. Kubus yaitu bentuknya kotak yang mana ini istimewa karena semua rusuk kubus itu sama panjang dan semua bidangnya juga berupa bujursangkar.

Rumus Menghitung Volume Sebuah Kotak

Adapun untuk mengkalkulasikan volume atau isi dari sebuah kotak, maka sobat mesti mengenali dimensi panjang, lebar, dan juga tinggi dari kotak tersebut. Adapun untuk rumus menghitung volume kotak yakni sebagai berikut:

Volume = panjang x lebar x tinggi

Rumus ini juga acap kali ditulis secara singkat yaitu; V = P x L x T. Perlu sobat amati bahwa dalam menjumlah suatu volume kotak yang memakai rumus di atas maka dimensi panjang, lebar dan tingginya itu mesti dalam satuan yang serupa ya. Satuan volume ini yaitu satuan panjang kubik contohnya mirip centimeter kubik (cm3), millimeter kubik (mm3), meter kubik (m3), dan lain sebagainya.

Pengertian Balok

Balok yaitu sebuah bangkit ruang tiga dimensi yang mana dibuat oleh tiga buah pasang persegi panjang.

Bangun balok ini mampu sahabat jumpai dengan mudah di dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya mirip yaitu :

  • kardus kemasan hadiah
  • buku yang kamu baca
  • Smartphone yang kau pakai dan banyak lagi yang lainnya.

Balok lazimnya mempunyai total 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Sisi-segi pada balok itu adalah panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki panjang yang berlawanan. Apabila sisinya sama, maka bangkit tersebut disebut dengan kubus.

Secara biasa , dalam bahan pelajaran sekolah seperti matematika, ada tiga buah besaran yang diminta dan dicari dari bangun balok, yaitu:

  • Luas balok
  • Volume balok
  • Panjang diagonal balok.

Lantas bagaimana Cara untuk mengkalkulasikan nilai-nilai dari kubus tersebut? Yuk, Langsung saja kita bahas dalam potensi ini.

Rumus volume balok

Volume = panjang x lebar x tinggi

V = p x l x t

Adapun untuk Rumus mengkalkulasikan volume balok ini sungguh sederhana. Sobat cuma perlu mengalikan tiga buah segi pada balok, ialah panjang, lebar, dan tingginya.


Contoh Perhitungan Volume Kotak


Contoh Soal 1

Soal: Ada sebuah akuarium yang memiliki ukuran dengan bagian dalam selaku   berikut: panjang yaitu 50 cm, lebar 40 cm, dan tinggi adalah 40 cm. Akuarium tersebut sudah diisi dengan air sampai dengan ketinggian 30 cm. Berapakah volume air yang ada di dalam akuarium tersebut? 

(Petunjuk rumus : volume kotak = panjang x lebar x tinggi).

Jawab:

Kaprikornus, Volume air = panjang x lebar x tinggi air = 50 cm x 40 cm x 30 cm = 60.000 cm3.


Contoh Soal 2

Soal: Ada sebuah balok es yang berbentuk kubus dengan ukuran rusuknya 3 cm. Berapakah volume dari kubus es tersebut? 

(Petunjuk rumus: volume kotak = panjang x lebar x tinggi).

Jawab:

Ruang bangun kubus memiliki ukuran lebar, panjang, dan tinggi rusuk yang serupa, dalam hal ini panjang kubus 3 cm, lebar kubus 3 cm dan tinggi kubus 3 cm.

Kaprikornus, Volume kubus es = 3 cm x 3 cm x 3 cm = 27 cm3.


Contoh Soal 3

Soal: Ada selembar papan yang berskala panjang ialah 4 meter, lebar 30 cm, dan tebal 2 cm. Berapakah volume papan tersebut? 

(Petunjuk rumus: volume kotak: panjang x lebar x tinggi).

Jawab:

Karena dimensi dari papan tersebut mempunyai satuan yang berbeda-beda, maka satuannya itu mesti disamakan apalagi dulu, oleh karena itu dalam hal ini kita harus memakai satuan cm, jadi, ukuran papan tersebut dalam cm yakni  lebar 30 cm, panjang 400 cm, dan tinggi 2 cm.

Makara, Volume papan = 30 cm x 400 cm x 2 cm = 24.000 cm3.


Contoh Soal 4

Soal: Ada suatu pilar beton dengan setinggi 3 meter yang mempunyai penampang yang berupa bujursangkar dengan panjang sisi yaitu 30 cm. Berapakah volume beton pada pilar tersebut? 

(Petunjuk rumus: volume kotak = panjang x lebar x tinggi).

Jawab:

Penampang pilar beton yang berupa bujursangkar artinya panjang dan lebarnya itu sama yakni 30 cm.

Tinggi pilar beton 4 meter = 400 cm.

Makara, Volume pilar beton = 30 cm x 30 cm x 400 cm = 360.000 cm3.


Contoh Soal 5

Soal: Ada suatu balok yang mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi dimana masing-masing yaitu 9 cm, 8 cm, dan 10 cm. Berapakah volume balok tersebut? 

(Petunjuk rumus: volume kotak = panjang x lebar x tinggi).

Jawab:

Jadi, Volume balok = 9 cm x 8 cm x 10 cm = 720 cm3.


Baca Juga: Rumus Luas Kubus dan Penjelasannya


Penutup

Nah itulah Rumus Cara Menghitung Volume Kotak dan Balok yang dapat kami hidangkan. Semoga dengan adanya ulasan yang cukup singkat ini dapat berfaedah dan bisa menjadi referensi bagi sobat semua. Terimakasih telah membaca artikel ini, nantikan juga ulasan yang lain yang ada di media ini.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar