"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Rumus Keliling Bulat Dan Acuan Soal Keliling Bundar

Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soal Keliling Lingkaran - Halo sahabat semua, sesudah di artikel sebelumnya kami sudah membahas perihal rumus persegi datar maka dipertemuan kali ini kami akan mengulas tentang rumus keliling bundar dan beberapa teladan soalnya secara mendalam dan lebih rincian.

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soal Keliling Lingkaran  Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soal Keliling Lingkaran

Apalagi bulat ini tergolong kedalam salah satu bangkit datar dalam pelajaran matematika yang mana materi ini cukup sering dibahas didalam pelajaran matematika di sekolah baik di tingkat SLTP (Sekolah Lanjut Tingkat Pertama) dan SLTA (Sekolah Lanjut Tingkat Atas), bahkan Soal-soal Lingkaran ini sering keluar di soal ujian, baik itu didalam cobaan Tengah Semester sekolah maupun Ujian Nasional (UN).

Oleh sebab itu dalam hal ini sangat bagus sekali bagi kalian si para pembaca yang mana notabenya sebagai seorang pelajar atau pengajar untuk lebih mengetahui dan memahami wacana rumus dari lingkaran dalam matematika yang mana mencakup luas dan keliling lingkaran ini.

Namun sebelumnya, ada baiknya jika teman ini mengetahui terlebih dulu wacana pengertian lingkaran yang ada di pelajaran matematika. Lingkaran dalam matematika yaitu sebuah berdiri datar yang membagi bidang-bidang menjadi dua yakni bagian luar dan bagian dalam.

Contohnya mirip, Ban mobil dan motor yang berupa lingkaran, piring juga bentuknya bundar, tutup botol juga bentuknya lingkaran, bahkan jam dinding, duit koin juga banyak yang memiliki bentuk lingkaran. Bangun datar yang satu ini memang sungguh sering sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, maka tidak heran bentuknya telah tidak abnormal lagi bagi kita. Kini saatnya bagi kalian untuk mengenal bangkit datar yang satu ini, adapun mengenai definisi atau pengertiannya dan juga rumus keliling lingkaran. Ada juga beberapa contoh soal yang bisa menolong sahabat untuk mampu lebih mengerti hal ini.

Lingkaran yaitu sebuah bangun datar dimana semua titik yang ada pada bundar memiliki jarak tertentu yang serupa dari titik pusatnya. Jarak antara titik manapun pada bundar dengan titik pusatnya itu disebut jari-jari.

Selain itu bulat memiliki sebuah bagian – komponen seperti jari – jari bulat, busur lingkaran, diameter bulat, bulat-bundar dan tali busur bundar.

Rumus Keliling Lingkaran

  • Rumus dari Keliling Lingkaran Dengan Diamter :π x d
  • Rumus dari Keliling Lingkaran Dengan Jari-Jari :π x 2 x r

Keterangan :

d = Diamter

r = Jari – jari

π = 22/7 atau 3,14


Setelah sahabat mengetahui tentang berdiri datar bulat tersebut, sekarang saatnya bagi sahabat untuk mengetahui wacana cara mencari keliling dari bulat dalam pelajaran matematika, sebab dengan kalian belajar untuk mengenali cara menjumlah keliling lingkaran matematika maka kalian nantinya akan dengan mudah menjawab dan mengerjakan soal – soal ujian yang ada.

Baik itu soal ujian selesai sekolah (UAS) maupun soal ujian nasional (UN) wacana keliling bulat pelajaran matematika. Langsung saja disini sudah terdapat dua rumus didalam rumus dengan menjumlah keliling lingkaran dalam mata pelajaran matematika yang bisa sobat lihat dibawah ini :

Contoh Soal Keliling Lingkaran

Kemudian setelah sobat lihat dan bisa memahami ihwal kedua rumus keliling bulat matematika yang sudah diterangkan di atas, maka di bawah ini juga bisa kalian lihat untuk pola soal mencari luas keliling lingkaran matematika yang mampu dijadikan selaku metode latihan kalian dirumah, biar kalian nantinya bisa lebih mengetahui ihwal rumus bundar dalam mencari keliling ini.

Contoh Soal 1

1. Terdapat suatu bulat cukup besar yang memiliki nilai jari – jari sebesar 14 cm. Hitunglah nilai keliling dari lingkaran tersebut ?

Diketehui :

r = 14 cm

π = 22/7

Yang ditanyakan : Nilai Keliling Lingkarannya ?

Jawaban :

K = π x 2 x r

K = 22/7 x 2 x 14

K = 22/7 x 28

K = 616/7

K = 88 cm

Maka, Keliling bulat tersebut ialah sebesar 88 cm


Contoh Soal 2

2. Diketahui keliling sebuah bulat yang bernilai 62,8 cm. Silahkan hitunglah berapa diameter dari lingkaran tersebut ?

Diketehui :

K = 62,8 cm

π = 3,14

Yang ditanyakan : Nilai Diameter Lingkarannya ?

Jawaban :

K = π x d

62,8 = 3,14 x d

d = 62,5 / 3,14

d = 20 cm

Maka, Diameter bundar tersebut yaitu sebesar 20 cm


Contoh Soal 3

3. Adi memiliki suatu roda sepeda ontel dengan nilai keliling yaitu 88 m. Hitunglah berapa jari-jari roda sepeda ontel adi tersebut ?

Diketehui :

K = 88 m

π = 3,14

Yang ditanyakan : Nilai Diameter Lingkarannya ?

Jawaban :

K = π x 2 x r

88 = 3,14 x 2 x r

K = 6,28 x r

r = 88 / 6,28

r = 14 cm

Maka, jari – jari lingkaran tersebut yaitu sebesar 14 cm


Contoh Soal 4

4. Terdapat satu buah berdiri datar lingkaran yang mana mempunyai nilai diameter sebesar 6 m, Silahkan cari dari keliling bulat tersebut ?

Diketahui :

d = 6 m

π = 22/7

Ditanyakan :

Nilai Keliling Lingkarannya ?

Jawaban :

K = π x d

K = 22/7 x 6

K = 132/7

K = 18,85 m

Maka, Keliling lingkaran tersebut yakni sebesar 18,85 m


Contoh Soal 5

5. Rangga mempunyai sebuah kendaraan beroda empat Avanza yang memiliki roda dengan diameter 84 cm, dan berputar sebanyak 1000 kali, Hitunglah berapa jarak yang telah di tempuh oleh mobil rangga tersebut ?

Diketehui :

d = 84 cm

π = 3,14

Ditanyakan : Jarak Mobil ?

Jawaban :

Jarak yang ditempuh oleh mobil sama dengan 1000 kali keliling bundar ( roda ) ialah = 1000 / 2 = 500

Maka jarak yang ditempuh kendaraan beroda empat tersebut yaitu  = 500 x π x d = 500 x 3,14 x 84 cm = 131.880 cm = 1,32 km

Perhatian : Adapun dalam pola soal dan tanggapan tentang keliling lingkaran diatas, maka penulis memakai nilai π terkadang 3,14 atau seringkali juga menggunakan 22/7.

Tips :

Ambillah nilai π yang termudah untuk sobat hitung, Jika nilai diameter atau jari-jari itu gampang untuk dibagi 7 maka gunakan π = 22/7

Gunakanlah nilai π = 3,14 jikalau nilai dari diameter atau jari-jari tersebut susah untuk dibagi 7


Penutup

Demikianlah untuk pembahasan tentang rumus keliling lingkaran dan juga teladan soal yang sudah kami hidangkan secara lengkap terhadap teman semua. Semoga dengan adanya pembahasan ini mampu berguna dan mampu membantu sobat semua dalam memperdalam pemahaman tentang rumus lingkarannya. Sampai jumpa lagi di pembahasan yang yang lain.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar