"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Rumus Kerucut : Cara Mengkalkulasikan Volume Kerucut Dengan Gampang

Rumus Kerucut : Cara Menghitung Volume, Jari-jari Kerucut Dengan Mudah - Pengertian Kerucut (Cone) - Kerucut adalah sebuah bentuk geometri yang mempunyai tiga dimensi dengan mempunyai alas datar yang berbentuk bundar dan juga mempunyai sebuah bentuk yang mengecil secara terstruktur ke salah satu arah aksial hingga ke suatu titik yang biasa disebut dengan apeks atau verteks. Adapun untuk Titik apeks atau vertex ini juga sering disebut dengan suatu titik puncak kerucut.

Rumus Kerucut

Kerucut adalah sebuah bentuk geometri yang mempunyai tiga dimensi dengan memiliki alas dat Rumus Kerucut : Cara Menghitung Volume Kerucut Dengan Mudah

Biasanya jari-jari atau radius dari alas kerucut yaitu jarak antara suatu bulat ganjal kepada titik pusat dari lingkaran ganjal tersebut. Diameter dari bantalan kerucut yakni suatu jarak garis lurus antara sebuah permukaan dari bundar bantalan ke arah permukaan di sebelahnya yang mana melalui titik sentra bundar ganjal tersebut. Adapun untuk pada suatu lingkaran, dan diameter lingkaran akan sama dengan dua kali jari-jari (radius) bundar itu sendiri.

Tinggi Kerucut

Adapun untuk Tinggi kerucut adalah suatu jarak antara titik sentra bundar ganjal terhadap sebuah titik puncak kerucut (apeks/vertex). Namun intinya sebuah kerucut yaitu suatu silinder yang mana mengalami peruncingan di bab salah satu ujungnya, sehingga konsep dari dimensi tinggi pada kerucut itu sebetulnya sama dengan tinggi pada sebuah silinder itu sendiri.

Pengertian Volume Kerucut (Isi Kerucut)

Adapun untuk Volume kerucut atau isi kerucut ialah sebuah ruang tiga dimensi yang mana terdapat di dalam kerucut. Misalnya saja mirip sebuah kerucut yang yang dibuat dari suatu beton pejal yang memiliki volume satu meter kubik, maka jumlah dari volume beton yang mengisi ruang yang ada di dalam kerucut tersebut yakni 1 meter kubik.

Cara Menghitung Volume Kerucut

Adapun untuk menjumlah dari volume suatu kerucut maka kalian mesti mengetahui dimensi radius atau suatu diameter ganjal dan tinggi dari kerucut tersebut .  Biasanya volume sebuah kerucut dengan jari-jari r dan tinggi t itu dapat dijumlah dengan memakai suatu rumus sebagai berikut.

Contoh Soal untuk Cara Menghitung Volume Kerucut


Contoh 2

Soal: Ada suatu beton pemberat yang berupa kerucut mempunyai diameter ganjal 84 cm dan tinggi 75 cm. Dengan demikian Hitunglah volume beton yang terdapat dalam suatu kerucut tersebut? (Petunjuk: volume kerucut = (1/3).pi.r.r.t).

Jawab:

Kaprikornus, jari-jari alas kerucut r = diameter/2 = 84/2 = 42 cm.

Jadi, volume kerucut = (1/3) (22/7) x 42 x 42 x 75 = 138.600 cm3.


Contoh 1

Soal: Hitunglah suatu volume kerucut dengan jari-jari alas adalah 10,5 cm dan tinggi 20 cm! (Petunjuk: volume kerucut = (1/3).pi.r.r.t).

Jawab:

Jadi, volume kerucut = (1/3) (22/7) x 10,5 x 10,5 x 20 = 2.310 cm3.


Baca Juga: 1 Tahun ada berapa Hari? berikut ulasan selengkapnya!


Penutup

Demikianlah ulasan damai Cara Menghitung Volume Kerucut dengan mudah yang dapat kami sajikan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat berguna dan bisa menjadi referensi bagi kita semua. Terimakasih bagi sahabat semua yang telah membaca postingan ini, sampai jumpa lagi pada ulasan yang lainnya.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar