"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Rumus Luas Kubus Dan Rumus Volume Kubus

Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus  – Halo sobat, pada peluang ini kami akan menyajikan artikel ihwal pemahaman dan sifat -sifat kubus serta rumus kubus baik itu rumus luas, keliling, dan volume kubus serta beberapa teladan soal dan juga pembahasannya. Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam membicarakan perihal salah satu dari Rumus Matematika Kubus ini, ada baiknya kalau kita ini terangkan dulu Pengertian dari Bangun Ruang Kubus secara lengkap dan jelas ya.

Rumus Volume Kubus

Makara, bangun Kubus ini merupakan sebuah Bangun Ruang yang mana mempunyai sebuah bentuk tiga dimensi yang sudah dibatasi oleh enam bidang sisi dan sisinya tersebut berupa kongruen atau bisa dibilang berupa bujur kandang. Kemudian Bangun Ruang Kubus ini juga mampu disebut denga berdiri bidang enam beraturan yang mana berbentuk mirip dengan Prisma Segi empat.

Sedangkan untuk menjumlah Rumus Kubus tersebut umumnya dipakai oleh para siswa untuk mengerjakan pola Soal Matematika soal Kubus yang lazimnya terdapat di tingkatan sekolah SLTP maupun SLTA dan soal mirip ini sering muncul juga di soal Ujian Nasional maupun UAS sehingga dalam hal ini selaku seorang siswa / siswi harus benar – benar bisa mengetahui dan tahu perihal rumus menghitung luas dan volume Kubus. Adapun untuk rumus kubus ini mempunyai tiga turunan ialah Rumus Volume Kubus, Rumus Luas Permukaan, Kubus dan Rumus Diagonal Sisi Kubus.

Tetapi dalam kesempatan ini kami akan membicarakan apalagi dulu tentang Rumus Kubus dan Rumus Volume Kubus, nah untuk Rumus Diagonal Sisi Kubus nantinya akan kami jelaskan sesudah tamat dalam menulis Rumus Kubus mencari Volume dan Luasnya. Baiklah, eksklusif saja teman bisa lihat dari klarifikasi lengkap dan detal yang telah kami hidangkan perihal rumus volume dan luas kubus dibawah ini.

Ciri-ciri Kubus

Sama halnya dengan kita semua bahwa selaku eksklusif yang ada di dalam tubuh insan yang pastinya punya karakteristik tersendiri dan sifat masing-masing, begitu juga dengan volume kubus. Biar lebih mudah untuk di pahami yuk mari kita perhatikan gambar yang ada di atas sambil mengerti ciri-ciri dari kubus yang ada dibawah berikut ini:

Kubus memiliki 6 sisi dengan panjang yang sama besar di setiap sisinya. Berdasarkan gambar yang ada diatas maka yang di maksud dengan segi dari kubus ialah, ABCD, BFGC, EFGH, AEHD.

Setiap sisi kubus berbentuk persegi

Kubus mempunyai 12 rusuk yang mana di setiap rusuknya ini sama panjang. Berdasarkan gambar di atas tersebut maka yang dimaksud dengan rusuk kubus yaitu AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, DH, AE, BF, dan CG.

Dengan demikian, Kubus ini mempunyai total 8 titik sudut. Berdasarkan dari gambar diatas maka yang dimaksud dengan titik sudut adalah A, B, C, D, E, F, G, H.

  • Memiliki 12 sisi diagonal segi yang sama panjang
  • Memiliki 4 diagonal ruang yang serupa panjang

Rumus Luas Permukaan Kubus

Dilansir dari Math World, bahwa menurut Eric Wolfgang Weinstein, Luas permukaan Kubus ialah jumlah permukaan yang mana memiliki satuan jarak kuadrat, atau secara sederhananya mampu digambarkan yakni dengan jumlah luas pada permukaan dari suatu Objek. Menghitung dari luas permukaan kubus ini sering dipraktekkan salah satunya umumnya pada ketika kita itu mengecat tembok, jadi untuk memperkirakan jumlah dari cat yang perlu di siapkan, maka kita perlu tahu dulu dari luas permukaan dari tembok yang nantinya akan kita cat. Oleh karena itu pada luas permukaan kubus, untuk rumus luas permukaan kubus ini disusun selaku berikut

L = 6 . s^2 

Keterangan: 

L = Luas permukaan (m^2); 

s = panjang rusuk kubus (m).

Note: Satuan dari luas permukaan Kubus tidak mutlak dalam meter (m), lazimnya hal ini mengikuti permintaan dari soal yang ada, jikalau soal itu minta dalam satuan cm, maka yang di hitung dalam cm nya.

Sebenarnya rumus dari luas bangun permukaan kubus ini tidak perlu kalian hafal ya, jadi kalian cukup bisa mengingatnya selama kalian ini bisa mengetahui dari desain kubus. Berdasarkan dari ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ruang bangun kubus berisikan 6 persegi yang mana disusun menjadi suatu bangun ruang. Oleh alasannya adalah itu untuk luas permukaan dari bangkit kubus ini secara sederhananya bisa dikatakan sama dengan yakni 6 x luas persegi. 

Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan dan Volume Kubus

Sifat Sifat Kubus

Silahkan sobat perhatikan gambar diatas, selain dari pengertian kubus disini juga akan kami coba jelaskan ihwal sifat – sifat dari ruang bangkit kubus itu sendiri sesuai dengan gambar yang ada diatas, Berikut ini sifat sifat dari bangkit kubus :

  • Semua segi dan rusuk kubus itu berupa persegi
  • Pada diagonal bidang dan bidang diagonal ruang kubus semua berukuran sama panjang
  • Pada setiap bidang diagonalnya berupa persegi panjang

Rumus Kubus

LuasL = 6 x s²

VolumeV = s x s x s

Coba sobat lihat gambar diatas bahwa untuk rumus kubus baik rumus untuk mencari luas permukaan, volume dan diagonal dari sisi kubus dibutuhkan suatu titik sudutnya, segi dan rusuk berdiri dari ruang kubus itu sendiri, karena untuk rumus bangkit kubus dan rumus volume kubus sendiri sungguh memerlukan jumlah dari segi – sisinya.

Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Kubus

Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus   Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus

Menghitung dari Luas Kubus diharapkan beberapa jumlah dari luas permukaan kubus tersebut dan juga permukaan bangun ruang dari kubus yang mempunyai 6. Untuk itu rumus ini mampu dinyatakan seperti Rumus Matematika mirip yang ada dibawah ini.

Cara Menghitung Rumus Volume Kubus

Dalam mengkalkulasikan Rumus Volume Kubus pastinya diharapkan isi dari kubus itu sendiri, adapun besarnya volume ialah suatu perpaduan antara perkalian dari sisi panjang, lebar dan juga tingginya. Sedangkan untuk ukuran rusuknya dari suatu berdiri ruang kubus itu sendiri semuanya sama yaitu s maka Rumus Volume Kubus dapat dinyatakan mirip pada rumus dibawah ini.

Makara, Volume Kubus = s x s x s atau V = S³

Contoh Soal Kubus

Agar sobat ini lebih paham mengenai rumus kubus yang ada diatas maka kami akan memberikan beberapa acuan soal untuk luas pada kubus serta keliling dari kubus biar sobat bisa lebih ingat dengan menjajal dan berlatih soal yang ada di bawah ini. Berikut contoh soal lengkap dengan pembahasannya.

Contoh Soal 1

Lemari baju kebijaksanaan itu berbentuk kubus yang memiliki panjang, lebar, dan sisi yang sama yaitu 3 meter. Kaprikornus, hitunglah berapa volume dari lemari baju akal tersebut ?

Jawabannya:

Jika telah disebutkan bahwa lemari itu mempunyai panjang, lebar, dan sisi yang serupa maka tidak salah lagi ini ialah salah satu sifat dari berdiri kubus, oleh hasilnya semoga mampu langsung di hitung volume dari lemari tersebut, mirip selaku berikut,

Jadi, Volume lemari baju = 3³ = 3 x 3 x 3 = 27 m³

Contoh Soal 2

Diketahui dari sebuah berdiri ruang kubus yang mana dengan panjang segi sebuah kubus itu sebesar 20 cm, maka hitunglah besar dari Volume, Keliling dan juga Luas dari permukaan Kubus tersebut.

Jawabnya:

Rumus Volume Kubus : V = s³

Makara Vol = 20 x 20 x 20

Volume = 8000 m³


Kaprikornus, Rumus Keliling Kubus : K = 12 x s

K = 12 x 20

    = 240 cm


Kaprikornus, Rumus Luas Permukaan Kubus : L = 6 x s²

L = 6 x 20 x 20

L 2400 cm²


Penutup

Nah, itulah Itulah klarifikasi perihal Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus yang dapat kami sampaikan terhadap teman semua. Semoga hal ini mampu bermanfaat dan mampu menjadi acuan pembelajaran kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi di peluang yang yang lain.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar