"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Yuk Hafalkan Doa Selamat Ini Supaya Jiwa Menjadi Damai

Yuk Hafalkan Doa Selamat Ini Agar Jiwa Menjadi Tenang - Kumpulan doa selamat arab dan model latin serta artinya. Doa ialah suatu wujud dari ihktiar kita, sebab dengan berdua maka kita mampu berkomunikasi pasa Sang Khalik. Bahwa sudah terang, bahwa hidup di dunia tidak selamanya, alasannya hidup selamanya adalah kelak di darul baka. Di alam baka itulah kita akan menuai semua apa yang dijalankan di dunia ini. Maka saat inilah waktu yang sempurna untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya biar bisa hidup bahagia di surga.

Anjuran Waktu Yang Makbul Untuk Berdoa

1. Berdoa Di Sepertiga Malam Yang Terakhir Dan Waktu Sahur
2. Berdoa Ketika Malam Lailatul Qodar
2. Berdoa Ketika Berpuka Puasa
3. Berdoa Saat Antara Adzan dan Waktu Iqomah Dan adat Adzan
4. Berdoa Ketika Sujud Di Setiap Shalat
5. Berdoa Ketika Saat Turun Hujan Dan Saat Hari Jumat
6. Berdoa Ketika Hari Arafah

Manfaat Membaca Doa 

  1. Untuk menerima keselamatan, baik di dunia dan juga di akhirat.
  2. Agar bisa dijauhkan dari tipu akal bulus orag-orang kafir
  3. Agar dijauhkan dari petaka dan bencana
  4. Agar disematkan dari orang dan penguasa yang zalim
  5. Agar kelak dijauhkan dari siksaan api neraka
  6. Agar dijauhkan dari kejelekan dunia dan ahirat kelak


Banyak cara yang mampu dikerjakan di dinua agar mampu menjadi modal hidup bahgia di ahirat kelak, salah satunya adalah beribadah. Beribadah dengan khusuk dan jangan lupa untuk senantiasa berdoa. Berdoalah untuk diri sendiri dengan memohon ampuanan sebanyak-banyaknya, baru kemudian berdoalah untuk orang bau tanah dan juga keluarga serta seluruh umat muslim di dunia. Watu itulah yakni waktu yang tepat untuk mencurahkan isi hati pada llahi Robbi.

Ada doa yang wajib di sebutkan dikala seleseai shalat, ialah doa selamat. Dengan membaca doa selamat, memohon keselamatan baik di dunia dan juga di alam baka. Maka tidak ada kata telat untuk menghafalkannya, karena doa tersebut yakni kunci untuk merayu Allah SWT untuk selalu melindungi dan menjaga kita. Baik anak, remaja, renta maupun muda harus mampu doa selamat ini, maka seja dini harus mengajarkan kepada anak cucu untuk menghafalnya.

Nah bagi Anda yang masih belum hafal doa ini, jangan malu, alasannya tidak ada kata terlambat untuk mencar ilmu. Berikut yaitu panduan dan klarifikasi tentang doa keamanan lengkap dengan bahasa Indonesianya, jadi lebih mudah untuk dihafalkan. Anda bisa mengeprintnya atau menulis ulang dan menempel pada kawasan yang sering terlihat. Dengan demikian Anda bisa membacanya dan akan hafal dengan sendrinya lama kelamaan.

Definisi selamat adalah bebas dari segala ancaman, bencana dan bencana sehingga tidak terkena bencana alam dan jauh dari tindakan yang keji. Nah menurut definisi tersebutlah, maka umat Islam senatiasa menghaturkan doa selamat agar selamat di dunia maupun di alam baka. Nah jadi mulai kini bagi Anda yang masih mengabaikannya, segeralah untuk membaca doa ini. Bagi Anda yang sedang berhalanganpun, selain berdzikir juga boleh membaca doa keselamatan ini.

Ada beberapa jenis doa keselamatan atau selamat yang mampu Anda bisa amalkan. Semuanya benar dan mempunyai arti untuk memohon keamanan terhadap Allah SWT. Nah mungkin Anda mampu menghafalkan salah satunya untuk dijadika acuan. Namun akan lebih manis lagi kalau hafal seluruhnya. Berikut ialah rangkumannya beserta latinnya biar mudah dipelajari.

Doa selamat yang pertama ialah:

زِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ
اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ
رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ
رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatangfiddiini wa afiatan filjasadi waziaadatangfil ilmi wabarokatangfirizki wataubatangQoblalmaut warahmatan ingdalmaut wamaghfiratan ba’dal mauut, Allaahumma hawin alaina fi sakarootil mauti wanajata minannaar wal afwa ingdal hisaab. Robbana laatuzigh Qulubana ba’da idz hadaitanaa wahablanaa mil ladungka rohmatan innaka antal wahhaab.

Artinya doa selamat di atas: Ya Allah Ya Tuhanku, hamba memohon kepada Engkau keamanan pada agama serta kesehatan raga hamba dengan sungguh-sungguh. Tambahkan ilmu dan keberkahan dalam setiap rizki dan terimalah segala taubatan hamba sebelum kematian menjemput. Berikanlah rahmatMu terhadap hamba saat ajal dan berkanlah pengampunanMu ketika sehabis kematian. 

Ya Allah Ya Tuhan Hamba, berilah akomodasi dikala kematian menjemput, selamatkanlah hamba ini daro siksaan api neraka. Ampunilah diri ini dikala hari perkiraan kelak. abulkanlah doa hambaMu ini ya Rabb. Aamiin

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Rabbana aatina fiddunya hasah, wafil akhirati hasanah, waqina adzaa bannar.
Arti doa selamat di atas : Ya Allah Ya Tuhan hamba berikanlah kebaikan terhadap kami di dunia dan berkanlah kami kebaikan saat di akhirat nanti. Ya Allah Ya Tuhan hamba, lindungilah kami dari siksaan api neraka.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ
Allahumma inni a’udzubika min adzabil qabri wa min ‘adzabinnari jahannama wa min fitnatil mahya wal mawaati wa min fitnatil masiihis dajjal.

Artinya yaitu Ya Allah Ya Tuhan hamba, hamba berlindung dengan sugguh-sungguh kepadaMu dari azab kubur,dan azab jahannam. Hamba juga berlindung dari fitnah kehidupan dan juga maut serta fitnah dari Dajjal.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan, sebaiknya membaca doa selamat dalam perjalanan, ialah
بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi
Artinya yakni Dengan menyebut namaMu ya Allah, hamba berserah diri dan tidak ada daya ataupun kekuatan selain Allah Ta’ala.

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Ròbbanaa Laa Taj’alnaa Fitnatal Lil Qòumidh Dhòòlimiin Wa Najjinaa Biròhmatika Minal Qòumil Kaafiriin

Artinya adalah Ya Allah Ya Tuhan hamba jauhkanlah di kami dari fitnah orang zalim dan juga orang kafir. Selamatkanlah kami dengan segala rahmatMu Ya Allah.

Doa selamat yang bisa dibaca supaya selamat dari orang zalim yakni selaku berikut.

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Robbi Najjinii Minal Qòumidh Dholimiin,
Artinya ialah Ya Alloh Ya Tuhanku, lindungilah hamba dan selamatkanlah hamba dari orang yang zalim.

رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Robbibni Lii ‘Indaka Baitan Fil Jannati Wa Najjinii Min Fir’auna Wa ‘Amalihi Wa Najjinii Minal Qoumidh Dholimiin

Yang artinya yakni Ya Alloh Ya Robbi, bangunkan hamba rumah di segi Engkau di dalam surga kelak. Selamatkanlah diri ini dari mirip Firaun dengan segala perilakunya. Selamatkan pula hamba dari kaum zalim.

Doa selamat dari api neraka ini juga sering disebut sebagai doa sapu jagat, yang bunyinya
رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar,
Artinya Ya Alloh Ya Robbi, padamulah hamba memohon limpahkan kami kebaikan di dunia dan juga di darul baka. Jagalah kami juga dari siksaan api neraka.

رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ
Robbi Najjinii Wa Ahlii Mimmaa Ya’maluun

Artinya adalah Artinya yakni Ya Alloh Ya Tuhan hamba, Selamatkanlah diri hamba dan juga keluarga hamba dari segala tindakan yang dikerjakan mereka.

Doa selamat yang lengkap bisa dengan membaca doa di bawah ini,
اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal kematian. allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaab. robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab. robbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar
Allaahummaftah lanaa abwaabal khair, wa abwaabal barakah, wa abwaaban ni‘mah, wa abwaabar rizqi, wa abwaabal quwwah, wa abwaabas shihhah, wa abwaabas salaamah, wa wa abwaabal ‘aafiyah, wa abwaabal jannah. allaahumma ‘aafinaa min kulli balaa’id duniyaa wa ‘adzaabil aakhirah, washrif ‘annaa bi haqqil qur’aanil ‘azhiim wa nabiiyikal kariim syarrad duniyaa wa ‘adzābal aakhirah. ghafarallaahu lanaa wa lahum bi rahmatika yaa arhamar raahimiin. subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘an maa yashifuun, wa salaamun ‘alal mursaliin, walhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Arti doa selamat di atas adalah Ya Allah Ya Tuhan hamba berikanlah kebaikan kepada kami di dunia dan berkanlah kami kebaikan saat di alam baka nanti. Ya Allah Ya Tuhan hamba, lindungilah kami dari siksaan api neraka. Ya Alloh Ya Tuhan kami, bukakanlah pintu kebaikan, berkah, nikmat rezeki, kesehatan, keamanan, mapun afiyah maupun pintu surga. Ya Robbi, jauhkanlah kami dari cobaan akhirat dan juga siksa darul baka. 

Hindarkanlah kami dari keburukan dan siksa darul baka dengan hak Al Quran dan nabiMu yang paling pemurah. Ampunilah kami dan juga mereka wahai Engkau Maha Pengasih dan Maha Suci dan Maha Agung. Ya Alloh agar salam selalu tercurah pada junjungan Rosulloh. Segala puji bagiMu ya Rab. Alloh Tuhan semesta alam.

Doa selamat yang lain yang mampu Anda baca ialah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ
Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikroom.

Artinya  Ya Alloh Ya Tuhan pemberi keamanan, wahai Engkau Maha Suci Alloh Pemilik Kemulian dan Kebesaran

Sebenarnya daam berdoa boleh dilakukan kapan saja serta di mana saja. Namun ada waktu-waktu khusus yang paling ampuh untuk melangitkan doa biar dikambulkan ialah pada waktu sepert di bawah ini,

Doa selamat ialah doa yang bagus dibaca setiap sehabis sholat wajib lima waktu. Namun akan lebih mustajab kalau dilaksanakan pada sepertiga malam yang terakhir. Di mana waktu sepertiga malam yang pertama yakni delapan malam sampai setegah sebelas malam. Untuk sepertiga malam yang kedua adalah setengah sebelas malam sampai setangah dua malam. Nah untuk waktu sepertiga malam ketiga dan terakhir yakni setengah dua sampai setengah lima pagi.

Berdoa di waktu hadirnya malam lailatul qodar, alasannya malam tersebut yaitu paling malam paling istimewa dan utama dibanding malam yang lain. Maka disarankan untuk memperbanyak doa dan dzikir, alasannya malaikat yang turun menuju bumi akan mengaminan doa-doa yang dipanjatkan. Dengan begitu doa yang dipanjatkan oleh mausia akan cepat dkabulkan.

Perbanyaklah membaca doa selamat dikala bulan berkat, pernah dijelaskan dalam riwayat Nabi bahwasana ada tiga macam doa yang tak tertolak. Tiga macam tersebut yakni doa orang yang akan berbuka puasa, doa pemimpin yang adail dan doa orang yang dizalimi. Itulah kenapa pahala memberi makan orang berbuka berlipat pahalanya.

Terdapat juga hadist Rasulluloh yang mengatakan bahwa doa saat antara adzan dan iqamah tak tertolak. Begitu juga ketika adzan ketika terjadi perang keduanya saling baku hanrtam, ketika itupun merupaka kedua waktu tersebut doa tak tertolak. Itulah saat mendengar adzan kita dinajurkan untuk berhenti dari segala kegiatan sampai adzan akhir.

Ketahuilah bahwa ketika kita sedang sujud dikala shalat, dikala itulah waktu terdekat dengan Alloh. Maka perbayaklah doa salah satunya yakni doa selamat, kalau Alloh menginginkan, semua doa akan diijabah pada waktunya. itulah mengapa direkomendasikan untuk sedikt berlama saat sedang gerakan sujud dalam shalat.

Ketika hujan turun, sejatinya menjinjing keberkahan bagi insan maupun makhluk hidup yang lain. Itulah mengapa dikala hujan turun senantiasa berdoa untuk, begitu halnya dengan hari jumat. Karena hari jumat ialah hari terbaik diantara hari lainnya, Alloh melipatgandakan setiap amalan di hari special tersebut.

Hari arafah merupakan hari paling istimewa, sehingga merupaka hari yang tepat dalam kenikmatan dan ibadah. Puasa di bulan tersebut juga bisa menghapus dosa selama dua tahun. Maka perbanyaklah doa khususnya doa selamat agar selalu dalam lindungan Alloh SWT.

Manfaat yang di mampu dari membaca doa keamanan itu sendiri ialah sepeti di bawah ini,
Marilah agar senantiasa kita berdoa terhadap Aloh Taala dengan selalu membaca doa selamat.  Dengan cita-cita menerima tunjangan dan keseamatan dari Alloh SWT. Jangan lupa untuk selalu menjalahkan semua perintah Alloh biar menjadi kalangan salah satu insan penghuni surga. Dan ingat untuk senantiasa berzakat di setiap keadaan, karena dengan sedehak mampu sebagai penolak mala petaka. Berusaha dan serahkan seluruhnya pada Alloh Taala.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar