"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

10 Kuliner Tradisional Khas Bali Lengkap Dengan Penjelasannya

Makanan tradisional khas Bali lengkap dengan penjelasannya - Bali adalah salah satu kawasan destinasi wisata yang sangat terkenal baik di dalam negeri maupun luar negeri. Selain wisata alamnya yang begitu indah disini juga terdapat sebuah destinasi wisata kuliner yang tak kalah ah leletnya dari masakan yang ada di Indonesia khususnya di tempat pulau Sumatera maupun Kalimantan.

Maka tak aneh di Bali ini sangat populer dengan kuliner khas yaitu bebek betutu selain itu juga ada Nasi jinggo khas Bali.


10 Makanan Khas Bali

Makanan tradisional khas Bali lengkap dengan penjelasannya  10 Makanan Tradisional Khas Bali Lengkap dengan Penjelasannya

Pada potensi ini aku akan menguraikan beberapa kuliner khas dari Bali yaitu Disini aku akan menyampaikan an-naba 10 jenis masakan tradisional dari Bali. Selain rekreasi alam kuliner serta budaya masih banyak lagi keindahan atau kau pikir khasan dari Bali ini yang itu tergolong dengan oleh-olehnya atau cenderamata nya.

Namun pada potensi ini aku akan memfokuskan untuk menjelaskan Ke 10 jenis makanan tradisional dari Bali, berikut ulasannya.


Makanan Tradisional Khas Bali



1. Bebek betutu


Bebek Betutu ialah hidangan masakan khas dan terpopuler dari Bali.  maka tidak heran saat ada orang menyebut belibis Betutu maka asumsi kita eksklusif tertuju pada Bali. Karena belibis ini ialah sajian kuliner khas atau menu tradisional dari Bali.

Adapun sebelum bebek ini dimasak dan diberi bumbu angsa ini ini sebelumnya ialah angsa yang masih muda yang mana cara pengolahannya ialah dibumbui lalu diberi suatu pijatan agar bumbunya ini meresap sempurna di daging angsa dan juga belibis ini dibungkus dengan daun Pinang atau daun pisang biar nanti saat di bakar atau di panggang akan menghasilkan aroma yang sangat sedap.

Bebek Betutu ini ini umumnya dihidangkan pada ketika upacara keagamaan dan juga dapat dijumpai di rumah makan khas Bali. Kalau kita ke Bali dan ingin rekreasi masakan namun tidak makan hidangan yang satu ini tentu belum lengkap rasanya karena menu angsa Betutu ini yaitu hidangan yang Istimewa khas dari Bali. Kalian mampu menemukan sajian angsa Betutu ini di desa melinggih Kecamatan payangan Kabupaten Gianyar Bali.



2. Babi guling Bali


Karena di Bali ini lebih banyak didominasi agama ialah agama Hindu tentu menu tradisional dari penduduk Bali ini adalah ada babi guling. Menu yang satu ini cukup terkenal di Bali Karena mayoritas masyarakatnya juga suka dengan babi guling. Babi guling ialah suatu menu khas yang mana pada bab isi perut babi Ini diisi dengan sayuran dan juga bambu-bumbu.

Cara memasak babi guling ini ialah dengan ditusuk menggunakan besi panjang dan lalu dipanggang di atas Bara Api selanjutnya diputar atau digulingkan. Apabila kalian ingin merasakan hidangan yang satu ini maka kalian mampu memesannya terlebih dulu di rumah makan and1 pun di hotel ya yang menyediakan sajian babi guling alasannya cara penyajiannya juga tidak mampu kagetan.


3. Bubur mengguh Bali


Makanan yang sama dengan bubur memang sudah menjamur di berbagai pulau yang ada di Indonesia sebab beragam masakan juga sungguh banyak. Yang kita kenal biasanya itu ada bubur ayam bubur sumsum bubur Asura dan yang lain. Di Bali ada bubur ada bubur yang sangat Istimewa Dan ini menjadi hidangan tradisional khas Bali adalah bubur mengguh.

Bagi kalian anne-marie ingin memakan bubur mengguh ini dapat berkunjung ke daerah Bali Utara atau di Buleleng sebab di daerah ini ini ini kita mampu menemukan hidangan masakan yang satu ini dengan mudah. Bubur Oh ini ini umumnya disuguhkan pada saat upacara adat dan dan untuk bahannya yang dibuat dari beras diolah dengan santan kelapa setelah itu dihidangkan dan ditambahi dengan suwiran ayam yang telah dibumbui dengan ditambahkan urap sayur kacang goreng dan kuah yang kental.

Rasa dari bubur mengguh ini sangat gurih dan menggugah selera alasannya adalah banyak varian rasa yang ada di bubur ini karena ada perpaduan dari kacang dan suwiran ayam.


4. Serombotan Bali


Kalau orang Jawa mungkin menyebutnya dengan sebutan kurap dan jika di Bali disebut dengan serombotan. Serombotan yakni sajian tradisional dari Bali yang mana materi terutama ini yang dibuat dari sayuran mirip kangkung kubis mentimun kecambah kacang panjang dan lain sebagainya.  Adapun untuk bumbunya adalah bumbu Kalas yang yang dibuat dari santan diberi lengkuas bawang putih bawang merah kencur ketumbar kunyit yang telah ditumbuk kemudian bumbunya di masak hingga kental jikalau ingin pedas bisa ditambahi cabe. Tentu rasanya sangat lezat sekali.


5. Nasi jinggo Bali


Nasi jinggo yakni salah satu hidangan tradisional dari Bali yang mana yang dibuat dari nasi putih dicampur dengan sambal dan juga aneka macam lauk. Nasi jinggo ini dikemas dengan daun pisang dan untuk nasinya hanya sekepalan tangan. Untuk lauknya umumdiberi dengan serundeng, serta ada sambal goreng tempe dan ayam Suwir.

Nasi jinggo ini umumdijual seharga Rp. 1.500 dan tentu ini sangat murah sekali mirip mirip dengan halnya nasi kucing ya tetapi tetap berlainan.


6. Lawar



Lawar adalah makanan khas bali yang bentuknya ini seperti urap. Namun yang membedakannya adalah Lawar ini menggunakan suwiran daging. Sayur mayur yang dipakai untuk membuat Lawar ini di antaranya ada Parutan Kelapa, Terasi Daging Suwir, kangkung, timun, bayam, kacang panjang dll.


7. Tum Ayam



Tum ayam ini nyaris sama dengan Botok. Botok ialah cara mengolah masakan makanan yang dibungkus duan pisang kemudian di kukus. Dimana botok ini lazimnya udang, ikan teri, ikan patin, ikan seluang dan yang lain. Cara mengolah masakan Tum Ayam ini adalah daging ayam yang di bungkus dengan daun pisang kemudian di kukus. Tentu ada bumbu tersendiri dalam menciptakan tum Ayam ini.



8. Nasi Sela



Nasi Sela yaitu nasi yang di bungkus dengan daun pisang dan diberi sebua bumbu dan ada ubi didalamnya. Nasi Sela ini biasa dibentuk pada animo paceklik. Namun seiring berkembangnya jaman nasi sela menjadi kuliner khas Bali.



9. Sate Kakul



Sate Kakul ialah salah satu sajian masakan yang terkenal di Ubud Bali. Sate Kakul ini berasal dari daging Keong atau siput yang ada di sawah. Dimana daging Kakul ini di olah menjadi sate yang sangat enak. Jika kalian ingin membuatnya maka tak mesti tiba kebali melainkan kalian mampu mencari sendiri kakul yang ada di sawah, namun aku sarankan jangan mengonsumsi keong emas ya. Karena keong emas bisa beracun kalau kalian tidak bisa mengolahnya dengan benar.



10. Tipat Cantok



Tipat Cantok adalah menu tradisional khas Blai. Tipat Catok ini berbahan sayur yang direbus dan dihidangkan dengan ketupat dan di bumbui dengan kuah kacang layaknya mirip pecel.

Nah, itulah beberapa makanan tradisional khas Bali yang dapat aku hidangkan, agar ulasan ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi pembaca sekalian. Apabila kalian berkunjung ke Bali janganlupa merasakan sajian kuliner yang ada di atas ya.
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar