5 Penyebab Artikel Blog Tidak Terindeks di Pencarian Google

Setiap Blogger pasti menginginkan artikel terbaru mereka segera terindeks google dan muncul dihalaman teratas, betulkan. Namun sayangnya ada sebagian
BAHYUDINNOR.COM Halo Pengunjung setia Blog Kampung Bahyudin Nor Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tentang Dunia Blogger lagi. Tema Judul kali ini yaitu 5 Penyebab Artikel Blog Tidak terindex Google.
Seyogyanya Setiap Blogger pasti menginginkan artikel terbaru mereka segera terindeks google dan muncul dihalaman teratas, betulkan. Namun sayangnya ada sebagian tidak berjalan mulus. Salah satu penyebabnya
Google Console
Artikel tidak terindeks oleh Google merupakan hal yang wajar apalagi blog mu baru atau blogmu baru berpindah domain dan harus mengindeks satu persatu dan itupun belum tentu terindeks. Menulis artikel mencurahkan banyak pikiran, waktu, tenaga dan konsentrasi yang tinggi. Setelah dipublish nyatanya tidak langsung terindeks karena semuanya butuh proses. Beri kesempatan bagi webcrawl untuk bekerja dan akrab dengan situs anda. Berikut ini akan saya paparkan beberapa penyebab kenapa Artikel Tidak Terindeks Google

1. Artikel tidak unik alias Hasil Copas

Copas adalah cara termudah dalam urusan tulis menulis konten, tinggal cari website dengan konten yang bagus misal www.bahyudinnor.com kemudian salin artikelnya keblog pribadi dan rubah sedikit " selamat datang Blogger Guru Kampung " terakhir publish.  Lakukan hal yang sama sampai 10 kali atau lebih, dengan menggunakan cara ini anda bisa menerbitkan 10 -20 artikel/ hari.

Namun sayangnya google adalah mesin pencari yang canggih, untuk menjaga pengalaman pengguna. Mereka sering kali mengabaikan konten dengan kemiripan 80%. Yang jelas konten yang mirip dianggap tidak memberikan pengalaman baru bagi pengguna oleh sebab itu google sering kali mengabaikan konten copas atau kalaupun berhasil terindeks google sekalipun konten itu sangat mudah digeser peringkatnya. Alhasil anda hanya buang-buang waktu menerbitkan artikel hasil copas, sejelek apapun tulisan anda cobalah untuk menghargainya walaupun tidak nyaman dibaca. Ada opsi lain untuk yang kehabisan ide atau malas menulis konten yakni menyewa jasa penulis artikel professional.

Kalau blog anda sudah berpenghasilan coba sisihkan sebagian pendapatan blog untuk menyewa penulis  kini anda tinggal santai-santai dirumah blog otomatis update selain itu sesekali meluangkan waktu untuk optimasi SEO dan branding website atu blogmu.

2. Website atau Blog Belum Terdaftar di Webmaster Tool (Google Console)

Setiap mesin pencari (Google, Bing, Yandex) memiliki alat webmasternya sendiri yang fungsinya untuk mengatur bagaimana bot crawling merayap misalnya dengan mengirimkan peta situs maka sama dengan menyediakan expedition bagi webcrawl untuk menjelajah dari satu url ke url yang lain.  Melakukan verifikasi webmaster tidak sulit, anda cukup menempelkan sebaris kode ditemplate( untuk pengguna blogger), bisa juga melalui fasilitas pengelolaan google label administrator dll

Kalau pengguna wordpress tinggal masukkan ke plugin SEO kalian atau unggah melalui HTML, Penting untuk mendaftarkan situs baru ke google webmaster dan memverifikasi kepemilikan untuk memberi tahu google bahwa anda memiliki situs baru yang ingin ditambahkan kedalam database mereka. Jika belum mendaftar di Google Webmaster Tool silahkan daftar di sini.

4. Adanya kekeliruan Pada Settingan Robot.txt Pada Dasboard Blog

Kita tahu bahwa Bot Google memiliki jumlah crawl rate yang terbatas dan kita memang seharusnya menjaga agar halaman tidak penting tidak muncul di pencarian google seperti Halaman Arsip, Label, Pencarian, Postingan Statis, Landing Dinamis. Semuanyan itu dianggap oleh Google halaman yang anda tidak penting.

Kesalahan setting robot txt membuat situs anda hilang dari google, atau lebih buruk tekanan jangka panjang hingga susah terindeks.

Untuk melakukan pengaturan robot txt hanya untuk merayapi halaman yang dikehendaki bukan perkara mudah terlebih bagi pemula yang baru belajar setengah matang dari tutorial digoogle. Dalam template premium, sang author biasanya sudah menyertakan beberapa label noindex. Kadangkala itu menyebabkan crash dimana menurut template situs memblokir robot txt sementara menurut aturan robot txt situs membolehkan botcrawl untuk masuk, ini menyebabkan situs kehilangan banyak crawling rate.

 3. Website atau Blogmu Terkena Finalty Oleh Google

Ini mungkin tidak disadari oleh pemilik website, bagaimana mereka tau kalau websitenya sedang dihukum karena google tidak memberitahukanya. Ada 2 jenis pelanggaran yakni pelanggaran manual yang pesanya bisa dilihat lewat inbox webmaster dan pelanggaran algoritma. Google meletakkan bendera pelanggaran kesitus anda yang membuatnya seperti ditekan dari pencarian lalu lintas trafik menurun drastis, banyak artikel deindex, hingga blog hilang dari google. Kalau sudah mengalami hal ini sangat sulit untuk memulihkan blog yang terkena sanksi google, menyewa jasa professional pun harganya mahal.

5. Adanya Kesalahan Pengaturan Didasbor blogger maupun Wordpress

Dipengaturan Dasbor Wordpress maupun Bogger ada menu pengaturan yang mengatur bagaimana perilaku Bot Google saat mengunjungi halaman apakah diperbolehkan atau tidak.

Untuk melakukan pengaturan pada dasbor blogger caranya adalah pergi ke Menu Setting > Privacy dan Aktifkan Pengaturan Visible Menjadi Y.
Visible Google
Sedangkan untuk wordpress pergi ke Setting > Readers >  Umum > Search Engine kemudian hilangkan Centangnya.
Visible Google Wordpress
Nah itu dia 5 Kemungkinan penyebab Mengapa Artikel Blog Tidak Terindeks Google, jangan menunggu terlalu lama jika dirasa ada penurunan performa pada situs anda. Segera cari tau dan perbaiki! semoga bermanfaat dan bagi pembaca yang lebih berpengalaman jangan sungkan memberikan saran dikomentar blog ^^

Dikutip dari helmykkediri..com