"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

7 Cara Mengetik Cepat Di Hp Android


Mengetik kalimat yang panjang di ponsel pintar bukanlah pengalaman yang menggembirakan. Menggunakan layar sentuh, menciptakan kita sering menekan aksara yang salah. Walaupun tidak seenak mirip mengetik di keyboard sungguhan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar mampu meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam mengetik. Lalu apa saja cara mengetik cepat di HP Android?









Langsung saja, ini beliau cara-caranya agar anda bisa mengetik lebih cepat di HP Android.





1. Memilih keyboard sesuai selera





Tergantung dari brand dan jenis ponsel pintar Android yang anda pakai, keyboard yang digunakan mampu berbeda satu sama lain. Saya langsung dikala ini memakai Xiaomi Mi A2 Lite. Karena ponsel pintar ini menggunakan Android One, keyboard yang dipakai yaitu Gboard.





Selain Gboard, ada beberapa keyboard populer yang lain yang mungkin mampu anda coba. Berikut daftarnya:





  1. SwiftKey
  2. Chrooma
  3. Fleksy




Sudah beberapa tahun dan sering mengganti-ganti keyboard, aku dikala ini masih menggunakan Gboard. Pilihan anda mungkin berlawanan, sehingga silahkan mencoba apalagi dahulu kira-kira keyboard mana yang anda suka. Namun di postingan ini, saya akan memakai Gboard.





2. Pengaturan bahasa keyboard





Karena kita tinggal di negara Indonesia, sungguh penting untuk kita menertibkan biar keyboard juga menggunakan Bahasa Indonesia. Disini saya menggunakan Gboard. Caranya yaitu buka pengaturan Gboard > Bahasa > Tambahkan Keyboard. Kemudian, pilih Indonesia.





Pengaturan Bahasa Gboard




Dengan begitu, Keyboard anda akan diubahsuaikan dengan bahasa Indonesia, sehingga mempermudah anda dalam mengetik.





3. Mengaktifkan Strip Saran dan Menggunakan jalan pintas dalam mengetik kata/kalimat





Pastinya banyak sekali kata atau kalimat yang sering anda ketik berulang-ulang. Anda mampu memakai jalan pintas biar dalam mengetik kata atau kalimat tertentu menjadi lebih cepat.









Disini aku memakai Gboard. Jika anda menggunakan keyboard lain, aku yakin fitur ini ada, cuma saja letak menunya saja yang berbeda. Pada Gboard, buka pengaturannya. Sentuh menu Koreksi Teks dan pastikan opsi “Tampilkan strip anjuran ” dalam posisi dihidupkan.









Selanjutnya, balik ke halaman sebelumnya dan sentuh hidangan Kamus > Kamus Pribadi. Jika anda mempunyai lebih dari satu bahasa untuk keyboard anda, silahkan pilih bahasanya atau pilih Semua bahasa. Kemudian, sentuh tanda + untuk mulai menambahkan jalan pintas. Seperti gambar diatas, saya menyertakan kalimat “saya meluncur”. Kemudian untuk pintasan, saya mengaturnya dengan kata “am”.





Jika telah, silahkan anda coba gunakan dengan cara mengetik “am”. Maka akan muncul kalimat “aku meluncur” yang mampu anda gunakan.





4. Mencari emoticon dengan mengetik





Emoticon atau emoji saat ini begitu banyak. Cukup menguras waktu bagi kita untuk mencarinya dengan cuma bermodalkan gambarnya saja. Namun, anda mampu mencari emoticon dengan bermodalkan teks. Bagaimana caranya?





Koreksi Teks Android




Masuk ke pengaturan Google Keyboard dan sentuh menu “Koreksi Teks”. Kemudian, hidupkan opsi “Tampilkan usulan emoji” mirip gambar diatas. Namun ketika ini jika ingin memakai fitur ini, anda mesti mencari emoticon dengan kata bahasa inggris.





Pencarian Emoticon Otomatis Google Keyboard




Ketika telah dihidupkan, anda bisa sebagai teladan mengetik kata “sad” yang artinya duka. Maka, emoticon dengan wajah sedih pun akan muncul mirip gambar diatas. Dengan cara, ini anda tidak perlu membuka menu emoticon dan mencarinya secara manual.





5. Mengatur Layout/Tata Letak Keyboard





Sangat penting untuk kita menertibkan tata letak keyboard. Dan tata letak tersebut bisa kita atur untuk berbagai kondisi. Misalnya saja, layout keyboard ketika menggunakan 2 tangan mampu kita atur berlainan dikala kita hanya bisa menggunakan satu tangan saja.









Di Gboard, anda bisa mengaturnya dengan mudah pada menu Preferensi > Tata Letak. Ada 2 pengaturan utama untuk tata letak, yaitu selaku berikut:





  1. Mode satu tangan: Mode ini berfungsi untuk mengatur ukuran keyboard agar panjangnya bisa di perpendek dan digeser ke arah kanan atau kiri. Jika di geser ke arah kanan, maka keyboard akan lebih condong tergeser ke kanan layar anda sehingga membuat lebih mudah anda untuk mengetik dengan memakai tangan kanan saja dan begitu pula dengan kiri.
  2. Ketinggian keyboard: Tinggi keyboard sangat menghipnotis ukuran konten dalam aplikasi yang tampakdan juga kenyamanan anda dalam mengetik. Semakin tinggi ukuran keyboard, konten aplikasi yang tampakjuga makin kecil. Namun, bisa jadi anda lebih tenteram dengan ukuran keyboard yang lebih tinggi sebab memberikan jarak yang terperinci antar tombol huruf.




Untuk mode satu tangan, anda mampu hidupkan saat contohnya anda sedang makan dengan menggunakan tangan. Anda mampu membangkitkan mode tangan kiri biar anda lebih tenteram mengetik dengan tangan kiri. Untuk ketinggian keyboard, aku langsung menggunakan tinggi keyboard yang paling pendek. Karena, aku lebih menentukan ukuran konten aplikasi lebih banyak dan juga ketinggian keyboard tidak menghipnotis aku dalam kecepatan mengetik.





6. Menggunakan Voice Typing





Dengan Voice Typing, anda mampu mengetik kalimat tanpa perlu mengetik. Caranya yakni dengan memakai bunyi anda dan lalu, keyboard secara otomatis mengetiknya. Fitur ini bahu-membahu sudah sungguh lama ada, cuma saja masih banyak orang yang belum menggunakannya.





Voice Typing Gboard




Dengan teknologi pengenalan bunyi yang kian hari kian canggih, rasanya fitur ini sangat cocok digunakan saat ini. Caranya sungguh gampang, anda cuma perlu menjamah icon mic yang ada di pojok kanan atas keyboard anda. Kemudian, mulailah berbicara dan Gboard akan otomatis menerjemahkan suara anda. Dengan cara ini, anda bisa cepat mengetik apapun.





7. Mengetik memakai sistem Swipe





Swipe ialah metode mengetik dimana anda memindah jari anda dari abjad ke aksara. Jika menyaksikan metode yang umum kita gunakan, anda mesti menjamah aksara dan menyentuh huruf lain untuk membentu kata. Walau terlihat metode Swipe lebih sulit, sebetulnya sistem Swipe ialah alternatif yang mungkin anda sukai nantinya.





Mengetik Dengan Metode Swipe Gboard




Seperti video diatas, saya hanya menggeser jari-jari saya di setiap huruf untuk menciptakan kata dan kalimat. Geser antar huruf pun tidak mesti presisi sekali, Gboard secara otomatis memahami maksud kata yang anda tuju. Saya tidak bisa menyampaikan moetode ini lebih singkat dibandingkan dengan cara biasa, namun anda bisa mencobanya dan anda mampu melihat sendiri, apakah cara ini lebih cepat atau tidak.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar