"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Cek Temperatur Cpu Pc Dengan Gampang


Menggunakan komputer di suhu yang tepat sangatlah penting. Suhu yang berlebih bisa menghemat periode pakai unsur komputer. Oleh alasannya itu, sangat penting mulai dari sekarang anda mampu dengan gampang mengenali cara cek temperatur PC. Lalu, bagaimana caranya?









Bagaimana cara cek temperatur pc





Anda tidak mampu mengevaluasi temperatur komputer dengan perangkat lunak bawaan yang ada di komputer anda, termasuk aplikasi di Windows. Sehingga, anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Ada berbagai aplikasi yang mampu menggunakannya, seperti aplikasi Speccy. Namun, di postingan ini aku memakai aplikasi CoreTemp sebab isu suhu yang diberikan lebih lengkap.





Instalasi CoreTemp





Instalasi Core Temp




Setelah anda simpulan unduh CoreTemp dari tautan diatas, silahkan klik dobel file instalasinya. Namun, anda perlu mengamati 1 hal di instalasi ini dan jangan sampai anda klik tombol “Next” terus. Ada di satu bagian, anda perlu menghilangkan tanda centang. Seperti gambar diatas, anda mesti menetralisir tanda centang pada bab “Build your kingdom with Goodgame Empire. Start the game from the icon on your desktop”. Jika telah, klik Next lagi sampai instalasi final.





Menggunakan aplikasi CoreTemp





Tampilan Aplikasi Core Temp




Setelah anda buka aplikasi CoreTemp, anda mampu menyaksikan beberapa gosip penting seperti kecepatan frekuensi, penggunaan energi, serta suhu di setiap core dari prosesor anda. Kemudian, selain isu persyaratan mirip merk dan tipe prosesor, CoreTemp juga menunjukkan isu suhu maksimal yang mampu dibebankan pada kolom Tj. Max.





Lalu, apa yang terjadi jikalau suhu prosesor mencapai suhu maksimal tersebut? Komputer anda akan otomatis mati, sehingga kalau anda sedang melakukan pekerjaan , hal ini merupakan kejadian yang buruk. Dan memakai komputer di sekitaran suhu optimal mengurangi kala pakainya.





Berapa suhu yang terbaik untuk CPU?





Dilansir dari PC World, berikut kisaran suhu yang perlu diperhatikan.





  • Dibawah 60 derajat Celcius: Komputer anda kondusif!
  • Antara 60 sampai 70 derajat Celcius: Masih aman, tetapi komputer terasa hangat. Membersihkan bubuk komputer adalah solusi yang tepat kalau komputer anda berada di rentang suhu secara konsisten.
  • Antara 70 hingga 80 derajat Celcius: Jika anda tidak melakukan overclock, hal ini perlu anda pemeriksaan, apakah kipas anda berjalan atau debu yang ada di komputer anda sudah sangat banyak.
  • Antara 80 hingga 90 derajat Celcius: Suhu ini terlalu panas. Jika anda melaksanakan overclock, silahkan turunkan kecepatan, bersihkan abu berlebih atau gunakan kipas pemanis bila dibutuhkan.
  • Lebih dari 90 derajat Celcius: Matikan segera komputer anda!




Perlu diamati bahwa ketentuan diatas berlaku ketika suhunya tetap atau konstan selama beberapa menit. Misalnya saja suhu CPU anda berada di suhu 80 derajat selama 10 detik saja dan kemudian turun, itu tandanya anda tidak perlu terlalu khawatir. Sangat berlawanan dikala CPU berada di suhu 80 derajat konstan selama 5 menit atau lebih, maka anda perlu melaksanakan sesuatu terhadap komputer anda.





Bagaimana cara menurunkan temperatur CPU?





Meningkatkan Performa Komputer Drastis Header




Salah satu penyebab utama CPU adalah debu yang membatasi kipas berputar dengan tepat. Sehingga, anda mesti membersihkannya semoga ajaran udara menjadi lancar.





Membersihkan bubuk





Membersihkan abu sangatlah gampang kalau anda memiliki komputer desktop. Anda cuma perlu membuka casing-nya dan anda mampu secepatnya membersihkannya dengan semprotan udara atau mengelapnya dengan alkohol. Hal ini berlainan kalau anda mempunyai laptop.





membersihkan komputer desktop dengan botol penyemprot udara
Foto oleh Anete Lusina di Pexels.com




Untuk membersihkan laptop, anda perlu memiliki semprotan udara yang di semprotkan melalui ventilasi udara yang lazimnya terletak di samping laptop. Jika hal itu masih kurang, berarti anda mesti membongkarnya. Perlu diperhatikan bahwa membongkar laptop akan menghentikan garansi. Atau jika anda kurang yakin membongkar, anda bisa saja ke daerah servis laptop untuk meminta dibersihkan laptop. Saya yakin ongkosnya juga tidak akan mahal.





Menggunakan Thermal Paste





Selain itu, anda bisa juga menambahkan Thermal Paste pada CPU. Thermal Paste yaitu suatu unsur yang bertekstur kental agak padat yang dioleskan di atas CPU. Fungsinya adalah semoga transfer panas antara CPU ke Heatsink menjadi lebih tanpa gangguan. Dari pemahaman tersebut, anda mampu ketahui bahwa Thermal memang lazimnya di gunakan di komputer Desktop.











Anda bisa lihat pada video diatas, video tersebut menerangkan teknik yang tepat dalam menggunakan Thermal Paste. Untuk laptop, saya tidak sarankan anda untuk mengubah Thermal Paste sendiri. Lebih baik, anda menuju ke tempat servis laptop.





Menggunakan Cooling Pad (Laptop)





Cooling Pad yakni sebuah bantalan laptop yang di dalamnya mempunyai kipas. Namun perlu di garis bawahi bahwa Cooling Pad hanyalah solusi jangka pendek. Jika laptop anda terlalu panas, 2 solusi yang sebelumnya telah dibahas lebih di rekomendasikan. Dan anda mustahil menjinjing Cooling Pad setiap dikala ketika memakai laptop.





Cooling Pad




Saya langsung memakai Cooling Pad dan memang mampu menurunkan suhu laptop. Namun penurunannya tidak signifikan, aku rasa sekitar 3 hingga 5 derajat saja. Jika ingin lebih, tetap saya menyarankan anda membersihkan debu.





Efek samping memakai Cooling Pad yaitu bunyi. Kebanyakan Cooling Pad mengeluarkan bunyi yang mampu jadi menganggu anda, terlebih pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi lebih. Jika anda yaitu orang mirip itu, Cooling Pad mungkin bukan solusi yang sempurna.





Situasi yang sempurna memakai Cooling Pad yaitu ketika anda bermain game. Dilansir dari situs Laptopmag, setelah dilakukan tes, ada peningkatan performa dalam memainkan game walau tidak terlampau signifikan.





Bahaya membiarkan komputer dalam temperatur tinggi





Setiap unsur yang ada di komputer mempunyai umur pakai. Temperatur atau suhu tinggi menyebabkan umur pakainya menjadi lebih pendek. Jika terlalu panas, komputer lazimnya mempunyai perlindungan perangkat keras dimana komputer akan mati sendiri secara otomatis. Efek sampingnya ialah semua pekerjaan yang anda lakukan akan hilang bila tidak disimpan.





Selain itu, banyak bagian komputer yang menggunakan solder. Jika suhu terlalu panas, solder tersebut mampu melunak jika terus-jalan masuk berada pada suhu tinggi. Kemudian, tampilan komputer anda akan menyusut bila terus-terusan berada di suhu tinggi. Hal ini sangat mempunyai dampak pada laptop yang tidak di colok.





Begitu gampang kan cara cek temperatur CPU PC





Menjaga temperatur semoga berada di suhu yang di rekomendasikan membuat komputer anda memiliki era pakai yang lebih lama. Di postingan ini, anda sudah mempelajari cara memakai aplikasi Core Temp. Saya berharap, komputer anda senantiasa pada suhu normal dan agar cepat di bersihkan jika suhunya telah tinggi. Bagaimana berdasarkan anda artikel ini? Silahkan tulis di kotak komentar ya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar