"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Membuat Daftar Isi Blog (Table Of Content/TOC )

Cara Membuat Daftar Isi Blog (Table Of Content/TOC )
Pentingnya Menggunakan ToC di Blog - Ada aneka macam aspek yang dapat mensugesti mutu SEO sebuah blog, situs, dan website. Salah satu dari aspek tersebut adalah kualitas artikel yang dibagikan ke mesin telusur.
TOC

Semakin baik kualitas postingan, maka potensi untuk menerima peringkat teratas di hasil pencarian juga semakin besar. Tapi, ciri-ciri postingan yang baik itu bagaimana sih?

Nah untuk hal tersebut, salah satu ciri-cirinya adalah dengan penggunaan ToC di halaman goresan pena. Yuk dibaca sampai habis.

Apa itu ToC?

ToC atau yang biasa disebut dengan Table of Content yakni daftar isi yang berguna untuk merangkum poin-poin penting yang ada di dalam goresan pena. Poin penting tersebut biasanya dapat berbentukjudul / heading.

Untuk lebih jelasnya, berikut yaitu pola tampilan ToC yang dipraktekkan di template Median UI:

 Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kualitas SEO suatu blog Pentingnya Menggunakan ToC (Table of Content) di Blog

Ketika hadirin menekan salah satu nilai yang ada di dalam ToC, maka pembaca akan pribadi melompat berdasarkan area tujuan yang diseleksi tersebut.

Fungsi TOC

Tak disangkal lagi, abjad setiap hadirin pada saat membaca berbeda-beda. Ada yang suka membaca dari awal hingga habis, namun ada pula yang cuma mencari inti dari topik pembahasan.

Nah dengan ToC, pengguna yang hanya mencari inti pembahasan akan lebih terbantu tanpa mesti memindah dan membaca bagian-bab yang menurut mereka kurang penting.

Misalnya begini, ada tulisan yang membicarakan topik tentang "daftar CPC AdSense tertinggi di dunia". Di artikel tersebut, kebiasaan orang Indonesia pasti akan langsung mencari negara Indonesia untuk mengenali pembahasan yang ada di dalamnya.

Cari di daftar isi saja, lebih mudah dan tidak mengkonsumsi banyak waktu.

Pengaruh TOC Terhadap SEO

Seberapa kuat ToC kepada SEO? Asal Anda tahu saja, mesin penelusuran condong memperlihatkan fitur sitelink ke blog-blog yang memakai ToC.

Dari sitelink tersebut, nama brand akan menjadi kian profesinal yang bisa memberikan nilai lebih terhadap setiap hadirin untuk membuka postingan yang terkait. Dengan begitu, trafik akan menjadi makin berkembangdari waktu ke waktu.

Oh iya, ToC juga bisa meningkatkan user experience atau pengalaman pengguna pada ketika membaca. Nah bagi Google, makin baik nilai user experience, memiliki arti artikel yang kita buat disenangi oleh pembaca.

Cara Memasang TOC di Blog

Untuk problem penggunaan bantu-membantu berbeda-berlainan. Kok bisa? Ya, alasannya adalah setiap template mempunyai struktur aba-aba HTML yang berlawanan-beda.

Namun untuk memakai ToC dasar, silahkan mengikuti langkah berikut:

  • Berikan id dengan nilai pada heading yang menjadi tujuan
  • <h2 id="toc1">Judul 1</h2>
    <h2 id="toc2">Judul 2</h2>
    <h2 id="toc3">Judul 3</h2>
      
    atau
    
    <h2><span id="toc1">Judul 1</span></h2>
    <h2><span id="toc2">Judul 2</span></h2>
    <h2><span id="toc3">Judul 3</span></h2>

    Pastikan nilai dari setiap id berbeda satu sama lain jika memakai banyak ToC.

  • Buat link dengan nilai # disambung dengan nama id yang dibentuk sebelumnya.
  • <a href="#toc1">Judul 1</a>
    <a href="#toc2">Judul 2</a>
    <a href="#toc3">Judul 3</a>

Demo

Judul

Penutup

Disamping memberikan user experience yang terbaik terhadap setiap pembaca, ToC juga sangat memiliki kegunaan untuk mengakibatkan blog menjadi lebih baik di mata mesin telusur.

Bisa dibilang, penggunaan daftar isi di halaman goresan pena menjadi salah satu teknik On-Page SEO.

Cukup sekian artikel tentang Pentingnya Menggunakan ToC (Table of Content) di Blog ini, Terima kasih.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar