Pengenalan Aplikasi Editing Video Adobe Premiere Pro CC 2017, 2018, 2019, 2020 (Project, Source, Timeline, Program)

BAHYUDINNOR.COM Bagus dan tidaknya sebuah film/video ditentukan oleh bermacam-macam faktor. Tetapi pada dasarnya film/video yang bagus adalah yang mampu menyampaikan pesan melalui tayangan gambar secara maksimal dan enak dilihat dan juga bisa membuat pemirsa masuk ke dalam cerita atau alur tujuan yang ingin disampaikan oleh si pembuat film/video tersebut. Untuk film/video yang berkaitan dengan materi turorial, alur cerita dalam video harus jelas dan mudah dimengerti.

Film/video yang bagus akan tercipta jika semua proses pembuatan disiapkan dengan bagus.Mulai dari pemilihan tema, ide cerita, penulisan naskah, script, pengambilan gambar, pemilihan kameramen, editor hingga kepada pemeran dalam film itu. Tidak ketinggalan juga peralatan produksi yang mendukung dan bisa dioperasikan agar mencapai hasil maksimal.
Untuk pengolahan video, khususnya dalam proses editing banyak software yang bisa digunakan saat ini. Sebenarnya setiap software editing film memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bahkan saat ini sudah ada freeware portable sehingga tidak perlu menginstal kedalam komputer. Dengan demikian, kapan saja dan kemana saja kita dapat melakukan penyuntingan dengan software yang kecil ukurannya hanya dengan menggunakan flashdisk.

Untuk lebih memperdalam pengetahuanmu, pada pembelajaran ini kita akan membahas lebih dalam tentang penyuntingan video dengan menggunakan perangkat lunak pengolah video. Untuk itu bersungguh-sungguhlah dalam memahami materi berikut ini dengan saksama agar mendapat hasil yang maksimal dan mendapat banyak ilham.

Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Video

Untuk pengolahan video, khususnya dalam proses editing banyak software yang bisa digunakan saat ini. Sebenarnya setiap software editing film memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Aplikasi pengolah video adalah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain.

BACA JUGACara Membuat Project dan Import Video di Adobe Premiere Pro CC 2017, 2018, 2019, 2020

Agar hasil video/film yang kita buat bagus dan menarik tidak cukup dengan menggunakan satu software saja. Beberapa software pendukung sangat diperlukan, misalnya untuk pembuatan grafis, animasi dan efek-efek lain guna menambah keindahan film yang kita buat.

Namun bagus dan tidaknya sebuah film/video ditentukan oleh bermacam-macam faktor. Tetapi pada dasarnya film/video yang bagus adalah yang mampu menyampaikan pesan melalui tayangan gambar secara maksimal dan juga bisa membuat pemirsa masuk ke dalam cerita atau alur tujuan yang ingin disampaikan oleh si pembuat film/video tersebut. Untuk film/video yang berkaitan dengan materi turorial, alur cerita dalam video haruslah jelas dan mudah dimengerti.
Terdapat beberapa aplikasi yang digunakan dalam proses editing:
Pada kesempatan kali ini materi pembahasan memfokuskan pada aplikasi Adobe Premiere Pro, yang menjelaskan menu dan tool Adobe Premiere Pro, memulai dan mengakhiri projek video, dan import data video pada timeline.

Pengenalan User Interface (UI) Abobe Premiere Pro

Adobe Premiere adalah salah satu software yang populer dan digunakan secara luas dalam pengeditan video. Pada pembelajaran kali ini akan dijelaskan fungsi Tool yang ada di adobe premiere. Adobe Premiere merupakan program yang sudah umum digunakan oleh rumah-rumah produksi, televisi dan praktisi di bidangnya. Keuntungan belajar melakukan edit video menggunakan Adobe Premiere adalah program ini mudah dipelajari dan dalam waktu singkat.

Fungsi utama Premiere Pro lebih efektif lagi untuk merangkai gambar, video dan audio, bukan untuk animasi. Agar penampilan multimedia anda lebih menarik, sebaiknya dipelajari pula software animasi dan grafis lain seperti 3D Studio Max, After Effects, Adobe Photoshop dan utility multimedia lainnya. Secara garis besar, area kerja di Adobe Premiere Pro terdiri dari 4 bagian utama, yaitu: Project, Source, Timeline dan Program.
Interface Adobe Premiere Pro CC

1. Project

Project adalah melihat daftar list Multimedia berupa video, teks, gambar maupun musik yang kita masukkan ke dalam adobe premiere.

2. Source

Source adalah layar dimana kita akan mengedit video mentahan kita yang berada pada layar pertama yaitu pada layar Project. Jadi sebelum multimedia dimasukkan ke timeline disarankan untuk mengedit terlebih dahulu di source.

3. Timeline

Timeline adalah layar dimana tempat untuk kita menyimpan hasil list video dan musik yang telah kita edit di layar Project. Sebagian besar waktu dihabiskan di timeline.

4. Program

Program adalah layar dimana tempat kita untuk melihat hasil dari editan kita.

Selain empat area kerja di atas, terdapat pula menu Toolbox, yaitu menu yang berisi alat-alat yang digunakan untuk mengedit klip pada timeline. Klik pada salah satu tombol (atau menggunakan cara pintas pada keyboard) untuk memilih setiap alat.

Alat default adalah alat seleksi pada timeline. Bila kita memilih alat pointer mouse biasanya akan berubah menjadi sebuah ikon baru untuk mewakili alat ketika selama kursor pada panel timeline. Dalam beberapa kasus, anda dapat mengubah fungsi alat
dengan menekan tombol pengubah seperti tombol Shift.

Untuk lebih jelasnya tool atau alat yang digunakan untuk proses pengeditan pada timeline Adobe Premiere berikut ini akan diuraikan satu persatu tool atau alat beserta dengan shortcut-nya pada keyboard.
Tools Standar Premiere Pro
Tools Standar Premiere Pro

Nama Tool          Kegunaan/Fungsi
Selection tool                       
Tool dafault/alat default, digunakan untuk alat memilih dan menggeser clip pada timeline.
Track Select tool
Pilih semua klip di track dari suatu titik tertentu, atau pilih beberapa track.
Ripple Edit tool
Penyesuaian titik edit dan memindahkan klip lainnya dalam timeline untuk agar seimbang.
Rolling Edit tool
Menyesuaikan titik edit antara dua klip tanpa mempengaruhi sisa timeline.
Rate Stretch tool
Mengubah durasi klip sekaligus mengubah kecepatan untuk kompensasi.
Razor tool
Memotong Clip pada timeline.
Slip tool
Memindahkan klip dalam dan keluar poin dengan jumlah yang sama secara bersamaan, sehingga sisa timeline tidak terpengaruh.
Slide tool
Memindahkan klip bolak-balik dalam timeline, sementara secara bersamaan menyesuaikan klip berdekatan dengan kompensasi.
Pen tool
Digunakan untuk membuat kontrol (jangkar) poin.
Hand tool
Digunakan untuk menarik tampilan timeline kiri dan kanan.
Zoom tool
Digunakan untuk memperbesar tampilan, atau tarik dan pilih area persegi untuk memperbesar ke arah tertentu pada timeline.
Perlu diketahui Video/Film adalah rangkaian banyak frame gambar yang diputar dengan cepat. Masing-masing frame merupakan rekaman dari tahapan-tahapan dari suatu gerakan. Kita sebagai manusia tidak dapat menakar jeda antar frame yang diputar dengan kecepatan tinggi, rata-rata di atas 20 frame perdetik. Standar kecepatar perputaran frame ini kita mengenal beberapa standar broadcast. Dalam penyuntingan video terdapat 2 teknik yang dapat dilakukan. Apa saja teknik tersebut?
  1. Teknik Penyuntingan Video yaitu Teknik Linear dilakukan dengan memotong-motong bahan video yang diberi istilah klip dan disusun dengar menggunakan video player dan perekam (VCR-Video Cassete Recorder), bisa juga menggunakan dua player bila kita ingin memasukan effect, sehingga bisa diatur sesuai dengan potongan yang ada.
  2. Teknik Non-Linear, serupa dengan linear kita memotong-motong klip dalam editing, tetapi jauh lebih mudah karena tinggal drag and drop tanpa kerja dari nol, begitu juga untuk memasukan effect, kita tinggal drag and drop dengar effect yang sudah tersedia. Bahkan kita dapat mengatur dengan mudah durasi dari effect yang kita pakai.

Setelah kamu mengetahuai Aplikasi Editing Video dan Interface dari Adobe Premiere Pro kamu bisa saja langsung mencobanya dirumah dengan melakukan praktik instalasi perangkat lunak Adobe Premiere Pro. Selamat mencoba

Nah, itu tadi pembahasan kali ini. Kalau misalnya, Kalian masih ada pertanyaan ataupun saran, Kalian bisa tinggalin di kolom komentar di bawah. Jangan lupa untuk follow blog ini dan sampai ketemu lagi di pembahasan berikutnya.