"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

10 Cara Menutup Aplikasi Di Windows 10


Ada banyak jalan menuju Roma. Hal ini juga berlaku di Windows 10. Untuk menutup aplikasi, Windows telah menyediakan aneka macam cara dan bisa anda gunakan di banyak sekali keadaan. Menutup aplikasi di Windows menjaga semoga penggunaam RAM anda tetap kecil dan metode menjadi lebih stabil. Berikut 10 cara menutup aplikasi di Windows 10.









1. Cara menutup aplikasi dengan tombol X di Title Bar





Tombol X Menutup Aplikasi Windows




Cara ini ialah cara yang paling biasa digunakan. Di setiap aplikasi yang anda buka, tentu saja ada tombol X pada pojok kanan atas layar anda.





Menutup Aplikasi Tablet Mode Windows




Jika anda berada di mode Tablet, tombol X untuk aplikasi dari Microsoft Store akan disembunyikan. Jika memakai Mouse, arahkan kursor ke atas layar anda dan tombol X akan muncul. Atau, sentuh, tahan, dan geser ke bawah jari anda pada bagian atas aplikasi untuk menutupnya.





2. Cara menutup aplikasi dengan klik kanan pada aplikasi di Taskbar





Cara Menutup Aplikasi Windows Klik Kanan Taskbar




Cara yang terpopuler ke-2 menurut aku ialah menutupnya pada taskbar. Yang perlu anda lakukan yaitu klik kanan pada icon aplikasi di Taskbar dan klik “Close window”.





Cara Menutup Aplikasi Windows Klik Kanan Taskbar Banyak Aplikasi




Jika aplikasi yang anda buka mempunyai banyak Window, maka yang muncul ialah “Close all windows” mirip gambar diatas.





3. Cara menutup aplikasi dengan tombol X pada Thumbnail aplikasi di Taskbar





Cara Menutup Aplikasi Windows Thumbnail Taskbar




Anda mampu geser pointer mouse pada icon aplikasi pada Taskbar dan diamkan sebentar. Maka, akan muncul Thumbnail dari aplikasi tersebut dan ada juga tombol X di pojok kanan atas Thumbnail. Klik saja maka aplikasi akan tertutup mirip diatas.





4. Cara menutup aplikasi dengan klik kanan pada Title Bar





Cara Menutup Aplikasi Windows Klik Kanan Title Bar




Title Bar merupakan strip paling atas pada aplikasi yang umumnya menimbulkan info judul atau nama aplikasi. Jika anda klik kanan, maka akan muncul aneka macam opsi, termasuk menutup aplikasi. Klik kanan pada Title Bar dan klik “Close”. Atau, anda juga mampu menekan tombol ALT + Spasi untuk memunculkan menunya.





5. Cara menutup aplikasi dengan shortcut ALT + F4





Cara ini sungguh efektif dikala entah alasannya suatu hal tombol X tidak muncul baik di aplikasi maupun di Taskbar. Silahkan buka aplikasi yang ingin di tutup dan tekan tombol ALT + F4 di keyboard.





6. Cara menutup aplikasi dengan CTRL + ALT + Tab





Cara Menutup Aplikasi Windows Ctrl Alt Tab




Jalan pintas keyboard CTRL + ALT + Tab digunakan untuk menyaksikan seluruh aplikasi yang terbuka dan anda mampu klik aplikasi tersebut untuk pindah ke aplikasi tersebut. Selain itu, anda juga bisa menutup aplikasinya dengan cara klik tombol X pada Thumbnail aplikasi seperti gambar diatas.





7. Cara menutup aplikasi dengan Task View (Windows + Tab)





Task View sesungguhnya sama saja dengan CTRL + ALT + Tab yang telah anda baca di kiat sebelumnya. Yang membedakannya yaitu Task View juga menimbulkan seluruh aplikasi yang terbuka selama 30 hari, sehingga anda tidak lupa dengan pekerjaan apa saja yang anda kerjakan selama 1 bulan.





Cara Menutup Aplikasi Windows Task View




Untuk membuka Task View, tekan tombol Windows + Tab. Kemudian, klik tombol X pada Thumbnail aplikasi.





Task View mempunyai fitur lain ialah Virtual Desktop yang memungkinkan anda untuk membuat 2 atau lebih ruang kerja atau ruang aplikasi. Penjelasannya lengkapnya mampu anda baca di artikel Cara Menggunakan Virtual Desktop dan Task View di Windows.





8. Cara menutup aplikasi dengan Task Manager





Task Manager memiliki banyak fungsi dan salah satu fungsi utamanya yakni melaksanakan monitoring kepada seluruh proses yang terjadi. Selain itu, Task Manager sering dipakai untuk menutup aplikasi yang ngehang. Bagaimana caranya?





Task Manager Simpel Windows 10




Ada banyak cara membuka Task Manager, salah satunya yang paling cepat yakni menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC. Setelah terbuka, anda bisa menyaksikan aplikasi yang terbuka. Jika anda gres pertama kali membuka Task Manager, umumnya tampilannya akan jadi mirip diatas.





Anda mampu klik kanan pada aplikasi dan klik “End Task” untuk menutup aplikasi. Namun perlu diperhatikan bahwa semua aplikasi yang ditutup lewat Task Manager akan ditutup secara paksa. Artinya kalau anda sedang menulis dokumen di Microsoft Word dan belum disimpan, maka dokumen tersebut tidak akan tersimpan.





Task Manager Dengan Penggunaan Tinggi




Task Manager tidak cuma sekedar mengurus aplikasi, anda mampu klik “More details” dan akan ada banyak pilihan yang mampu anda lakukan mirip menyaksikan proses yang berlangsung dan mengecek aplikasi mana yang paling banyak memakai RAM.





9. Cara menutup aplikasi dengan Command Prompt





Command Prompt biasanya dipakai untuk mengeksekusi perintah melalui aba-aba-instruksi tertentu. Walau hal ini terdengar mirip hal yang menakutkan, ada banyak hal yang bisa anda lakukan dengan Command Prompt. Salah satunya yakni menutup aplikasi.





taskkill /f /im nama_proses.exe




Caranya yaitu ketikkan instruksi diatas dibarengi dengan nama proses untuk aplikasi tersebut. Sebagai penjelasannya, Taskkill merupakan perintah untuk menutup aplikasi. Ada 2 parameter yang digunakan. Pertama adalah “/f”, dimana parameter itu berfungsi untuk menutup aplikasi secara paksa (force). Sedangkan “/im” maksudnya yakni menutup aplikasi berdasarkan nama proses.





Taskkill Di Command Prompt Windows




Seperti gambar diatas, aku berniat untuk menutup aplikasi Microsoft Word. Setelah saya ketikkan dan aku tekan tombol enter, maka aplikasi Microsoft Word akan tertutup secara paksa.





Aplikasi Tertutup Paksa Command Prompt Windows




Seperti gambar diatas, saya sudah sukses menutup aplikasinya. Karena cara ini menggunakan nama proses, anda perlu mengetahui nama proses dari setiap aplikasi yang ingin anda tutup. Informasi nama proses bisa anda peroleh di Task Manager. Walau tampakcara ini sangat sukar, akan menjadi lebih mudah saat kita telah hafal seluruh perintah dan nama prosesnya.





10. Cara menutup Tab Browser cepat dengan CTRL + W





Walau kiat terakhir ini tidak menutup aplikasi, tetapi cuma menutup tab yang aktif di browser. Browser apapun yang anda gunakan, baik Chrome, Firefox, Edge atau Opera, anda bisa menutup tab yang aktif dengan cara menekan tombol CTRL + W di keyboard. Tentu cara ini jauh lebih cepat ketimbang anda mengarahkan kursor mouse ke tombol X.





Pilihlah cara menutup aplikasi yang cocok situasi dan keadaan





Saya langsung sungguh menggemari menutup aplikasi dengan shortcut keyboard adalah memakai ALT + F4. Dengan menggunakan shortcut keyboard, tangan anda tidak perlu bergeser ke mouse dan tetap berada di keyboard. Lalu, apakah ada cara lain yang belum ada di artikel ini? Yuk bagikan ke pembaca lainnya di kotak komentar dibawah ini.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar