"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Sistem Gosip Desa, Semua Data Desa Se-Indonesia Ada Disini Yuk Di Cek, Semua Harus Tau

Sistem Informasi Desa, Semua Data Desa Se-indonesia Ada Disini, Yuk Di Cek Semua Harus Tau - Sistem berita desa atau yang biasa disebut dengan SID ialah suatu website dan aplikasi yang digunakan untuk mengurus data di desa.





SID yang baik dirancang sebagai alat dukung untuk pelayanan di kantor desa. Fungsi yang mampu dijalankan antara lain administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, inventarisir aset kantor desa, inventarisir sarana prasaranan di desa, pengelolaan anggaran desa,  layanan publik, dan lain sebagainya.


Untuk Websitte nya : https://sid.kemendesa.go.id/home  (Data Per-desa Lengkap Disini)


Sejatinya, tata cara informasi desa harus dikembangkan oleh pemerintah atau pemerintah tempat, sebagaimana tertulis dalam undang-undang desa. Pelaksanaannya bisa memakai APBN, APBD, ataupun APBDes tergantung dengan kondisi yang ada pada tempat tersebut. Undang-undang yang mengharuskan SID tersebut berada pada pasal 86 dan berbunyi sebagai berikut:



Desa berhak menerima saluran isu melalui tata cara informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan metode informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.


Sistem isu Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mencakup fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.


Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta gosip lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.


Sistem isu Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan mampu diakses oleh penduduk Desa dan semua pemangku kepentingan.


Pemda Kabupaten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa.



Adapun, manfaat dari penggunaan SID :


1. Mengelola data kependudukan secara efisien dan valid


Setelah memakai SID, pemerintah desa akan lebih singkat ketika mencari data penduduk, tidak perlu bolak balik untuk membuka kartu keluarga. Panda SID yang dikembangkan oleh puskomedia dirancang dengan fitur robot, ketika ada data yang kosong ataupun berurusan, sang robot akan memberitahukannya kepada operator. Fitur validasi data menjadi kelebihan dari SID daripada memakai data kertas atau spreadsheet saja.


2. Pelayanan cepat


Setelah memakai SID, pelayanan cetak surat menjadi lebih cepat. Robot di Panda dirancang untuk mempermudah cetak surat. Operator hanya perlu mencari nama penduduk, lalu biarkanlah robot panda yang hendak melakukan pekerjaan untuk membuat surat yang diperlukan.


Saat mencari data penduduk, Panda SID akan melakukan pekerjaan untuk mencarikan data sesuai dengan isyarat operator. Mencari secara spesifik misalkan wanita, belum menikah, usia 25 tahun, pendidikan SMA.


3. Transparansi desa (termasuk dana desa)


SID melakukan pekerjaan untuk memudahkan transparansi desa kepada warga. Panda SID terdapat fitur yang berfungsi ganda. Di saat pemerintah desa menginput dana APB Desa untuk pelaporan, dikala itu juga transparansi anggaran akan muncul pada website desa.


4. Pelaporan Kegiatan Pemerintah Desa


SID memudahkan untuk pelaporan bagi pemerintah desa kepada masyarakatnya. Selama ini, Pemerintah Desa sudah sering melaporkan segala kegiatannya lewat media umum. Hanya saja pelaporan tersebut tidak teratur, misalkan cuma melalui akun facebook langsung milik kepala desa. 


Jenis pelaporan mirip ini cuma akan berpengaruh hanya kepada akun yang menjadi teman kepala desa di facebook. Teknologi Panda hadir untuk merapikan kebiasaan tersebut. Meskipun hanya dijalankan lewat media sosial, pelaporan tersebut akan sinkron ke website sehingga mampu dilihat oleh semua orang, tanpa mesti menjadi sahabat di facebook.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar