"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Sukses Bisnis Ala Bob Sadino yang Wajib Anda Pahami

Pesan Penting dari Seorang Bob Sadino Untuk Berbisnis. Kalau mau kayak enggak usah sekolah, belajar goblok akan membantu kamu sukses berbisnis.
BAHYUDINNOR.COM - Sukses Bisnis Ala Bob Sadino yang Wajib Anda Pahami. Sukses Bisnis Ala Bob Sadino yang Wajib Anda Pahamikamu sukses berbisnis.
Hai semuanya, selamat datang kembali di blog Bahyudin Nor. Kali ini saya membahas soal nasehat almarhum Bob Sadino tentang mindset sukses berbisnis 

Bagi yang tidak kenal Bob Sadino semasa hidupnya dia memiliki gaya nyentrik dengan kemeja dan celana jeans pendek. Bukan cuma tampilannya, namanya sendiri juga bukan nama asli. Nama aslinya adalah Bambang Mustari Sadino. Nama Bob muncul dari sebuah akronim "Bukan Orang Biasa", kemudian akhirnya nama itu dipakai hingga akhir hayatnya.
Pesan penting Untuk Bisnis oleh Bob Sadino
Walaupun nyentrik Bob merupakan pengusaha sukses dari usaha agrobisnis dan supermarket yaitu jaringan supermarket kelas atas bernama Kem Chicko, Perusahaan daging olahan bernama kemfood dan perusahaan khusus ekspor sayur-mayur bernama kemfarm. Bukan hanya soal tampilan, karakternya juga sangat low profile. Bob tidak suka dibilang sukses bahkan dia sendiri pernah bilang "tidak tahu kata sukses itu apa sih sebenarnya".

Bagi dia hidup seperti itu adalah sebuah kebebasan. Walau gitu kisah hidup Bob telah menginspirasi jutaan orang di indonesia. Bob lahir dari keluarga yang cukup bahkan kalau dibilang berlebih sewaktu dia berumur 19 tahun. Orang tuanya meninggal. Bob mewarisi seluruh harta warisan keluarganya karena saudara kandungnya yang berjumlah empat orang lainnya dianggap sudah mapan. Kemudian dia menghabiskan sebagian hartanya untuk keliling dunia. Dalam perjalanan Bob juga sempat tinggal di Belanda selama 9 Tahun.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Di sana dia bertemu istrinya dan kemudian menikah. Pada tahun 1967, Bob dan keluarganya kembali ke Indonesia dan membawa 2 Mercedes miliknya. Salah satu mobilnya dia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang. Suatu hari dia keluar dari perusahaan tempatnya bekerja dan memutuskan untuk bekerja secara mandiri. Pekerjaan pertamanya yaitu menyewakan mobil Mercedes miliknya dan dia menjadi Sopir dari mobil tersebut. Sayangnya suatu hari mobil itu disewakan dan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan rusak parah, Karena tidak punya uang untuk memperbaiki mobilnya Bob akhirnya bekerja sebagai tukang batu selama hampir setahun. Hal itu merupakan momen terendah dari hidup Bob, bahkan ia sempat depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya hingga suatu hari temannya menyarankan Bob untuk memelihara ayam.

Uniknya dia baru sadar ada perbedaan antara telur Indonesia dan telur yang dia lihat di Eropa dan Amerika, kemudian dia menulis surat kepada temannya yang tinggal di Belanda untuk minta dikirimkan anak ayam yang bisa bertelur. Padahal saat itu Bob juga enggak tahu ayam apa sih itu. Bukan hanya enggak tahu jenis ayamnya dia juga meminta pada temannya untuk mengirimkan majalah tentang bagaimana cara memelihara ayam.

Awal mula Bob menjadi peternak ayam dan kemudian menjual telur keliling ke rumah rumah. Saat pertama kali berjualan telurnya sulit laku karena bentuknya berbeda dengan telur ayam Indonesia pada umumnya. Untungnya di daerah Bob tinggal yaitu di Kemang. Ada beberapa orang asing yang tinggal di sana karena dia dan istri fasih berbahasa inggris telur yang dijualnya pun laku. Lama-kelamaan bisnisnya pun semakin berkembang hingga Bob merambah ke bisnis Supermarket Premium yaitu Kem Chicko dan Budidaya Sayur Mayur Sehat.

Bob tidak suka terlalu banyak teori, yang penting kerjakan, berani dan biarkan hidup mengalir. Ada nasehat yang menarik ketika ditanya "apa sih langkah-langkah untuk bisa sukses berbisnis", Bob memberikan beberapa tips yang mungkin berguna;

Pertama Hilangkan Rasa Takut Ketika Mulai Apapun
Takut tidak ada uang, Takut tidak ada modal, takut gagal, takut resiko.... tinggalkan semuanya.
Kedua jangan berharap
Karena setiap ada harapan maka di belakangnya pasti ada kekecewaan, jadi kalau kamu berharap banyak maka kamu akan banyak kecewa, kalau tidak mau kecewa ya jangan berharap.
Ketiga harus punya kemauan
Bukan hanya sekedar mau tetapi harus dijalankan bersamaan dengan tekad dan berani mengambil peluang.
Keempat Harus Tahan Banting dan jangan cengeng
Bob kemudian memberikan contoh. Ada orang mau berusaha bilangnya nggak ada uang, ketika dikasih uang orang tersebut masih bingung mau usaha apa? Ketika dikasih tahu Usaha apa, orang tersebut masih ngeluh lagi gimana pemasarannya? Itu adalah tipe orang yang sulit berhasil ketika berbisnis.
Yang terakhir jangan lupa bersyukur
Jika kamu bilang kalau hidup kamu susah, banyak orang yang lebih susah dari kam. Jika kamu bilang kalau kamu kaya, banyak orang yang lebih kaya dari kamu, diatas langit masih ada langit. Itulah alasan kenapa bersyukur itu sangat penting.

Selain tips bisnis itu, Bob juga pernah berkata "kalau mau kaya enggak usah sekolah". Tentu saja pernyataannya jadi kontroversial apalagi dikalangan Akademisi. 

Hal ini harus dilihat lebih dalam makna dibaliknya. Ada kebijaksanaan dibalik kata-kata Bob yang kontroversial. Dia mengkiaskan orang yang "Sekolah Tnggi" dan "Tidak" seperti "Kampus" dan "Jalanan".

Di kampus seseorang akan di didik dengan banyak teori, tapi ketika terjun langsung ke masyarakat atau bahasa Bob adalah "Jalanan" orang tersebut kesulitan. Sedangkan seseorang yang tidak sekolah tinggi sulit mendapatkan pekerjaan, maka mau tidak mau orang tersebut pasti akan langsung terjun ke jalanan untuk berbisnis. Nah jadi bagaimana kalau sudah terlanjur sekolah tinggi tapi mau pindah jalur ke jalanan alias berbisnis. Saran dari Bob adalah kita harus tahu perbedaan "antara orang Pintar dan orang Goblok".

Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnya, tidak ada satupun yang jadi kenyataan, sedangkan orang Goblok cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan.

Orang pintar terlalu banyak mikir akhirnya tidak pernah melangkah, sedangkan orang goblok gak pernah mikir yang penting melangkah saja.

Orang pintar maunya cepat berhasil cepat kaya padahal semua orang tahu kalau itu enggak mungkin, Orang goblok cuma punya satu harapan hari ini bisa makan.

Itulah beberapa perbedaan antara orang pintar dan orang goblok. Untuk pindah jalur yang paling pertama dilakukan adalah buat dirimu jadi orang goblok dulu. Maksudnya apa?
Kita harus bersedia melepaskan semua kepintaran dan belenggu seperti rasa takut dan harapan, kemudian langsung praktek. Bob memberikan contoh orang berbisnis cari untung atau cari rugi?

Tentu saja semua orang sepakat kalau bisnis itu cari untung. Tapi Bob punya pendapat lain, kalau dia berbisnis cari rugi. Dia menjelaskan kalau orang bisnis cari untung apakah selamanya dia untung.? Tentu saja tidak.
Sama halnya ketika orang bisnis cari rugi, apakah selamanya cari rugi?

Tentu saja tidak.

Jadi menurut Bob tidak ada bedanya antara orang berbisnis cari untung atau cari rugi, karena dua hal itu yang sama saja.

Bagi kebanyakan orang pasti merasa aneh dari pola pikir itu, tapi ada kebijaksanaan di belakangnya. Bob berbisnis cari rugi, sehingga jika dia rugi dia tetap semangat dan jika untung maka rasa syukurnya akan bertambah. Setelah menjadi pengusaha sukses, maka dia akan menganggap dirinya sebagai orang yang mandiri. Dia tidak lagi bergantung pada orang lain, karena sudah mampu berdiri diatas kakinya sendiri.

Silahkan komen di kolom komentar pelajaran apa yang kalian dapat ketika tahu informasi ini. Selain itu komen juga mau tahu informasi apalagi yang direview di postingan berikutnya.




Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar