Tutorial Cara Membuat Media Interaktif Untuk Pemula Dengan Action Script 3.0 di Adobe Animate CC 2018

BAHYUDINNOR.COM Media Pembelajaran Interaktif adalah sebuah media yang digunakan untuk memberikan informasi terkait pembelajaran yang didukung dengan konsep dan pemikiran yang matang, untuk menghasilkan alat yang dapat berkomunikasi dengan pelajar dengan menggunakan media pembelajaran tersebut.

Baca juga tutorial menarik lainnya:
Media Pembelajaran Interaktif dapat dibuat dengan menggunakan software tertentu mulai dari aplikasi yang mudah sampai dengan yang ekpert misalnya software yang tepat dalam pengembangannya adalah adobe flash atau yang terabru yaitu adobe animate, Unity, Constract, dll.

Dikatakan media itu Interaktif apabila adanya terjadi interaksi antara media itu sendiri dengan si user/pengguna.

1. Video Tutorial 1 (Frame Size & Scene)

Di video ini akan menjelaskan tentang pemahaman Dasar Frame Size & Scene dalam Pembuatan Desain Media Interaktif  dengan menggunakan aplikasi Adobe Animate Action Script 3.0.

Tips!! Sebelum membuat media terlebih dahulu Assetnya disiapkan dan juga tak kalah penting Konsep medianya seperti apa.? dan Sering-Seringlah melihat desain media punya orang lain (Amati, Tiru dan Modifikasi/ATM)

2. Video Tutorial 2 (Membuat Intro Media)

Di video ini akan menjelaskan tentang Cara Membuat Intro dan Cara Menganimasikannya pada aplikasi Adobe Animate Action Script 3.0. Sebelum melihat tutorialnya silahkan download dulu asset medianya klik disini atau download assets lainnya disini. (Password Ekstrak File ada di bagian postingan paling bawah)

Apa yang saya berikan jauh dari kata sempurna. Jadi sering-seringlah mencari referensi lain. Paling tidak anda sudah pernah memainkan media Interaktif.  Saran saya download dan instal beberapa media interaktif dan modifikasi intro nya. Silahkan cari disini.

3. Video Tutorial 3 (Mendesain Menu Utama)

Di video ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara Mendesain & Menganimasi Menu Utama. Menu utama yang dibuat paling tidak berisi Kompetensi (Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran), Tujuan pembelajaran, Pilihan Materi, Evaluasi/Soal Ujian, Info Media (Referensi/Daftar Pustaka, Profil Pembuata, petunjuk Media). Kalau sekarang ada juga yang dibuat media dengan teknik gamifikasi.

4. Video Tutorial 4 (Mengisi Konten Pada Scene)

Setelah selesai membuat Utama Media Interaktif. Dilanjutkan dengan Mengisi Konten Pada Scene Menu Materi dan cara menganimasikannya. Untuk mendowload asset Menu Utama silahkan klik disini.

5. Video Tutorial 5 (Pembuatan Soal Pilihan Ganda)

Setelah selesai membuat konten pada scene dilanjutkan dengan Pembuatan Soal Pilihan Ganda (A, B, C,D atau E). Pembuatan soal di Adobe Animate bagi pemula cukup sulit. Namun tenang, karena disini sudah saya sedikan asset .Fla nya. Jadi tinggal download dan edit sesuai tutorial yang diberikan. Untuk assets .FLA nya silahkan download disini

6. Video Tutorial 6 (Membuat FullScreen Action Script 3.0)

Ketika kita membuat media Interaktif. Kita menginginkan media terseebut agar tampil seukuran layar. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Nah di tutorial ini akan saya berikan bagaimana cara Membuat Tampilan FullScreen baik Secara Manual ataupun Otomatis melalui pengoperasian Syntac Action Script 3.0. Untuk mengetahui lebih jauh Cek disini.

7. Video Tutorial 7

Membuat media interaktif tanpa musik serasa hambar. Betul? Nah di video ini akan mempelajari bagaimana cara menambahkan musik & backsound ke dalam adobe Animate/Flash AS 3.0. Untuk assetnya sendiri silahkan download disini atau download contoh project nya klik disini. Namun jika ingin melihat referensi tombol musik klik disini.
Demikianlah Tutorial Cara Membuat Media Interaktif Untuk Pemula Dengan Action Script 3.0 di Adobe Animate CC 2018. Saya harap dengan adanya panduan ini bisa mempermudah dalam mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif baik dikalangan dunia Pendidikan maupun Indutri Kreatif.

Apapun yang di download di blog ini gunakan Password "www.bahyudinnor.com" untuk mengekstrak file...

Jangan lupa bagikan posting ini untuk membantu yang lain dalam Mengembangkan Media Pembelajaran dan tinggalkan komentar untuk membantu saya memperbarui atau meningkatkan posting ini. Saya ingin membaca komentar Anda.