"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Apa Itu Cloud Hosting Dan Kenapa Memilih Cloud Hosting?


Di dikala pandemi mirip saat ini, mempunyai situs eksklusif sungguh menguntungkan. Keberadaan kita di dunia maya makin menciptakan perjuangan atau bisnis lebih terpercaya dan mengikuti pertumbuhan zaman. Untuk itu, anda memerlukan suatu hosting biar dapat menampung website anda. Salah satu varian dari hosting adalah Cloud Hosting. Lalu, apa itu Cloud Hosting dan kenapa memilih Cloud Hosting? Mari kita diskusikan bersama.









Apa itu Hosting?





Hosting yakni sebuah server yang terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga anda atau perusahaan dapat menawarkan konten lewat koneksi internet. Anggap saja Hosting yaitu rumah, sedangkan alamat website seperti alamat rumah. Jika di analogikan, rumah Windowsku berada pada alamat https://www.bahyudinnor.com/.





Ketika anda mengetik windowsku.com dan menekan enter di browser, maka anda akan pribadi terhubung dengan server Windowsku dan server mengantarkan data tampilan sehingga anda mampu melihat situs seperti saat ini juga.





Apa itu Cloud Hosting?





Cloud Hosting ialah salah satu varian dari Hosting. Cloud Hosting adalah salah satu jenis hosting yang memakai lebih dari satu server untuk menyeimbangkan muatan situs dan memaksimalkan uptime. Daripada memakai 1 server saja, Cloud Hosting dapat secara paralel menggunakan server lain. Sehingga saat 1 server gagal, server lain siap menggantikannya.





Server Dan Komputer




Kegagalan server tentu saja dapat terjadi kapan saja, entah sebab kesalahan perangkat lunak sampai mati listrik. Menggunakan lebih dari 1 server ialah penyelesaian yang sempurna, sehingga situs anda tetap dapat diakses kapanpun.





Keunggulan Cloud Hosting





Banyak sekali keunggulan yang dimiliki Cloud Hosting dibandingkan hosting biasa. Berikut kelebihan Cloud Hosting.





1. Pembayaran fleksibel





Pembayaran permulaan untuk Cloud Hosting umumnya menggunakan prosedur per bulan. Namun, Cloud Hosting mampu lebih fleksibel alasannya dapat mengembangkan resource saat trafik ke situs lebih banyak ketimbang lazimnya .





Misalnya saja jikalau anda memiliki situs e-Commerce dan situs anda mengalami kenaikan trafik akibat anda menerapkan diskon di produk, anda bisa meningkatkan resource sehingga situs anda mempunyai tampilan yang tinggi.





Ketika potongan harga sudah akhir, maka anda mampu menurunkan resource sehingga anda hanya perlu memperbesar ongkos saat trafik sedang tinggi saja.





2. Banyak Server





Seperti yang dikatakan sebelumnya, dengan banyaknya server yang digunakan, maka anda mampu lega ketika satu server tidak bisa diakses, maka secara otomatis situs anda akan di jalan masuk di server lainnya.





3. Situs yang lebih singkat





Karena menggunakan banyak server, resource atau sumber daya yang dipakai mampu terbagi dengan banyak server tersebut sehingga performanya lebih tinggi. Hal itu juga akan memiliki dampak pada kecepatan situs diakses. Apalagi dikombinasi dengan teknologi caching dan CDN, maka situs anda pastinya jauh lebih cepat.





4. Pengaturan situs yang mudah





Cloud Hosting umumnya menawarkan pengaturan situs yang sungguh gampang. Berbeda dengan Cloud Hosting pada dikala pertama kali muncul, anda diwajibkan untuk mengenali bagaimana pengaturan Cloud Hosting. Saat ini, penggunaan Cloud Hosting sangatlah gampang. Bagi anda yang telah mengenal hosting yang paling dasar sekalipun, anda akan begitu gampang juga konfigurasi Cloud Hosting.





Jenis situs yang memakai Cloud Hosting





Web Design 6009422 1280




Prakteknya, seluruh jenis website bisa menggunakan Cloud Hosting mulai dari situs kecil seperti portofolio eksklusif, blog, sampai situs e-Commerce besar. Namun, anda dapat memilih Cloud Hosting dengan beberapa alasan.





Alasan yang paling utama ialah saat situs tersebut menampung info yang sungguh penting dan bila tidak bisa diakses 5 detik saja, maka akan mensugesti orang banyak. Misalnya saja situs e-Commerce, jikalau 5 detik saja situs mirip itu tidak mampu diakses, maka penjualan akan otomatis menurun karena bisa jadi di rentan waktu 5 detik itu, ada orang yang ingin berbelanja produk.





Intinya, jika situs yang anda miliki untuk bisnis, memakai Cloud Hosting yakni opsi yang tepat. Karena Cloud Hosting memberikan stabilitas yang tinggi dibandingkan hosting biasa. Serta anda juga mengontrol sumber daya dengan mudah saat kunjungan tinggi.





Jenis situs yang membutuhkan Cloud Hosting adalah selaku berikut:





  1. e-Commerce
  2. Situs Perusahaan
  3. Situs B2B (Business to Business)
  4. Dan situs yang memiliki kunjungan yang tinggi




Penyedia Cloud Hosting di Indonesia





Di Indonesia, ada beberapa penyuplailayanan hosting yang memperlihatkan Cloud Hosting. Salah satu penyedia Cloud Hosting murah di 2021 ini yakni Domainesia. Harga yang ditawarkan juga beragam, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kantong anda. Anda bisa membayarnya per bulan maupun per tahun. Dan bila anda memesannya untuk waktu yang cukup lama, maka anda akan mendapatkan diskon lebih.





Jika sudah menentukan hosting, anda bisa memakai WordPress misalnya untuk membuat situs dengan segera. WordPress memungkinkan anda untuk membuat blog, situs pribadi, hinggan e-Commerce tanpa anda mengenali coding sama sekali. Namun, kalau anda membuat situs custom yang membutuhkan fungsionalitas khusus, anda mampu mengetaui cara berguru coding dengan mudah disini.





Untuk blog ini, saya memakai WordPress. Sudah lebih dari 5 tahun aku memakai WordPress untuk situs ini. Karena saya juga bekerja selaku programmer, aku juga biasa membuat website custom. Bahasa pemrograman yang biasa saya gunakan yaitu PHP dengan memakai framework Laravel.





Apa itu Cloud Hosting sudah terjawab





Memilih hosting yang sempurna sesuai kebutuhan sangatlah penting. Mengingat pentingnya keberadaan sebuah website untuk perusahaan maupun untuk diri anda sendiri, anda sungguh rugi kalau tidak memilikinya hari ini juga. Lalu, bagaimana menurut anda postingan ini? Silahkan tulis di kotak komentar bila ada yang kurang ya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar