"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Apa Itu Satelit? Dan Apa Kegunaanya Teknologi Satelit?

Apa Itu Satelit? Dan Apa Kegunaanya Teknologi Satelit? - Apakah Di benak kita pernah tersirat kata demikian, jika iya ayo kita diskusikan.





Satelit yakni suatu planet atau mesin yang mengorbit planet lain atau sebuah bintang. Bumi contohnya, adalah suatu satelit alasannya bumi mengorbit matahari. Begitu juga dengan bulan, bulan merupakan sebuah satelit karena bulan mengitari bumi.


Sehingga bulan disebut sebagai satelit bumi. Biasanya kata satelit lebih ditujukan terhadap suatu mesin yang mengitari bumi.



Jenis Satelit

Terdapat dua jenis satelit, yakni satelit alami dan satelit buatan. Bumi dan bulan adalah satelit alami. Sedangkan satelit Palapa dan Telkom-1 ialah acuan dari satelit buatan. Terdapat ribuan satelit buatan yang mengorbit bumi. Kegunaan dari satelit produksi ini juga sangat bermacam-macam.



Beberapa fungsi utama dari satelit bikinan yaitu :

Mengambil gambar bumi. Ini digunakan oleh ilmuwan dan tubuh meteorologi untuk memprediksikan cuaca dan mengantisipasi adanya angin angin kencang.

Mengambil gambar planet lain. Karena ilmu wawasan manusia harus terus dikembangkan, ilmuwan-ilmuwan membutuhkan data-data tentang planet lain untuk dipelajari. Sehingga umat manusia mampu lebih mengerti alam semesta dan luar angkasa.



Telekomunikasi. Satelit buatan pada umumnya memang dipakai untuk kepentingan pertukaran isu. Contohnya untuk TV satelit, Internet satelit dan GPS.




Kenapa Satelit itu Merupakan Teknologi Yang Penting?

Sebelum adanya satelit, sukar untuk insan mengamati bumi secara keseluruhan dengan waktu yang singkat. Menggunakan alat darat untuk memperhatikan bumi mengkonsumsi waktu yang sungguh lama. Sehingga dengan adanya satelit, lebih banyak data yang mampu diperoleh perihal kontur, bentuk, dan cuaca di bumi dengan sungguh cepat dan akurat.



Satelit itu penting, alasannya sebelum adanya satelit sinyal TV tidak dapat terpancar dengan jarak yang sungguh jauh. Faktanya, sinyal TV itu menyembur mirip garis lurus. Karena bentuk bumi yang bulat, sinyal ini dengan mudah malah nyasar terpancar ke luar angkasa. Tidak mengikuti bentuk permukaan bumi. Tidak jarang juga sinyal TV ini terhalangi oleh pegunungan, bukit, atau gedung-gedung di kota.




Begitu juga halnya dengan telepon. Telepon dengan menggunakan kabel akan memakan biaya yang sangat tidak murah. Ini dikarenakan ongkos instalasi kabel bawah tanah dan bawah bahari itu mahal sekali, dan juga dengan tingkat kesusahan yang sangat tinggi.


Dengan adanya satelit, siaran TV dan percakapan telepon anda mampu dikirimkan ke satelit selaku sinyal. Lalu hanya selang beberapa dikala, satelit ini dapat mengirimkan semua informasi barusan kepada tempat tujuan. Lebih hemat dan cepat.



Internet Satelit itu Penting Untuk Indonesia

Sekarang satelit memang paling banyak dimanfaatkan selaku jalur telekomunikasi. Salah satunya yakni sebagai jalur internetan. Biasanya disebut internet satelit. Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat mencicipi faedah besar internet satelit. Kenapa?



Indonesia ialah negara kepulauan paling besar di dunia. Sebagai penyandang predikat tersebut, telah niscaya sulit untuk memberikan koneksi internet keseluruh penjuru negeri. Bayangkan saja, ada 17000 pulau yang mana 900 diantaranya itu dihuni manusia. Dan pulau-pulau ini terpisahkan oleh lautan. Menanam kabel dibawah maritim itu mahal sekali, fiber optik atau tembaga, semuanya sangat tidak murah.






Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar