"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Melindungi Website atau Blog Dari Negative Seo

Negative SEO ialah salah satu kegiatan yang masih menggunakan teknik black hat SEO serta teknik terlarang lainnya untuk menjatuhkan peringkat pesaing
Apa itu Negative SEO? Serta Bagaimana Cara Mengatasinya? - Seluruh aktifitas SEO tampaknya akan mengalami pergeseran yang cukup besar-besaran. Hal tersebut terjadi dengan diperketatnya sistem algoritma Google dalam memperlihatkan peringkat.
MELINDUNGI WEBSITE - BLOG NEGATIF SEO

Ya, dikala ini, memang sedang marak-maraknya pelaku kejahatan melakukan teknik negative SEO untuk menjatuhkan situs web pesaing supaya tidak mendapatkan peringkat yang tinggi.

Nah itulah yang hendak kita diskusikan di artikel kali ini, adalah bagaimana cara melaksanakan pencegahan agar tidak terkena dampak dari aktifitas negatif tersebut.

Jika Anda memang serius dalam menjalankan situs web semoga tetap mempunyai penampilan yang optimal serta tetap aman, maka ini yakni postingan yang dihentikan untuk dilewatkan.

Apa itu Negative SEO?

Negative SEO ialah salah satu kegiatan yang masih menggunakan teknik black hat SEO serta teknik terlarang lainnya untuk menjatuhkan peringkat pesaing di hasil pencarian.

Nah adapun bentuk dari negative SEO tersebut yaitu selaku berikut:

  1. Membajak blog
  2. Menyalin semua artikel
  3. Menanam tautan spam
  4. Menanam tautan di website bereputasi buruk
  5. Mengirim trafik bot / jingling.

Seberapa Berbahaya Negative SEO?

Tak perlu diragukan lagi, negative SEO menjadi duduk perkara terbesar bagi para blogger saat ini. Bukan apanya, telah sungguh banyak blog yang menderita dan dihapus akhir dari kegiatan tidak terpuji ini.

Dengan sistematika pe-ranking-an yang kian ketat, akhirnya Google menyediakan layanan untuk menolak tautan yang memang tidak diharapkan ialah Google Disavow Link Tools.

Biasanya, dibutuhkan waktu sekitar 3 ahad untuk meninjau permohonan penolakan tautan. Namun pencegahan pasti lebih baik ketimbang memperbaiki. Oleh karena itu, saya akan menunjukkan cara yang paling ampuh untuk melakukan pencegahan tersebut.

Cara Mencegah Negative SEO di Blog, Situs, dan Website

1. Mengaktifkan Email Preferences Page

Hal pertama yang wajib dilakukan ialah mengaktifkan Email Preferences Page. Layanan ini yaitu fitur yang disediakan oleh Google untuk menawarkan notifikasi ke pengguna kalau ada masalah yang terjadi berkaitan dengan penampilan situs.

Nantinya, Google akan mengirimkan isu berupa email perihal persoalan yang terjadi. Contohnya saja seperti:

  1. Blog sedang terjangkit virus atau malware
  2. Artikel tidak terindeks
  3. Server sedang memiliki masalah
  4. Blog sedang terkena penalti Google atau penalti algoritma.

2. Memeriksa Backlink Secara Rutin

Ini yakni langkah yang terpenting untuk menghalangi negative SEO dalam jenis backlink spam. Ya, pesaing sering menanamkan tautan balik berkualitas rendah untuk membuat kesan buruk di mata mesin pencari.

Backlink jenis tersebut bisa saja mirip badwords atau referring domain yang mempunyai reputasi buruk. Itulah argumentasi mengapa pemilik blog wajib melakukan pengecekan terhadap semua tautan balik yang masuk.

Berdasarkan pengalaman, telah banyak tools yang mampu dipakai untuk memeriksa backlink, salah satunya yakni Ahrefs. Siapa sih yang tidak kenal dengan tools satu ini? Ahrefs dari dulu dikenal selaku alat untuk memeriksa daftar tautan internal dan eksternal secara akurat.

Cara Memeriksa Backlink di Ahrefs

  • Masuk ke AHREFS
  • Pilih SITE EXPLORER
  • Masukkan nama domain > CARI
  • Pilih BACKLINK
  • Selesai.

3. Memasang Script Anti Copy Paste

Salah satu hal yang juga menjadi teknik negative SEO ialah menyalin semua postingan untuk dibagikan ulang dimanapun mereka mampu. Nah dengan duplikasi tersebut, postingan korban akan menjadi duplikat serta diberikan hukuman berupa penurunan peringkat atau bahkan deindeks.

Jika tak mau menjadi korban plagiasi, maka silahkan menggunakan skrip khusus untuk menolak perintah copy paste atau mematikan fungsi shortcut Ctrl + U, Ctrl + A, dan Ctrl + C.

/* Simpan di atas ]]></b:skin>: */

p, h1, h2, h3, h4, h5, h6, li, blockquote{-webkit-user-select:none;-khtml-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;user-select:none}

/* Ganti kode <body> dengan: */

<body onkeydown="return false">

4. Menggunakan Layanan Cloudflare

Tak perlu disangsikan lagi, Cloudflare menjadi layanan yang paling banyak dipakai saat ini. Bagi yang belum tahu apa itu Cloudflare, silahkan membuka link berikut:

Pada dasarnya, Cloudflare dapat digunakan untuk:

  1. Menyembunyikan alamat IP supaya tidak terlacak oleh hacker
  2. Melindungi blog dari serangan DDoS
  3. Menyaring komentar spam
  4. Membatasi susukan bagi IP yang memiliki potensi menjadi spam.

5. Pastikan Keamanan Blog dalam Kondisi Terbaik

Keamanan blog adalah salah satu aspek yang sering menjadi titik paling diincar oleh para hacker. Saat blog telah terbajak, mereka akan punya kendali penuh terhadap semua aktifitas web.

Mereka bisa saja menghapus seluruh postingan, mengacak-acak halaman, meniadakan backlink, menyisipkan virus dan malware, atau parahnya lagi menghapus halaman. Maka dari itu, selalu amati keselamatan masuk supaya tidak gampang diretas.

Cara Mengamankan Blog di WordPress

Pengguna CMS ini tentu sangat diuntungkan dengan banyak sekali macam plugin yang telah ditawarkan. Untuk WordPress sendiri, ada baiknya untuk menggunakan plugin Google Authenticator.

Fitur tersebut akan mengalihkan semua admin sebelum masuk ke halaman beranda. Nantinya, Anda akan diantarkan arahan di telepon yang mau digunakan untuk masuk ke halaman beranda.

Cara Mengamankan Blog di Blogger

Mengamankan blog di Blogger tentu juga mampu dibilang gampang. Mengingat Blogger tidak membutuhkan akses masuk, maka Anda hanya perlu mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah di akun Gmail yang berkaitan.

Cara Memperbaiki Blog, Situs, dan Website yang Terkena Negative SEO

Jika memang telah terkena SEO negatif, maka silahkan mengikuti langkah berikut untuk melakukan perbaikan:

1. Memeriksa Plagiasi Artikel dengan Copyscape

Copyscape yaitu salah satu situs yang berguna untuk mencari duplikasi artikel di hasil penelusuran. Penggunaannya juga sungguh gampang, Anda cuma perlu memasukkan nama situs di kolom yang sudah ditawarkan. Setelah itu, tata cara akan pribadi melakukan scanning kepada semua artikel yang seperti dengan tulisan Anda.

2. Melapor Plagiasi Artikel ke DMCA

Setelah menerima halaman yang menduplikat goresan pena, lakukan pelaporan ke DMCA Copyright Removal dan DMCA Protection untuk segera ditinjau oleh sistem. Jika memang terbukti ada pelanggaran hak cipta, maka halaman tersebut akan pribadi diberikan hukuman berdasarkan tingkat pelanggaran yang dikerjakan.

Tingkat PelanggaranSanksi
RendahPenghapusan postingan duplikat
SedangPenghapusan blog duplikat
TinggiPenghapusan seluruh blog yang ada dalam satu email.

Dalam kolom penjelasan, jelaskan secara rinci biar permasalahan dapat lebih mudah dianalisa.

Setelah mengetahui cara kerja DMCA dalam aspek karya cipta, ada baiknya meluangkan waktu khusus untuk memusnahkan populasi penulis pemalas.

3. Menolak Backlink Spam dengan Google Disavow Link

Pertama-tama, silahkan membuka Google Search Console untuk menyaksikan semua tautan yang telah terindeks. Setelah itu, cari dan catat semua tautan yang dianggap sebagai tautan spam.

Untuk lebih jelasnya, silahkan membuka link berikut:

Penutup

Seperti yang aku katakan tadi, pencegahan tentu lebih baik daripada perbaikan. Siapa sih yang ingin melihat blognya sedang tidak baik-baik saja? Saya kira Anda juga pasti demikian.

Selain cara di atas, masih sangat banyak sesungguhnya bentuk pencegahan yang bisa dijalankan. Ditambah lagi dengan tata cara mesin telusur yang selalu berganti dari waktu ke waktu.

Oh iya, jikalau memang blog yang melaksanakan plagiat merupakan penayang iklan Google AdSense, Anda juga bisa melakukan pelaporan ke Google AdSense Violation Report semoga status penayangan iklannya ditangguhkan.

Cukup sekian postingan perihal Cara Melindungi Blog, Situs, dan Website dari Negative SEO ini, Terima kasih.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar