"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Membuat ShortLink / Tautan Pendek Dengan Domain Blogger

Hallo semua pada kesempatan kali ini aku akan membagikan cara menciptakan short link / tautan pendek dengan domain kita sendiri.

Pada kebanyakan orang tergolong aku sendiri saat ingin membagikan link yang panjang lazimnya menggunakan penyedia layanan shortlink mirip Bitly atau sejenisnya untuk memperpendek / mempersingkat link kita supaya lebih rapih dan gampang di ingat.

MEMBUAT SUBDOMAIN MENGGUNAKAN  DOMAIN BLOGGER (SHORTLINK)

Tetapi tahukah kau kita juga bisa membuat short link / pemendek url dengan domain kita sendiri loh dan kabar baiknya ini gratis, syaratnya kau cukup mempunyai domain tld saja dan mampu terusan ke DNS domain kamu sendiri.

Dan kelebihan short link yang hendak saya bagikan di sini selain gratis, link kita juga mampu di costom layaknya mirip Bitly dan ada trafik untuk menampilkan jumlah klik.

Untuk demonya kalian bisa lihat link di bawah ini, jika di klik akan mengarah ke situs affiliate aku di Levidio
https://link.bahyudinnor.com/animatoonvol2

Sekilas informasi short link dan safelink pastinya berlawanan, didalam dunia blogger safelink lebih di kenal namun banyak yang keliru dan menyampaikan short link dan safelink ialah sama, short link jika di artikan ke bahasa indonesia ialah tautan pendek, sedangkan safelink kalau di artikan ke bahasa indonesia adalah tautan aman dan safelink sendiri memiliki link yang panjang tidak ada yang pendek sebab link asli cuma di enkripsi tidak di perpendek. dan cara kerja link juga berlawanan kalau short link akan mengarahkan langsung ke link orisinil , berbeda dengan safelink yang akan di arahakan ke halaman tertentu yang ada iklan barulah di arahkan ke link orisinil.

Cara Membuat Short Link / Tautan Pendek Dengan Domain Sendiri

  1. Silakan kalian kunjungi https://app.short.io dan daftar dulu.
  2. Apabila sudah daftar dan login akan terlihat mirip gambar di bawah ini, pilih Add domain dan pilih ADD MY OWN DOMAIN
    Preview Menambah Domain
  3. Masukan domain kau pada kotak yang tersedia, kemudian nanti akan ada 2 pilihan ialah domain utama atau subdomain, jika ingin menggunakan domain utama mampu centang yang no 1, kalau ingin memakai subdomain seperti aku centang yang no 2, lalu nanti akan ada recomendasi subdomain atau kalian bisa pilih costom subdomain. di sini aku contohkan memakai yang di recomendasikan ialah link.bahyudinnor.com bila telah klik ADD DOMAIN
    Preview Membuat Subdomain

  4. Selanjutkan akan timbul tampilan seperti gambar pertama ini di biarin aja, lihat gambar dibawahnya lagi dan klik DOMAIN SETTIGNS dan scrol ke bawah sampai memperoleh isyarat IP pada teladan gambar ke 3, catat kode IP nya yang mirip 52.21.33.16 or 52.2.56.64 catat milik kalian jangan catat punya aku karena setiap akun berbeda.
    Preview Mengatur Domain
    Preview IP Address

  5. Kini silakan masuk ke pannel control domain kalian untuk menambahkan record CNAME, di sini karena aku menggunakan Qword jadi buat kalian yang memakai penyedia jasa domain berlawanan silakan di sesuaikan saja alasannya caranya sama aja cuma beda di tampilan.
    buat kalian yang memakai rumah web silakan masuk ke https://portal.qwords.com/clientarea.php dan Add New Record lalu masukan subdomain kalian misalnya link, pada record type pilih CNAME, Hostname masukkan cname.short.io dan klik Add Record lihat gambar di bawah ini
    Penarapan CNAME


  6. Lanjut menyertakan Record A, untuk isyarat IP nya ingat yang sudah kalian salin sebelumnya pada tutorial di atas no 4 gambar ke 3 yang mirip ini 52.21.33.16 or 52.2.56.64 ingat ya salin punya kalian jangan punya aku karena berlawanan. lihat cara penerapannya pada gambar di bawah ini, jangan sampai keliru isyarat IP nya di tambahkan satu - satu.
    Penarapan Record A 1
    Penarapan Record A 2
    Preview Penarapan Record Add n new DNS

Hingga di sini telah final kita akan di suruh menunggu 24jam hingga short link domain kita mampu di gunakan, namun pengalaman aku tidak hingga 1 jam short link aku sudah aktif dan bisa di gunakan, kalian juga akan menerima pemberitahuan melalui email jikalau short link kalian telah aktif.

Untuk memperpendek link cukup mudah, klian hanya perlu memasukan link tujuan ke kolom yang telah di sediakan di atas header kemudian enter nanti akan timbul pop up dan kalian bisa costom text nya atau di biarin huruf acak dan klik SAVE

Jadi hingga di sini saja Cara Menciptakan ShortLink / Tautan Pendek Dengan Domain Blogger dan semoga bermanfaat.
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar