"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Ketahuilah Ombak Yang Bahaya Ketika Berenang Dipantai Juga Cara Menyelamatkan Diri

Ketahuilah Ombak Yang Bahaya Saat Berenang Dipantai - Pantai dengan ombak yang damai memang sungguh menarik hati kita untuk menceburkan diri. Namun hati-hati, jangan-jangan ombak hening itu justru arus ganas yang mau menyeret kita ke maritim.





Seperti peristiwa di Pantai Panama City, Florida, pekan ini. Delapan orang terseret arus ke tengah laut. Beruntung semuanya selamat sehabis puluhan orang membentuk rantai manusia, menenteng mereka kembali ke daratan.  



Kejadian ini juga banyak terjadi di Indonesia, seseorang terseret ombak dan hilang di tengah bahari. Mitos lantas bermunculan, mulai dari ditarik "penunggu laut" hingga kemarahan Nyi Roro Kidul. Namun ternyata fenomena ini bukan barang mistis, melainkan sungguh ilmiah.

Kebanyakan korban terseret ombak alasannya mereka berenang di arus balik cepat yang dikenal dengan nama rip current. 



Rip current yaitu jalur fatwa air sempit dengan luas sekitar 9 meter. Ciri-cirinya yaitu arusnya terlihat sangat tenang, padahal air di kanan-kirinya berombak kencang. 

Barangkali rip current ini yakni asal mula peribahasa "air damai menghanyutkan". Walau damai, arus balik rip current ke bahari sangat cepat, meraih 8 km/jam, setara atau lebih singkat dibanding atlet renang Olimpiade Michael Phelps. 



Karena terlihat damai, maka seakan ombak itu kondusif. Banyak turis yang lalu bermain di dalamnya. 

Mereka baru sadar dalam bahaya saat datang-datang terseret ke tengah bahari. Panjang ajaran rip current bisa meraih 700 meter. Mereka yang terseret sulit berenang ke tepian alasannya adalah terus tertarik arus deras, sampai karenanya kelelahan dan tenggelam.



Menurut Badan Kelautan Amerika Serikat, NOAA, rip current ini menewaskan 150 orang setiap tahun di negara itu. Di Florida, fenomena ini membunuh lebih banyak orang per tahunnya dibandingkan dengan tragedi angin kencang, angin puting-beliung, dan angin kencang jadi satu.

Fenomena rip current ini yaitu anomali alam yang terjadi sebab tiupan angin yang terpusat pada satu garis. Jika menabrak pantai karang, maka rip current akan pecah. Namun bila ke pantai berpasir, maka akan terjadi daya tarik balik yang cepat.




Menyelamatkan diri dari rip current



Menurut Badan Cuaca Amerika Serikat (NWS) satu-satunya cara menyelamatkan diri dari rip current yaitu dengan tidak berenang melawan ombak ke pantai. Berenang percuma, alasannya adalah akan kepincut kembali ke tengah bahari, menciptakan letih.

Tetaplah damai dan mengapung hingga berakhir di bab ujung rip current, ditandai dengan tubuh yang tidak lagi terbawa arus. 



Jika sudah meraih ujung rip current, berenanglah keluar dari anutan ombak berbahaya itu, mampu ke kiri atau ke kanan. Setelah keluar, berenanglah ke pantai atau melambai meminta pertolongan penjaga pantai.

Berikut ilustrasi cara menyelamatkan diri dari rip current seperti yang dikutip dari Institut Penyelamatan Laut (NSRI) Afrika Selatan:


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar