"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Langkah Membuat Blog Di Blogger Agar Cepat Diterima Google Adsense

Ada 14 Langkah Membuat Blog di Blogger (Wajib Tahu) Agar Cepat Diterima Google Adsense
Cara Membuat Blog di Blogspot / Blogger - Saat ini, Blogspot atau yang umum diketahui dengan Blogger yakni salah satu media penulisan postingan di internet yang paling terkenal. Selain alasannya dibawahi eksklusif oleh Google, platform ini juga tidak membutuhkan ongkos apapun untuk proses registrasi.
Produk produksi Pira Labs tersebut juga terkenal akan kemudahannya dalam hal penggunaan. Walaupun tidak selengkap WordPress, namun semua fitur yang ada saat ini telah cukup untuk menciptakan konten tulisan yang bermutu dan mempesona.

Membuat dan membuatkan blog mampu dikatakan sungguh susah, terlebih lagi dengan ketatnya tingkat kompetisi yang ada dikala ini. Belum lagi jika website yang Anda bangkit ternyata mengalami permasalahan.

Hal tersebut tentu saja membuat gairah ngeblog menjadi pudar dan lebih memilih profesi lain. Bukan tanpa alasan pastinya, ngeblog bukan hanya ihwal menulis terus dapat duit, melainkan butuh kesabaran, konsistensi, ketabahan, dan kreatifitas yang tinggi.

Sebagai motivasi Anda dalam memulai profesi ini, jadikan blog cuma sebagai fasilitas untuk menyalurkan hobi menulis. Kemudian buat dengan sebagus mungkin dan dapatkan pengunjung. Setelah itu, daftarkan blog ke platform periklanan untuk mulai mendapatkan duit.

Langkah Membuat Blog di Blogger

1. Membuat Akun Gmail

Karena Blogger ialah produk yang dibawahi pribadi oleh Google, maka wajib hukumnya untuk mempunyai akun Gmail selaku pondasi blog itu sendiri. Nantinya, email tersebut akan dipakai selaku tempat untuk menerima pesan, komunikasi, atau selaku sistem verifikasi.

Secara rinci, email mampu dikatakan selaku kontak dari seorang blogger.

2. Melakukan Pendaftaran

Setelah membuat Gmail, silahkan melakukan registrasi di media penulisan yang dikehendaki. Saat ini, sudah banyak platform atau CMS (Content Management System) yang bisa dipakai untuk menulis. Apa saja itu?

  1. Blogger / Blogspot
  2. Drupal
  3. Joomla
  4. Medium
  5. Tumblr
  6. Wattpad
  7. Wix
  8. WordPress.com / WordPress.org.

Sesuai dengan topik, kita cuma akan mencar ilmu wacana cara melakukan pendaftaran di Blogger.

  • Masuk ke BLOGSPOT / BLOGGER
  • Login dengan akun Gmail yang sudah dibuat sebelumnya
  • Pilih BLOG BARU
  • Isi judul atau title yang Anda inginkan > BERIKUTNYA

  • Pemberian nama judul merupakan identitas dari blog kamu. Misal; "Media Informasi dan Edukasi"
  • Isi alamat atau URL blog yang Anda kehendaki > SIMPAN

  • Apabila URL yang kamu masukkan tidak tersedia berarti sudah digunakan oleh orang lain. Jadi masukkan URL lain yang mungkin mewakili nama blog yang kamu kembangkan nantinya. Misal; "bahyudinnor (www.bahyudinnor.blogspot.com)"

  • Simpan (Selesai).

3. Kustomisasi Pengaturan dan Tampilan Dasar

Setelah melakukan pendaftaran, silahkan melakukan kustomisasi pengaturan dan performa dasar. Apa saja itu:

  1. Meta title
  2. Meta description
  3. Meta keyword
  4. Deskripsi pencarian
  5. Menu navigasi
  6. Logo
  7. Favicon.

Tujuh poin di atas sungguh penting diperhatikan untuk memberikan ciri khas tersendiri serta untuk kepentingan SEO.

4. Menggunakan Domain

Domain yaitu nama ekstensi atau akhiran khusus dari alamat URL blog, situs, atau situs web. Dengan domain tersebut, URL akan dipersingkat tanpa nama ekstensi dari platform yang digunakan.

Dengan domain tersebut, mesin telusur umumnya akan menawarkan kredibilitas lebih tinggi yang bisa menghipnotis peringkat postingan tulisan di hasil pencarian.

Jika masih gundah, berikut yakni pola website yang memakai domain dan tidak:

  1. bahyudinnor.com (dengan domain)
  2. bahyudinnor.blogspot.com (tanpa domain).

Hingga dikala ini, ada beberapa penyuplaijasa domain yang paling populer dan banyak dipakai oleh blogger. Berikut ialah daftar lengkapnya:

  1. DomaiNesia
  2. Exabytes
  3. GoDaddy
  4. Hostinger
  5. IDwebhost
  6. Jagoanhosting
  7. Masterweb
  8. Niagahoster
  9. Rumahweb
  10. Qwords.

Untuk blog yang sedang Anda baca, aku lebih menentukan produk dari Qwords dikarenakan layanannya yang cukup membuat puas serta fasilitas yang diberikan.

5. Menggunakan Template Responsive dan SEO Friendly

Sebenarnya, template hanyalah hiasan untuk mempercantik tampilan blog. Eitsss, tetapi jangan salah, template ternyata sangat menghipnotis mutu SEO suatu blog untuk dijadikan selaku patokan pe-ranking-an serta kualifikasi dalam penerimaan selaku penayang iklan.

Nah bagi yang masih ajaib dengan istilah responsive serta SEO friendly, berikut ialah penjelasan lengkapnya:

Responsive yaitu salah satu teknik yang dapat dipakai untuk mengendalikan performa halaman (media atau teks) semoga senantiasa sesuai di banyak sekali ukuran layar perangkat.

Sedangkan, SEO Friendly ialah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengoptimasi semua unsur yang ada di dalam halaman biar mampu terindeks secara sempurna dan diberikan peringkat yang lebih tinggi.

Untuk saat ini jangan sakit kepala dahulu, berikut ialah kumpulan template blogger terbaik yang bisa dipakai:

  1. VioMagz
  2. LinkMagz
  3. Median UI
  4. Fletro
  5. iMagz
  6. Igniplex
  7. Kompi Flexible
  8. New Simplify 2.

Namun sayangnya, template di atas dijual dengan harga yang berlawanan-beda sesuai dengan ketentuan penjualnya. Tapi jika ingin menggunakan template gratis namun memiliki kinerja yang optimal, silahkan membuka link berikut:

6. Memilih Niche / Topik

Tak perlu diragukan lagi, niche menjadi salah satu hal yang sungguh turut andil dalam mendapatkan serta meningkatkan trafik / pengunjung. Nah berdasarkan pakar SEO sendiri, ada baiknya untuk menentukan niche yang memang spesifik untuk nantinya dijadikan suatu artikel.

Dengan penerapan yang spesifik tersebut, hadirin yang tiba juga akan lebih tertarget serta berpotensi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari penayanagan iklan.

Jika contohnya Anda membicarakan khusus ihwal mata pelajaran Matematika, maka jangkauan hadirin Anda juga akan lebih condong ke pembaca yang menyukai mata pelajaran tersebut. Selain itu, jikalau iklan yang diklik sesuai dengan topik pembahasan, nilainya dikabarkan akan lebih tinggi.

Maka dari itu, hindari menulis postingan dengan topik bermacam-macam (niche gado-gado).

7. Uji Halaman Blog

Setelah melaksanakan enam poin di atas, yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu kualitas halaman. Nah untuk mengetahui kualitas halaman tersebut, maka pengujian pribadi mesti dikerjakan dengan menggunakan PageSpeed Insights dan Mobile-Friendly Test.

PageSpeed Insights yakni tools yang dapat digunakan untuk mengenali seberapa cepat halaman mampu diangkut. Sedangkan, Mobile-Friendly Test ialah tools yang dapat digunakan untuk menganalisa apakah halaman bisa dimuat dengan sempurna di berbagai perangkat sekaligus.

8. Membuat Halaman Pendukung

Di tahun 2021 ini, halaman penunjang telah menjadi kewajiban untuk disediakan di setiap halaman web. Bukan cuma sebagai keharusan, namun halaman tersebut berguna untuk memberikan kejelasan ihwal halaman terkait.

Pada dasarnya, ada 5 halaman yang wajib untuk disediakan. Apa saja itu?

Halaman About

About yakni halaman yang berisi ihwal deskripsi atau berita seputar penulis atau informasi pribadi lainnya.

Halaman Contact

Contact yaitu halaman yang mampu dipakai oleh pembaca untuk berkomunikasi langsung dengan penulis atau admin.

Halaman Privacy Policy

Privacy Policy (Kebijakan Privasi) yakni halaman yang mencakup semua sistem dalam pengumpulan data pengunjung.

Halaman Disclaimer

Disclaimer (Penafian) yakni halaman yang berguna sebagai pelepasan tanggung jawab akan semua materi yang disampaikan di artikel goresan pena.

Halaman Terms and Conditions

Terms and Conditions (Syarat dan Ketentuan) yakni halaman yang berisi informasi mengenai semua hak-hak dan kewajiban pembaca pada saat berkunjung.

Sebagai akomodasi, Anda bisa membuat halaman Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms and Conditions dengan membuka link www.privacypolicyonline.com.

9. Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Google Search Console adalah layanan yang ditawarkan untuk menolong para publisher dalam melakukan pengindeksan artikel ke hasil pencarian Google. Nah semoga tulisan mampu ditemukan oleh orang lain, maka wajib hukumnya untuk mendaftarkan blog ke layanan ini.

Sampai dikala ini, Google masih menjadi mesin pencari penelusuran yang paling banyak menghadirkan hadirin

10. Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools

Sama mirip sebelumnya, Bing Webmaster Tools ialah layanan yang disediakan untuk menolong para publisher dalam melaksanakan pengindeksan artikel ke hasil pencarian Bing.

Walaupun tidak sepopuler Google, tetapi jangan menyepelekan mesin penelusuran ini. Nyatanya, banyak juga pembaca yang lebih menentukan Bing dikarenakan sumber isu yang lebih berhubungan dengan apa yang dicari.

11. Menautkan Blog ke Google Analytics

Tak perlu diragukan lagi, Google Analytics menjadi layanan Google yang sungguh penting bagi seorang blogger. Dengan layanan ini, para publisher bisa mendapatkan data terkait ihwal aktifitas blogging yang dilakukan.

Dari data tersebutlah kita mampu menganalisis seberapa berkualitasnya konten yang disuguhkan kepada pembaca. Selain itu, Google Analytics juga sering dijadikan selaku contoh untuk melaksanakan SEO On Page kedepannya.

Karena data yang eksklusif diambil dari Google, maka jangan ragu akan keakuratan data yang disuguhkan.

12. Riset Keyword Artikel

Keyword yakni kata kunci yang diketikkan oleh pembaca untuk mencari isu di mesin penelusuran. Keyword tersebutlah yang nantinya akan mendatangkan pengunjung secara organik.

Sebelum melaksanakan penulisan postingan, ada baiknya untuk melakukan riset kata kunci apalagi dulu biar jangkauan artikel mampu lebih luas. Nah untuk riset tersebut, Anda mampu memakai situs besar berikut:

  1. Ahrefs
  2. Google Keyword Planner
  3. Keywordtool.io
  4. LSI Keyword
  5. MOZ
  6. Uberrsuggest
  7. WordStream
  8. Wordtracker.

Sebaiknya gunakan keyword yang memiliki tingkat persaingan yang rendah tetapi memiliki volume penelusuran yang tinggi.

13. Menulis Konten yang Berkualitas

Konten sendiri masih menjadi perbincangan yang hangat dibahas di kelompok blogger. Dalam gosip SEO yang diberikan, terdapat jumlah sekurang-kurangnyakata yang harus diketik biar bisa dikatakan artikel bermutu. Namun faktanya, hadirin biasanya malas membaca dan condong langsung mencari inti dari topik pembahasan.

Jika kasusnya mirip itu, semestinya ikuti saja kualifikasi SEO yang diberikan. Dengan postingan SEO, pasti kesempatanuntuk menerima peringkat lebih tinggi akan kian besar.

Nah makin tinggi peringkat artikel, maka pengunjung juga akan tiba dengan sendirinya.

14. Menerapkan SEO

SEO atau Search Engine Optimization yakni bimbingan yang semestinya dilaksanakan untuk mengoptimasi setiap bagian blog supaya lebih ramah mesin penelusuran.

Bertahan usang di posisi teratas hasil pencarian tentu tidak gampang, ditambah lagi dengan tata cara algoritma yang senantiasa berganti. Maka dari itu, SEO menjadi penyelesaian yang paling bisa diandalkan.

Standar SEO untuk Artikel Dasar

  1. Panjang miniminal postingan 300 - 400 kata
  2. Menggunakan thumbnail serta gambar yang tidak lebih dari 100 KB
  3. Menggunakan internal link (inbound link)
  4. Memberikan atribut nofollow untuk setiap eksternal link (outbound link)
  5. Menggunakan data embel-embel mirip tabel, video, dll kalau memang dibutuhkan.

Dengan semua penerapan SEO tersebut, postingan akan menjadi lebih ramah kepada aneka macam macam algoritma yang dipraktekkan oleh Google.

Hal yang Perlu Dihindari ketika Membuat Blog

1. Duplikasi Tulikasi

Menyalin goresan pena orang lain sama halnya dengan mencuri. Nah, kira-kira siapa yang suka dengan perbuatan tersebut? Sama halnya dengan Google, Google sungguh menentang blogger yang hanya mengandalkan copy paste untuk dijadikan sebuah artikel.

Selain artikel yang tidak akan diindeks ke hasil penelusuran, blog juga potensial di-banned atau dihapus. Jika memang sedang buntu dalam inspirasi yang mau dikembangkan, setidaknya gunakan teknik rewrite.

2. Menggunakan Gambar Berbau Negatif

Nah ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Walaupun gambar tidak menjadi kewajiban, tapi nyaris semua penulis menggunakan gambar tersebut sebagai perhiasan berita.

Peran gambar dalam memajukan kualitas SEO juga sangat besar. Tapi itu semua hanya berlaku jika tetap mengikuti panduan yang diberikan.

Adapun komponen negatif yang sebaiknya dihindari yakni seperti p***ografi, j*di, dll.

3. Informasi Tidak Benar

Karena blog ialah sumber info lazim, maka sungguh tidak diperkenankan untuk membagikan gosip tidak benar atau hoax.

Misalkan Anda mengorganisir blog dengan niche kesehatan dan membagikan resep obat sembarangan. Ternyata resep tersebut ditemukan kemudian dicoba oleh pembaca, dan hasil alhasil makin parah. Kira-kira apa yang hendak terjadi terhadap Anda?

Jika duduk perkara mirip itu tak ingin terjadi pada Anda, maka perhatikan setiap isu yang disuguhkan kepada pembaca. Jika memang ada pergeseran berita, maka lakukan pengeditan sesuai dengan fakta modern.

Penutup

Membuat blog kini ini mampu dikatakan sungguh gampang, yang merepotkan cuma pengelolaannya. Tapi dengan semua niat yang ada, Anda pasti bisa melewatinya dan menjadi seorang blogger sukses, Amin.

Mungkin sekian postingan tentang Langkah Membuat Blog Di Blogger Agar Cepat Diterima Google Adsense ini, semoga bisa berfaedah dan menjadi ilmu yang berkah bagi kita semua.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar