"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Mana Yang Lebih Baik Pilih .Com Atau .Id Untuk Bisnis?

Ekstensi .com yakni salah satu jenis dari gTLD (Global Top Level Domain) yang paling terkenal dipakai ketika ini.
Pilih .COM atau .ID untuk Bisnis? - Di era serba digital ini, tugas marketing dalam kesuksesan suatu perusahaan kian tinggi saja. Jika dulu cuma mengandalkan penawaran khusus lapangan, maka sekarang telah lebih kompleks dengan banyaknya penggunaan situs web untuk pemasaran.
Nah dalam membangun sebuah situs web, ada banyak hal yang sangat penting untuk diamati. Mulai dari nama, logo, rancangan, domain, dan hosting. Nah khusus untuk domain, mungkin akan banyak pertanyaan mirip ini, untuk bisnis bagusnya pakai apa?

Bagi Anda yang masih baru di dunia blogging, domain mampu dibilang selaku salah satu bagian penting yang mesti dimiliki blog profesional. Ada banyak jenis pilihan yang bisa dipakai menurut jenis fungsinya.

Salah satu yang paling populer adalah .com. Jenis ekstensi ini memiliki kegunaan untuk mendeskripsikan sebuah website dengan kebutuhan komersial. Namun selain .com tersebut, ada juga ekstensi .id yang sering digunakan.

Perbedaan Antara Domain .COM dan .ID

Ekstensi .com yakni salah satu jenis dari gTLD (Global Top Level Domain) yang paling terkenal dipakai ketika ini. Umumnya, nama unik ini banyak dipakai alasannya adalah memang diperuntukkan bagi situs komersial.

Sedangkan, .id adalah salah satu jenis dari ccTLD (Country Code Level Domain) yang hanya dikhususkan untuk negara Indonesia. Walaupun bukan semata-mata untuk keperluan komersial, namun nama unik ini mempunyai banyak keunggulan yang mampu dimanfaatkan untuk berbagi bisnis.

Kelebihan Domain .COM

1. Bebas Digunakan

Salah satu keunggulan yang menjadi unggulan nama unik ini ialah bebas dipakai oleh semua orang, baik itu golongan maupun individu. Berbeda dengan jenis ccTLD yang memberikan beberapa patokan khusus.

2. Trafik Lebih Banyak

Setuju atau tidak, penggunaan domain ini diandalkan bisa mendatangkan trafik yang lebih tinggi. Jangkauan yang bersifat global pasti menciptakan mesin telusur memperlihatkan artikel di banyak sekali negara sesuai keyword yang berhubungan.

Dengan penayangan tersebut, tentu potensi untuk menghadirkan trafik juga kian tinggi.

3. Terpercaya di Kalangan Pembaca

Karena merupakan ekstensi yang pertama kali didaftarkan, menciptakan domain ini sudah dekat di golongan pembaca. Website super sekalipun menggunakan nama unik ini di situs web mereka. Contoh:

www.google.com www.bing.com www.facebook.com

4. Lebih Murah

Jika daripada .id, harga ekstensi ini 2 kali lipat lebih hemat biaya. Mengacu pada pemasokjasa, esktensi ini rata-rata dijual dengan harga Rp. 160.000 / tahun. Bandingkan dengan .id yang berkisar di Rp. 245.000 / tahun.

5. Tanpa Persyaratan Khusus

Untuk penggunaan, Anda hanya perlu melakukan pembelian dan penyetingan tanpa harus menambahkan dokumen lain. Semudah itu deh pokoknya.

Kelebihan Domain .ID

1. Keamanan Terjamin

Konon katanya, ekstensi ini mempunyai tata cara keselamatan yang terjamin dibandingkan dengan domain lain. Jika terjadi tindak kejahatan, pemerintah dikabarkan akan eksklusif turun tangan dalam menanggulangi duduk perkara tersebut.

2. Lebih Praktis di Peringkat Atas

Tahukah Anda, Google mempunyai algoritma khusus yang hendak me-ranking artikel menurut daerah terdekat? Ya, itulah algoritma Google Venice.

Nah dengan algoritma tersebut, pengguna ccTLD memiliki peluang menerima peringkat yang lebih tinggi di beberapa keyword sekaligus. Bisa dikatakan, Google Venice adalah masa-masa yang paling membahagiakan.

3. Trafik Lebih Spesifik

Namanya saja .id, pasti jangkauannya juga cuma berasal dari negara Indonesia. Nah kalau Anda memiliki bisnis yang hanya ditujukan untuk Indonesia, ekstensi ini tentu menjadi pilihan yang terbaik.

4. Loading Lebih Cepat

Hal ini juga sungguh penting untuk diperhatikan. Ekstensi ini diyakini mampu memajukan loading blog biar lebih singkat ketika diakses oleh hadirin.

Hal tersebut terjadi alasannya adalah server dan hadirin berada di kawasan area yang serupa. Pasti lebih singkat dong ya.

Makara, Mana yang Lebih Baik?

Dua jenis ekstensi domain di atas memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

dalam keberhasilan suatu perusahaan semakin tinggi saja Sebaiknya Pilih .COM atau .ID untuk Bisnis?
Sumber: Pexels (Energepic)

Untuk problem mana yang lebih baik, kembali lagi ke bisnis yang dijalankan. Sebaiknya pikir mulai dari sekarang, apakah suatu dikala bisnis akan dikembangkan ke skala internasional?

Jika demikian, ekstensi .com tentu menjadi opsi yang terbaik. Namun jika hanya menargetkan pasar Indonesia, maka silahkan memilih ekstensi .id.

Penutup

Pemilihan domain dihentikan dilakukan sembarangan. Mengingat semua ekstensi sudah mempunyai fungsinya masing-masing, maka pilih yang memang sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan.

Jangan cuma berpikir, oh ini lebih murah, oh ini lebih aman. Itu salah besar.

Cukup sekian postingan wacana Sebaiknya Pilih .COM atau .ID untuk Bisnis? ini, jangan lupa bahagia.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar