"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Panduan Ahli Memulai Bisnis Berjualan Produk PLR | Kaya Jualan Produk PLR

PLR adalah singkatan dari Private Label Rights. Yaitu lisensi khusus yang diberikan owner (pemilik) produk untuk seseorang yang membeli produk digital
BAHYUDINNOR.COM - Memulai bisnis secara online merupakan sesuai yang membingungkan khususnya bagi pemula, tak terkecuali bagi penulis sekalipun (Awal-awalnya), namun karena beriringnya waktu semakin memahami bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukakan dan produk-produk apa yang bisa dipasarkan secara online.
Produk Lisensi PLR
Oleh karena itu melalui tulisan ini, saya akan memberikan panduan bagaimana langkah demi langkah berjulan online dengan memasarkan produk sendiri dengan lisesnsi PLR.

PENDAHULUAN

  • Apakah Itu PLR ?
  • Apa yang bisa dan tidak bisa anda lakukan dengan PLR

Apakah Itu PLR ?

PLR adalah singkatan dari Private Label Rights. Yaitu lisensi khusus yang diberikan owner (pemilik) produk untuk seseorang yang membeli produk digital dari owner tersebut.

Mudahnya seperti ini…

Jika Anda membeli sebuah produk digital, Anda HARUS mencari tau detail lisensinya, apa saja yang boleh Anda lakukan menggunakan produk digital tersebut. Apakah hanya digunakan sendiri atau boleh dijual lagi ke orang lain.

Jika Anda membeli produk digital biasa dan tidak mendapatkan lisensi apapun, maka produk itu hanya boleh Anda gunakan untuk diri sendiri.

Namun jika Anda membeli produk PLR, Anda boleh menjualnya kembali dengan nama Anda, boleh mengakui bahwa itu adalah produk Anda, boleh menjadikan produk tersebut sebagai bonus dari produk yang Anda jual, dan lain-lain. Tergantung dari lisensi yang Anda dapatkan.

Namun Anda hanya diperbolehkan untuk menjual kembali kepada end user dengan lisensi personal / developer. Tidak diperbolehkan untuk menjual lagi produknya dengan lisensi PLR kepada end user tersebut.

Apa yang bisa dan tidak bisa anda lakukan dengan PLR

Semua produk dengan lisensi PLR dapat Anda jual kembali dan ubah produknya sesuai keinginan. Selain itu Anda dapat juga merubah bentuk isi atau memodifikasi dan mengganti kontennya. Produk berlisensi PLR dapat juga Anda rubah bentuknya dari format digital ke format cetak atau fisik.

Produk Berlisensi PLR tidak dapat dijual kembali dengan lisensi PLR artinya buyer yang membeli produk Anda tidak boleh menjual ulang seperti yang Anda lakukan. Anda juga tidak diperkenankan memberikan produk ini secara gratis secara massal seperti menjadikannya bonus affiliate atau menjadikannya sebagai lead magnet tanpa izin pemilik produk.

Produk berlisensi PLR dapat juga digunakan sebagai project ntuk klien Anda dengan catatan klien Anda harus tidak boleh menjualnya kembali dan megklaimnya sebagai milik pribadi yang bisa dijual secara bebas dan hanya bisa digunakan untuk keperluan personal.

TAHAP REBRANDING

  • Mencari nama produk
  • Memodifikasi Produk
  • Membuat cover produk
  • Mengupload produk ke penyimpanan online
  • Merencanakan Jadwal Launching

Mencari nama produk

Setelah mendownload seluruh produk dan asetnya maka tahap pertama adalah mencari nama produk untuk me-rebrand sesuai keinginan Anda.

Ditahap ini sebaiknya jangan terburu-buru karena nantinya akan menjadi penentu awal bagaimana produk Anda bisa menarik perhatian calon buyer. Nama produk sebaiknya tidak lebih dari 2 kata dan sudah menggambarkan isi dari produk.

Nama produk sebaiknya dilakukan melalui riset pastikan bahwa nama yang dipilih belum pernah digunakan orang lain, selain itu nama produk juga harus mudah diucapkan serta mudah diingat.

Tidak harus menggunakan bahasa Indonesia Anda juga bisa menggunakan bahasa asing yang menarik misalnya tema produk adalah gambar atau design maka Anda bisa mencoba mengunakan google translate untuk menrjemahkan kata gambar ke beberapa bahasa asing tentu saja pastikan bahasa yang Ada pilih menarik dan mudah diingat. Pilihlah 2 atau 3 nama lalu coba konsultasikan dengan tim atau teman dekat Anda.

Memodifikasi Produk

Setelah memilih nama produk tahap selanjutnya adalah memodifikasi produk. Modifkasi yang dimaksud bukanlah merubah secara massif isi produk, namun lebih ke merubah tampilannya saja agar produk yang Anda jual berbeda dengan pemilik lisensi lain yang mungkin kebetulan menjual produk yang sama dengan Anda.

Yang perlu anda modifikasi antara lain:
  • Cover produk
  • Warna dasar
  • Model gambar
  • Redaksi kata
Selain itu Anda juga bisa mengcombine produk dengan produk lain yang sejenis, selama Anda sudah meminta izin kepada pemilik produk yang mengeluarkan lisensi.

Jika produk PLR berupa video course Anda bisa merubahnya menjadi ebook jika Anda memang memiliki waktu luang yang banyak atau menjadikannya dalam bentuk workshop offline.

Jika berupa ebook Anda bisa membuat dalam bentuk video jika Anda memang memiliki waktu luang serta tools pendukung. atau merubahnya dalam bentuk workshop.

Membuat cover produk

Tahap selanjutnya setelah memodifikasi isi produk maka berikutnya adalah mendesign cover 3D, tujuannya agar tampilan promosi Anda lebih elegant, profesional, dan tentu saja menarik.

Untuk tahap ini Anda bisa menggunakan jasa desainer atau bisa juga Anda desain sendiri karena biasanya Produk PLR sudah menyertakan template ecover.

Ada banyak tools untuk mendesign dan membuat ecover seperti :
  • Photoshop
  • Adobe Ilustrator
  • Powerpoint
Atau menggunakan aplikasi khusus yang memang diperuntukkan untuk membuat cover 3D seperti :
  • Box shot 3D
  • Cover Commander
  • Box maker classic
Dan saat ini juga tersedia aplikasi online untuk membuat cover 3D seperti :
  • boxshot.com
  • 3dboxmaker.com

Mengupload produk ke penyimpanan online

Setelah membuat cover produk langkah selanjutnya adalah mengupload produk dan semua aset pendukungnya ke penyimpanan online seperti google drive, dropbox atau mediafire.

Mengapa tidak menggunakan link asli yang diberikan oleh pemilik produk ?

Alasannya pertama untuk menghindari masalah jika suatu waktu pemilik produk menghapus linknya atau jika link pemilik produk bermasalah.

Kedua agar buyer Anda tidak melihat nama pemilik produk di akun share link yang Anda miliki.

Sebaiknya link download produk dipecah sesuai dengan type produk jika ukuran file keseluruhan sangat besar.

Merencanakan Jadwal Launching

Nah setelah semua proses rebranding selesai selanjutnya adalah menyiapak jadwal launching. Sebaiknya jangan terburu-buru dalam melaunching produk pilih waktu yang tidak terlalu jauh atau terlalu dekat.

Sebaiknya pilih jadwal launching dimana tidak banyak vendor lain yang juga sedang melaunching produknya, jika perlu pilihlah di waktu yang sepi dari launching produk.

Bisa juga memilih launching di awal bulan dimana buyer sedang lagi banyak duit

TAHAP PRA LAUNCHING

  • Membuat Landing Page
  • Membuat banner promosi
  • Membuat Copywriting
  • Persiapkan member area
  • Persiapkan nomor rekening pembayaran
  • Penentuan harga
  • Persiapkan link download produk
  • Membangun kesadaran produk (awarness)
  • Menyiapkan leadmagnet/free tester
  • Mengundang Affiliate

Membuat Landing Page

Nah sekarang masuklah kita di tahap pra launching, langkah pertama adalah menyiapkan landingpage untuk menjelaskan secara detail mengenai info produk, landing page adalah dedicated web dimana tidak ada informasi produk lain selain produk yang yang akan kita launching.

Biasanya dalam paket produk PLR pemilik produk sudah menyiapkan template landing page siap pakai baik dalam bentuk html atau j-son yang tinggal Anda edit dan ganti kontennya sesuai kebutuhan.

Dan untuk menggunakan template landing page bisanya Anda wajib memiliki domain dan hosting.

Lalu bagaimana jika saya belum memiliki domain dan hosting ?

Untuk domain dan hosting bisa Anda beli paketnya di provider peneyedia wdomain dan hosting seperti niagahost, rumahweb, dan lain-lain sebelum membeli pastikan cek dulu layanan paket yang akan Anda beli serta kredibiltas vendor.

Membuat banner promosi

Selanjutnya adalah menyiapkan banner promosi untuk keperluan publikasi sebelum dan saat masa launching tujuannya agar postingan lebih menarik dan mengundang interaksi.

Dalam paket PLR biasanya sudah include banner promosi yang disedaikan vendor jadi Anda tinggal edit seperlunya, meski begitu tidak ada salahnya jika Anda ingin membuat Banner Anda sendiri.

Untuk banner promosi Anda bisa membuatnya dengan menggunakan tools online seperti www.canva.com dan www.crello.com, untuk aplikasi offline ada Photoshop bahkan bisa menggunakan powerpoint.

Banner promosi sebaiknya dibuat dengan warna dan jenis font yang sama dari awal Anda mulai menjual hingga penutupan untuk masing-masing produk.

Membuat Copywriting

Bahasa penawaran atau biasa kita dengar dengan istilah copywriting sangat perlu untuk melengkapi desain banner kita, karena tidak semua informasi produk dan kalimat penawaran akan muat di banner promosi.

Untuk scriptnya copynya biasanya di produk PLR juga sudah disiapkan oleh vendor jadi cukup edit atau tambahkan saja sesuai kebutuhan.

Buatlah copywriting dari berbagai macam angle bisa dari segi harga, kualitas, kuantitas, atau benefit lainnya.

Scarity juga sangat ampuh seperti menggunakan kalimat “hanya untuk … slot”, “hanya sampai tanggal …” “3 hari lagi ditutup …” dan lain sebagainya.

Memposting demo produk atau review produk dalam bentuk video juga sangat jitu mendatangkan buyer jadi bisa juga teman-teman jadikan sebagai pelengkap.

Persiapkan member area

Selanjutnya adalah mempersiapkan member area jika teman-teman mempunyai website teman-teman bisa menggunakan tools membership seperti wouy atau sejoli, tapi jika memang belum bisa memiliki website membership maka bisa menggunakan grup facebook private agar member yang masuk tersaring.

Persiapkan nomor rekening pembayaran

Rekening pembayaran idealnya lebih dari satu namun jika memang belum bisa mengadakan satu saja sudah cukup, walaupun kadang ini jadi masalah juga karena ada beberapa karakter buyer yang gal mau keluarin duit buat bayar biaya transfer beda rekening.

Pastikan rekening Anda sudah menggunakan mobile banking atau e-banking tujuannya agar lebih mudah mengecek transaksi karena saat ini banyak penipuan menggunakan struk transfer palsu.

Jika belum sebaiknya daftarkan nomor rekening Anda menggunakan aplikasi mobile ke bank penerbit rekening.

Penentuan harga

Penentuan harga sebaiknya disesuaikan dengan minimal harga lisensi PLR yang dikeluarkan vendor, jangan menjual produk di bawah harga minimal agar lisensi Anda tidak dicabut. Untuk penentuan harga sebaiknya gunakan teknik psikologi harga seperti harga coret, 99 di angka terakhir, atau harga preorder.

Gak usah tajut jual produk mahal asal memiliki value dan kualitas yang bagus.

Persiapkan link download produk

Untuk teman-teman yang menggunakan web membership silahkan sematkan link download di member area Anda masing-masing sebaiknya jangan menggunakan link direct langsung agar link Anda tidak disalah gunakan orang-orang yang bermental pembajak.

Buat teman-teman yang belum menggunakan member area boleh menggunakan facebook grup private sebagai pengganti member area pastikan grup sudah tersetting private sebelum memasang link download di grup, agar mudah ditemukan link download sebaiknya di pin (sematkan).

Boleh juga menggunakan email sebagai sarana pengiriman link download namun cara ini kadang dikeluhkan buyer karena mereka kadang sulit mencari apabila ingin mendownload ulang.

Membangun kesadaran produk (awarness)

Sebelum hari menjelang launching sebaiknya mulailah membangun awarness tentang apa dan manfaat produk yang akan Anda tawarkan agar calon buyer mempersiapkan dana jika mereka tertarik dengan produk Anda. Mengingat saat ini sudah banyak orang yang berjualan produk digital sebaiknya tawarkan benefit daripada menonjolkan harga.

Menyiapkan leadmagnet/free tester

Baru berjualan produk digital ??? nah ini cara ampuh membangun kepercayaan buyer yaitu dengan memberikan lead magnet atau freetester produk Anda. Sebelum memberikan lead magnet siapkan dulu funnelnya, kalo terbiasa menggunakan email blast gunakan autoresponder seperti kirim.email atau peneyedia layanan email lainnya. Jika belum berminat ke email gunakan saja channel telegram atau grup whatsapp untuk mengumpulkan calon buyer di suatu tempat yang mudah memberikan notif saat produk launching.

Mengundang Affiliate

Nah jika teman-teman sudah terbiasa dengan alur diatas maka cobalah menggunakan affiliate atau broker namun pastikan harga sudah sesuai karena Anda wajib membayar affiliate sebagai komisi karena telah membantu memeasarkan produk Anda.

Buatlah grup khusus untuk mengumpulkan affiliate agar memudahkan Anda berkomunikasi dengan mereka.

Memang tidak mudah membujuk affiliate besar untuk mau membantu menjual produk Anda jadi caranya biasakanlah ikut kontes affiliate yang diadakan oleh para affiliate besar.
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar