"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Mempercepat Blog dengan Defer JS Google Analytics

Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mengubah JS Google Analytics
BAHYUDIN NOR - Cara Mempercepat Blog dengan Defer JS Google AnalyticsKeterkaitan antara halaman web dengan Google Analytics sudah tidak perlu diragukan lagi. Semua hal yang berkaitan dengan data pengunjung dan aktifitas lainnya diperoleh dari layanan tersebut.
Penggunannya pun diperlukan mampu membantu blogger dalam hal pengelolaan data. Dengan begitu, semua mampu menjalankan analisa yang lebih terpadu dan sesuai algoritma.

Namun Google Analytics ternyata juga memiliki efek negatif. Banyak yang mengeluh tentang kecepatan terusan yang semakin lama sesudah diinstal. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan munculnya durasi cache di pengujian PageSpeed Insights.

Bukan cuma PageSpeed Insights, GTmetrix juga sering memperlihatkan JS Analytics selaku bagian yang mensugesti loading blog.

Mengapa Google Analytics Memperlambat Akses?

Sekedar isu, Google sebagaipengembang senantiasa memperbarui layanan ini setiap waktu. Nah pada pembaruan terakhir, ditambahkan Global Site Tag untuk pelacakan yang lebih kompleks.

Penambahan fitur tersebut tentu membuat beban skrip menjadi lebih berat. Akibatnya, pemuatan halaman menjadi lebih lambat.

Google Analytics Versi Lama

Umumnya, setiap skrip Google Analytics sudah dilengkapi dengan perintah asynchronous biar lebih cepat ketika dimuat. Namun tetap saja, kecepatan saluran tidak seefektif sebelum penggunaan.

<script async src="https://www.google-analytics.com/analytics.js"></script>

Apa itu Defer?

Defer yaitu perintah untuk menampung skrip di latar belakang apalagi dulu. Setelah halaman sukses dimuat 100%, gres lah skrip bisa dihukum pribadi ke halaman.

Sedangkan menurut bahasa, defer bermakna Penundaan. Perintah ini mempunyai tata cara kerja yang nyaris mirip dengan lazy load iklan maupun gambar.

Cara Defer JS Google Analytics di Blog

  • Masuk ke BLOGGER
  • Pilih menu TEMA
  • Pilih EDIT HTML
  • Tempel kode dibawah di atas </body>:
    <script>
    //<![CDATA[
    function downloadJSAtOnload(){var d=document.createElement("script");d.src="https://www.google-analytics.com/analytics.js",document.body.appendChild(d)}window.addEventListener?window.addEventListener("load",downloadJSAtOnload,!1):window.attachEvent?window.attachEvent("onload",downloadJSAtOnload):window.onload=downloadJSAtOnload;
    window.ga=window.ga||function(){(ga.q=ga.q||[]).push(arguments)};ga.l=+new Date;
    ga("create", "UA-*********-*", "auto");
    ga("send", "pageview");
    //]]>
    </script>
  • Selanjutnya copy kode di bawah dan tempel di atas </head>:
  • <link as="script" href="https://www.google-analytics.com/analytics.js" rel="preload" />
    
  • Pilih SIMPAN
  • Selesai.
  • Penutup

    Walaupun memiliki tugas yang sangat penting nan vital, namun yang sering kita perlukan hanyalah pelacakan sumber trafik. Bukan tata cara pelacakan mirip kini.

    Apalagi di bulan Mei 2021 ini, Google berencana memperbarui algoritmanya ke Google Page Experience. Algoritma tersebut sungguh mengamati kecepatan jalan masuk dikala diangkut oleh pengunjung.

    Jika tidak ingin turun peringkat, perbaiki semua faktor yang mempunyai ukuran besar mulai dari kini.

    Cukup sekian artikel tentang Cara Mempercepat Blog dengan Defer JS Google Analytics ini, Terima kasih.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar