"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Peringatan Bmkg Kawasan Ini Tergolong Jabar Potensial Hujan Petir & Topan

Peringatan BMKG Wilayah Ini Termasuk Jabar Berpotensi Hujan Petir & Angin Kencang - Informasi peringatan dini cuaca ekstrem berlaku untuk hari ini, Selasa (6/4/2021).

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 8 kawasan memiliki potensi hujan petir dan angin puting-beliung yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.





Hari ini akan terjadi siklon tropis SEROJA yang terpantau di Laut Sawu Barat Daya Pulau Timor dengan kekuatan 40 kt (75 km/jam) dan bergerak ke arah Barat - Barat Daya.


Kondisi ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Jawa Timur sampai perairan Utara Bali dan di Sulawesi Tenggara.


Kondisi ini juga membentuk Low Level Jet yang memanjang di NTT, dan perairan Selatan NTT.


Bibit Siklon Tropis 90S juga terpantau di Samudera Hindia selatan Banten yang membentuk Low Level Jet yang memanjang dari perairan Barat Lampung sampai Samudera Hindia Selatan Banten-Jawa Barat.




Hal ini menyebabkan kesempatanpertumbuhan awan hujan di sekeliling metode siklon tropis SEROJA, di sekeliling bibit siklon dan disepanjang daerah konvergensi tersebut.


Selain itu siklon tropis SEROJA dan 90S ini juga meningkatkan kecepatan angin (>25 kts) dan ketinggian gelombang (>2,5 meter) disepanjang Low Level Jet tersebut.


Wilayah berpotensi angin ribut dan hujan lebat :


- Banten


- Jawa Barat


- Jawa Tengah


- Yogyakarta


- Jawa Timur


- Nusa Tenggara Barat




Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat diikuti kilat/petir dan angin puting-beliung adalah :


- Sumatera Utara


- Riau


- Sumatera Selatan


- Kep. Bangka Belitung


- DKI Jakarta


- Bali


- Kalimantan Tengah


- Kalimantan Selatan






Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar