"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

3 Tempat Penting Umat Islam di Seluruh Dunia (Masjid Al Aqsha, Nabawi, Al Haram)

Semua masjid itu punya keutamaan yang serupa bagi umat muslim seluruh dunia kecuali 3 masjid yaitu masjid Nabawi, masjid Al Haram dan masjid Al Aqsha

Bagi kaum muslim di seluruh dunia keberadaan masjid merupakan sebuah tempat suci, daerah ibadah dan juga tempat yang harus dijaga kesucian dan ketenangannya. Nah kini tahukah Anda bahwa di dunia ini ada 3 masjid yang sungguh utama bagi umat Islam?
Masjid Nabawi, Masjid Al Haram dan Masjid Al Aqsha
Pada dasarnya, semua masjid itu punya keutamaan yang serupa bagi umat muslim seluruh dunia kecuali 3 masjid yaitu Masjid Nabawi, Masjid Al Haram dan Masjid Al Aqsha. kenapa begitu? Karena 3 masjid ini disebutkan oleh Nabi Muhammad shallallahu‘alaihi wasallam:

Shalat di masjidku (masjid Nabawi) lebih baik dibandingkan dengan 1000 shalat di daerah lain, kecuali di Masjid Al-Haram. Shalat di masjid Al Haram lebih baik ketimbang 100.000 shalat di tempat lain” (HR. Ibnu Majah no.1406, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah)

Janganlah kalian menempuh perjalanan jauh kecuali menuju ke tiga masjid: masjidku ini (Masjid Nabawi), masjid Al Haram, dan masjid Al Aqsha” (HR. Bukhari no. 1115 dan Muslim no. 1397)

Jadi bila Anda kebetulan ingin Umroh atau melaksanakan Haji manfaatkan sebaik mungkin waktu Anda ketika di Masjid Nabawi dan Masjid Al Haram, akan lebih baik jikalau Anda mampu mengunjungi kompleks Masjid Al Aqsha di Palestina walaupun mungkin akan sungguh susah untuk menuju kesana.

1. Masjid Al Aqsha

Sumber gambar: Pixaby
Masjid ini terletak di Palestina, suatu kawasan diantara ketegangan Zionis Yahudi dan Palestina, daerah ini merupakan status quo.

Kompleks Masjid Al Aqsha merupakan tempat dan landasan bagi Nabi Muhammad shallallahu‘alaihi wasallam saat melakukan mi’raj dan pada periode pemerintahan Khalifah Umar Radhiallahu ‘anhu Palestina sukses direbut kembali dari tangan Romawi dan lalu dibangun ulang pada masa pemerintahan Raja Abdul Malik bin Marwan.

Masjid al-Aqsha al-Mubarak sendiri merupakan nama bagi seluruh tempat yang dipagari, yang di dalamnya terdapat Qubbatu Shakhrakh, al-Jami’ al-Qibli (inti dari Masjid al-Aqsha), dan Musholla al-Marwani

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi
Sumber gambar: Pixaby
Ini adalah masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad shallallahu‘alaihi wasallam bersama para sahabatnya saat berhijrah ke kota Madinah, di masjid inilah fatwa Islam disebarkan. Luas masjid Nabawi pasti tidak sebesar di jaman permulaan Islam alasannya adalah yang kita lihat saat ini merupakan hasil ekspansi masjid dikarenakan mengikuti banyaknya kaum muslimin yang tiba ke Madinah.

3. Masjid Al Haram

Masjid Al Haram
Sumber gambar: Pixaby
Tempat paling utama bagi kaum muslim seluruh dunia yaitu Ka’bah yang terletak di kompleks masjid Al Haram di kota Mekah. Kompleks ini mengalami perluasan berkali-kali bahkan hingga dikala ini demi untuk mampu memuat banyaknya umat Islam yang datang, tempat ini terang cuma untuk umat Islam, dan tidak boleh bagi non-muslim untuk tiba kesini.

Referensi:

  • Muslim.or.id
  • Kisahmuslim.com
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar