"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Pelatihan Pembuatan Webiste Desa di Desa Simpang Tiga Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan

Pelatihan Pembuatan Webiste Desa di Desa Simpang Tiga Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan
Pelatihan Pembuatan Website Desa
BAHYUDINNOR.COM Saat nya Desa Mempunyai Website. Secara umum, website desa itu digunakan untuk memberikan informasi seputar desa. Sehingga siapapun yang mencari informasi tentang desa bisa mengakses website desa. Misalnya struktur organisasi desa, anggaran tahunan desa hingga berbagai event yang diadakan di desa.

Sehingga Menurut Pak Ainu Redha Selaku Pendaming Desa Simpang Tiga mengungkapkan Bahwa keberadaan Website Desa seyogyanya dianggap perlu. Desa Simpang Tiga terletak di kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan yang dikepalai Oleh Bapak Hinderi. Atas Usulan Pak Ainu Redha saya pun di undang untuk memberikan Kursus dan Pelatihan Bagaimana Membuat Website Desa.

Lama pelatihan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 26 Juni 2021 s/d 28 Juni 2021. Pada pelatihan tersebut saya bagi menjadi beberapa materi agar memudahkan peserta dalam mengikutinya.

Adapun banyaknya peserta yang awalnya diusulkan terdiri dari 10 orang menjadi 5 orang yaitu Perangkat Desa itu sendiri.
Pelatihan Pembuatan Website Desa
Jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan di mulai sudah saya berikan video-video yang berkaitan dengan bagaimana langkah-langkah membuat website mulai dari Memilih dan Membeli Domain Sekaligus Hosting dilanjut Install Wordpress di Cpanel serta bagaiman Instal Theme dan Modifikasinya dan terakhir Bagaimana Melakukan Publikasi Berita di Website.

Pada dasarnya pembuatan Website Desa dapat di usulkan langsung oleh desa melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika di Website Resminya yaitu Domain.Go.Id namun ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi dan memerlukan waktu beberapa minggu sehingga untuk sementara dilewatkan dulu. 

Dari pelatihan tersebut terbuatlah website desa dengan nama https://simpangtiga.org/. Namun harapannya dengan adanya Pelatihan Website ini bisa dijadikan sebagai media pelayanan publik yang resmi dibangun dan dikelola oleh tim desa setempat walau untuk sementara hanya berdomain .org bukan desa.id.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar