"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Kumpulan Daftar Masalah yang sering Ditanyakan dalam Pendaftaran CPNS dan PPPK



BAHYUDINNOR.COM - Pada akhir di Juni tahun 2021 lalu sampai saat ini, sepertinya masih terdapat banyak masalah dan kendala terkait pendaftaran CPNS dan PPPK. Walaupun sudah ada pada laman FAQ di portal SSCASN, namun pada kenyataanyadi lapangan terlihat banyak para pejuang ASN yang banyak menemukan masalah dan tidak tau bagaimana mengatasinya dan pada akhirnya kebingungan. 

Permasalahan tersebut di antaranya ada yang salah mengunggah dokumen, NIK yang bermasalah, tidak tersedianya formasi PPPK Guru, dan ada juga data belum sinkron, dan sebagainya. Berikut Hasil Live IG BKN tgl 7 Juli 2021 terkait masalah tersebut dan bagaimana mengatasinya.😎 

⚠️ Mohon dibaca & dipahami dengan seksama ⚠️


1. Jika ada kesalahan dengan nomor NIK, harus ke dukcapil

2. Jika di KTP pada namanya ada gelar, maka nama yang di input silahkan memakai nama yg ada di ijazah. Dikarenakan ijazah sifatnya lifetime atau cuma dicetak sekali seumur hidup. Intinya nama yang dipakai adalah nama tanpa gelar.

3. Pada pengisian password, dan pertanyaan pengaman. Kalau bisa di catat. Supaya tidak lupa.

4. Jika saat awal pendaftaran tertukar antara foto selfie dan juga pas foto, udah santai aja. Ga masalah. Lanjutkan. Karena data yang akan masuk ke verifikator instansi adalah data unggahan dokumen. Jikapun upload foto nya terbalik , tidak masalah.

5. Jika terjadi kesalahan upload dokumen, seluruh keputusan berada ditangan instansi, bukan di BKN. Jika ingin mengajukan keluhan , bukan ke BKN,namun ke Instansi yang dilamar.

6. Data NIK yang di integrasi merupakan data NIK yg diambil dari Dirjen DUKCAPIL pusat

7. Apabila sudah diakhir pendaftaran, dan sudah diakhiri, jika terjadi kesalahan upload atau sebagainya, sudah tidak bisa lagi di edit. Silahkan perbanyak doa. Hati-hati

8. Akreditasi yang dipakai adalah akreditasi disaat lulus. Khusus untuk pelamar jalur Cumlaude, prodi akreditasinya A, dan universitas juga harus A.

9. Pendaftaran akun dilakukan dari awal semua. Jadi harus bikin akun baru. Lupakan akun lama saat pendaftaran di tahun 2019. Kenapa seperti ini? Dikarenakan data ASN sangat banyak, maka data pelamar yang gugur terdahulu otomatis sudah dihapus. Sehingga harus dimulai kembali dari awal

10. Dapodik bukan kewenangan BKN, karena adanya di Dikbud. Jika ingin memperbaiki silahkan ke Dikbud

11. Pertanyaan paling sering. Misal saya jurusan ilmu ekonomi, ternyata di formasi dimintanya Ekonomi. Untuk pendidikan harus SEJALAN. Jika diminta EKONOMI maka harus EKONOMI, jika diminta KOMUNIKASI, maka harus KOMUNIKASI ,jangan ILMU KOMUNIKASI masuk daftar. Cari yang sama persis dengan jurusan.  Jangan berpikir karena satu rumpun, maka beranggapan boleh mendaftar.  Jika memang ragu, silahkan ditanyakan ke instansi terkait, dan usahakan secara tulisan, jangan lisan, supaya bisa jadi pegangan

12. 'misalnya kita pilih formasi di daerah, apakah test harus di daerah juga?' => tergantung kewenangan instansi. Karena BKN hanya menyediakan list lokasi untuk test, kemudian instansilah yang memilih mereka mau tempat test dimana. Ada yang terpusat di satu tempat, dan ada yg di beberapa tempat. 

13. Jika pada saat pendaftaran ada notif 'Anda terdaftar sebagai PNS aktif" ,maka silahkan lapor ke helpdesk SSCASN, bisa jadi yang bersangkutan sebelumnya sudah mengundurkan diri, namun belum 2 periode pendaftaran, sudah mencoba daftar lagi.

14. Jika ada galat, di cek kembali galatnya dimana. Bisa saja saat mengisi tanggal lahir, yang di minta HHBBYYYY namun di isikan 08 maret 1998, ikuti aturannya

15. Tahun ini jumlah pendaftar tidak bisa dilihat, karrna tahun ini blind competition

16. Jumlah ajuan pada helpdesk dalam sehari bisa 100ribuan diantaranya ada, berupa 21rb lupa password, 1100 lupa pengaman 1, dan 1000an lupa pengaman 2, lokasi lahir tidak ditemukan 2000an, mohon untuk password dan pertanyaan pengaman agar di catat.

17. Lokasi lahir yang digunakan yaitu pada tingkat kabupaten/kota. Bukan desa. Desa di khususkan untuk pelamar yang lahir di luar negeri.

🚨 Rangkuman Live IG BKN. Jumat, 9 Juli 2021. Seputar PPPK Guru. 🚨

1. Seleksi PPPK Guru dibagi menjadi 3 tahap. Pelamar PPPK Guru yang hanya boleh dilamar oleh 4 golongan, yaitu :  THK-II, Guru Negeri yg terdaftar di dapodik, Guru swasta yg terdaftar di dapodik, dan Lulusan PPG. Lebih lanjut silahkan baca Permenpan 28 Tahun 2021. 

2. Guru swasta dan Lulusan PPG adalah peserta di Tahap 2. Setelah tahap 1 sudah selesai dilakukan (sampai pengumuman), barulah dilakukan tahap 2. Guru swasta dan lulusan PPG bisa mengikuti seleksi tetapi tidak bisa memilih instansi. Jadi mereka hanya bisa daftar di instansinya. Meskipun baru bisa ikut di tahap 2, harus sudah melakukan pendaftaran sejak awal (tahap 1), karena proses verifikasinya hanya dilakukan di awal. 

3. Jika saat ini mengajar di SMP tetapi kualifikasi pendidikannya hanya bisa daftar di SD ataupun SMA misalnya, maka pelamar tersebut hanya bisa memilih formasi di SD sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki. Pendaftaran PPPK Guru ini tidak melihat riwayat tempat mengajar sebelumnya, melainkan kualifikasi pendidikan. Pelamar dapat memilih formasi tidak hanya di tempat mengajarnya, melainkan seluruh formasi yang tersedia dalam instansinya, selama kualifikasi sesuai. 

4. Pelamar yang memiliki serdik (Sertifikat Pendidik), masih harus mengikuti uji kompetensi teknis. Lalu, apakah akan dapat poin maksimal ? Pelamar yang serdiknya linear dengan jabatan yang dilamar akan mendapat nilai maksimal 100 %, tetapi tetap harus mengikuti uji kompetensi. Karena jika tidak mengikuti ujian, maka akan dianggap tidak hadir, hal ini akan menggagalkan pelamar. 

5. Usia termuda melamar PPPK guru ialah 20 tahun. Jika pun usia pelamar kurang 1 bulan sampai cukup usia minimal, maka secara otomatis akan tertolak oleh sistem. Ada proses mengisi tanggal lahir yang tidak mungkin dibuat-buat. Meskipun memang luar biasa sudah lulusan S1 dan telah mengajar pada usia dibawah 20 tahun, mohon maaf ini tidak bisa. 

6. Jika masuk dalam portal sscasn dan mendaftar PPPK guru, maka sudah otomatis sinkron dengan Dapodik. Apabila data di dapodik tidak ditemukan, sebaiknya jangan dilanjutkan. Silahkan lapor dulu ke kemendikbud untuk memperbaiki datanya. 

7. Jika ada perbaikan data kemudian dilakukan verifikasi ulang, waktu yang dibutuhkan untuk sinkronisasi ulang paling lama 3 x 24 jam. Mohon menunggu. 

8. Apabila ada kasus, ia mengajar sebagai guru di swasta sekaligus juga mengajar di negeri. Akan tetapi data di dapodik yg terdaftar ialah guru swasta, sedangkan mau mendaftar guru negeri. Kembali kami mengarahkan untuk memberbaiki datanya (dapodik) dulu, dalam hal ini di Kemendikbud. Selama pelamar belum sampai pada tahap ‘resume’, karena jika sudah tahap itu maka sudah tidak bisa diubah lagi.

9. Jika pelamar memiliki Ijazah Fisika, tapi formasi yg buka pada sekolah tempat ia mengajar adalah guru prakarya. Hal tersebut tetap tidak bisa. Silahkan mendaftar dengan kaulifikasi yang sesuai dan masih dalam satu instansi yang sama. 

10. Apabila sudah sampai resume tapi tdk tersedia kategorinya dalam kartu pendaftaran, silahkan dicek dan cetak ulang kembali. Hal ini karena untuk ‘kategori’ fiturnya baru ditambahkan tgl 4. Kemungkinan yang mengalami hal tersebut dikarenakan mencetak kartu sebelum tgl 4. 

11. Pesan untuk pelamar : 
- Silahkan meluangkan waktu untuk membaca Permenpan RB No. 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK Guru. Khusunya untuk Pasal 27-31 penting untuk dibaca mengingat poin yang ada merupakan jawaban dari pertanyaan terbanyak yang diajukan.
- Baca juga Permenpan RB No. 29 Tahun 2021 terkait Pengadaan PPPK Non Guru untuk Jabatan Fungsional. 

12. Mohon bersabar jika belum dijawab melalui e-lapor, karena dalam satu hari ada banyak sekali laporan yang masuk.

Kata Kunci:
cpns 2021, cpns 2021 kapan dibuka, cpns 2021 tiu, cpns 2021 lulusan sma, cpns 2021 diundur, cpns 2021 guru, cpns 2021 formasi apa saja, cpns 2021 kemenkumham, cpns 2021 untuk sma, cpns 2021 twk, cpns 2021 sma, cpns 2021 tkp, cpns 2021 soal, cpns 2021, soal pppk, soal pppk 2021 dan pembahasan, soal pppk sosiokultural, soal pppk manajerial, soal pppk pjok 2021, soal pppk guru bahasa inggris, soal pppk 2021 pedagogik beserta pembahasan part 02 terupdate, soal pppk bahasa inggris, soal pppk guru sd, soal pppk guru sd 2021 dan pembahasan, soal pppk bahasa indonesia, soal pppk sosio kultural 2021, soal pppk 2021 dan pembahasan bahasa inggris, soal pppk pedagogik 2021, soal pppk manajerial 2021, pppk 2021, pppk 2021 untuk umum atau honorer, pppk 2021 untuk honorer, pppk 2021 guru, pppk 2021 jadwal, pppk 2021 tenaga teknis, pppk 2021 jalur honorer, mentor pppk 2021, pendaftaran pppk 2021, syarat pppk 2021, persyaratan pppk 2021, soal pppk 2021 guru sd dan pembahasan, pppk kemenag 2021 terbaru, soal pppk 2021 dan pembahasan sosio kultural


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar