"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

30 Contoh Soal & Pembahasan Ujian Kompetensi Teknis PPPK Guru Mata Pelajaran Ekonomi Update September 2021

30 Contoh Soal Ujian Kompetensi Teknis PPPK Guru Mata Pelajaran Ekonomi Update September 2021
BAHYUDINNOR.COM - Kamu bisa mengerjakan 30 Contoh Soal Ujian Kompetensi Teknis PPPK Guru Mata Pelajaran Ekonomi ini sebagai bentuk persiapan untuk memeperdadlam pemahaman skill dalam menjawab soal-soal Ekonomi.
30 Contoh Soal Ujian Kompetensi Teknis PPPK Guru Mata Pelajaran Ekonomi ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban, so kamu bisa melihat mana jawaban yang masih kurang tepat.


Perlu diketahui, Tes Ujian Seleksi Kemampuan Teknis PPPK tidak hanya mengujikan pemahaman anda mengenai kemampuat Teknis Mata Pelajaran Ekonomi saja, Namun ada beberapa ujian kemampuan juga, yuk coba kerjakan latihan kompetensi lainnya di bawah ini;

SOAL TES PPPK KOMPETENSI
MATA PELAJARAN EKONOMI

Soal No 1
Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran tidak lagi dilakukan secara tatap muka didalam kelas, akan tetapi dapat dilakukan secara virtual atau jarak jauh (distance learning). System ini menggabungkan proses pembelajaran jarak jauh dengan prinsip-prinsip dalam pembelajarn dengan teknologi. Pembelajaran ini biasanya berbasis web yang bias diakses menggunakan jaringan internet dimanapun tempat pebelajar berada. Hal ini sering disebut dengan …
 
 
A. E-Learning
 
B. Blended learning
 
C. Learning by doing
 
D. Self-learning
 
E. Efficient learning
Pembahasan
Pembahasan :
E-learning adalah system pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dan digabungkan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (non face-to-face learning) yang bisa diakses dengan menggunakan jaringan internet dimana saja berada.
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 2
Seorang guru ekonomi harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ...  
 
 
A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis tujuan pembelajaran
 
B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
 
C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
 
D. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
 
E. Media dapat dibuat dengan mudah dan biaya murah
Pembahasan
Pembahasan :
Tujuan utama dari media pembelajaran adalah mempermudah dalam proses penyampaian informasi (materi pelajaran) sehingga materi pelajaran mudah dipahami oleh siswa
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 3
Media pembelajaran memiliki karakteristik antara lain sebagai berikut
a) Fiksatif
b) Manipulative
c) Distributive
d) Canggih
e) Dapat menyampaikan semua materi pelajaran
Seorang guru ekonomi SMA dalam memilih media harus memperhatikan karakteristik yang ….
 
 
A. 1,2,3
 
B. 2,3,4
 
C. 3,4,5
 
D. 1,3,5
 
E. 2,3,5
Pembahasan
Pembahasan :
Hal mendasar yang harus diperhatikan guru dalam pemilihan media adalah karakteristik media yang fiksatif, manipulative dan distributive. Pemilihan media pembelajaran tidak harus canggih apalagi media yang dapat menyampaikan semua materi pelajaran, akan tetapi media yang sesuai dengan materi pelajaran dan mempermudah dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Ciri-ciri Media Pembelajaran
Ciri media pembelajaran Gerlach & Ely (1971) mengemukakan tiga ciri-ciri media yang merupakan alasan mengapa media digunakan.  
Yaitu :
Ciri fiksatif (fixative property). Ciri fiksatif yaitu menggambarkan kemampuan merekam, menyimpulkan, melestarikan, dan mengkonstruksi suatu peristiwa atau objek. Cara ini amat penting bagi guru karena kejadian-kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada dapat digunakan setiap saat. Media yang dikembangkan sepertiphotography, video tape, audio tape, disket komputer, dan film. Misalnya sepertiperistiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di suatu negara. Siswa dapat mepelajari bagaimana peristiwa atau kejadian-kejadian itu melalui rekaman video dokumentasi, dan foto-foto. Objek-objek biotik ataupun abiotik yang unik dan harus dipelajari oleh siswa dapat dihadirkan dengan gampang diruang kelas dengan rekaman video atau foto. Maka media ini memungkinkan suatu rekaman kejadian yang terjadi pada satu waktu tertentu dapat ditransportasikan tanpa mengenal waktu. Teknologi telah menjadikan media pembelajaran mempunyai peranan yang amat penting untuk memberikan pemahaman akan suatu peristiwa atau objek bagi siswa.
Ciri manipulatif (manipulatif property). Ciri manipulatif yaitu Transpormasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada peserta didik dalam waktu 2 (dua) menit sampai 15 (lima belas) menit dengan teknik pengambilan gambar atau time - lapse recording. Misalnya seperti, siswa dapat mempelajari bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan embrio di dalam kandungan ibu hanya dalam waktu 10 sampai 15 menit. Proses ini aslinya berlangsung selama 9 bulan di dalam tubuh ibu. Dengan bantuan teknologi khusus dan proses perekaman yang kemudian dilakukan manipulasi, waktu dapat dipersingkat dengan mempercepat dengan hanya menampilkan kejadian-kejadian penting saja. Selain itu, bahkan proses dapat diputar balik dan diulang-ulang. Kejadian yang berlangsung cepat juga dapat diperlambat. Contoh lain sepertiproses larva menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografer di samping itu juga dapat diperlambat menayangkan kembali hasil rekaman video. Kemampuan media dari ciri manipulatif memerlukan perhatian sungguh-sungguh karena apabila terjadi kesalahan dalam pengaturan kembali urutan kejadian atau potongan bagian-bagian yang salah, maka akan terjadi pula kesalahan penafsiran yang tentu saja akan membingungkan dan bahkan menyesatkan sehingga dapat mengubah sikap mereka kearah yang tidak diinginkan.
Ciri distributif (distributive property). Ciri distributif yaitu dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditranspormasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada peserta didik dengan stimulas pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian ini. Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat direproduksi seberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat. Misalnya sepertiKejadian di daerah-daerah yang sulit atau bahkan tidak mungkin dikunjungi oleh siswa dapat dihadirkan di ruang kelas mereka tanpa memerlukan banyak usaha keras. Penggunaan internet atau perangkat penyimpan data sepertifl ashdisk, CD, dan sebagainya memudahkan bahan-bahan pembelajaran tersebut didistribusikan. Konsistensi informasi yang terdapat didalamnya akan selalu terjaga sebagaimana aslinya.
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 4
Salah satu Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Ekonomi SMA adalah KD. 3.6 Mendeskripsikan  bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia, untuk  mencapai KD. Tersebut diperlukan sumber belajar yang baik. Sumber belajar yang baik adalah  sumber belajar yang selalu mengikutiperkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu sumber belajar  yang paling tepat untuk mengikutiperkembangan ilmu pengetahuan yang pesat adalah …
 
 
A. Buku teks
 
B. Buku grand theory
 
C. Jurnal ilmiah/artikel ilmiah
 
D. Ensiklopedia
 
E. Surat kabar
Pembahasan
Pembahasan :
Jurnal/artikel ilmiah merupakan salah satu rujukan yang tepat dalam mengikutiperkembangan ilmu pengetahuan terkini, karena memuat hasil penelitian atau temuan baru dalam dunia akademik (ilmu pengetahuan)
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 5
Jika koefisien elastisitas barang X dan Y adalah negatif, maka kenaikan harga barang X akan berdampak negatif pada …
 
 
A. Kenaikan permintaan barang X
 
B. Kenaikan permintaan barang Y
 
C. Penurunan permintaan barang Y
 
D. Tidak mempengaruhi permintaan barang Y
 
E. Penurunan harga barang Y
Pembahasan
Pembahasan :
Koefisien elastisitas silang yang negative menunjukkan bahwa hubungan antara X dan Y bersifat komplementer, sebagai contoh hubungan antara gula (X) dan teung terigu (Y), pada kedua barang yang bersifat komplementer, maka keanikan harga barang X (gua akan menyebabkan penurunan permintaan terhadap barang Y (tepung terigu).
Koefisien elastis adalah angka yang menunjukkan sebarapa besar kepekaan perubahan barang akibat adanya perubahan harga. Koefisien elastis baik permintaan maupun penawaran dapat dicari dengan rumus :
E=ΔQΔP×PQ
E = koefisienelastis
ΔQ = perubahan selisih jumlah barang
ΔP = perubahan selisih harga barang
Q1 = jumlah harga mula-mula
P1 = harga barang mula-mula.
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 6
Berikut ini merupakan ketentuan dalam merumuskan indicator
a) Indikator dirumuskan/diturunkan dari KD
b) Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang terukur
c) Dirumuskan dalam kalimat yang sederhana, jelas dan mudah dipahami serta tidak bermakna ganda
d) Minimal harus berada pada level C4
e) Tiap indikator harus mengandung tiga ranah sekaligus (kognitif, afektif & psikomotor)
Yang bukan ketentuan dalam perumusan indikator adalah …
 
 
A. 1,2
 
B. 2,3
 
C. 3,4
 
D. 4,5
 
E. 1,5
Pembahasan
Pembahasan :
Ketentuan umum dalam perumusan indicator sebuah KD adalah sepertinomor 1,2, dan 3, sedangkan 4 & 5 tidak, karena dalam indicator tidak harus selalu berada pada level C4, karena boleh ada pada level C1-C3.
Selain itu tiap indikator juga tidak harus memuat 3 ranah sekaligus
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 7
Seorang guru Ekonomi kelas XI SMA, sebelum melaksanakan pembelajaran mempersiapkan perangkat pembelajaran. Pada KD. menganalisis APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi, setelah menyusun indikator pembelajaran untuk KD tersebut, salah satu tujuan pembelajaran yang disusun adalah mengidentifikasi manfaat pendapatan nasional dengan jujur dan percaya diri. Termuat dalam:
 
 
A. Silabus  
 
B. RPP
 
C. Silabus
 
D. SKL
 
E. Kurikulum
Pembahasan
Pembahasan :
Tujuan pembelajaran dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Juga memuat gambaran proses dan hasil belajar yang akan dilakukan didalam pembelajaran.
Sesuai dengan Lampiran peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efi sien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau tema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
Komponen RPP terdiri atas
a. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan
b. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. Kelas/semester;
d. Materi pokok;
e. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamatidan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. Penilaian hasil pembelajaran.
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 8
Saat ini berkembang bentuk intrumen penilaian dengan meminta siswa untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang menjadi buktibahwa siswa tersebut telah melakukan sesuatu yang disyaratkan oleh guru. Kumpulan hasil kerja ini untuk menunjukkan buktitentang kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu. Hal ini sering disebut dengan penilaian ...
 
 
A. Penugasan
 
B. Pengamatan  
 
C. Portofolio  
 
D. Praktik
 
E. Produk
Pembahasan
Pembahasan :
Teknik penilaian dengan bentuk portofolio merupakan bentuk penilaian yang mensyaratkan siswa memiliki dan mengumpulkan bukti/buktid okumen yang akan menunjukkan bahwa dia telah memiliki kompetensi, pemahaman dan capaian dari sebuah pembelajaran. Melalui kumpulan dari dokumendokumen tersebut nantinya siswa akan dinilai apakah telah memenuhi syarat atau mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 9
Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran Ekonomi Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, TI dak keTI nggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi  pembelajaran tersebut memenuhi kriteria …
 
 
A. Shahih
 
B. Signifi cance
 
C. Kebermanfaatan
 
D. Layak dipelajari
 
E. Menarik minat
Pembahasan
Pembahasan :
Shahih (valid) arti nya Materi yang akan dituangkan dalam pembelajaran benar-benar telah teruji kebenaran dan kesahihannya. PengerTI an ini juga berkaitan dengan keaktualan materi sehingga materi yang diberikan dalam pembelajaran TI dak keTI nggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan.
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 10
Berikut ini beberapa macam kebutuhan:
(a) Ibu pergi ke pasar membeli bahan kebutuhan pokok
(b) Ayah membelikan adik baju seragam sekolah
(c) Kak Rudi membeli handpohne yang memiliki kamera
(d) Budi rajin berolah raga setiap minggu sekali
(e) Pak Ahmad membeli rumah dekat dengan tempat kerjanya
Berdasarkan urutan tingkat intensitasnya yang termasuk kebutuhan primer adalah …
 
 
A. (1), (2), dan (3)
 
B. (1), (2) dan (5)
 
C. (1), (3) dan (4)
 
D. (2), (4) dan (5)
 
E. (3), (4) dan (5)
Pembahasan
Pembahasan :
Kebutuhan primer adalah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi lebih dahulu. Kebutuhan yang  menempatiurutan pertama adalah (1), (2) dan (5).
Kebutuhan menurut intensitasnya atau tingkat kepentingannya, jenis kebutuhan dibedakan menjadi 3 :
1. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan lainnya. Contoh : makan, minum, rumah, pakaian, kesehatan, dan pendidikan.
2. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang bersifat pelengkap artinya dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh : meja, kursi, lemari, perlengkapan dan peralatan rumah lainnya.
3. Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan akan barang mewah yang dipenuhi setelah memenuhi primer dan sekunder. Contoh : mobil mewah, perhiasan intan, kapal persiar
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 11
Ibu Cantik seorang guru ekonomi SMA ABC kelas XI, setelah melakukan penilaian pada KD. 3.4 Menganalisis indeks harga dan infl asi, selanjutnya menganalisis hasil penilaian, ternyata terdapat beberapa peserta didik yang belum mencapai tingkat ketuntasan pada KD tersebut, Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan mengalami kesulitan yang berbeda-beda, maka startegi pelaksanaan pembelajaran remedial adalah …
 
 
A. Pemberian bimbingan secara kelompok
 
B. Pemberian bimbingan secara individu
 
C. Pemberian pembelajaran ulang
 
D. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus
 
E. Pemanfaatan tutor sebaya
Pembahasan
Pembahasan :
Berikut beberapa strategi pelaksanaan pembelajaran remedial yang dapat disesuaikan dengan jenis dan tingkat kesulitan.  
1. Pemberian bimbingan secara individu. Hal ini dilakukan apabila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan. Dalam hal pembelajaran klasikal peserta didik tertentu mengalami kesulitan, perlu dipilih alternatif tindak lanjut berupa pemberian bimbingan se cara individual/perorangan. Pemberian bimbingan perorangan merupakan implikasi peran guru sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan bilamana terdapat satu atau beberapa orang peserta didik yang belum berhasil mencapai ketuntasan  
2. Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan apabila dalam pembelajaran klasikal ada be berapa peserta didik yang mengalami kesulitan sama.
3. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Pembelajaran ulang dapat disampaikan dengan variasi cara penyajian dan penyederhanaan tes/pertanyaan. Pembelajaran ulang dilakukan bilamana sebagian besar atau semua peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar atau mengalami kesulitan belajar. Guru perlu memberikan penjelasan kembali dengan menggunakan metode dan/atau media yang lebih tepat.
4. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus. Dalam rangka pelaksanaan remedial, tugas-tugas la tihan perlu diperbanyak agar peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes ulang. Peserta didik perlu diberi pelatihan intensif untuk membantu menguasai kompetensi yang di tetapkan.  
5. Pemanfaatan tutor sebaya. Tutor sebaya adalah teman sekelas atau kakak kelas yang memiliki kecepatan belajar lebih. Mereka perlu dimanfaatkan untuk memberikan tutorial kepada rekan atau adik kelas yang mengalami kesulitan belajar. Melalui tutor sebaya diharapkan hubungan antar peserta didik akan lebih akrab dan terbuka, sehingga peserta didik yang mengalami kesulitan belajar akan le bih mudah memahami materi atau kompetensi yang harus dicapai.
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 12
Berdasarkan hasil analisis penilaian untuk KD. menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Beberapa peserta didik telah melampaui KKM. Pak Bagas guru Ekonomi kelas X SMA BCD memberikan pengayaan untuk peserta didik yang melampaui KKM. Pengayaan dapat dilakukan melalui …
 
 
A. Belajar kelompok KD yang sama
 
B. Belajar mandiri KD selanjutnya
 
C. Belajar kelompok KD selanjutya
 
D. Belajar mandiri KD sebelumnya
 
E. Belajar kelompok KD sebelumnya
Pembahasan
Pembahasan :
Bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui:
Belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberi tugas untuk memecahkan permasalahan, membaca di perpustakaan terkait dengan KD yang dipelajari pada jam pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta didik berupa pemecahan masalah nyata. Selain itu, secara kelompok peserta didik dapat diminta untuk menyelesaikan sebuah proyek atau penelitian ilmiah.
Belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati, menjadi tutor bagi teman yang membutuhkan. Kegiatan pemecahan masalah nyata, tugas proyek, ataupun penelitian ilmiah juga dapat dilakukan oleh peserta didik secara mandiri jika kegiatan tersebut diminati secara individu.
Pembelajaran berbasis tema, yaitu pembelajatan terpadu yang memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu. Melalui pembelajaran tematik dapat mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan penga laman bermakna bagi peserta didik. Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik, peserta didik akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya.
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 13
Masalah mendasar dalam ilmu ekonomi adalah....
 
 
A. Mengurangi masalah kemiskinan dan menciptakan distribusi pendapatan yang adil dan merata
 
B. Menentukan harga yang tepat atas barang/jasa sesuai dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang/jasa tersebut
 
C. Mengurangi ekternalitas negative yang ditimbulkan dari setiap kegiatan ekonomi
 
D. Mengoptimalkan penggunaan sumberdaya yang jumlahnya terbatas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
 
E. Memacu pertumbuhan ekonomi sebuah negara dengan harapan kemakmuran akan tercipta
Pembahasan
Pembahasan :
Ilmu ekonomi merupakan studi tentang bagaimana masyarakat menggunakan sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan komoditas yang bermanfaat dan menyalurkannya di antara anggota masyarakat tersebut. (Paul A. Samuelson and William D Nordhaus (2001). Masalah dasar ekonomi adalah kelangkaan (scarcity) yang terjadi karena keinginan manusia yang tidak terbatas dalam dunia yang memiliki sumber daya yang terbatas. Akibatnya muncul tiga pertanyaan dalam organisasi ekonomi, yaitu: (1) Apa (what) yang sebaiknya diproduksi dan seberapa banyak? (2) Bagaimana (how) sumber daya digunakan dalam memproduksi barang tersebut? (3) Untuk siapa (for whom) Untuk siapa barang diproduksi? Siapa yang dapat menikmatihasil kegiatan ekonomi? Bagaimana penghasilan dan kekayaan didistribusikan? Pertanyaan ini terkait dengan pendistribusian barang yang telah dihasilkan
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 14
Adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan yang TIdak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas, merupakan …
 
 
A. Masalah ekonomi
 
B. Masalah ekonomi
 
C. Kejadian ekonomi
 
D. Intimasalah ekonomi
 
E. Kelangkaan
Pembahasan
Pembahasan :
Intimasalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas dengan  alat atau benda pemuas kebutuhan yang terbatas.
Inti masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas dengan  alat atau benda pemuas yang terbatas. Inti masalah ekonomi dalam dijabarkan kedalam tiga masalah  yaitu :
1. What (barang dan jasa apa saja yang akan diproduksi, serta berapa jumlahnya)
2. How (bagaimana cara memproduksi, juga menyangkut efi siensi produk)
3. For whom (untuk siapa/akan digunakan oleh siapa barang dan jasa tersebut. Juga menyangkut distribusi
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 15
Proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka merupakan metode …
 
 
A. Ceramah
 
B. Diskusi
 
C. Demonstrasi
 
D. Resitasi  
 
E. Tanya Jawab
Pembahasan
Pembahasan :
Metode diskusi adalah aktivitas dari sekelompok siswa, berbicara saling bertukar informasi maupun pendapat tentang sebuah topik atau masalah, dimana setiap anak ingin mencari jawaban/penyelesaian problem dari segala segi dan kemungkinan yang ada.
Metode ini melatih siswa untuk berani mengungkapkan pendapat dan berargumentasi untuk mempertahankan pendapatnya
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 16
Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian …  
 
 
A. Objektivitas
 
B. Transparan
 
C. Bermakna
 
D. Menyeluruh
 
E. Adil
Pembahasan
Pembahasan :
Penilaian yang bersifat objektif adalah penilaian yang tidak memandang dan membeda-bedakan latar belakang peserta didik, namun melihat kompetensi yang dihasilkan oleh peserta didik tersebut, bukan atas dasar siapa dirinya
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 17
Pola pengembangan materi pembelajaran mata pelajaran Ekonomi SMA dengan susunan materi mulai dari yang sederhana menuju pada yang kompleks merupakan pola pengembangan …
 
 
A. Kronologis
 
B. Kausal
 
C. Logis
 
D. Psikologis
 
E. Spiral
Pembahasan
Pembahasan :
Pola logis adalah pola pengembangan materi pembelajaran dimana susunan materi dimulai dari yang sederhana terlebih dahulu, baru kemudian beranjak pada bagian yang kompleks, sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi tersebut.
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 18
“Kebijakan pemerintah menetapkan harga tanpa memperhatikan aspirasi masyarakat”. Pernyataan tersebut adalah pelaksanaan system ekonomi …
 
 
A. Pasar
 
B. Absolut
 
C. Liberal
 
D. Komando
 
E. Tradisional
Pembahasan
Pembahasan :
Pembahasan; Bila dalam kapitalisme “institusi” paling penting adalah pasar, dalam sosialisme institusi paling penting adalah negara. Negara menguasai sepenuhnya sumber daya dan memecahkan masalah apa, bagaimana, dan untuk siapa melalui perencanaan yang terpusat.
Secara umum sistem ekonomi, terbagi menjadi empat :
1. Sistem ekonomi tradisional
Adalah sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional secara turun menurut, mengandalkan alam dan tenaga kerja.
Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional :
a. Teknik produksi bersifat tradisional
b. Sedikit modal
c. Pertukaran dengan sistem barter
d. Tidak ada pembagian kerja
e. Berdasarkan tradisi
2. Sistem ekonomi komando/terpusat/Sosialis
Adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian.
Ciri-ciri :
a. Semua alat dan sumber produksi dikuasai negara
b. Hak milik perorangan tidak diakui
c. Tidak bebas memilih pekerjaan
d. Kebijakan ekonomi diatur oleh pemerintah
3. Sistem ekonomi pasar/liberalis/kapitalis
Adalah sistem ekonomi dimana kegiatan ekonomi produksi, distribusi, dan konsumsi dilakukan oleh  
pihak swasta.
Ciri-ciri :
a. Semua sumber produksi milik masyarakat
b. Pemerintah tidak ikut campur tangan langsung
c. Timbul persaingan dalam masyarakat
d. Selalu berorientasi mencari keuntungan
4. Sistem ekonomi campuran  
Adalah sistem ekonomi dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah.
Dalam sistem ekonomi campuran, kegiatan ekonomi masyarakat diserahkan kepada kekuatan pasar, namun pada batas tertentu pemerintah tetap melalukan kendali campur tangan.
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 19
Beberapa hal yang ada dalam setiap proses pembelajaran dan harus bisa diterima oleh guru adalah …
a) Karakteristik materi pelajaran yang berbeda-beda
b) Sarana belajar yang ada
c) Gaya belajar siswa
d) Target dari pimpinan (kepala sekolah)
e) Tuntutan dari orang tua siswa
yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan sebuah metode pembelajaran adalah ….
 
 
A. 1,2,3
 
B. 1,2,4
 
C. 1,2,5
 
D. 2,3,4
 
E. 2,3,5
Pembahasan
Pembahasan :
Hal pokok yang mendasari pemilihan sebuah metode pembelajaran adalah kesesuaian metode yang dipilih dengan tujuan pembelajaran, karakter dari materi, sarana belajar, dan juga gaya belajar siswa.
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 20
Pasar barang memiliki karakteristik sebagai berikut
a. Produsen bertindak sebagai price seƩ er
b. Kurva permintaan yang dihadapi bersifat elastis sempurna
c. Hambatan untuk masuk/keluar pasar tidak ada
d. Tidak setiap produsen dapat memasuki pasar
e. Iklan berperan penting untuk meningkatkan penjualan
Dari lima daSar di atas, yang merupakan karakteristik pasar persaingan tidak sempurna adalah …
 
 
A. 1, 2 dan 3
 
B. 2, 3 dan 4
 
C. 3, 4 dan 5
 
D. 4, 5 dan 1
 
E. 5, 1 dan 2
Pembahasan
Pembahasan :
Karakteristik pasar persaingan tidak sempurna tampak pada dasar nomor 4, 5 dan 1
Pasar persaingan tidak sempurna adalah kondisi pasar dimana harga pasar bisa dipengaruhi oleh produsen atau konsumen. Karakteristik utama yang membuat harga pasar bisa dipengaruhi yaitu jumlah penjual dan pembeli dalam pasar sedikit, serta hasilnproduksi suatu perusahaan bisa dibuat berbeda (diferensiasi) dengan hasil produksi perusahaan lain. Beberapa struktur pasar ini yaitu pasar monopoli, pasar oligopoly, dan pasar persaingan monopolistis. Kompetensi Capaian Pembelajaran Indikator Esensial Profesional a. Menguasai teori dan aplikasi materi pelajaran yang diampu secara mendalam pada bidang ekonomi.
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 21
Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
 
 
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
 
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
 
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
 
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan.  
 
E. Silabus berisi rincian kegiatan pembelajaran sedangkan RPP berisi pendekatan penilaian hasil belajar yang akan diguanakan.
Pembahasan
Pembahasan :
Silabus penjabaran lebih lanjut dari kompetensi intidan kompetensi dasar yang ingin dicapai dan pokokpokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai kompetensi intidan kompetensi dasar.
Sedangkan RPP yang menggambarkan prosedur dan managemen Pembelajaran (rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dikelas) untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam isi silabus.
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 22
Kegiatan memproses informasi yang sudah dikumpulkan baik dari eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamatiyang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menemukan keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya dan menyimpulkan pola dari keterkaitan informasi tersebut merupakan salah satu bagian dari langkah pembelajaran saintifik, yaitu …
 
 
A. Mengamati
 
B. Menanya
 
C. Mengumpulkan informasi
 
D. Mengasosiasikan
 
E. Mengkomunikasikan
Pembahasan
Pembahasan :
Mengasosiasikan dalam langkah pembelajaran saintifik merupakan kegiatan mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dan kemudian menemukan kaitan antar informasi tersebut serta membuat kesimpulan dari informasi yang telah dikumpulkan sebelumnya
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 23
Diketahui fungsi permintaan Qd= - 5P+ 1.700, fungsi ini mengandung arti:
a. Pada saat harga naik 2 rupiah maka permintaan akan turun
b. Pada saat harga naik 4 rupiah maka permintaan akan bertambah
c. Jumlah yang diminta 5 unit maka harga yang diminta akan bertambah
d. Pada saat jumlah yang diminta 5 unit maka harga menjadi 339
Berdasarkan pernyataan yang benar adalah …
 
 
A. 1 dan 2
 
B. 1 dan 3
 
C. 1 dan 4
 
D. 2 dan 3
 
E. 3 dan 4
Pembahasan
Pembahasan :
Dalam fungsi permintaan hubungan antara harga (P) dan jumlah yang diminta (Qd) adalah negative
berlawanan arah; saat Qd=5, P= 339
Bentuk umum fungsi permintaan : Qd = a- bP
Fungsi permintaan dapat dicari dengan rumus :  
P−P1P2−P1Q−Q1Q2−Q1=P−P1P2−P1×Q2−Q1Q−Q1P-P1P2-P1Q-Q1Q2-Q1=P-P1P2-P1×Q2-Q1Q-Q1
Keterangan :
P1 = harga mula-mula
P2 = harga setelah perubahan
Q1 = jumlah permintaan mula-mula
Q2 = jumlah barang setelah perubahan
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 24
Salah satu pendekatan pembelajaran Ekonomi di SMA/MA di kurikulum 2013 revisi adalah pendekatan saintifik langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang benar adalah sebagai berikut …
 
 
A. Mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, menanya dan mengkomunikasikan
 
B. Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
 
C. Menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
 
D. Mengamati, mengumpulkan informasi, menanya, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
 
E. Mengamati, menanya, mengasosiasikan, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan
Pembahasan
Pembahasan :
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 lampiran IV, proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
• Mengamati;
• Menanya;
• Mengumpulkan informasi/eksperimen;
• Mengasosiasikan/mengolah informasi; dan
• Mengkomunikasikan
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 25
Tn. Bagus seorang karyawan perusahaan swasta di kota “X” memperoleh gaji Rp 3.000.000,00 per bulan. Karena ingin memiliki usaha sendiri dia berhentidari perusahaan tempat bekerja dan mendirikan industri Batako 1 bulan Rp 5.000.000,00, beli bahan Rp 1.500.000,00, upah karyawan Rp 2.000.000,00 dan biaya lain-lain Rp 750.000,00. Biaya peluang yang dikorbankan Tn. Bagus adalah …  
 
 
A. Rp 4.250.000,00  
 
B. Rp 3.000.000,00  
 
C. Rp 2.000.000,00  
 
D. Rp 1.500.000,00  
 
E. Rp 750.000,00
Pembahasan
Pembahasan :
Nilai yang dikorbankan oleh Tn. Bagus sebagai akibat dari keputusan Tn. Bagus mendirikan insdustri Batako adalah menjadi karyawan perusahaan swasta sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan. Biaya peluang (opportunity cost) adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil se buah alternatif pilihan keputusan. Biaya peluang muncul dari kegiatan alternatif yang tidak bisa kita lakukan. Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang, bisa berupa waktu, kesempatan, dan keuantungan di masa depan. Sebagai contoh, misalkan seseorang memiliki uang Rp 10.000.000. Dengan jumlah uang sebesar itu, ia memiliki kesempatan untuk bertamasya ke Bali atau membeli sebuah TV. Jika ia memilih untuk membeli TV, ia akan kehilangan kesempatan untuk menikmatikeindahan Bali; begitu pula sebaliknya, apabila ia memilih untuk bertamasya ke Bali, ia akan kehilangan kesempatan untuk menonton TV. “Kesempatan yang hilang” itulah yang disebut sebagai biaya peluang.
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 26
Segala alat pengajaran yang digunakan untuk untuk membantu menyampaikan materi mata pelajaran Ekonomi SMA kelas XII KD. 3.2 Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi. dalam proses pembelajaran, sehingga memudahkan pencapaian tujuan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan adalah pengertian dari...
 
 
A. Sumber belajar
 
B. Media pembelajaran
 
C. Rujukan pembelajaran
 
D. Fasilitas belajar
 
E. Dukungan pembelajaran
Pembahasan
Pembahasan :
Segala sesuatu yang digunakan untuk membantu dalam menyampaikan materi atau informasi dalam  proses pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah proses penyampaian informasi agar efektif  dan efisien disebut dengan media pembelajaran
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 27
Perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran merupakan pengertian dari …
 
 
A. Kompetensi Inti(KI)
 
B. Standar kompetensi lulusan (SKL)
 
C. Indikator
 
D. Standar Isi
 
E. Standar proses
Pembahasan
Pembahasan :
Indikator merupakan penanda tercapainya kompetensi dasar dari sebuah mata pelajaran. Indicator harus dapat diukur dan diobservasi sehingga guru dapat menyimpulkan apakah KD telah tercapai atau belum.
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 28
Suatu daerah yang baru terkena musibah banjir, mengalami kelangkaan air bersih sehingga banyak yang terjangkit penyakit kulit (gatal-gatal). Berdasarkan informasi tersebut yang menyebabkan air bersih langka adalah …
 
 
A. Harga air bersih cenderung naik
 
B. Kebutuhan air bersih tak terbatas
 
C. Setiap orang memaksimumkan kepuasannya
 
D. Persediaan tidak sesuai dengan rencana
 
E. Sumber air bersih tercemar kotoran
Pembahasan
Pembahasan :
Masalah kelangkaan kebutuhan erat kaitannya dengan barang. Apabila barang illith adalah barang dapat menjadi langka karena kekurangan atau kelebihan, sepertidigambarkan oleh kelangkaan air karena banjir dapat menjadi langka karena sumber air bersih tercemar kotoran.
Kelangkaan (scarcity) adalah kondisi dimana kita tidak cukup mempunyai sumber daya untuk kebutuhan kita. Kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia. Kelangkaan bukan berartisegalanya sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga dapat diartikan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.  
Faktor penyebab kelangkaan antara lain :
1. Keterbatasan sumber daya
2. Perbedaan letak geografi s
3. Pertambahan jumlah penduduk
4. Keterbatasan kemampuan produksi
5. Bencana alam
 
Jawaban yang benar : E
 
Soal No 29
Ibu Anggun seorang guru Ekonomi SMA ABC kelas XII, setelah melakukan penilaian pada KD. 3.6 Menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang, Analisis hasil penilaian, ternyata sebagian besar peserta didik yang belum mencapai tingkat ketuntasan, maka startegi pelaksanaan pembelajaran remedial yang sesuai adalah …
 
 
A. Pemberian bimbingan secara kelompok
 
B. Pemberian bimbingan secara individu
 
C. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda
 
D. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus
 
E. Pemanfaatan tutor sebaya
Pembahasan
Pembahasan :
Berikut beberapa strategi pelaksanaan pembelajaran remedial yang dapat disesuaikan dengan jenis dan tingkat kesulitan.
Pemberian bimbingan secara individu. Hal ini dilakukan apabila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang  diberikan disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan. Dalam hal pembelajaran klasikal peserta didik tertentu mengalami kesulitan, perlu dipilih alternatif tindak lanjut berupa pemberian bimbingan secara individual/ perorangan. Pemberian bimbingan perorangan merupakan implikasi peran guru sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan bilamana terdapat satu atau beberapa orang peserta didik yang belum berhasil mencapai ketuntasan Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan apabila dalam pembelajaran klasikal ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan sama. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Pembelajaran ulang dapat disampaikan dengan variasi cara penyajian dan penyederhanaan tes/pertanyaan. Pembelajaran ulang dilakukan bilamana sebagian besar atau semua peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar atau mengalami kesulitan belajar. Guru perlu memberikan penjelasan kembali dengan menggunakan metode dan/atau media yang lebih tepat. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus. Dalam rangka pelaksanaan remedial, tugas-tugas latihan perlu diperbanyak agar peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes ulang. Peserta didik perlu diberi pelatihan intensif untuk membantu menguasai kompetensi yang ditetapkan. Pemanfaatan tutor sebaya. Tutor sebaya adalah teman sekelas atau kakak kelas yang memiliki kecepatan belajar lebih. Mereka perlu dimanfaatkan untuk memberikan tutorial kepada rekan atau adik kelas yang mengalami kesulitan belajar. Melalui tutor sebaya diharapkan hubungan antar peserta didik akan lebih akrab dan terbuka, sehingga peserta didik yang mengalami kesulitan belajar akan lebih mudah memahami materi atau kompetensi yang harus dicapai.
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 30
Teknik penilaian hasil belajar yang menuntut peserta didik mendemontrasikan kemahirannya atau menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja adalah teknik penilaian ...
 
 
A. Tes lisan
 
B. Tes praktik
 
C. Penugasan
 
D. Portofolio
 
E. Magang
Pembahasan
Pembahasan :
Tes praktik merupakan teknik penilaian untuk melihat secara langsung kemahiran/kemampuan siswa dalam mendemonstrasikan kemahirannya atau hasil belajarnya.
 
Jawaban yang benar : B
==========
=========================

Kata Kunci:
tes kompetensi teknis, tes kompetensi teknis pppk 2021, tes kompetensi teknis pppk 2021 non guru, tes kompetensi teknis bank indonesia, tes kompetensi teknis experd, tes kompetensi teknis pppk, tes kompetensi teknis pppk non guru, tes kompetensi teknis guru, tes kompetensi teknis dan tes kebanksentralan bank indonesia, tes kompetensi teknis bi, tes kompetensi teknis dan tes kebanksentralan bi, tes kompetensi teknis guru sd, tes kompetensi teknis pppk 2021 matematika, tes kompetensi teknis kesehatan
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar