"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Tips Penggunaan Aplikasi CAT / Simulasi Tes PPPK pada HP Aplikasi PPPK yang Berbasis Komputer

Tips Penggunaan Aplikasi CAT / Simulasi Tes PPPK pada HP Aplikasi PPPK yang Berbasis Komputer
BAHYUDINNOR.COM Aplikasi PPPK yang berbasis komputer atau CAT kebanyakan bisa diakses dengan komputer dan HP, tetapi berbeda tampilan antara dengan HP dan dengan komputer. Padahal diantara calon peserta PPPK yang sedang mempersiapkan tes PPPK tersebut tentu ada yang terbatas ketersediaan gawainya.

TesPPPK mempertimbangkan tampilan dari aplikasi untuk simulasi PPPK dan Tryout PPPK tersebut supaya memberikan pengalaman user interface yang sama baik bagi pengguna perangkat layar besar maupun layar kecil. Hal tersebut bertujuan supaya mereka yang menggunakan layar kecil seperti smartphone dan tablet bisa mendapatkan pengalaman UI yang sama dengan pengguna laptop atau PC.

Sebagai mana kita ketahui bahwa pelaksanaan seleksi tes CPNS dan seleksi tes PPPK sebelumnya dilakukan dengan menggunakan perangkat laptop, maka tampilan UI pun disesuaikan dengan perangkat laptop. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pembiasaan bagi para anggota di TesPPPK

Faktor penguasaan gawai dan aplikasi CAT akan mempengaruhi kelancaran saat ujian. Jangan sampai mental dan konsentrasi saat ujian terganggu karena energi terkuras untuk membiasakan diri dengan penggunaan CAT. Tentu persiapan membaca buku dan materi harus dilakukan untuk melancarkan ujian PPPK dan CPNS, tetapi sering berlatih dengan aplikasi CAT yang mirip durasi dan komposisi soalnya juga harus menjadi bagian dari rutinitas latihan.

Berikut ini tips bagi anda pengguna aplikasi PPPK via perangkat HP:

1. Aktifkan Putar Layar Otomatis
Dengan mengaktifkan putar layar otomatis, maka ketika posisi HP dimiringkan ke posisi landscape anda akan mendapatkan tampilan layar fullscreen saat mengerjakan ujian CAT di HP. Tampilan aplikasinya pun sama dengan versi di PC atau laptop sehingga tetap bisa dijadikan sebagai pembiasaan untuk menghadapi tes PPPK sebenarnya.
https://tespppk.com/?wpam_id=26

2. Gunakan penyangga HP
Walaupun sifatnya latihan / simulasi, tetapi sebaiknya perlakukan sebagaimana saat ujian. Sehingga walaupun menggunakan layar HP untuk simulasi tetapi posisi HP sebaiknya diletakkan pada penyangga, sehingga kedua tangan tidak harus memegang HP dan bisa fokus pada kertas kosong untuk coretan yang berkaitan dengan pengerjaan soal.

3. Gunakan Mode Pesawat
Mode pesawat bisa digunakan bagi anda yang menggunakan HP saat simulasi, dengan diaktifkan mode ini bisa mengurangi gangguan saat simulasi atau tryout, misal gangguan berupa notifikasi chat seperti WA telegram dsb serta panggilan telepon yang bisa mengganggu durasi pengerjaan serta konsentrasi saat simulasi.

Salah satu kelebihan dari aplikasi di TesPPPK adalah menggunakan perangkat lokal sebagai server dari aplikasi, sehingga memungkinkan kecepatan yang stabil walaupun banyak yang menggunakan serta bisa digunakan dalam keadaan offline / mode pesawat asalkan anda telah memasukkan data pribadi. Bagaimana skema caranya?
  1. Pertama, dalam kondisi online silakan anda buka aplikasi simulasi PPPK sesuai mapel.
  2. Kedua, masih dalam kondisi online silakan masukkan data pribadi
  3. Ketiga, setelah terbuka halaman baru silakan aktifkan mode pesawat. Pengerjaan soal bisa dilakukan dalam mode pesawat (tanpa kuota)
  4. Keempat, saat akan mengirimkan lembar jawaban silakan matikan mode pesawat sehingga perangkat kembali ke mode online.
Itulah beberapa tips bagi anda yang menggunakan perangkat HP untuk melakukan simulasi atau tryout PPPK di TesPPPK

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar