"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Balai Pelatihan BTIKP Kalimantan Selatan MemBimtek Guru Untuk Menguasai Multimedia (IT) dalam Pembelajaran di Abad 21

Guru Memanfaatkan Multimedia
BAHYUDINNOR.COM - Dalam  upaya  peningkatan  mutu  mengajar  dan  mutu  pembelajaran  di  era  globalisasi,  guru sebaiknya menguasai program komputer, agar dapat memanfaatkan teknologi yang telah tersedia dan untuk memudahkan dalam mengajar.
Guru  hendakanya  dapat  menggunakan  peralatan  yang  lebih  ekonomis,  efisen,  dan  mampu dimiliki oleh sekolah, tidak menolak digunakan nya peralatan teknologi modern yang relevan dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman, serta mempunyai keterampilan  yang mendukung tugasnya dalam mengajar.

Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan media pembelajaran, seperti guru dapat membuat kreasi dan variasi media interaktif, pembuatan CD Pembelajaran, Video Pembelajaran, Interaktif Powerpoint, dan dengan media komputer lainya. Bahkan di zaman sekarang banyak media berbasis Multimedia dan aplikasi-aplikasi yang mendukung pembelajaran juga bisa digunakan.

Masalah Utama yang dihadapi saat ini adalah kemampuan guru dalam pemanfaatan IT atau ICT untuk kegiatan pembelajaran belum maasimal dan belum merata. Selain itu Juga masih adanya kesenjangan literasi TIK antar wilayah di satu dan perkembangan internet yang juga membawa dampak ngatif terhadap nilai dan norma masyarakat sehingga perlu dilakukan upaya secara aktif dari semua stakeholder sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Kegiatan pelatihan yang dilakukan sekolah dan pihak-pihak yang bersinergritas bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada kegiatan pembelajaran, meningkatkan kemampunan guru untuk membuat bahan ajar sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang ada di sekolah mitra dalam pemanfaatn Teknologi Informasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Salah satu wujudnya adalah misalnya di Provinsi Kalimantan Selatan dengan Situs Website http://sippk.btikpprovkalsel.id/  yang brtujuan untuk peningkatan keahlian dibidang TIK maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan ( BTIKP ) Provinsi Kalimantan Selatan Menyelenggarakan kegiatan BIMTEK Secara berkala setiap tahunnya.

Peserta Bimtek yang mendaftar adalah Semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SD/MI - SMP/MTs - SMA/SMK/MAN Sederajat) dan diutamakan yang berminat dan belum pernah untuk mengikuti Bimtek di Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Kalimantan Selatan.



Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar