"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

2 Cara Membuat Sequence Adobe Premiere Dan Cara Settingannya

2 Cara Membuat Sequence Adobe Premiere Dan Cara Settingannya
Sequence Adobe Premiere Pro
BAHYUDINNOR.COM - Pada saat anda ingin mengedit sebuah video di Adobe Premiere tentu anda harus membuat sequence terlebih dahulu.

Apa itu Sequence di Adobe Premiere?
Sequence dalam adobe premiere merupakan wadah atau tempat untuk menampung rangkaian klip/video kita nantinya.

Hal ini sangat penting dipahami dalam mempelajari editing video di adobe premiere pro baik untuk youtube maupun dokumentasi kegiatan lainnnya, karena sequence akan mempengaruhi hasil output yang akan kita lihat nantinya.

Disini saya akan menjelaskan secara singkat, namun akan sangat berguna bagi teman-teman yang sering mengedit di adobe premiere pro ini.

Pada umumnya di adobe premiere pro cc sudah menyediakan preset-preset sequence yang bisa kita gunakan, tapi kadang membuat bingung karena banyak sekali pilihan preset seqeunce yang tersedia.

Misal kita mempunyai sebuah footage dengan resolusi FHD (1920×1080), dan saat membuat sequence berbeda yaitu 720p maka akan kebesaran nanti dari footagenya.

Walaupun kebesaran, masih kita diakalain misal menggunakan scale to frame jadi otomatis bisa menyesuaikan dengan sequence kita yang akan buat nanti.

Tidak lupa selain resolusi, anda harus memperhatikan FPS ( Frame Rate per Second ) yang standar bisa bervariasi mulai dari 25fps, 30fps dan sangat rekomendasikan 60fps keatas untuk para cinematography.

Lalu Bagaimana Settingan Awal Sequence ini ?

Pertama-tama Buka file footage video dengan cara klik kanan > properties > dan pilih details. Disana Anda dapat mengetahui informasi tentang resoulsi dan fps dari video yang dimaksud.

Cara Membuat Sequence di Adobe Premiere Pro
Pada tahap membuat sequence ini ada beberap hal yang saya akan jelaskan lebih detail dan direkomendasikan kepada teman-teman untuk digunakan.

Langkah Pertama

Seperti biasanya kita membuat sequence dengan cara shorcut Ctrl + N atau File > New > Sequence dan akan tampil seperti berikut ini.



Perhatikan pada tanda merah, paling sering digunakan adalah Digital SLR (DSLR) dan HDV. Lebih saya rekomendasikan adalah Digital SLR.

Apalagi stock footage yang anda gunakan dari sebuah kamera SLR atau Miroless, untuk editing video saya tekankan dengan sequence Digital SLR.

Lah kenapa ada HDV ? Ini sebagai alternatif saja ketika anda ingin membuat video dengan footage alakadarnya ataupun untuk editing ringan saja.

Baca Juga:

Sebenarnya sih tidak ada perbedaan dari penggunaan ini, hanya menurut saya Digital SLR lebih rekomedasi karena ada settingan dan fitur khusus yang sudah disediakan oleh adobe premiere pro.

Pada tutorial videographer yang saya temukan memang mereka sering menggunakan sequence ini karena sudah standarnya.

Langkah Kedua

Pilih Digital SLR, dan jangan lupa pilih folder sesuai resoulsi yang anda gunakan. Misal saya menggunakan resolusi 1080p atau FHD dengan 30fps.

Kita akan menemukan kebagian settings dengan beberapa konfigurasi yang harus diperhatikan.

Saya akan membahas lebih detail pada tanda merah gambar diatas, untuk penjelasannya dibawah ini.

Timebase : Pengaturan untuk Frame rate dari sequence yang digunakan, sebetulnya ini pilihan yang harus disesuaikan dengan footage anda. Tambahan, menurut saya settingan paling umum adalah 30fps dan paling bagus di dslr 60fps.

Frame size : Untuk ini sih memang tergantung dari video yang anda gunakan, misalnya disini saya akan gunakan pada resolusi 1920×1080 pixel dengan aspect ratio 16:9. Anda jangan meniru dengan langkah ini, karena setiap orang akan berbeda-beda dalam menggunakan resolusi.

Tips:
Sebelum membuat sequence ini anda harus mengetahui resolusi dan fps yang kita gunakan seperti diatas yang saya sudah kasih tau caranya.

Video Preview : Width dan Height akan mengikuti sesuai aturan defaultnya, Anda tidak perlu mengaturnya lagi. Untuk rendering maksimal bisa centang bagian Maximum Render Quality.

Jika sudah dilakukan teman-teman bisa langsung klik OK setelah pengaturan seperti yang saya rekomendasikan, untuk hasilnya seperti dibawah ini.

Anda juga bisa melanjutkan tahap belajar edit video di adobe premiere dengan artikel yang sebelumnya saya sudah publish.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan bagaimana cara membuat sequence yang benar di Adobe Premiere Pro.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar