"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Manipulasi Video Dengan Menggunakan Fitur-Fitur Efek Adobe Premiere : Materi Teknik Pengolahan Video

Manipulasi Video Dengan Menggunakan Fitur-Fitur Efek Adobe Premiere : Materi Teknik Pengolahan Video
BAHYUDINNOR.COM - Pada kesempatan pertemuan kali ini akan menjelaskan pembahasan mata pelajaran teknik pengolahan video pada kelas XII SMK dengan kompetensi keahlian multimedia sesuai kurikulum 2013 revisi. Materi pembelajaran yang sesuai dengan RPP dengan pembahasan yaitu: Manipulasi Video Dengan Menggunakan Fitur-Fitur Perangkat Lunak Pengolah Video.

Adobe Premiere Pro memiliki fitur-fitur penting, antara lain Capture (perekam video) Monitor, Trim (alat pemotong klip) Monitor, dan Titler (Pembuat teks judul) Monitor. Pada efek-efek video Adobe Premiere Pro terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe After Effects ( cara menganimasikannya juga hampir sama ).

Pada Title, anda bisa membuat teks judul/title dan mengubah properti dari teks itu seperti mengubah bentuk huruf, memberi dan mengubah warna, memberi kontur, garis luar (outline), membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan (roll and/or crawl), bisa juga untuk memberi shapes/bangun datar agar tampilan judul/teks video terlihat lebih menarik. Tahap terakhir adalah export/output/menyimpan proyek dalam bentuk video dan didistribusikan ke berbagai media yang bisa menampilkan format video.

Transisi adalah perpindahan video dari 1 klip ke klip berikutnya. Transisi digunakan agar ketika perpindahan video tidak patah atau menjadikan perpindahan video lebih halus tetapi tidak setiap video diberikan transisi atau dengan kata lain transisi digunakan pada moment-moment tertentu saja sesuai keinginan sang editor.

Ada banyak Effects Video Transisi. Ada beberapa sifat umum dari transisi video : Lamanya transisi, Penjajaran, Mulai dan akhir transisi.

Langkah Transisi Video sederhana Adobe Pemiere Pro CC 2018

Langkah 1.
Jalankan aplikasi Adoabe Premier Pro CC kalian sampai pada proses footage video siap di import. 

Langkah 2
Masukkan video yang akan diedit (minimal 2 video atau lebih) dengan cara pilih file > import (Ctrl+I)

Langkah 3
Pilih Menu Effects - Klik Video Transitions → lalu pilih efek yang diinginkan.
Disini yang akan kita pilih efek yaitu ada di difolder masing-masih salah 1 contoh di folder Dissolve → pilih Cross Dissolve. (efek ditentukan sesuai selera masing-masing). Lalu drag/seret efeknya ke potongan video maka selesai membuat tansisi video.

Sampai disini anda sudah berhasil menerapkan fitur efek adobe premiere. Anda juga bisa menerapkan fitur efek lainnya seperti fitur audio efek, audio transition, video effects, dll yang caranya tidak jaun beda dari penerapan fitur efek transisi di atas.

Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai pembahasan mata pelajaran teknik pengolahan video pertemuan ke 5 pada kelas XII SMK dengan kompetensi keahlian multimedia sesuai kurikulum 2013 revisi dengan pembasan Editing Sederhana Adobe Pemiere CC Pro 2018 dengan alokasi waktu 4 jam pembelajaran kali 45 menit dan 1 kali pertemuan.
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar