"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Apa itu Presets? Bagaimana Cara Menggunakan Presets Adobe Premiere Pro CC 2018

Apa itu Preset? Bagaimana Cara Menggunakan Preset Adobe Premiere Pro CC 2018
BAHYUDINNOR.COM - Pada postingan Sebelumnya saya sudah berikan tentang bagaimana edit video di adobe premiere, Nah kali ini saya akan membagikan cara import preset adobe premiere pro.

Apa itu preset ? Preset merupakan kumpulan item yang diterapkan pada sebuah karya seni yang dapat disimpan, dimuat, ataupun digunakan.

Di panel Effects, Presets bin berisi preset untuk efek populer. Anda dapat menghemat waktu dengan menggunakan preset yang dibuat untuk tujuan tertentu, daripada mengonfigurasi efek sendiri. Misalnya, jika Anda ingin klip menjadi buram dengan cepat, Anda dapat menerapkan efek Buram dengan menerapkan preset Fast Blur.

Anda dapat menyesuaikan pengaturan efek individual dan menyimpannya sebagai preset. Anda kemudian dapat menerapkan preset ke klip lain di proyek apa pun. Saat Anda menyimpan efek sebagai preset, Anda juga menyimpan bingkai utama yang Anda buat untuk efek tersebut. Anda membuat preset efek di panel Effect Controls dan Premiere Pro menyimpannya di root Presets bin. Anda dapat mengaturnya di dalam nampan Preset menggunakan panel preset. 

Untuk melihat properti dari preset efek, pilih preset di panel Effects, dan pilih Preset Properties dari menu panel Effects.

Cara Import Preset Adobe Premiere Pro
1. Kita hanya memerlukan dengan membuat squence, kalau belum mengerti silahkan dibaca terlebih dahulu artikel kami sebelumnya tentang cara edit video di premiere pro.

2. Sudah di tampilan squence ? Langsung saja menuju panel kolom Effect , kalau tidak ditemukan cari dibagian Windows > Effects ( Shift + 7 ).

Silahkan untuk menuju kolom panel Effects, Klik kanan pada folder Preset > Import Preset. Jika anda tidak mempunyai preset, silahkan download disini. atau download disini dan Panduannya ada di video paling bawah.

3. Setelah terdownload presetnya silahkan anda extract terlebih dahulu dan pilih file seperti dibawah ini.

4. Jika anda berhasil mengimport preset nya maka Tampilan akan ada beberapa item yang siap digunakan.

Cara Penggunaan Preset Adobe Premiere
1. Buatlah sebua item layer baru dengan cara klik kanan pada panel project dan pilih New Item > Adjustment Layer.

2. Secara otomatis akan menyesuaikan resolusi yang telah kita pilih sebelumnya yaitu pada tahap membuat squence dan langsung saja klik OK. Maka secara otomatis Adjustment Layer ini akan masuk ke dalam panel Project.

3. Taruhlah Adjustment Layer tepat diatas antara video 1 dan video 2 yang telah kita masukan kepada timeline, lalu Anda buat frame sebelah kiri dengan sebanyak 6 Frame dan sebelah kanan 5 Frame dengan cara menklik panah kekanan dan kekiri sesuai banyaknya frame.

Drag and Drop Preset dan Hasilnya
Untuk menggunakan preset ini, kita hanya memerlukan drag and drop saja kedalam bagian Adjusment Layer. Sebagai contoh saya menggunakan preset Swish 01, dan langsung saja tarik. Hasilnya seperti pada langkah dibawah ini ya.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang cara mengimport preset atau plugin di Adobe Premiere Pro. Tidak sampai disini, Insya Allah kami akan memberikan tutorial selanjutnya dengan menambahkan preset lainnya yang luar biasa.

Preset selanjutnya kami sudah menyimpan dengan baik tinggal menggunakan saja. Mungkin Anda akan takjub untuk melihat preset berikutnya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar