4 Cara Terbaik Menentukan Harga Desain Anti Rugi


BAHYUDINNOR.COM - Kamu desainer grafis? dan Sudah mulai mengerjakan beberapa project pesanan Client. Namun sampai saat ini masih sulit menentukan berapa biaya yang di target.

Yupzz... Kamu tepat sekali berkunjung kesini. Silahkan baca sampai abis "4 Cara Terbaik Menentukan Harga Desain Anti Rugi".

Menentukan berapa harga desain grafis memang bukan hal yang mudah. Terlebih buat kamu yang masih pemula dalam dunia jasa desain freelance.

Banyak yang harus kamu hitung, jika memang benar-benar ingin mengukur sesuai standar yang kamu inginkan. Memang gak mudah atau rumit Guys. Nah biar kamu gak rugi, dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dengan cara menghitung harga Desain.

1. Harga Biaya (Cost Price)
Pada dasarnya, rumus ini sendiri menggunakan perhitungan cost (uang yang kalian keluarkan) untuk menentukan harga. Semakin besar cost yang dikeluarkan, semakin mahal juga harga yang harus kalian pasang.

Sebagai contoh, kalian bisa memasukkan biaya listrik, biaya akomodasi dan semua yang kalian keluarkan untuk membuat project ini. Oiya, jangan lupa masukkan juga berapa persen keuntungan yang ingin kalian dapat sebelum menentukan harganya ya.

2. Harga Pasar (Market price)
Melihat harga pasar adalah salah satu cara untuk menentukan harga desain kalian. Sebelum melakukan negosiasi dengan klien, kalian bisa nih melakukan riset kecil-kecilan tentang range harga desain logo pemula misalnya.

Riset ini sendiri bisa kalian lakukan melalui banyak medium. Bisa dengan melihat range harga yang ditawarkan freelance desainer di sebuah website atau bisa juga dengan melihat bisnis yang teman sesama desainer kalian lakukan.

3. Berdasarkan Nilai (Based on VĂ¡lue)
Cara menentukan harga desain grafis selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan value. Value yang dimaksud disini adalah nilai lebih kalian sebagai desainer grafis.

Value sendiri bisa berupa jam terbang, style, keunikan, klien apa yang pernah bekerja sama dengan kamu, sampai kecepatan pengerjaan.

4. Perhitungan UMR (Minimum Wage)
Supaya kamu ngga rugi, kamu bisa banget nih menentukan harga desain grafisdengan perhitungan UMR. Gimana sih cara hitungnya?

Cari tahu berapa UMR yang ada di daerah kalian. Lalu buatlah perkiraan setidaknya berapa klien yang akan kalian dapatkan dalam 1 bulan. Nah, kalau sudah, bagi UMR-nya dengan jumlah perkiraan klien. Maka itu akan jadi harga yang bisa kalian tawarkan di setiap project.


Catatan Penting
Harga itu tetap mengikuti kualitas, gengs. Masalahnya, desain kamu udah sepadan belum nih dengan harga yang kamu tawarkan? Hal ini juga berlaku pada jasa Freelacer lainnya. Demikian. Semoga bermanfaat!!!