"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

(Tryout 19 PPPK) - 30 Soal Latihan Kompetensi Teknis Pedagogik Tes Seleksi PPPK Guru | Update November 2021

BAHYUDINNOR.COM - Berikut ini admin bagikan Latihan Soal Try Out ke 19 Update November 2021 untuk Calon  Guru PPPK (P3K) dengan Materi Pedagogik yang berguna untuk membantu belajar Calon Guru pada seleksi PPPK tahun 2021.
Latihan soal PPPK (P3K) dengan materi Pedagogik ini berjumlah 30 butir soal berbentuk pilihan ganda lengkap jawaban dan dengan pembahasannya.

Semoga dengan sering mempelajari Latihan dalam berbagai bentuk Soal Try Out ke 19 ini untuk calon Guru PPPK (P3K) Pedagogik tahun 2021 ini diharapkan calon peserta seleksi PPPK memiliki gambaran bentuk soal-soal yang nanti akan diujikan.

Soal Latihan PPPK Akan di Update diwebsite ini. Yuk Share ke rekan-rekanmu dan pastikan Aktifkan Notifikasi berlangganan Blognya (Gratiss!!!)

SOAL TRYOUT 19 PPPK KOMPETENSI PEDAGOGIK

UPDATE NOVEMBER 2021



Soal No 1
Materi pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP untuk membantu peserta didik agar optimal penguasaan KD adalah materi….
 
 
A. Pengayaan
 
B. Remidi
 
C. Reguler
 
D. Prasyarat

Pembahasan :
Setelah peserta didik memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam mata pelajaran tertentu, berikutnya peserta didik akan diberikan suatu materi yang berguna untuk mengembangkan kemampuan penguasaan KD secara optimal. Materi yang dimaksud adalah materi pengayaan.
 
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 2
Dalam suatu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), rancangan kegiatan mengamati, menanya, mengasosiasi, menyaji, dan mencipta dalam rangka mempelajari suatu keterampilan dilakukan pada tahap pembelajaran..
 
 
A. Pendahuluan
 
B. Inti
 
C. Penutup
 
D. Pengayaan

Pembahasan :
Dalam suatu RPP, pelaksanaan pembelajaran mencakup tahap kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan, meliputi memberikan orientasi, apersepsi, dan motivasi dalam pembelajaran. Kegiatan inti, meliputi penggunaan model pembelajaran, metode pembelajaran. media pembelajaran, dan sumber belajar sesual dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Kegiatan penutup, meliputi refleksi, evaluasi, umpan balik, dan informasi rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
 
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 3
Guru perlu memberikan pemahaman tentang kelemahan suatu media alat peraga agar tidak mengalami kegagalan pembelajaran. Cara yang tidak tepat dilakukan guru dalam memberikan pemahaman tersebut adalah…..
 
 
A. hanya menggunakan media alat peraga yang dibuat secara sempurna oleh pabrik khusus pembuat alat peraga
 
B. memberikan pemahaman jika hasil yang diperoleh peserta didik ketika bereksplorasi dengan media tersebut berbeda-beda
 
C. menjelaskan bahwa media tersebut sulit atau bahkan tidak mungkin dibuat secara sempurna
 
D. menjelaskan bahwa peserta didik harus mendapatkan hasil yang sebisa mungkin mendekati sempurna

Pembahasan :
Cara yang tidak tepat dilakukan guru dalam memberikan pemahaman tentang kelemahan suatu media alat peraga agar tidak mengalami kegagalan pembelajaran adalah dengan menyebutkan bahwa hanya menggunakan media alat peraga yang dibuat secara sempurna oleh pabrik khusus pembuat alat peraga. Seperti ungkapan dari Alexander dan Buehl (2004: 35-36) bahwa perlu ada penerimaan atau pemahaman akan ketidaksempurnaan obyek atau representasi dari benda dunia nyat a. Obyekatau representasi tersebut dapat dianggap sebagai bentuk matematis yang "sempurna" dengan melakukan idealisasi.
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 4
Salah satu prinsip pembelajaran dalam kurikulum 2013 sesuai permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah adalah….
 
 
A. guru sebaga satu-satunya sumber belajar
 
B. pembelajarannya berbasis konten
 
C. pembelajarannya verbalisme
 
D. peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal dan keterampilan mental

Pembahasan :
Prinsip-prinsip pembelajaran dalam Kurikulum 2013 antara lain: dari guru satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar; dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi, dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif; peningkatan dan keseimbangan antara keterampllan fisikal dan keterampilan mental.Sifat-sifat yang biasanya dipakai untuk menentukan kesesuaian penggunaan atau pemilihan media ialah jangkauan, keluwesan, ketergantungan media, kendali/kontrol, atribut, dan biaya. Dalam pemilihan media sifat atribut berkaitan dengan penggunaan media juga dapat dirasakan pada kemampuannya memberikan rangsangan suara, visual, warna maupun gerak.
 
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 5
Salah satu prinsip penyusunan RPP menekankan pada keterkaitan dan keterpaduan antarkomponen dalam satu keutuhan pengalaman belajar. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan prinsip tersebut adalah...
 
 
A. pengalaman belajar yang dirancang untuk peserta didik berhubungan dengan semua komponen RPP
 
B. muatan semua komponen RPP menekankan pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
 
C. sumber belajar yang digunakan mendukung muatan komponen RPP lain
 
D. muatan komponen RPP relevan dengan muatan KD dan indikator pencapaian kompetensi

Pembahasan :
Salah satu prinsip penyusunan RPP menekankan pada keterkaitan dan keterpaduan antarkomponen dalam satu keutuhan pengalaman belajar. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan prinsip tersebut adalah muatan semua komponen RPP menekankan pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
 
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 6
Media yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar disebut dengan media…..
 
 
A. Cetak
 
B. Audio
 
C. Ohp
 
D. Grafis

Pembahasan :
Media grafis adalah media yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar.
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 7
Kegiatan mengajukan  pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari berada pada bagian….
 
 
A. pendahuluan pembelajaran
 
B. kegiatan inti pembelajaran
 
C. penutup pembelajaran
 
D. awal mula pembelajaran

Pembahasan :
Salah satu kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Dikdasmen adalah 1) menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; 2) memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik 3) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan mateni yang akan dipelajant 4) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan 5) menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesual silabus
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 8
Ada beberapa prinsip umum pembelajaran yang harus kita terapkan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan berikut ini yang tidak termasuk sebagai prinsip umum pembelajaran adalah…..
 
 
A. peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fsikal (hardskills) dan keterampilan
 
B. dari pembelajaran berbasis konten menuji pembelajaran berbasis kompetensi
 
C. pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi berlangsung di sekolah
 
D. dari pendekatan tekstual menuju proses sebagal penguatan penggunaan pendekatan ilmiah

Pembahasan :
Prinsip umum menyusun RPP antara lain: peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan; dari pembelajaran berbasis konten menjadi pembelajaran berbasis kompetenst dar pendekatan telstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatanDalam suatu RPP, pelaksanaan pembelajaran mencakup tahap kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan, meliputi memberikan orientasi, apersepsi, dan motivasi dalam pembelajaran. Kegiatan inti, meliputi penggunaan model pembelajaran, metode pembelajaran. media pembelajaran, dan sumber belajar sesual dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Kegiatan penutup, meliputi refleksi, evaluasi, umpan balik, dan informasi rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
 
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 9
Berikut merupakan pernyataan benar terkait kelemahan media audio adalah…
 
 
A. tidak diperoleh umpan balik secara langsung karena hanya penyampaian sepihak
 
B. digunakan untuk pembelajaran kelompok maupun individual
 
C. penyaji bertatap muka langsung dengan peserta didik sehingga kemungkinan peserta didik memperhatikan penyajian tersebut
 
D. penyampaian informasi dapat menimbulkan kesulitan apabila pendengar mengalami gangguan penglihatan

Pembahasan :
Kelemahan media audio adalah sebagai berikut: a) materi yang didengarkan melalui media audio cassette urutan penyajiannya tetap dan apabila diputar kembali terdengar hal-hal yang sama sehingga membosankan; b) penyaji tidak bertatap muka langsung dengan peserta didik sehingga kemungkinan peserta didik tidak memperhatikan penyajian tersebut; c) penyampaian informasi dapat menimbulkan kesulitan apabila pendengar memiliki latar belakang yang berbeda; d) tidak diperoleh balikan secara langsung karena hanya penyampaian sepihak.
 
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 10
Perhatikanlah pernyataan berikut;
1. Memudahkan memahami konsep yang abstrak
2. Sebagai jembatan untuk memperjelas suatu konsep
3. Untuk mendemonstrasikan konsep/prinsip, seperti menerapkan suatu konsep
4. Menjadi sumber konkret untuk mempelajari satu atau lebih konsep
Pernyataan yang benar tentang fungsi alat peraga adalah ....
 
 
A. 1 dan 2
 
B. 1 dan 4
 
C. 2 dan 3
 
D. 3 dan 4

Pembahasan :
Menurut Pujiati dan Hidayat (2015: 32), secara umum fungsi alat peraga adaiah: a) memudahkan memahami konsep yang abstrak; b) menjadi sumber konkret untuk mempelajari satu atau lebih konsep; c) memotivasi peserta didik untuk menyukai suatu mata pelajaran
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 11
Penggunaan media juga dapat dirasakan pada kemampuannya dalam memberikan rangsangan suara, visual, warna maupun gerak, merupakan salah satu penjelasan dari sifat untuk menentukan pemilihan media yaitu ....
 
 
A. jangkauan
 
B. atribut
 
C. keluwesan
 
D. ketergantungan media

Pembahasan :
Sifat-sifat yang biasanya dipakai untuk menentukan kesesuaian penggunaan atau pemilihan media ialah jangkauan, keluwesan, ketergantungan media, kendali/kontrol, atribut, dan biaya. Dalam pemilihan media sifat atribut berkaitan dengan penggunaan media juga dapat dirasakan pada kemampuannya memberikan rangsangan suara, visual, warna maupun gerak.
 
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 12
Karakter positif yang tidak dapat dikembangkan melalui pemanfaatan media pembelajaran kerangka bangun ruang dalam kompetensi mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang adalah….
 
 
A. keterampilan dalam membuat keputusan
 
B. ketepatan dalam membuat kesimpulan
 
C. ketelitian dalam melakukan pengamatan
 
D. kehati-hatian dalam menggunakan kerangka bangun ruang

Pembahasan :
Dalam menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga, guru dapat menyisipkan nilai-nilai karakter di dalamnya. Misal: dalam pemanfaatan media pembelajaran kerangka bangun ruang dalam kompetensi mengidentifkasi sifat-sifat bangun ruang, dapat menumbuhkan karakter ketepatan dalam membuat kesimpulan, ketelitian dalam melakukan pengamatan, kehati-hatian dalam menggunakan kerangka bangun ruang
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 13
Salah satu ciri alat peraga manipulatif yang paling tepat adalah ....
 
 
A. bersifat hands on materials
 
B. dapat digunakan untuk memahami konsep
 
C. merupakan benda nyata
 
D. representasi konkret dari konstruksi mental atau ide

Pembahasan :
Dalam media pembelajaran, terdapat pula istilah "hands on materials" yang dapat diartikan sebagai material atau benda yang dapat dipegang atau alat (peraga) manipulatif karena dapat dioperasikan (dimanipulasi) menggunakan tangan untuk memperagakan suatu hal.
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 14
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas beberapa komponen yang muatannya saling berhubungan. Muatan komponen penilaian hasil pembelajaran utamanya berhubungan dengan muatan komponen….
 
 
A. Media pembelajaran
 
B. Kompetensi dasar
 
C. Indikator pencapaian kompetensi
 
D. langkah kegiatan pembelajaran

Pembahasan :
Komponen penilaian hasil pembeiajaran berhubungan erat dengan muatan komponen Indikator Pencapaian Kompotensi. Indikator Pencapaian Kompetensi diturunkan menjadi tujuan pembelajaran. Indikator pencapaian kompetensi tersebut dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
 
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 15
Berikut ini merupakan pernyataan yang benar tentang media bergerak adalah ....
 
 
A. segala sesuatu yang dapat didengar misalnya suara seseorang, musik, suara mesin, dan suara-suara lainnya
 
B. segala sesuatu meliputi berbagai bagan, gambar, foto, grafik baik yang disajikan dalam poster, papan tulis, buku, dan sebagainya
 
C. media yang berupa video/film dan animasi
 
D. benda tiga dimensi yang dapat disentuh dan digunakan dengan tangan oleh peserta didik

Pembahasan :
Secara lebih spesifik, media dapat berupa antara lain teks, audio, visual, media bergerak, obyek/media yang dapat dimanipulasi (media manipulatif), dan manusia. Media bergerak merupakan media yang berupa gambar bergerak misalnya video/ film dan animasi.
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 16
Tolak ukur dari Kompetensi Dasar yang dipelajari peserta didik sehingga muatan kemampuan yang ada di dalamnya harus sejalan dengan muatan kemampuan pada Kompetensi Dasar Komponen yang dimaksud adalah….
 
 
A. Kompetensi Inti
 
B. Kompetensi Dasar
 
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 
D. Tujuan Pembelajaran

Pembahasan :
Indikator Pencapain Kompetensi (IPK) merupakan tolak ukur dari Kompetensi Dasar yang dipelajari peserta didik sehingga muatan kemampuan yang ada di dalamnya harus sejalan dengan muatan kemampuan pada Kompetensi Dasar. Dalam melakukan penilaian hasil pembelajaran. acuannya adalah ipk karena yang akan diukur adalah ketercapaian IPK.
 
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 17
Dalam proses belajar mengajar, Bu Dini menyampaikan kepada peserta didik bahwa dalam pembelajaran tersebut Bu Dini akan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, Bu Dini juga menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. Rancangan kegiatan pembelajaran di RPP berada pada tahap....
 
 
A. Pendahuluan
 
B. Inti
 
C. Penutup
 
D. Pengayaan

Pembahasan :
Langkah pembelajaran pada tahap pendahuluan di RPP meliputi kegiatan pembukaan, memberikan orientasi, apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan motivasi, menginformasikan cakupan materi dan kegiatan atau cara belajar yang akan dilakukan, serta menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. Dalam kasus Bu Dini di atas, tahapan yang dilakukan adalah pada tahap pendahuluan.
 
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 18
Contoh media yang bukan merupakan media pembelajaran manipulatif adalah …
 
 
A. aplikasi animasi yang dapat digerakkan dengan mouse komputer
 
B. kartu permainan edukatif
 
C. klinometer untuk mengukur sudut elevasi
 
D. poster rangkuman rumus matematika

Pembahasan :
Alat peraga manipulatif adalah media berupa benda nyata tiga dimensi yang dapat menggambarkan secara konkret suatu obyek, ide, model, atau konsep abstrak dan memungkinkan untuk digerakkan atau dimanipulasi secara fisik dalam kaitannya dengan pembentukan konsep bagi penggunanya, dalam hal int peserta didik Contob: media pembelajaran manipulatif adalah aplikasi animasi yang dapat digerakkan dengan mouse komputer, kartu permainan edukatif, klinometer untuk mengukur sudut elevasi.
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 19
Yang bukan penyebab kegagalan penggunaan media pembelajaran adalah ....
 
 
A. guru tidak siap menggunakan media
 
B. guru tidak memberikan petunjuk yang jelas
 
C. konsep abstrak tidak dapat dipahami peserta didik
 
D. media yang disiapkan kurang banyak

Pembahasan :
Ruseffendi dalam Pujiati dan Hidayat (2015: 34) menyatakan bahwa kegagalan itu akan nampak bila: a) generalisasi konsep abstrak dari representasi hal-hal yang kongkret tidak tercapai; b) alat peraga yang digunakan hanya sekedar sajian yang tidak memiliki nilai-nilai yang menunjangkonsep-konsep dalam matematika; c) tidak disajikan pada saat yang tepat; d) memboroskan waktu; e) diberikan pada anak yang sebenarnya tidak memerlukan; f) tidak menarik dan mempersulit konsep yang yang dipelajari. Selain itu terdapat faktor lain yang menyebabkan kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran, yaitu: ketidaksiapan guru dalam memfasilitasi penggunaan alat peraga, tidak petunjuk yang jelas dalam penggunaan media.
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 20
RPP dirancang untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian. Prinsip penyusunan RPP yang sesuai dengan hal tersebut adalah....
 
 
A. mengakomodasi pembelajaran terpadu
 
B. mengakomodasi perbedaan indvidu peserta didik
 
C. mendorong partisipasi aktif peserta didik
 
D. berpusat pada peserta didik

Pembahasan :
Prinsip penyusunan RPP menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Dikdasmen, salah satunya adalah berpusat pada peserta didik. Hal ini dilakukan untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat kreativitas, inisitif, inspiasi, inovasi,dan kemandirian
 
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 21
Langkah pembelajaran yang tepat dalam menggunakan pendekatan saintifk adalah….
 
 
A. menanya, mengamati, mengumpulkan informas / mencoba, menalar / mengasosiasi, mengomunikasikan
 
B. mengamati, menanya,mengumpulkan informasi / mencoba, menalar / mengasosiasi, mengomunikasikan
 
C. mengamati, menanya, menalar / mengasosiasi, mengumpulkan informasi / mencoba,mengomunikasikan
 
D. mengamati, mengomunikasikan, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, menalar / mengasosiasi

Pembahasan :
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifk adalah pembelajaran yang menggunakan pendekatan berbasis proses keilmuan. Pendekatan tersebut merupakan pengorganisasian penglaman belajar peserta didik dengan urutan logis dan memuat proses pembelajaran: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi,mengomunikasikan.
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 22
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru melakukan kegiatan dari awal hingga akhir. Salah satu kegiatan yang digunakan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah ....
 
 
A. kegiatan menyusun perencanaan pembelajaran
 
B. kegiatan melaksanakan pembelajaran
 
C. kegiatan refleksi pembelajaran
 
D. kegiatan tindak lanjut

Pembahasan
Untuk meningkatkan kualitas, guru dapat melakukan kehiatan pembelajaran.kegiatan refleksi pembelajaran dirujukan untuk mnetahui kekurangan dan kelenihan pelakasanaan proses pembalajaranda segera bisa memperbaikinya.
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 23
Contoh dari media grafis adalah ....
 
 
A. koran, televisi, grafik
 
B. grafik, buku teks, OHP (Over Head Projector)
 
C. diagram, grafik, bagan
 
D. modul, buku teks, koran

Pembahasan :
Yang termasuk media grafis antara lain: 1) grafk; 2) diagram; 3) bagan; 4) sketsa; 5) poster; 6) papan flanel; dan 7) bulletin board.
 
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 24
Pernyataan terkait komponen tujuan pembelajaran pada RPP berikut ini yang tidak tepat adalah ....
 
 
A. dirumuskan berdasarkan KD
 
B. menggunakan kata kerja operasional
 
C. mencakup sikap, pengetahuan,dan keterampilan
 
D. menyusun media pembelajaran

Pembahasan :
Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD), Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, digunakan kata kerja operasional yang mengukur skala sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan pembelajaran mengarahkan kita dalam mendesain kegiatan pembelajaran dalam rangka memfsilitasis peserta didik mencapai kompetensi. Oleh karena itu, secara tidak langsung, tujuan pembelajaran juga berhubungan dengan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK).
 
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 25
RPP dirancang untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian. Prinsip penyusunan RPP yang sesuai dengan hal tersebut adalah....
 
 
A. mengakomodasi pembelajaran terpadu
 
B. mengakomodasi perbedaan indvidu peserta didik
 
C. mendorong partisipasi aktif peserta didik
 
D. berpusat pada peserta didik

Pembahasan :
Prinsip penyusunan RPP menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Dikdasmen, salah satunya adalah berpusat pada peserta didik. Hal ini dilakukan untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat kreativitas, inisitif, inspiasi, inovasi,dan kemandirian
 
 
Jawaban yang benar : B
 
Soal No 26
Ada dua kategori dalam pemilihan alat peraga, yaitu persyaratan secara pedagogik dan persyaratan secara fisik.
Berikut persyaratan pedagogik dalam pemilihan alat peraga adalah ....
 
 
A. sederhana dan mudah dikelolah
 
B. tidak terlalu mahal dan mudah dipelihara
 
C. banyak memberikan manfaat
 
D. ukuran alat yang sesuai dan seimbang

Pembahasan :
Ada dua kategori dalam pemilihan alat peraga, yaitu persyaratan secara pedagogik dan persyaratan secara fisik (Post dan Reys, dalam Puji & Hidayat, 2015). Persyaratan pedagogik meliputi: 1) memberikan perwujudan kebenaran alat untuk konsep-konsep yang dipelajari; 2) secara jelas menunjukkan konsep yang dipelajari; 3) memberikan motivasi bagi peserta didik; 4) banyak memberikan manfaat; 5) menjadi dasar bagi tumbuhnya berpikir abstrak peserta didik; 6) memberikan keterlibatan individual peserta didik.
 
Jawaban yang benar : C
 
Soal No 27
Alat peraga yang berfungsi sebagai jembatan untuk memahami konsep adalah…..
 
 
A. kuadrat lengkap al-Khawarizmi
 
B. mikroskop
 
C. LCD proyektor
 
D. Penggaris

Pembahasan :
Adapun menurut fungsinya, Suherman, (2001: 200) mengelompokkan media menjadi dua bagian yaitu; a) pembawa informasi (ilmu pengetahuan); b) alat untuk menanamkan konsep. Contoh: media sebagai pembawa informasi yaitu papan tulis, kapur, spidol, jangka, mistar komputer/aptop, LCD Proyektor, dan mikroskop. Ada pun contoh media yang sekaligus alat penanaman konsep misainya alat peraga matematika, lembar kerja, bahkan kapur pun selain merupakan pembawa informasi dapat pula menjadi alat penanaman konsep operasi bilangan bulat atau model bangun ruang tabung.
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 28
Urutan langkah yang tepat dalam menyusun RPP adalah...
 
 
A. mengkaji silabus, merumuskan IPK pada KI-3 dan KI-4 memilih materi, menjabarkan dalam bentuk kegiatan pembelajaran, penentuan alokasi waktu, mengembangkan penilaian, menentukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran, serta sumber belajar
 
B. mengkaji silabus, merumuskan IPK pada Ki-3 dan KI-4. memilih materi, penentuan alokasi waktu, menjabarkan dalam bentuk kegiat an pembelajaran, mengembangkan penilaian, menentukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran dan sumber belajar  
 
C. mengkaji silabus, merumuskan IPK pada Ki-3 dan KI-4, memilih materi, menjabarkan dalam bentuk kegiatan pembelajaran, mengembangkan penilaian, penentuan alokasi waktu, menentukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran, serta sumber belajar
 
D. mengkaji silabus, menjabarkan dalam bentuk kegiatan pembelajaran, penentuan alokasi waktu, merumuskan IPK pada Ki-3 dan KI-4, memilih materi, mengembangkan penilaian, menentukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran, serta sumber belajar

Pembahasan :
Langkah menyusun RPP adalah mengkaji silabus. merumusan IPK pada Ki-3 dan K-4, memilih mater, menjabarkan dalam bentuk kegiatan pembelajaran, penentuan alokasi waktu, mengembangkan penilaian, menentukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran, serta sumber belajar
 
Jawaban yang benar : A
 
Soal No 29
Salah satu prinsip penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah menekankan pada keterkaitan dan keterpaduan antarkomponen dalam satu keutuhan pengalaman belajar. Pernyataan berikut ini yang tidak sesuai dengan prinsip tersebut adalah...
 
 
A. pengalaman belajar yang dirancang untuk peserta didik berhubungan dengan semua komponen RPP
 
B. muatan semua komponen RPP menekankan pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
 
C. sumber belajar yang digunakan mendukung muatan komponen RPP lainnya
 
D. muatan komponen RPP relevan dengan muatan KD dan IPK

Pembahasan :
Prinsip penyusunan Rpp menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses pada Dikdasmen salah satunya adalah penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
 
 
Jawaban yang benar : D
 
Soal No 30
Kegiatan yang paling tepat dilakukan guru pada saat peserta didik SMP belajar tentang "menyelesaikan persamaan linear satu variabel (PLSV)" antara lain adalah
 
 
A. menyajikan contoh PLSV dan bukan PLSV, menginformasikan cara menyelesaikan PLSV, dan membahas cara menyelesaikan PLSV
 
B. menyajikan ilustrasi kegiatan sehari hari yang relevan dengan PLSV, menyajikan contoh suatu PLSV, dan membahas cara menyelesaikan PLSV pada contoh
 
C. menyajikan contoh PLSV, menginformasikan cara menyelesaikan PLSV, dan membahas cara menyelesaikan PLSV pada contoh
 
D. menyajikan ilustrasi kegiatan sehari hari yang relevan dengan PLSV, membentuk PLSV berdasar ilustrasi tersebut, dan membahas cara menyelesaikan PLSV yang terbentuk

Pembahasan :
Dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, selayaknya guru tidak langsung menyampaikan materi diawal pembelajaran dengan sajian konsep-konsep yang abstrak, seperti definisi, rumus, atau rangkuman materi. Agar pembelajaran lebih bermakna, sebaiknya guru mengawali pembelajaran dengan menyajikan suatu permasalahan kontekstual, misalnya dengan memberikan ilustrasi kegiatan sehari-hari yang relevan dengan konsep/materi yang dibahas. Berikutnya, ilustrasi tersebut dibentuk pemodelannya sehingga dapat tergambarkan mendekati konsep yang sedang dipelajari. Setelah itu, baru diselesaikan persoalan dari ilustrasi yang disajikan. Dengan demikian, kegiatan guru yang tepat dalam kegiatan pembelajaran "menyelesaikan persamaan linear satu variabel (PLSV)" adalah menyajikan ilustrasi kegiatan sehari hari yang relevan dengan PLSV, membentuk PLSV berdasar ilustrasi tersebut, dan membahas cara menyelesaikan PLSV yang terbentuk.
 
Jawaban yang benar : D
👇👇👇👇👇
==========

Kata Kunci:
soal pedagogik, soal pedagogik p3k 2021, soal pedagogik bahasa inggris, soal pedagogik pppk 2021, soal pedagogik p3k, soal pedagogik p3k matematika, soal pedagogik p3k 2021 pjok, soal pedagogik teori belajar, soal pedagogik p3k pjok, soal pedagogik ppg 2020, soal pedagogik p3k 2021 guru sd, soal pedagogik p3k 2021 pgsd, soal pppk, soal pppk 2021 dan pembahasan, soal pppk sosio kultural, soal pppk pjok 2021, soal pppk 2021 dan pembahasan lengkap guru honorer, soal pppk manajerial, soal pppk guru sd 2021 dan pembahasan, soal pppk pai 2021 dan pembahasan, soal pppk guru 2021, soal pppk pjok, soal pppk pai, soal pppk seni budaya part 2, soal pppk 2021 dan pembahasan perawat, soal pppk pjok sd, soal pppk bahasa inggris smp
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar