"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

(Tryout 20 PPPK) - 30 Soal Latihan Kompetensi Teknis Pedagogik Tes Seleksi PPPK Guru | Update November 2021

(Tryout 20 PPPK) - 30 Soal Latihan Kompetensi Teknis Pedagogik Tes Seleksi PPPK Guru | Update November 2021
BAHYUDINNOR.COM - Berikut ini admin bagikan Latihan Soal Try Out ke 20 Update November 2021 untuk Calon  Guru PPPK (P3K) dengan Materi Pedagogik yang berguna untuk membantu belajar Calon Guru pada seleksi PPPK tahun 2021.
Latihan soal PPPK (P3K) dengan materi Pedagogik ini berjumlah 30 butir soal berbentuk pilihan ganda lengkap jawaban dan dengan pembahasannya.

Semoga dengan sering mempelajari Latihan dalam berbagai bentuk Soal Try Out ke 20 ini untuk calon Guru PPPK (P3K) Pedagogik tahun 2021 ini diharapkan calon peserta seleksi PPPK memiliki gambaran bentuk soal-soal yang nanti akan diujikan.

Soal Latihan PPPK Akan di Update diwebsite ini. Yuk Share ke rekan-rekanmu dan pastikan Aktifkan Notifikasi berlangganan Blognya (Gratiss!!!)

SOAL TRYOUT 20 PPPK KOMPETENSI PEDAGOGIK

UPDATE NOVEMBER 2021


Soal No 1
Berikut ini yang bukan merupakan tujuan penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah……
 
 
A. menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi
 
B. menetapkan program perbaikan atau pengayaan ber dasarkan tingkat penguasaan kompetensi
 
C. mengetahui tingkat penguasaan sikap
 
D. memperbaiki proses pembelajaran
Pembahasan
  
Penilaian hasil belajar oleh pendidik memiliki tujuan untuk: a) mengetahui tingkat penguasaan kompetensi; b) menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi; c) menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi; dan d) memperbaiki proses pembelajaran.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 2
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam laporan PTK terkait dengan prinsip pelaksanaan PTK adalah....
 
 
A. tidak melampirkan izin kegiatan penelitian
 
B. tidak melaporkan statistik deskriptif nilai prestasi
 
C. tidak melampirkan foto kegiatan pelaksanaan PTK
 
D. tidak melaporkan perbaikan dan tindakan yang 
Pembahasan
  
Laporan PTK merupakan bentuk pertanggungjawaban peneliti baik kepada diri sendiri maupun atasan dan kolega atau sejawat. Lebih dari itu, laporan PTK digunakan untuk mengimplementasikan hasil penelitian tersebut dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan berkelanjutan. Dengan demikian, perlu kiranya peneliti melaporkan perbaikan apa saja yang dilakukan dan berhasilan tindakan yang telah dihasilkan.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 3
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru melakukan kegiatan dari awal hingga akhir. Salah satu kegiatan yang digunakan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah ....
 
 
A. kegiatan menyusun perencanaan pembelajaran
 
B. kegiatan melaksanakan pembelajaran
 
C. kegiatan refleksi pembelajaran
 
D. kegiatan tindak lanjut
Pembahasan
Pembahasan:
Untuk meningkatkan kualitas, guru dapat melakukan kehiatan pembelajaran.kegiatan refleksi pembelajaran dirujukan untuk mnetahui kekurangan dan kelenihan pelakasanaan proses pembalajaranda segera bisa memperbaikinya.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 4
Instrumen penitaian yang paling sesual digunakan untuk menilai perkembangan kemajuan belajar peserta didik pada kompetensi-kompetenst yang dipetajari adalah instrumen penilaian....
 
 
A. Proyek
 
B. kinerja praktik
 
C. Portofolio
 
D. Pengamatan
Pembahasan
  
Salah satu jenis instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui perkembangan kemajuan peserta didik secara kontinu dan komprehensif disebut dengan portofolio. Portofolio berbentuk laporan lengkap tentang segala aktivitas peserta didik yang berkenaan dengan kegiatan pembelajaran yang diikutinya.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 5
Penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan, merupakan prinsip umum penilaian yang dikenal dengan istilah
 
 
A. beracuan norma
 
B. beracuan kriteria
 
C. terpadu
 
D. Holistik
Pembahasan
  
Menurut Woodworth (1961), ada dua jenis pedoman yang bisa digunakan untuk menentukan nilai (mengubah skor menjadi nilai) sebagai hasil evaluasi, yaitu: a) Penilaian Acuan Patokan (PAP), yakni membandingkan skor yang diperoleh seorang individu dengan standar yang sifatnya mutlak (absolut)/kriteria tertentu, b) Peniiaian Acuan Norma (PAN), yakni membandingkan skor yang diperoleh seorang individu dengan skor yang diperoleh peserta didik lainnya dengan kelompok tes tersebut.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 6
Proses mengumpulkan informasi/bukti melalui kegiatan pengukuran, menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan bukti-bukti hasil pengukuran disebut….
 
 
A. pengukuran
 
B. penilaian
 
C. evaluasi
 
D. Observasi
Pembahasan
  
Pengukuran adalah kegiatan membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria atau ukuran. Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi/bukti melalui kegiatan pengukuran. menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan bukti-bukti hasil pengukuran. Evaluasi adalah proses mengambil keputusan berdasarkan hasil-hasil penilaian.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 7
Salah satu rambu-rambu dalam menyusun soal HOTS adalah keberfungsian stimulus. Berikut adalah kriteria stimulus yang baik, kecuali……
 
 
A. mengantar pada pertanyaan
 
B. secara faktual benar
 
C. subtantif menarik dibaca
 
D. parsial dalam sajian
Pembahasan
Rambu-rambu dalam menyusun soal HOTS adalah keberfungsian stimulus Dalam menyusun soal, stimulus yang baik adalah sebagai berikut: subtantif dan menarik untuk dibaca, menarik perhatian bagi peserta didik, ditulis dan dirancang dengan baik, cukup menatang, tidak terlalu mudah dan tidak terialu sulit, secara faktual benar, mengantar pada pertanyaan, dan cerita utuh dan serba cukup.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 8
Dalam suatu kegiatan pengukuran, seorang peserta didik dapat menjawab 8 soal dengan benar dari 10 soal yang harus dikerjakan, sisanya dijawab salah. jika soal tersebut berbentuk B-S, tingkat penguasaan peserta didik tersebut adalah....
 
 
A. 80%
 
B. 75%
 
C. 68%
 
D. 60%
Pembahasan
  
Menurut teori probabilitas option B dan S masing-masing mempunyai nilai kemungkinan yang sama untuk dipilih,  yaitu 0,5, Kemungkinan peserta didik menjawab benar soal tipe objektif sangat besar. Dengan demikian, diperoleh hubungan bahwa "Jumlah jawaban yang benar sama dengan banyak jawaban yang benar-benar dikuasai ditambah dengan banyak jawaban yang ditebak. Jika dimisaikan jawaban peserta didik yang benar-benar dikuasai sebagai x, maka dipenuhi persamaan: 8 = x + (10 - x)0,5; sehingga diperoleh x = 6. Jadi, tingkat penguasaan peserta didik adalah 60%.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 9
Pak Gamma melakukan siklus satu dan diperoleh ada perbaikan yang signifkan, kemudian dilanjutkan dengan siklus ke-2 dan sudah ada perbaikan juga dengan tindakan yang sama. Dalam topik yang bersangkutan masih ada beberapa kali pertemuan yang memungkinkan dilakukan siklus kembali. Bila Pak Gamma, menghentikan tindakan pada siklus ke-2 saja, apakah yang dilakukan Pak Gamma sudah benar?
 
 
A. Benar, karena Pak Gamma sudah memperoleh hasil yang zutsnsiisignifikan dan kemungkinan pada topik berikutnya juga memperoleh hasil yang sama.
 
B. Benar, karena Pak Gamma sudah melakukan perbaikan yang signifkan.  
 
C. Tidak benar, karenaselamamasalah tersebut berpotensi muncul di pertemuan berikutnya maka tindakan tersebut sebaiknya tetap dilanjutkan.
 
D. Tidak benar, karena masih ada beberapa kali pertemuan sehingga harus dicari hasil yang paling signifkan.
Pembahasan
  
Tidak benar yang dilakukan oleh Pak Gamma. Selama masalah tersebut berpotensi muncul di pertemuan berikutnya, maka tindakan tersebut sebaiknya tetap dilanjutkan. Tindakan jangan  hanya dilakukan untuk ke-pentingan proposal PTK untuk karir, tetapi jauh lebih penting adalah improvement proses pembelajaran (secara berkelanjutan).
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 10
Apabila dikaitkan dengan tanggung jawab guru terhadap pembelajaran, PTK dapat membantu guru untuk…..
 
 
A. mengatasi masalah peserta didik
 
B. memperbaiki pembelajaran
 
C. berkolaborasi dengan guru lain
 
D. berkembang secara profesional
Pembahasan
  
PTK mempunyai salah satu tujuan yakni dapat memperbaiki pembelajaran yang dilakukan oleh guru dari tindakan reflektif yang dilakukan.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 11
Perbedaan pokok antara model PTK dari Kurt Lewin dan Kemmis & McTaggart adalah....
 
 
A. pada model Kemmis & McTaggart, tindakan (acting)  dan pengamatan (observing) bersamaan
 
B. pada model Kurt Lewin, siklus dilakukan terus menerus tidak terbatas
 
C. pada model Kemmis & Taggart, siklus maksimal dilakukan 4 kali
 
D. pada model Kurt Lewin, bisa dimulai dari tindakan (acting)
Pembahasan
  
Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut Kurt Lewin dalam satu siklus pada penelitian tindakan kelas terdiri dari empat langkah, yakni: (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refeksi (reflecting). Sedangkan model PTK menurut Kemmis & McTaggart, meliputi (1)perencanaan (plan), (2) pelaksanan dan pengamatan (act & observe), dan (3) refleksi (reflect).
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 12
Hasil ulangan akhir semester mata pelajaran matematika di kelas VIIA yang terdiri atas 40 peserta didik, diperoleh hasil sebagai berikut: sebanyak 24 orang memperoleh nilal 70 ke atas, sebanyak 10 orang memperoleh nilai antara 50 sampai dengan 70, yang lain memperoleh nilai 50 ke bawah, Jika nilai KKM matematika 70, maka persentase peserta didik yang belum lulus adalah....
 
 
A. 40%
 
B. 60%
 
C. 15%
 
D. 25%
Pembahasan
  
Peserta didik yang lulus KKM adalah peserta didik yang mendapat nilai 70 ke atas yaitu 24 orang, karena batas lulus KKM adalah 70. Peserta didik yang belum lulus KKM adalah 10 orang dan sisanya yakni 40 - (24 + 10) = 40 - 34 = 6.  Dengan kata lain, peserta didik yang belum Iulus KKM adalah 10 + 6 peserta didik =16 peserta didik. Dengan demikian,  persentasenya adalah 16 : 40 x 100% = 40%.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 13
Pengertian kelas dalam PTK adalah sekelompok peserta didik yang sedang belajar. Adapun komponen dalam sebuah kelas yang dapat dikaji melalui penelitian tindakan antara lain adalah sebagai berikut, kecuali…..
 
 
A. guru
 
B. peserta didik
 
C. materi pelajaran
 
D. hasll pembelajaran
Pembahasan
  
Dalam PTK, seorang guru dapat mengkaji komponen se-bagai berikut: guru, peserta didik, dan hasil pembelajaran.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 14
Guru A telah melaksanakan pembelajaran topik barisan dan deret, ia mendapatkan cukup banyak peserta didik yang belum dapat mengidentifkasi konsep tersebut pada situasi nyata dari refleksi proses pembelajaran dan hasil tes formatif. Bagaimana sebaiknya refleksi yang perlu dilakukan guru A untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya?
 
 
A. Melakukan remidi tes formatif dengan soal berbeda.
 
B. Mengulang pembelajaran barisan dan deret bagi yang kesulitan.
 
C. Menerapkan strategi pembelajaran dikaitkan situasi nyata.
 
D. Menggunakan alat peraga barisan dan deret.
Pembahasan
  
Hasil refleksi proses pembelajaran dan hasil tes formatif yang dilakukan guru A adalah peserta didik belum dapat mengidentifikasi konsep barisan dan deret pada situasi nyata. Agar hal tersebut dapat teratasi dan peserta didik menjadi lebih baik pemahaman konsepnya maka guru dapat menerapkan strategi pembelajaran yang dikaitkan dengan situasi nyata. Dengan demikian, peserta didik dapat mempunyai kemampuan memahami konteks masalah dalam kehidupan sehari-hari.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 15
Validitas yang berkenaan dengan aspek sikap, kepribadian, motivasi, minat, dan bakat termasuk ke dalam…
 
 
A. validitas konstruk
 
B. validitas konten
 
C. face-validity
 
D. criterion related validity
Pembahasan
  
Validitas yang berkenaan dengan aspek sikap, kepribadian,  motivasi, minat, dan bakat termasuk ke dalam validitas konstruk.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 16
Tujuan utama guru melakukan kegiatan refieksi pembelajaran adalah..
 
 
A. melakukan peningkatan nilai KKM
 
B. X melakukan program remedial dan pengayaan
 
C. memperbaiki kinerja guru dalam pembelajaran
 
D. memperbaiki dan mengembangkan pembelajaran
Pembahasan
  
Tujuan refieksi pembelajaran adalah untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran yang dikelolanya, kesesuaian rencana yang telah dibuat dan pelaksanaannya. Keberhasilan pembelajaran, mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi. dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas. Dengan demikian, harapannya adalah dapat memperbaiki dan mengembangkan pembelajaran yang didesain oleh guru.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 17
Hasil PTK dapat ditindaklanjuti dengan cara sebagai berikut, kecuali....
 
 
A. menerapkan pada situasi yang sama di kelas berbeda
 
B. mengembangkan keterampilan mengajar yang relevan
 
C. mengeneralisasi hasil PTK pada seluruh kelas di sekolah
 
D. membuat karya tulis dari hasil PTK untuk diseminarkan atau diterbitkan
Pembahasan
  
Hasil PTK dapat ditindaklanjuti dengan cara: menerapkan pada situasi yang sama di kelas berbeda, mengembangkan keterampilan mengajar yang relevan, dan membuat karya tulis dari hasil PTK untuk diseminarkan atau diterbitkan.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 18
Salah satu bentuk pembelajran pengayaan yang dilakukan guru adalah..
 
 
A. belajar mandiri
 
B. pembelajaran non tatap muka
 
C. belajar konsep lanjutan
 
D. belajar dengan model pembelajaran kooperatif
Pembahasan
  
Pembelajaran pengayaan adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas atau memperdalam apa yang telah dipelajarinya Pembelajaran pengayaan dapat dalam bentuk kegiatan: belajar mandiri, tutor sebaya, problem based learning atau project based learning.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 19
Dari hasil penilaian dan evaluasi proses pembelajaran matematika diperoleh bahwa peserta didik kelas VII SMP yang belum tuntas sebanyak 5%, maka program remedial yang sesuai adalah…..
 
 
A. memberikan tugas-tugas matematika yang dikerjakan secara berkelompok pada peserta didik yang belum tuntas
 
B. memberikan pembelajaran ulang matematika secara klasikal dengan metode dan media yang berbeda bagi peserta didik yang belum tuntas
 
C. memberikan tugas matematika secara perorangan yang dikerjakan secara mandiri di rumah bagi peserta didik yang belum tuntas
 
D. memberikan bimbingan matematika perorangan secara khusus untuk peserta didik yang belum tuntas
Pembahasan
  
Bagi peserta didik yang belum mencapai KKM maka dilakukan tindakn remedial. Bentuk remidial dapat dilakukan de-ngan berbagai macam, yakni pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda, pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan, pemberian tugas tugas latihan secara khusus, dan pemanfaatan tutor sebaya. Karena yang belum mencapai KKM 5% maka program remedial yang cocok adalah memberikan bimbingan matematika perorangan secara khusus untuk peserta didik yang belum tuntas.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 20
Prinsip PTK dirangkum dalam akronim SMART. Specific dalam akronim tersebut yang dimaksud adalah ....
 
 
A. dapat diterima di lingkungan secara khusus
 
B. khusus, tidak terlalu umum
 
C. tidak mengandung makna yang berbeda
 
D. fokus pada satu tujuan
Pembahasan
    
Beberapa prinsip penelitian tindakan kelas dapat dirangkum dalam akronim SMART, Ini singkatan dari lima huruf bermakna yaitu S-Specihe yaitu khusus, tidak terlalu umum, M- Managable yaitu dapat dikelola, dilaksanaka dengan mudah, A-Acceptable yaitu dapat diterima lingkungan atau Achievable, dapat dicapal, dijangkau,  R-Realistic yaitu operasional, tidak di luar jangkauan dan T-Time bound yaitu diikat oleh waktu, terencana.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 21
Berikut ini masalah yang dapat dan lebih tepat dipecahkan dengan PTK untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah ....
 
 
A. mengatasi kecurangan peserta didik dalam ujian
 
B. memperbaiki penerapan metode pembelajaran
 
C. memperbaiki nilai pretasi peserta didik
 
D. menertibkan penggunaan fasilitas kelas
Pembahasan
  
Salah satu masalah yang dapat dan lebih tepat dipecahkan dengan PTK dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru adalah memperbaiki penerapan metode pembelajaran
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 22
Bu Dewi mengajar di dua kelas VII yang berbeda. ia melakukan penelitian tindakan kelas di kedua kelas tersebut, karena materi ajar yang sama dalam waktu yang sama. Apakah benar yang dilakukan bu Dewi?
 
 
A. Boleh, asalkan kedua kelas memiliki masalah yang sama, karakteristik peserta didik yang juga sama, dan dapat diterapkan dengan tindakan yang sama.
 
B. Boleh, karena PTK tidak tergantung pada kelas dan waktu yang berbeda.
 
C. Boleh, karena masalah yang dihadapi sama.
 
D. Tidak boleh, karena dua kelas yang digunakan untuk mengajar berbeda.
Pembahasan
  
Asalkan sejauh kedua kelas memiliki masalah yang sama, karakteristik peserta didik yang juga relatif sama, dan dapat diterapkan dengan tindakan yang sama, maka dapat diperbolehkan.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 23
Salah satu rambu-rambu penulisan soal bentuk pilihan ganda menyebutkan bahwa butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya. Hal tersebut termasuk dalam kaidah....
 
 
A. materi
 
B. Konstruksi
 
C. Bahasa
 
D. Logika 
Pembahasan
  
Menurut Puspendik (2016), kaidah penulisan soal bentuk pilihan ganda (PG) meliputi kaidah materi, kaidah konstruksi, dan kaidah bahasa. Salah satu contoh kaidah konstruksi adalah penulisan butir soal tidak boleh bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 24
Soal hendaknya mampu mengelompokkan antara peserta didik yang berkemampuan tinggi dan peserta didik berkemampuan rendah. Hal itu dapat dilhat dari ,.
 
 
A. reliabilitas soal
 
B. daya pembeda soal
 
C. tingkat kesulitan soal
 
D. validitas soal
Pembahasan
  
Untuk memperoleh alat evaluasi yang baik, salah satunya butir soal tersebut mempunyai daya pembeda yang baik. Maksudnya, sebuah butir soal mempunyai kemampuan untuk membedakan antara peserta didik yang mengetahui jawabannya dengan benar dengan peserta didik yang tidak dapat menjawab soal tersebut dengan benar (salah)
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 25
Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas secara ilmiah, guru dapat melakukan kegiatan ....
 
 
A. penelitian tindakan kelas
 
B. tindakan refleksi pembelajaran
 
C. pembelajaran remedial
 
D. pembelajaran pengayaan
Pembahasan
  
PTK (Penelitian Tindakan Kelas) merupakan penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru sebagai refleksi diri dalam pelaksanaan pembelajaran dan berupaya untuk  memperbaik, menemukan solusi/pemecahan masalah dalam pembelajaran secara ilmiah.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 26
Suatu bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas situasi sesungguhnya disebut....
 
 
A. penilaian formatif
 
B. penilaian autentik
 
C. penilaian sumatif
 
D. penilaian reflektif
Pembahasan
  
Suatu bentuk peniaian yang menghendaki peserta didik menampikan sikap, menggunakan pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas situasi sesungguhnya disebut penilaian autentik.Penilaian hasil belajar oleh pendidik memiliki tujuan untuk: a) mengetahui tingkat penguasaan kompetensi; b) menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi; c) menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi; dan d) memperbaiki proses pembelajaran.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 27
Merujuk pada dimensi kognitif dari revisi Taksonomi Bloom, yang termasuk dalam kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) adalah
 
 
A. mengetahui, memahami, menerapkan
 
B. memahami, menerapkan, menganalisis
 
C. menganalisis, mensintesis, mengkreasi
 
D. menerapkan, mengkreasi, memahami
Pembahasan
  
High Order Thinking Skills (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan berpikir yang tidak sekedar mengingat (recall, menyatakan kembali (restate), atau menunjuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Dengan demikian, dimensi proses kognitif pada Taksonomi Bloom yang direvisi termasuk dalam HOTS, yakni analyse (analisis) dan mensintesis, evaluate (mengevaluasi, dan create (mengkreasi), sedangkan kemampuan berpikir tingkat rendah atau Low Order Thinking Skills (LOTs) meliputi remember (mengingat), understand (mengerti), apply (menerapkan) Pendahuluan
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 28
Dari hasil penilaian proses dan hasil belajar matematika, diketahui bahwa semua peserta didik melampaui KKM. Tindakan yang perlu dilakukan oleh seorang guru selanjutnya adalah....
 
 
A. mempertahankan metode pembelajaran yang telah digunakan untuk seluruh kegiatan pembelajaran selanjutnya
 
B. mendeteksi faktor utama penyebab keberhasilan pembelajaran yang dapat dioptimalkan untuk mendukung kegiatan pengayaan
 
C. merevisi penilaian proses belajar matematika yang menyebabkan peserta didik mudah melampaui KKM
 
D. memberikan pilihan kepada peserta didik untuk mengikuti atau tidak mengikuti kegiatan pengayaan
Pembahasan
  
KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal adalah tingkat minimal pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan meliputi ketuntasan penguasaan substansi dan ketuntasan belajar dalam konteks kurun waktu belajar. Peserta didik yang sudah mencapai atau melampaui KKM, diberikan program pengayaan
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 29
Salah satu teknik kegiatan refleksi dalam kegiatan pembelajaran adalah penilaian guru oleh peserta didik dengan tujuan untuk ..
 
 
A. mengetahui prestasi belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran
 
B. mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik selama proses pembelajaran
 
C. Cara mengetahui sejauh mana peserta didik memahami konsep yang telah dipelajari
 
D. mengetahui kesesuaian strategi pembelajaran yang dilaksanakan terhadap kemauan belajar peserta didik
Pembahasan
  
Salah satu teknik kegiatan refleksi adalah meminta peserta didik untuk memberikan penilaian kepada guru berkaitan dengan strategi pembelajaran yang telah dilakukan. Hal ini perlu dilakukan agar guru memperoleh gambaran antara kesesuaian strategi pembelajaran dengan kemauan belajar peserta didik.Tujuan refieksi pembelajaran adalah untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran yang dikelolanya, kesesuaian rencana yang telah dibuat dan pelaksanaannya. Keberhasilan pembelajaran, mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi. dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas. Dengan demikian, harapannya adalah dapat memperbaiki dan mengembangkan pembelajaran yang didesain oleh guru.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 30
Bu Sari melakukan penilaian proses dan hasi belajar mata pellajaran Bahasa inggris yang menunjukkan hasil bahwa ada sedikit peserta didik yang belum mencapal nilai 75 dari skala 0-100. Tindakan pertama yang harus dilakukan Bu Sari adalah....
 
 
A melakukan pembelajaran remedial
 
B. memastikan penyebab terjadinya tersebut
 
C. menyiapkan program untuk pembelajaran pengayaan
 
D. mendiagnosis kesulitan yang dialami sedikit peserta didik tersebut
Pembahasan
    
Kasus yang dialami Bu Sari merupakan suatu kasus yang sering terjadi di dalam kelas. Langkah pertama yang harus dilakukan Bu Sari adalah mendiagnosis kesulitan yang dialami peserta didik tersebut. Setelah terdeteksi, langkah berikutnya dapat berupa pemberian pembelajaran remediat.
 
Jawaban yang benar : D
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
==========

Kata Kunci:
soal pedagogik, soal pedagogik p3k 2021, soal pedagogik bahasa inggris, soal pedagogik pppk 2021, soal pedagogik p3k, soal pedagogik p3k matematika, soal pedagogik p3k 2021 pjok, soal pedagogik teori belajar, soal pedagogik p3k pjok, soal pedagogik ppg 2020, soal pedagogik p3k 2021 guru sd, soal pedagogik p3k 2021 pgsd, soal pppk, soal pppk 2021 dan pembahasan, soal pppk sosio kultural, soal pppk pjok 2021, soal pppk 2021 dan pembahasan lengkap guru honorer, soal pppk manajerial, soal pppk guru sd 2021 dan pembahasan, soal pppk pai 2021 dan pembahasan, soal pppk guru 2021, soal pppk pjok, soal pppk pai, soal pppk seni budaya part 2, soal pppk 2021 dan pembahasan perawat, soal pppk pjok sd, soal pppk bahasa inggris smp
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar