"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Belajar YouTube | Cara Upload Video ke YouTube Biar Banyak Yang Nonton untuk Youtuber Pemula 2022

Cara Upload Video ke YouTube Biar Banyak Yang Nonton untuk Youtuber Pemula 2022
BAHYUDINNOR.COM - Pada kali ini akan kami Jelaskan cara upload video ke YouTube lewat HP smartphone Android serta optimasi SEO biar video banyak yang nonton dapat banyak video dan subscriber. Sebelum melakukan proses upload video persiapan yang harus dilakukan antara lain;
  1. Install aplikasi yang dibutuhkan yaitu aplikasi YouTube YouTube studio dan browser Chrome.
  2. 2Persiapkan file video yang akan diupload dengan kualitas minimal 720P pilihan lain yang lebih bagus adalah kualitas 1080P, 1440P dan 2160P
  3. 3Siapkan desain Tumbnail yang menarik dengan resolusi gambar 1280 kali 720P dan 
  4. Siapkan juga kata kunci yang memiliki nilai overall tinggi.
 

Dalam contoh ini kita akan praktekkan upload video dengan kata kunci “Teknologi otomotif” mendapatkan 5800-an pencarian perbulan dan persaingan sangat rendah sehingga memiliki nilai overall 71.

Setelah persiapan selesai bisa kita mulai proses upload video buka aplikasi YouTube klik tanda tambah di menu bawah lalu klik upload video pilih file video yang telah kita persiapkan tadi lalu klik berikutnya.

Setelah Masuk ke halaman upload ini berikutnya adalah menuliskan judul video berdasarkan panduan resmi dari YouTube.
Ada 2 petunjuk yang perlu kita perhatikan yang pertama judul yang menarik dapat membantu anda memikat penonton dan yang kedua ketika membuat judul video sebaiknya sertakan kata kunci yang kemungkinan besar akan digunakan penonton untuk mencari video seperti video Anda.

Mari kita coba menuliskan judul dengan dua panduan Ini.

Pertama kita Tuliskan kata kunci yang sudah disiapkan tadi yaitu teknologi otomotif lalu pikirkan kalimat lengkap kata kunci ini agar judul membuat penasaran dan memikat penonton misalnya “3 teknologi otomotif tercanggih yang segera hadir tahun ini”.

Teknologi tercanggih yang segera hadir tahun ini adalah sesuatu yang belum diketahui dan membuat penasaran penonton maka judul ini sudah sesuai dengan panduan dari YouTube tadi menggunakan kata kunci dan menarik minat penonton.

Berikutnya tambahkan deskripsi video kembali kita lihat panduan dari YouTube menulis deskripsi dengan kata kunci dapat memudahkan penonton menemukan video anda melalui penelusuran tempatkan kata kunci di awal deskripsi sesuai panduan tersebut.

Maka contoh deskripsi untuk video ini adalah “teknologi otomotif berkembang sangat cepat kecanggihan mobil tak semata-mata dilihat dari harga yang mahal dan teknologi bagus tapi juga bermanfaat bagi mobilitas dan produktivitas manusia Pada video ini akan dibahas 3 teknologi otomotif tercanggih yang segera hadir tahun ini".

Setelah selesai klik tanda panah ke kiri selanjutnya klik visibilitas publik ini setel visibilitas menjadi tidak publik tujuannya ini agar kita bisa melakukan optimasi setting terlebih dahulu pada semua aspek sehingga nanti Saat disetting publik semakin berpotensi mendapatkan banyak video.

Setelah selesai klik tanda panah ke kiri < klik berikutnya untuk masuk menu pilih penonton jika isi konten video mentargetkan penonton anak-anak pilih ya video ini dibuat untuk anak-anak jika bukan maka pilih tidak dibuat untuk anak-anak.
Setelah selesai klik upload video maka video kita mulai proses upload ke Youtube tunggu hingga proses upload selesai, lamanya tergantung durasi kualitas resolusi video yang digunakan, serta kecepatan internet untuk video berdurasi lima menit seperti ini kira-kira membutuhkan waktu 5 sampai 20 menit pastikan handphone tetap menyala dalam rentang waktu tersebut .

Selanjutnya Buka aplikasi YouTube Studio. Video yang baru diupload akan muncul di konten paling atas ini klik titik tiga di sebelah kanan judul lalu pilih edit video.
Secara Default YouTube akan memilihkan tumbnail yang berasal dari screenshot adegan dalam video. Untuk mengupload tumbnail custom. Jika channel baru biasanya perlu ada verifikasi no handphone. Lakukanlah verify melalui computer/laptop.

Jika sudah verify Klik tombol pensil yang ada di kiri atas klik tumbnail custom lalu pilih file tumbnail yang sudah kita siapkan tadi. Selanjutnya pastikan tumbnail sudah muncul lalu klik selesai.

Berikutnya klik tambahkan playlist lalu pilih playlist yang sudah ada jika belum ada maka bisa dikosongkan terlebih dahulu selanjutnya, klik opsi lainnya.
Pada kolom tag ini adalah panduan resmi dari YouTube tag  berperan kecil dalam membantu penonton menemukan video anda.
Jadi kolom tag ini boleh diisi dengan kata kunci boleh juga dikosongkan bukan berarti yang dikosongkan performa videonya lebih bagus tapi lumayan mengurangi pekerjaan kita saat upload video

Selanjutnya memilih kategori pilih kategori yang paling sesuai dengan isi konten videonya ini di-upload contoh pada video ini yang paling sesuai adalah mobil dan otomotif tidak ada yang sesuai maka pilih yang paling mendekati jika tidak ada juga bisa pilih kategori yang paling umum yaitu blog dan orang.

Untuk lisensi pilih lisensi YouTube standar dan untuk visibilitas komentar sebaiknya pilih komentar yang berpotensi tidak sopan agar ditinjau khusus untuk konten anak-anak komentar dinonaktifkan oleh YouTube secara otomatis.
 
Setelah selesai klik tanda panah ke kiri langkah berikutnya adalah setting visibilitas ada 2 opsi agar video bisa ditonton opsi pertama adalah publik artinya video langsung bisa ditonton saat ini juga sekarang juga dan opsi 2 adalah jadwalkan, klik dan pilih tanggal Kapan video ini kita rencanakan untuk menjadi publik misalkan kita jadwalkan publik

Lalu klik ok dan pilih jam berapa akan menjadi public, lalu klik ok maka telah berhasil kita jadwalkan video ini akan otomatis berubah visibilitas nya dari tidak publik menjadi public.
Setelah selesai klik tanda panah ke kiri setting video di aplikasi YouTube studio ini sudah selesai dan klik simpan.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan end screen atau layar akhir buka browser Chrome.

Buka Browser Chrome lalu ketik studio.youtube.com maka kita akan masuk ke YouTube studio versi situs desktop.

Klik menu content di sebelah kiri pilih video yang akan ditambahkan layar akhir lalu klik judul videonya.

Berikutnya klik edit dengan tombol gambar pensil maka akan masuk halaman detail video Scroll kebawah hingga muncul menu layer akhir.

Disebelah kanan klik menu tersebut untuk menambahkan layer akhir klik elemen ada 5 elemen yang bisa ditambahkan yaitu Video, Playlist, Subscribe, Channel dan Link.

Misal kita akan menyarankan penonton menonton video berikutnya maka pilih video atur posisi layar akhir yang diinginkan misal di kanan atas.

Selanjutnya memilih video apa yang kita inginkan agar ditonton selanjutnya bisa Video upload terbaru, video terbaik untuk penonton menurut YouTube dan pilih video tertentu.

Jika kita ingin layar akhir yang tertarget pilih salah satu dari semua video di channel Scroll kebawah.

Berikutnya Kita tentukan mulai menit keberapa layar akhir ini muncul klik dan tahan ujung dari bar berwarna biru ini lalu geser kekanan sampai berapa menit.

Sebelum akhir dari video sesuai yang kita inginkan untuk mengecek waktu munculnya sudah pas atau belum Klik tombol Play.

Jika ingin menambahkan elemen lain misalnya tombol subscribe lalu pilih subscribe Scroll kebawah waktu kemunculan tombol subscribe ini sebaiknya sama dengan elemen video sama seperti tadi klik dan tahan ujung bar biru ini geser kekanan hingga sama dengan elemen video setelah selesai klik simpan.

Maka kita sudah berhasil menambahkan layar akhir pada video yang baru diupload ini setelah mengupload video.

Langkah selanjutnya bagi youtuber pemula adalah membaca data analytics dan menganalisa kekurangan yang ada sehingga dapat melakukan perbaikan pada saat upload video video selanjutnya.




Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar