"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Game Android di PC (Komputer) dan Laptop - Aplikasi Emulator Android Recomended

Recomended Aplikasi Emolator Android - Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Game Android di PC (Komputer) dan Laptop
BAHYUDINNOR.COM - Menjalankan aplikasi android di dalam komputer dan Laptop adalah salah satu cara bagi kamu yang sedang mengalami masalah pada smartphone-nya, entah itu karena rusak atau masalah lainnya atau memang tidak ingin menginstalnya di smartphone.

Bukan hanya aplikasi android saja, anda juga bisa memainkan game android di PC dengan ukuran layar yang lebih luas tentunya. Bahkan anda juga merasakan serunya bermain game android menggunakan mouse dan keyboard layaknya game PC.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menjalankan aplikasi Android ber-ekstensi .APK di komputer/Laptop. Cara yang saya tunjukkan ini adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu menggunakan emulator android bernama Memu Play.

Nah, bagi anda yang penasaran bagaimana cara menjalankan aplikasi android di PC menggunakan Emulator Android, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menggunakan Emulator Android Memu Play

Secara sederhana, Emulator Android adalah sebuah program (software) yang berfungsi untuk menjalankan sistem operasi android di dalam lingkungan Windows dan Mac. Dengan emulator android kita bisa melakukan banyak hal, seperti browsing, streaming video, chatting, video call, dll layaknya sebuah smartphone.

Saat ini sudah banyak emulator android yang bisa kita jumpai, beberapa di antaranya yang populer yaitu MEmu Play, Nox App Player, BlueStacks, Phoenix OS dan masih banyak lagi. Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing emulator.

Namun pada tutorial kali ini saya akan menggunakan emulator MEmu Play. Selain lebih ringan, emulator ini juga dilengkapi dengan fitur yang cukup banyak. Oke langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama download dulu emulator MEmu Play di PC Windows anda melalui website resminya di https://www.memuplay.com/. Kemudian install seperti biasa. 
  2. Selesai diinstall, jalankan emulatornya.
  3. Setelah terbuka, tahap berikutnya yaitu menginstall aplikasi atau game yang diinginkan melalui Google Play Store.
  4. Sama seperti ponsel android, anda diharuskan untuk login terlebih dahulu menggunakan akun Google untuk bisa menggunakan Play Store.
  5. Namun jika aplikasi nya sudah ada dikomputer/laptop tinggal anda instal melalui melalui menu yang ada di Memu Play seperti tahapan pada gambar dibawah. 

  6. Berikut tampilan game android yang dijalankan dengan emulator MEmu Play.
    Memainkan game android di memu play

Jika masih bingung bagaimana cara download dan lain sebagainya. Silahkan simak video yang saya berikan ini dibawah.


Jika anda ingin memainkan game android, anda harus melakukan setting keyboard dan mouse, proses pengaturan ini dikenal dengan keymapping. Menu keymapping bisa anda temukan melalui tombol seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut. 

Ikon Menu KeyMapping

Selanjutnya silakan diatur tata letak keyboard dan fungsi mouse sesuai dengan game yang anda mainkan.

Kelebihan dan Kekurangan Emulator Android Memu Play:

  • Kelebihan: Sangat mudah dalam melakukan instalasi, serta bisa digunakan bersamaan dengan aplikasi Windows lainnya.
  • Kekurangan: Terasa sangat berat dan sering lag saat bermain game jika dijalankan pada komputer spesifikasi rendah. Hal ini disebabkan karena emulator android dan Windows harus berbagi RAM dan CPU.

Nah, itu dia tutorial tentang Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Game Android di PC (Komputer) dan Laptop yang bisa anda coba. Jika anda ingin menjalankan aplikasi android sambil bekerja dengan aplikasi Windows, anda cukup menginstall Emulator Android.

Sumber Artikel
omkomputer.com

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar