"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

√ 17 Cara Mengecilkan atau Kompres Ukuran Foto Secara Online Dengan Mudah dan Praktis

Berikut caranya Buka situs web https://tinypng.com/ Klik kotak yang bertuliskan "Drop your, .png or .JPEG file here!". Kemudian pilih file foto-

BAHYUDINNOR.COM - Satu hal yang perlu diperhatikan  blogger saat membuat artikel adalah pastikan fotonya tidak terlalu besar. Jika foto Anda terlalu besar, dapat memperlambat waktu pemuatan posting blog Anda. Anda dapat membaca posting saya kemarin tentang cara memeriksa kecepatan blog atau situs web Anda. 

Table of Contents

Ini juga berlaku untuk banyak hal yang biasanya kita lakukan jika ingin membagikan file foto dengan teman dan kerabat. Namun, jika file berukuran besar dan Anda ingin mengirimkannya melalui media sosial, Anda perlu mengecilkan file tersebut.

Solusi dari masalah ini adalah memperkecil ukuran foto sebelum di upload. Proses memperkecil ukuran foto ini bisa kamu lakukan dengan manual atau otomatis dengan menggunakan tools kompres foto atau resize.

APA ITU COMPRESS FOTO /RESIZE FOTO?

Resize foto adalah Mengurangi ukuran foto menjadi yang lebih kecil tanpa mengurangi kualitas foto. Teknik resize foto biasa digunakan oleh orang2 perkantoran hingga blogger. Karena mereka ada sangkut pautnya dengan ukuran foto. Intinya di sini adalah bahwa dalam pekerjaan mereka, mereka perlu memiliki alat kompresi foto. Foto-foto yang ia unggah berkualitas tinggi namun tetap  minimalis.

Ini sangat berguna untuk blogger dan penulis. Ini karena foto menjadi lebih kecil ketika diperkecil. Ini memungkinkan Anda untuk membebaskan situs web yang berisi foto-foto Anda. 

Blogger ingin menambahkan foto ke artikelnya. Namun, ukuran foto telah mencapai 400kb, yang dapat memengaruhi kecepatan situs Anda. Oleh karena itu, mengubah ukuran atau mengompresi ukuran foto adalah cara mereka. 

Pada postingan kali ini, saya akan membagikan beberapa sumber referensi situs kompresi foto online yang direkomendasikan oleh administrator. Semua situs ini gratis untuk digunakan. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki fitur lain selain mengompresi foto. Oleh karena itu, Anda dapat mengedit foto Anda di satu situs web dalam satu waktu. 

Menariknya, Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak atau aplikasi tertentu. Yang harus Anda lakukan adalah mengunggah dan mengedit foto Anda secara online. Ingin tahu situs web mana yang dapat Anda gunakan?

APLIKASI KOMPRES FOTO ONLINE

 1. Online Image Optimizer (http://www.imageoptimizer.net) 

Jika kamu ingin kompres foto sekaligus mengonversinya ke jenis file lain, maka Online Image Optimizer bisa kamu gunakan. Selain fitur tersebut, kamu pun bisa mengupload foto melalui URL. 

Jadi, kamu tidak perlu repotrepot untuk mendownload foto terlebih dahulu sebelum dicompress. Sayangnya ukuran maksimal foto yang bisa kamu upload di situs ini adalah 2,86 MB. 

2 Compressor.io (https://compressor.io) 

Compressor.io adalah situs web gratis untuk mengompresi foto  tanpa mengurangi kualitas gambar. Bahkan, Environment Gallery mengklaim bahwa situs ini dapat mengurangi ukuran file hingga 90%. 

Tidak hanya itu, halaman ini memungkinkan Anda untuk mengompres berbagai jenis foto  seperti PNG, JPEG, GIF, SVG, dan lainnya. 

3. JPEG Optimizer (http://jpegoptimizer.com) 

JPEG Optimizer memungkinkan Anda mengunggah dan mengompres foto secara gratis. Fitur hebat dari situs ini adalah Anda dapat mengubah ukuran foto  sebelum mengompresnya. Pengoptimal JPEG juga memungkinkan Anda memilih tingkat pengoptimalan yang mengontrol kualitas  gambar.

4. CompressNow (https://compressnow.com) 

Sebagian besar situs web kompresi foto online menampilkan hasil kompresi di berbagai halaman. Namun, CompressNow tidak. 

Situs  ini menampilkan foto asli dengan hasil kompresi pada halaman yang sama. Oleh karena itu, Anda bisa langsung membandingkan keduanya. CompressNow mendukung empat format foto: JPG, JPEG, GIF dan PNG. Anda dapat mengunggah foto dengan ukuran maksimal 9MB. 

5. ImageRecycle (https://www.imagerecycle.com) 

TinyPNG bukan satu-satunya situs yang menawarkan plugin WordPress. Rupanya ImageRecycle  memiliki layanan yang sama. 

Bahkan, pilihan plugin WordPress, Joomla, Magento dan Shopify lebih lengkap.  Sitsu Dapat mengompres foto secara online. Ada tiga format file yang didukung: PDF, JPEG, dan PNG. 

6. iLoveIMG (https://www.iloveimg.com) 

iLoveIMG mungkin adalah pilihan terbaik. Pasalnya, situs yang satu ini tidak hanya menawarkan layanan kompres foto secara online. 

Lebih dari itu, kamu bisa convert, crop, rotate, hingga menambah berbagai elemen ke fotomu. Bahkan, kamu bisa menambah watermark sendiri. 

7. Optimizilla https://imagecompressor.com) 

 Khawatir kualitas fotomu menurun ketika menggunakan situs kompres foto online? Jangan khawatir. Optimilla sudah menggunakan algoritma  canggih. Situs ini dapat memperkecil ukuran dengan tetap menjaga kualitas foto. Mirip dengan dua halaman sebelumnya, Optimilla juga dapat mengompres 20 foto sekaligus.

Anda juga dapat mengatur tingkat kompresi sesuai keinginan Anda. Sayangnya, iLoveIMG hanya tersedia dalam tiga format file: JPG, PNG dan GIF. 

8. TinyPNG (https://tinypng.com) 

Salah satu situs kompresi foto online paling populer adalah TinyPNG. Situs ini terlihat lebih menarik daripada situs pesaing. Namun, fungsinya masih mudah dipahami. Foto canggih ini terlihat dari banyaknya foto yang dikompresi oleh TinyPNG, yang jumlahnya lebih dari satu juta. 

Sayangnya,  satu halaman ini hanya dapat mengompres dua format file,  PNG dan JPG. Namun, Anda dapat mengompres 20 foto sekaligus. Ukuran maksimum setiap foto adalah 5MB. Menurut Galeri Envira, TinyPNG menyediakan plugin WordPress. Ini adalah cara untuk mengompres foto Anda secara langsung dengan CMS WordPress. 

9. Kompres JPEG (https://compressjpeg.com/id) 

Kompres JPEG terlihat sangat sederhana. Oleh karena itu, Anda tidak perlu waktu khusus untuk menjelajahinya. 

Situs  ini dapat digunakan untuk mengkompres foto secara online. Format file yang didukung termasuk JPG, PNG, GIF, PDF, dan SVG. Pasalnya, seperti yang ditulis Tirto, CompressJPEG mampu mengompresi ukuran foto hingga 73 persen. 

CompressJPEG pada halaman target dapat mengompres hingga 20 foto sekaligus. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengunggah foto satu per satu. 

10. Alat JPG Online  (https://onlinejpgtools.com/resizejpg) 

Situs web ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ukuran (piksel) dan rasio aspek file JPG sebelum kompresi. Ini berarti bahwa pengguna bebas memilih ukuran yang mereka inginkan untuk output. Saat diuji pada file JPG dengan kapasitas 288Kb dan ukuran 1280x800 piksel, ukurannya adalah 300x180 piksel dan output setelah proses kompresi adalah 13Kb. 

11. Toolur (https://compressimage.toolur.com) 

Alat-alat ini tidak jauh berbeda dengan alat pengeditan online  lainnya yang disebutkan di atas. Ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan ukuran dan kualitas kompresi. Pengujian menghasilkan 64KB output dari 288KB input  dengan kualitas kompresi 80%.

12. ReduceImage (https://www.reduceimages.com) 

Reduce Images juga memberikan kemampuan penyesuaian dan pengubahan ukuran sebelum proses kompresi. Dari  file JPG 288KB eksperimental dengan opsi untuk mengompresi kualitas hingga 70%, hasilnya adalah 157KB. 

13. PS2PDF (https://www.ps2pdf.com/resizejpg) 

PS2PDF menawarkan opsi lengkap untuk kompresi serta pengeditan untuk mirroring, rotasi, pemangkasan, dan pemilihan kualitas kompresi 10-90%. Secara keseluruhan, lima alat pengeditan online  di atas dikemas dengan banyak iklan. Ini bisa sangat mengganggu, karena iklan yang Anda lihat bisa jadi adalah iklan pop-up.

Catatan: Semakin tinggi rasio kompresi, semakin rendah  resolusi file JPG. Ini berarti bahwa hasilnya mungkin buram atau detail tertentu mungkin tidak jelas. Kami menyarankan Anda untuk tidak melebih-lebihkan opsi kompresi selama output memenuhi persyaratan BKN 200Kb atau kurang. 

 14. OnlineIageTool

Situs yang beralamat (https://www.onlineimagetool.com/en/compresspngjpgwebpgif) merupakan Alat gambar online juga menyertakan halaman kompresi gambar. Dengan halaman ini, Anda dapat mengompresi gambar dalam hitungan detik secara gratis, tanpa  ukuran atau jumlah gambar apa pun. Situs ini cocok untuk mereka yang menyukai barang gratisan. 

Format yang tersedia di website ini adalah  PNG, WebP, JPG, dan GIF. Situs ini dapat memampatkan gambar hingga 90% tanpa mengurangi kualitas gambar. Anda bahkan dapat mengompres ratusan gambar  di komputer Anda. 

Keunggulan  situs web ini adalah  teknologi tanpa server, yang  hingga 11 kali lebih cepat daripada alat kompresi gambar online lainnya dan dapat secara instan mengompresi gambar bahkan pada koneksi yang lambat. 

 15. IMG2GO (https://www.img2go.com/id/kompresimage) 

 Website ini memiliki banyak fitur, salah satunya adalah fitur kompresi gambar. Website ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengunggah gambar menggunakan komputer Anda, tetapi Anda juga dapat mengunggah gambar dari Google Drive, Dropbox, dan  URL yang tersedia di web. 

 16. COMPRESS2GO

Situs yang beralamat di https://www.compress2go.com/id/kompresimage merupakan Compress2go menyediakan fungsi kompresi gambar  gratis. Anda dapat mengunggah beberapa gambar sekaligus. Situs ini menawarkan unggahan gambar selain komputer. Unggahan ini juga tersedia dari Google Drive, Dropbox, dan tentu saja URL yang  dapat diakses melalui web. 

17. Imagesmaller (http://www.imagesmaller.com) 

Situs berikutnya untuk mengompresi gambar ke ukuran yang lebih kecil  adalah imagesmaller.com. Di halaman ini  Anda dapat mengurangi gambar menjadi 50MB. Situs ini dapat mengoptimalkan hingga 90 gambar dalam format PNG, JPG, dan JPEG.  Cara mengompres foto online melalui 

CARA KOMPRES FOTO ONLINE

Sebagai contoh saja disini admin memberikan panduannya mengunakan situs TinyPNG. Berikut caranya

  1.  Buka situs web https://tinypng.com/ 
  2.  Klik  kotak yang bertuliskan "Drop your, .png or .JPEG file here!".
  3. Kemudian pilih file foto-foto yang mau di kompress. 

  4.  Tunggu sampai foto terupload lengkap. 
  5.  Proses kompresi berjalan bersamaan dengan proses upload foto. 
  6.  Klik tombol Unduh untuk mengunduh foto terkompresi.


TinyPNG sama dengan I LoveIMG dan CompressJPEG. Anda tidak dapat secara manual menentukan ukuran file foto yang akan dikompresi. 

Ini adalah cara mengompres foto agar ukuran file foto tidak terlalu besar. Setelah mengunduh hasil kompresi foto, jangan lupa untuk memeriksa hasil foto yang diperkecil. 

Demikianlah, 17 Cara Mengecilkan atau Kompres Ukuran Foto Secara Online Dengan Mudah dan Praktis serta tidak kehilangan kualitas aslinya. Kami berharap artikel ini akan membantu Anda dalam pekerjaan Anda dan di dunia digital.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar