"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

√ Cara Benar Setting Channel YouTube Agar Banyak Penonton, Subscriber, Monetisasi Dan Dapat Uang 2022

Cara Benar Setting Channel YouTube Agar Banyak Penonton, Subscriber, Monetisasi Dan Dapat Uang 2022

BahyudinNor.Com - Memenuhi channel YouTube yang ingin berkembang dan menghasilkan uang dari YouTube, maka harus mengikuti persyaratan yang telah ditetapkan oleh channel youtube. Jika ingin sukses channelnya harus disetting dengan lengkap dan mengaktifkan beberapa fitur.

Table of Contents

Sebagai contoh ketika mengetikkan nama channel  di kolom pencaharian maka mesin pencari youtube akan menampilkan channel yang sedang dicari dan beberapa videonya dan YouTube juga merekomendasikan beberapa channel lain yang relevan dengan channel yang sedang dicari.

Nah di postingan ini saya akan membantu anda mengatur channel YouTube anda sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh YouTube dan hal ini sangat berpengaruh terhadap channel dan mudah untuk mendapatkan viewer yang banyak segera mencapai 1.000 subscriber dan 4000 jam tayang, tentunya, nantinya akan dimonetisasi dan menghasilkan uang dari YouTube.

Nah, disini kita masuk dulu ke YouTube studio pake google, tinggal ketik studio.youtube.com terus masuk atau ganti akun akan disetting

Untuk menampilkan mode dekstop silahkan klik titik 3 di pojok kanan atas dan pilih Situs Dekstop.

Nah setelah berhasil masuk ke YouTube studio kita mulai dari yang pertama yaitu pengaturan channel.

Setting Channel


Caranya klik gear dan masuk ke pengaturan channel, biasanya channel YouTube yang baru atau belum pernah di atur di negara domisilinya belum terisi dan ini adalah salah satu penyebab channel YouTube kita tidak mendapatkan viewer karena negara domisili.

Pengaturan Channel Pemula
Ikon Setting Channel

Pengaturan Channel Pemula
Pengaturan Channel Pemula

Basic Info

Jika anda melakukan domisili di luar negeri anda masih bisa menargetkan viewers ke Indonesia dengan cara mengatur negara domisili ke Indonesia, channel anda akan disebarluaskan ke negara sesuai yang anda pilih setelah menentukan negara domisili selanjutnya adalah keyword channel.

Keyword channel ini tidak hanya membantu pemirsa menemukan channel kita tetapi juga membantu YouTube untuk merekomendasikan channel dan video kita. jadi istilah keyword channel sesuai dengan topik video yang dibahas di channel anda dan jangan lupa juga masukkan atau tambahkan nama channel YouTube kalian.

Advanced Settings


Kemudian kita beralih ke pengaturan lanjutan mulai dari menentukan penonton apakah channel kita dibuat untuk anak-anak atau tidak, kemudian kita cek teks otomatis agar kita mencegah kata-kata yang tidak pantas di subtitle video kita, 

Kemudian kita bisa menampilkan atau menyembunyikan jumlah subscriber pada channel kita dan disini saya sarankan untuk m cukup tampilkan nomor subscriber anda kemudian izinkan penonton untuk mengambil klip pada video kita.

Feature Eligibility


Kemudian kita beralih ke kelayakan fitur. Disini ada tiga fitur yaitu fitur standar, menengah, dan lanjutan dan disini kita harus mengaktifkan semua fitur standar biasanya sudah otomatis aktif kemudian fitur menengah akan aktif jika sudah diverifikasi dengan nomor telepon.

Jadi anda hanya perlu memasukkan nomor telepon anda dan memasukkan kode verifikasi.

Setelah aktif, channel Anda akan dapat mengunggah video lebih dari 15 menit, menjadikannya live streaming khusus dan mengklaim ID konten. 

Kemudian yang ketiga, fitur lanjutan Ini harus kita aktifkan dan itu wajib. karena ini salah satu syarat untuk mengajukan monetisasi, ada tiga cara yang harus kita pilih, salah satunya adalah mengaktifkan fitur lanjutan, Yang pertama adalah verifikasi video, yang kedua bisa dengan mengirimkan ID yang valid atau yang ketiga akan otomatis aktif dengan mengirimkan ID yang valid ke channel history.  Jadi jika channel kita aktif dalam memposting konten dengan sendirinya fitur-fitur lanjutan akan otomatis aktif.

Feature-Eligibility-Advanced.png

Setelah mengatur semuanya, yang harus kita lakukan adalah klik save. Hal selanjutnya yang perlu di atur lagi adalah penyesuaian channel. Kita masuk dulu bagian 

Channel customization

Layout

Penyesuaian pertama adalah bagian channel layout.  Nah disini kita bisa menampilkan cuplikan video untuk penonton yang belum berlangganan video untuk menonton yang sudah berlangganan dan di bagian featured ini kita bisa menambahkan bagian lain untuk kita tampilkan di halaman awal channel kita.

Branding

Kemudian branding kita bisa langsung upload foto profil, gambar banner dan watermark video langsung dari galeri handphone kita dan ukuran gambar ini harus sesuai dengan yang telah direkomendasikan oleh youtube , di bagian Watermark video ini akan otomatis ditampilkan di video kita dan jika penonton menonton dalam mode desktop.

Basic Info

Watermark ini akan bisa di klik oleh viewers untuk subscribe channel YouTube kita kemudian kita lanjut ke bagian info dasar.

Pada bagian Info Dasar/Basic Info yang pertama yaitu kita bisa mengubah nama channel tapi disini saya sarankan untuk tidak mengubah nama channel kalian karena bisa mengganggu pertumbuhan channel YouTube.

Selanutnya, kita harus mengisi deskripsi channel ini karena bukan hanya untuk memberikan informasi kepada penonton tetapi ini juga akan memberikan informasi kepada Youtube dan berpengaruh terhadap penemuan channel YouTube kita seperti yang saya peragakan tadi ketika mencari kata-kata acak di kolom pencarian YouTube maka youtube merekomendasikan channel YouTube.

Di kolom deskripsi channel YouTube pasanglah kata kunci yang sesuai channel youtube kita, bahkan kata-kata serumit itu pun masih bisa terbaca oleh sistem youtube jadi isilah kolom deskripsi ini dengan beberapa kata kunci yang sesuai dengan tema channel youtube anda untuk memudahkan viewers menemukan channel youtube anda dan jangan lupa juga masukkan nama channel youtube anda.

Kemudian ubah url atau buat link channel youtube dengan nama channel kita sendiri agar nantinya akan lebih mudah untuk kita share channel youtube saya sekarang, 

Ada beberapa persyaratan untuk bisa membuat custom URL yang pertama adalah channel tersebut harus memiliki minimal 100 subscriber kemudian channel tersebut minimal sudah berumur 30 hari dan sudah memasang foto profil dan banner YouTube atau gambar cover kemudian pada bagian link disini kita bisa menambahkan link dari akun media sosial kita yang lain dan link ini juga tidak hanya muncul di bagian tentang channel saja

Tetapi juga bisa ditampilkan di bagian banner YouTube kita tentunya jika nanti ditampilkan dalam mode desktop Nah setelah kita selesai mengatur semuanya untuk menyimpan perubahan tersebut kita tinggal klik publish Setelah mengatur channel YouTube kita dengan baik dan benar, kemudian video.

Kita juga harus menerapkan SEO untuk mendukung semua optimasi yang telah diterapkan pada channel YouTube kita.

SEO

SEO adalah singkatan dari search engine optimization atau yang artinya optimasi mesin pencari menerapkan SEO pada channel dan video, tidak hanya untuk memaksimalkan penemuan tetapi juga berguna untuk menjangkau pemirsa di tempat-tempat pencarian dan penemuan video di YouTube seperti di kolom pencarian YouTube, halaman beranda YouTube, merekomendasikan video dan masih banyak lagi lainnya,

Cara mengaplikasikan konten pada video adalah dengan membuat metadata video yang maksimal seperti judul video, deskripsi video teks video dan kategori video semuanya harus lengkap dan mengandung kata kunci yang memudahkan pemirsa menemukan video kita, cara lengkap untuk mengatur metadata video yang akan kita bahas di postingan selanjutnya.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua follow blog ini agar kita bisa terus terhubung.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar