"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Pilih Blogspot atau WordPress, Manakah yang Terbaik Untuk Blogger Pemula?

Salah satu pernyataan yang paling sering muncul ketika seseorang ingin membangun sebuah blog atau website adalah platform manakah yang harus dipilih?
Pilih-Blogspot-atau-CMS-Wordpress.jpg

BAHYUDINNOR.COM 
- Salah satu pernyataan yang paling sering muncul ketika seseorang ingin membangun sebuah blog atau website adalah platform manakah yang harus dipilih, Blogspot atau WordPress? Mana yang lebih baik untuk blog Anda, Blogger atau WordPress? Artikel ini menjelaskan perbedaan antara Blogger dan WordPress.

Jika Anda  ingin memulai sebuah blog dan tidak tahu apakah akan memilih Blogspot atau WordPress, melakukan riset pertama tidak ada salahnya. Banyak  website memiliki informasi menarik untuk dibaca tentang perbedaan pilihan Blogspot dan WordPress. Semuanya berisi informasi yang berguna, tergantung sudut pandang Anda.

Saat ini sudah ada banyak CMS yang bisa sahabat Blogger pilih untuk memulai website atau blog Anda. Blogspot dan WordPress adalah dua pilihan platform terpopuler sampai sekarang. 

Keduanya memiliki banyak kelebihan dan kekurangannya masingmasing. Nah untuk sahabat Blogger yang belum tahu banyak tentang kedua platform tersebut, Anda ditempat yang tepat! 

Pada artikel berikut ini, kami akan membahas semua yang sahabat Blogger perlu ketahui tentang Blogspot dan WordPress. Mulai dari pengertian, perbedaan, dan juga keunggulan. 

Yuk langsung saja kita cari tahu manakah platform CMS terbaik untuk blog Anda, apakah itu Blogspot atau WordPress!

Sebelum menentukan apakah Blogspot atau WordPress yang terbaik untuk memulai blogging, berikut adalah review dan pengenalan singkat tentang kedua platform tersebut. 

Platform Blogspot 

Sebenarnya, Blogspot adalah nama subdomain gratis (/blogspot.com) yang diberikan oleh platform blogging terkenal bernama Blogger. 

Namun, meskipun nama platform blogging resimnya adalah Blogger, lebih banyak orang yang mengenal platform ini dengan sebutan Blogspot.

Blogspot sendiri adalah platform blogging populer yang didirikan pertama kali pada tahun 1999. Setelah mendapatkan banyak pengguna, platform ini lalu dibeli oleh Google pada tahun 2002.

Ini berarti semua blog di Blogspot ada pada server Google. Sehingga fitur-fitur yang ada pada Blogspot terhubung dengan layanan Google lainnya seperti Google Ads dan lain sebagainya. 

Blogspot atau Blogger bisa digunakan secara gratis. Namun tentunya blog gratis pada platform tersebut akan menggunakan subdomain .blogspot alihalih sebuah custom domain. 

Berkat interfacenya yang intuitif dan ramah pengguna, Blogspot adalah salah satu platform yang paling tepat untuk orang yang pertama kali masuk ke dunia blogging. 

Selain itu, karena Blogspot dimiliki oleh Google, maka semua fitur bawaan dan support ada di tangan Google. Anda tidak perlu khawatir tentang website dan juga server maintenance. 

Namun karena website di blogspot dipantau secara langsung oleh Google, website Anda akan langsung dihapus jika terbukti melanggar peraturan penggunaan blogspot. 

Platform CMS WordPress 

WordPress adalah salah satu CMS populer yang banyak digunakan oleh top website di dunia. Platform ini mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan untuk membangun website apapun. Berbagai plugin yang tersedia di WordPress memudahkan untuk membuat blog, situs e-commerce, situs pendidikan, dan lainnya.

Tidak hanya itu, WordPress dikenal mudah  digunakan dan dipelajari, Sobat Blogger! Ada banyak tutorial dan forum online  yang dapat membantu Anda menggunakannya. Pada Platform Wordpress banyak  yang tidak tahu bahwa ada dua versi WordPress. WordPress.com dan  WordPress.org.

WordPress.com adalah platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog dan situs web secara gratis. Tentu saja, dengan sarana dan sumber daya  yang terbatas. Cukup buat akun, berikan domain Anda  dengan subdomain WordPress (.wordpress.com), pilih template yang Anda butuhkan dan mulai perjalanan blogging Anda. 

Namun, ada banyak keterbatasan yang akan Anda temui saat menggunakan platform ini. Misalnya, Anda tidak  menggunakan plugin, atau Anda tidak dapat melacak statistik pengunjung blog.

Jika Anda ingin platform CMS yang lebih baik, WordPress selfhosted atau WordPress.org adalah solusinya. Platform ini lebih fleksibel dibandingkan dengan versi .com dan juga Blogspot. 

Dengan WordPress.org, Anda akan mendapatkan hak penuh untuk mengelola dan mengatur website dan blog Anda sesuai kebutuhan. Custom plugin, template, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menggunakan dan menginstall WordPress.org, Anda harus mempunyai sebuah web server (hosting) dan nama domain. 

WordPress VS Blogspot

Sekarang setelah Anda mengetahui pentingnya Blogspot dan WordPress, mari kita jelajahi perbedaan antara keduanya. 

Manajemen dan kepemilikan 

Blogspot tidak memiliki kontrol dan kepemilikan penuh atas blog dan situs web dalam hal kontrol dan kepemilikan saat menggunakan platform, tetapi WordPress memberikan  kontrol dan kepemilikan penuh atas situs web dan blog. Menjadi open source, Anda bebas untuk mengkonfigurasi dan mengubahnya. 

Kustomisasi 

WordPress menawarkan ribuan tema dan plugin yang dapat Anda tambahkan ke situs web Anda secara gratis. CMS ini memudahkan untuk membuat semua jenis situs web. 

Sebaliknya, Blogspot memiliki pengaturan dan opsi penyesuaian yang lebih terbatas. Anda hanya dapat memilih template yang disediakan lalu mengaturnya dengan metode drag & drop. Karena Blogspot tidak menyediakan plugin dan juga ekstensi yang bisa menambahkan fitur pada blog Anda. Namun, fitur yang ada pada Blogspot sebenarnya juga sudah cukup untuk pemula. 

Maintenance 

Nah dalam hal maintenance, Blogspot dan WordPress juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 
Menggunakan WordPress, Anda memiliki akses penuh terhadap blog dan juga website. Ini berarti Anda akan bertanggung jawab atas semua maintenance situs tersebut. 
 Sebaliknya, Anda tidak perlu repot melakukan ini semua saat menggunakan Blogspot. Google akan melakukan sebagian besar maintenance dan support yang website Anda butuhkan 

Perbedaan dari Keunggulan Blogspot atau WordPress

Nah setelah membahas pengertian dan perbedaan kedua platform CMS tersebut, berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki Blogspot dan WordPress:

Keunggulan Platform Blogspot 

- Gratis 
Anda dapat menggunakan Bloggerspot tanpa  membayar biaya. Anda tidak memerlukan domain atau hosting untuk memulai  blog.

- Kemudahan Penggunaan
Berkat dasbor intuitif dan wizard yang mudah digunakan, Anda dapat meluncurkan dan menjalankan blog Anda dalam hitungan menit melalui Blogspot.

- Cocok Untuk Untuk Pemula
Blogspot tentu merupakan platform untuk pemula karena mudah digunakan dan dinavigasi.

- Domain Dapat Di Kustom
Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan nama domain Anda sendiri untuk membuat blog Anda terlihat lebih profesional, jadi tidak ada lagi embel-embel .blogspot pada blog anda.

- Integrasi dengan Google 
Blogspot sudah terintegrasi dengan produk Google lainnya. Ini berarti Anda dapat menikmati fitur Google saat Anda mulai blogging.

Keunggulan CMS WordPress 

- Fleksibilitas
WordPress adalah salah satu platform CMS yang paling fleksibel. Anda dapat membangun situs web dari semua ukuran, dari situs blog hingga toko online. Anda juga dapat dengan mudah menambahkan fitur  melalui plugin.

- Mobile Friendly
Secara default, WordPress memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan situs web atau blog  Anda di layar yang berbeda. Tidak diperlukan keahlian teknis untuk mengaktifkan fitur seluler responsif ini.

- Dapatkan kontrol penuh 
WordPress memberi Anda kendali penuh atas situs web dan blog Anda. Anda dapat dengan mudah mengelola situs web Anda dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

- SEO Friendly
Membuat website WordPress Anda lebih SEO friendly juga sangat mudah karena banyaknya plugin SEO yang tersedia. Selain itu, WordPress juga memiliki YOAST, salah satu plugin SEO terbaik.

- Mudah dipelajari
Platform WordPress sangat mudah dipelajari, bahkan untuk pemula. Tidak hanya dasbor yang intuitif, WordPress juga memiliki dokumentasi resmi dan forum online untuk memecahkan masalah potensial. 

Kesimpulan

Tentu anda sudah mengetahui perbedaan Blogspot dan WordPress dari penjelasan di atas, tapi bukankah anda sahabat Blogger?

Singkatnya, Blogspot cocok untuk pemula yang ingin mulai membuat situs web dan blog yang tidak memerlukan banyak sumber daya atau fitur tambahan.

Di sisi lain, WordPress  cocok untuk pengguna tingkat lanjut yang ingin membuat situs web dan blog dengan banyak fitur dan  template tambahan. Manakah dari semua penjelasan di atas yang lebih baik untuk ? Blogspot atau WordPress?

Jawabannya tergantung  kebutuhan masing-masing sobat Blogger.  Jika Anda membutuhkan platform CMS  yang memungkinkan Anda membangun situs web apa pun tanpa banyak batasan, WordPress adalah pilihan yang tepat. Tetapi jika Anda mencari platform sederhana yang mudah digunakan dan dapat memenuhi kebutuhan blogging Anda, Blogspot mungkin jawabannya.

Aktifkan Notifikasi Blog
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar