"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

✓ Cara Cek Backlink Blog dan Tools Terbaik Cek Backlink Checker

✓Cara Cek Backlink Blog dan Tools Terbaik Cek Backlink Checker

Backlink BLog

Jika Anda sedang mencari informasi tentang cara memeriksa backlink dan alat apa yang berguna untuk tujuan ini, Anda berada di artikel yang tepat.

Pada artikel ini, kami akan membahas apa itu backlink, mengapa backlink itu penting, dan beberapa website terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa backlink di situs web Anda sendiri dan situs web pesaing.

Daftar materi pembahasan

Apa itu backlink?


Backlink adalah tautan atau hyperlink dari situs web lain ke situs web Anda. Tautan dari situs web lain ini membantu situs web Anda mendapatkan lalu lintas web dan meningkatkan otoritas domain. Sebagai contoh, katakanlah website A memiliki artikel blog tentang tanaman hias.

Kemudian website B, sebuah marketplace online khusus tanaman hias, link ke artikel dari website A di salah satu website mereka. Dalam hal ini website A mendapatkan backlink dari website B.

Mengapa backlink penting?


Mendapatkan backlink dari website lain itu penting karena backlink merupakan salah satu faktor penentu otoritas situs Anda. Mengingat Authority merupakan salah satu faktor yang menentukan peringkat hasil pencarian Google, memiliki otoritas yang tinggi akan sangat bermanfaat bagi website Anda.

Dengan kata lain, semakin tinggi otoritas situs web Anda, semakin tinggi peluang Anda untuk mendapatkan peringkat pencarian di Google.

1. Dapat Meningkatkan Peringkat organik mesin pencari.

Jika situs web Anda direkomendasikan oleh banyak situs web lain, kemungkinan besar peringkat situs web Anda akan meningkat.

2. Mempercepat indexing

Crawler mesin pencari bekerja dengan mengikuti tautan dari situs web. Jika pengunjung menemukan situs web Anda, proses pengindeksan dapat berjalan lebih cepat

3. Dapatkan lebih banyak kunjungan

Jika rekomendasi tautan yang diberikan menarik dan bermanfaat, orang yang mengunjungi situs web akan rela mengklik sambil membaca konten.

Jenis Backlink Blog

Sebelum mempraktekkan cara cek backlink dari website lain, terlebih dahulu anda perlu mengetahui jenis-jenis backlink.

Tujuannya agar tidak melakukan kesalahan saat menerapkan backlink agar peringkat website Anda bisa meningkat.

- Backlink Dofollow

Backlink Blog Dofollow adalah jenis backlink yang paling banyak dicari oleh pemilik website. Jenis backlink ini memungkinkan mesin pencari Google untuk mengindeks tautan situs web.

Jadi situs web Anda mendapatkan referensi berkualitas baik yang layak untuk direkomendasikan kepada orang lain.

Manfaat backlink dofollow adalah robot crawler dapat mengikuti tautan tersebut untuk menentukan peringkat situs web.

- Backlink Nofollow

Backlink blog Nofollow adalah kebalikan dari tautan balik dofollow, yaitu robot perayap tidak mengunjungi tautan situs web.

Meskipun robot perayap mungkin tidak mengunjungi tautan yang diberikan, itu dapat membawa lebih banyak kunjungan situs web.

Selain itu, ada manfaat lain dari backlink nofollow, yaitu diversifikasi tautan, untuk menyeimbangkan persentase tautan dofollow dan nofollow.

Website Cek Backlink Blog

Saat ini ada banyak alat untuk memeriksa backlink (verifikasi backlink) untuk melihat situs web apa yang terhubung ke situs web Anda. Berikut adalah beberapa yang terbaik dari alat ini.

1. Ahrefs

Pemeriksa Tautan Balik Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu alat pengecekan backlink terbaik di pasaran saat ini karena dapat memberikan informasi yang komprehensif untuk membantu Anda memantau dan mendapatkan backlink.

Dengan alat ini, Anda hanya perlu memasukkan URL situs web Anda atau situs web pesaing Anda untuk mendapatkan informasi dari URL yang dimasukkan di profil tautan situs web.

Setelah memasukkan URL, Ahrefs akan menampilkan semua tautan ke situs web. Alat ini memberikan informasi tambahan seperti peringkat domain dan jumlah serta frekuensi domain yang tertaut ke situs web Anda.

2. Moz

Peramban tautan Moz

Moz Link Explorer adalah alat lain yang membantu Anda membangun profil backlink situs web Anda. Seperti Ahrefs, Anda hanya perlu memasukkan URL di bilah pencarian yang terdaftar untuk mendapatkan informasi backlink lengkap dari situs web.

Alat ini menampilkan informasi tambahan seperti tautan masuk, teks jangkar yang digunakan, otoritas situs web yang menyediakan tautan, dan juga hasil spam.

Untuk meringkas fitur Moz Link Explorer, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan alat ini untuk mengelola backlink di situs web Anda.

  • Cari tautan potensial.

  • Perbaiki tautan yang rusak di situs web.

  • Pantau tautan yang hilang (terjadi ketika situs web lain menghapus tautan ke situs web Anda).

  • Pantau tautan situs web pesaing.

  • Analisis teks jangkar yang digunakan dalam tautan balik.

3. SEMrush

Alat pembuat tautan SEMrush

SEMrush adalah alat SEO dengan database yang sangat besar yang diperbarui setiap hari. Ini menjadikan SEMrush salah satu alat pengecekan backlink paling akurat di luar sana.

Menggunakan SEMrush dapat membantu Anda mengelola strategi backlink situs web Anda dan melacak backlink dari banyak pesaing Anda secara bersamaan. Anda dapat menggunakan SEMrush untuk melakukan beberapa analisis backlink seperti:

  • Periksa tautan yang didapat situs web.

  • Periksa otoritas domain situs web yang menautkan.

  • Mengetahui anchor text yang digunakan.

  • Lihat URL dan judul halaman tautan.

  • Mengetahui dari mana tautan itu berasal (secara geografis).

4. Konsol Pencarian Google

Konsol Pencarian Google.

Google Search Console adalah salah satu alat terbaik yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk mengetahui situs web mana yang menyediakan tautan balik ke situs web Anda.

Di bagian 'Link', Anda dapat menemukan berbagai informasi menarik, termasuk situs web yang menerima banyak backlink, situs web yang menyediakan banyak tautan ke situs web Anda, serta teks jangkar yang digunakan untuk menautkan ke situs web Anda.

5. Ubersuggest

Editor tautan saran Uber

Ubersuggest adalah alat pemeriksa backlink gratis dari Neil Patel. Alat ini dirancang untuk membantu Anda mengetahui situs web mana yang menyediakan tautan balik ke situs web Anda. Ubersuggest dapat secara efektif membantu Anda dengan informasi berguna terkait dengan backlink:

  • titik domain

  • Hasil halaman

  • Jumlah backlink yang didapat halaman

  • Jumlah tautan Nofollow

  • Mengacu pada domain

  • teks jangkar

  • Jenis tautan

Cara Cek Backlik Blog

Jika anda sudah mengetahui penjelasan tentang apa itu backlink, manfaat dan jenis backlink. Sekarang saatnya mengecek backlink dari kompetitor.

Cara Cek Backlink Kali ini kita akan menggunakan tools SEO gratis Ubersuggest.com, kita akan menganalisa backlink website Bahyudinnor.com. Silakan ikuti petunjuk di bawah ini.

Kali ini menunjukkan kepada Anda cara memeriksa backlink menggunakan alat SEO dari Ubersuggest.com, sekarang berganti nama menjadi Neilpatel.com.

  1. Pertama, Anda mendapatkan skor otoritas domain, tautan balik, domain rujukan, dan lalu lintas organik setiap bulan.

  2. Kedua, Anda mendapatkan backlink overtime, Anda dapat melihat backlink dan domain rujukan di situs web Anda secara real time.

    Tautan balik paruh waktu
  3. Ketiga, Anda dapat melihat backlink baru dan hilang di situs web, dengan cara ini Anda dapat melanjutkan optimasi situs web.

    New-and-Lost-Referring-Domains.jpg
  4. Keempat, Anda dapat melihat domain rujukan berdasarkan otoritas domain dan distribusi artikel jangkar. Ini bisa menjadi acuan untuk optimasi kedepannya dengan menambahkan backlink dari situs DA tinggi dan juga memperbanyak anchor text.

    Referring-Domain-BY-DA.jpg

  5. Yang kelima adalah backlink. Anda bisa melihat sumber backlink website bahyudinnor.com dari mana saja.

    Backlinks

Anda juga akan diberikan informasi dari backlink Otoritas domain, otoritas halaman, teks jangkar Dan indeks terakhir.

Selain Ubersuggest oleh Neil Patel, ada tools SEO lain yang bisa Anda coba seperti Semrush.com, Smallseotools.com, Moz.com dan lain-lain.

Anda dapat mencoba paket berbayar atau menggunakan versi gratis/percobaan jika Anda yakin menggunakan alat berbayar dari Ahrefs yang direkomendasikan oleh banyak pakar SEO.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu cara memeriksa tautan balik situs web Anda dan situs web pesaing dengan berbagai pilihan website penyedia cek backlink.

Menggunakan alat pengecekan backlink terbaik akan memberi Anda data berharga yang dapat digunakan nanti untuk mendapatkan lebih banyak backlink untuk situs web Anda.

Namun, melacak dan mengelola strategi backlink membutuhkan banyak waktu dan usaha. Jika Anda memerlukan bantuan merancang dan menjalankan strategi backlink, Mason siap membantu dengan layanan SEO kami.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar