"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

#3 Halaman Dashboard Aplikasi CAT IPMB Kemenag.go.id - Panduan Lengkap Penggunaan CAT Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB)

Hlaman Dashboard Aplikasi CAT IPMB Kemenag.go.id - Panduan Lengkap Penggunaan CAT Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB)

Halaman Dashboard Aplikasi CAT IPMB Kemenag.go.id
Halaman Dashboard Aplikasi CAT IPMB Kemenag.go.id 

Setelah user peserta berhasil login, maka akan diarahkan pada tampilan halaman beranda pelaksanaan aplikasi CAT, seperti menampilkan data profil peserta, nama satuan kerja, tempat pelaksanaan tes, hingga informasi server dan sesi pelaksanaan ujian, berikut tampilan halaman menu beranda di bawah ini.
Tampilan Halaman Awal Aplikasi CAT
Tampilan Halaman Awal Aplikasi CAT

Tampilan halaman dashboard:

1. Berikut tampilan data profil peserta CAT Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama menampilkan Identitas Peserta (1) diantaranya nama peserta, NIP pegawai, nama jabatan peserta, nama satuan kerja, tempat pelaksanaan tes, hingga server dan sesi pelaksaaan CAT, Pass Foto peserta (2) dan tombol mulai (3).

2. Berikut tampilan foto profil peserta CAT.

3. Untuk  mulai  mengerjakan  pelaksaan  CAT,  silahkan  klik  tombol "MULAI UJIAN" maka akan    tampil    halaman    soal    Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama, seperti contoh berikut. 

Tampilan Halaman Pengerjaan Soal Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama
Tampilan Halaman Pengerjaan Soal Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama

4. Berikut tampilan soal Kuesioner Indeks Profesionalitas, peserta hanya dapat menjawab satu pilihan .

5. Berikut tampilan pilihan jawaban soal.

6. Untuk memilih jawaban silahkan ceklis pada form pilihan jawaban.

7. Untuk menyimpan jawaban dan melanjutkan ke soal selanjutnya, klik tombol "SIMPAN & LANJUT"

8. Peserta dapat melanjutkan terlebih dahulu ke nomor soal selanjutnya dengan cara klik tombol "LEWATKAN UJIAN"  .

9. Peserta  dapat  kembali  ke  soal  sebelumnya  dengan  klik  tombol "KEMBALI"

10. Berikut tampilan jumlah soal yang tersedia, user dapat menampilkan soal sesuai nomor yang dipilih dengan cara klik no urutan soal.

11. Apabila soal sudah dijawab maka akan tampil indikator warna biru pada tampilan nomor urut soal.

12. Pada  posisi  kanan  atas  terdapat  tombol "A-" berfungsi  untuk mengecilkan ukuran font, kemudian tombol  "A+" berfungsi untuk membesarkan ukuran font, dan tombol "A" mengembalikan ukuran default.

13. Kemudian terdapat tampilan waktu durasi pengerjaan soal  CAT

14. Kemudian terdapat  tombol 🔁berfungsi untuk  melakukan refresh apabila terdapat soal yang loading berupa tampilan gambar atau beberapa soal tidak muncul, dan tombol ♐ berfungsi untuk melakukan full screen tampilan halaman ujian CAT.

Tampilan Jenis Soal Sikap Profesionalitas
Tampilan Jenis Soal Sikap Profesionalitas

15. Selanjutnya untuk jenis soal sikap dan prilaku profesionalitas dan jenis soal moderasi beragama, maka peserta dapat memilih lebih datu satu pilihan jawaban. 

16. Kemudian  apabila  peserta  hanya  memilih  jawaban  kurang  dari jumlah pilihan yang ditentukan, contoh peserta hanya memilih pilihan jawaban satu atau dua pilihan jawaban, maka akan otomatis tampil alert sebagai berikut.

Tampilan Alert Pilihan Jawaban Kurang dari Pilihan yang Ditentukan
Tampilan Alert Pilihan Jawaban Kurang dari Pilihan yang Ditentukan

17. Berikut tampilan alert apabila memilih jawaban kurang dari yang telah ditentukan “Opsi yang harus dipilih sama dan tidak boleh kurang dari 3 / 5 pilihan!

Opsi yang harus dipilih sama dan tidak boleh kurang dari 3
Opsi yang harus dipilih sama dan tidak boleh kurang dari 3

18. Kemudian apabila peserta memilih jawaban lebih dari pilihan yang sudah ditentukan, maka akan tampil halaman alert sebagai berikut. 

Tampilan Alert Pilihan Jawaban Lebih dari Jumlah Pilihan yang Telah Ditentukan
Tampilan Alert Pilihan Jawaban Lebih dari Jumlah Pilihan yang Telah Ditentukan

19. Berikut tampilan alert apabila memilih jawaban lebih dari jumlah pilihan yang telah ditentukan “Opsi yang harus dipilih sama dan tidak boleh kurang dari 3 / 5 pilihan!”

Tampilan Soal CAT Telah Dikejakan
Tampilan Soal CAT Telah Dikejakan

20. Apabila seluruh data soal CAT telah diisi, maka urutan penomoran soal akan tampil indikator warna biru pada seluruh nomor urut soal.

21. Kemudian  akan  tampil  otomatis  tombol "✅SELESAI" klik  tombol tersebut untuk mengakhiri pelaksanaan ujian CAT, soal yang sudah selesai tidak bisa dikerjakan atau diedit kembali, akan tampil beberapa pop up untuk meyakinkan jawaban telah diisi dengan sesuai dan benar. 

Tampilan Pop Up Pertama
Tampilan Pop Up Pertama

22. Akan tampil pop up peringatan pertama “Apakah Anda Benar- benar telah selesai dalam melakukan CAT” apabila sudah yakin, maka akan tampil kembali pop up kedua seperti berikut.

Tampilan Pop Up Kedua
Tampilan Pop Up Kedua

23. Akan tampil kembali pop up peringatan kedua “Apakah Anda telah memerika kembali semua jawaban?” apabila yakin, maka akan tampil alert pop up kegita seperti berikut.

Tampilan Pop up Ketiga
Tampilan Pop up Ketiga

24. Akan tampil pop up peringatan terakhir “Setelah Anda selesai. Anda tidak dapat lagi mengulang kembali. Apakah Anda yakin” apabila telah yakin,  tahapan proses pengerjaan soal  CAT indeks profesionalisme dan moderasi beragama telah selesai dilaksanakan. 

Tampilan Skor Hasil Pelaksanaan
Tampilan Skor Hasil Pelaksanaan

25. Apabila CAT telah selesai dilaksanakan, maka otomatis akan tampil langsung hasil skor berdasarkan masing masing jenis soal yang telah dikerjakan.

Cara Log Out atau Keluar dari Aplikasi CAT IPMB

Setelah peserta selesai melaksanakan ujian CAT, peserta disarankan untuk keluar dari aplikasi atau Log Out, yang berfungsi untuk memutuskan atau  mematikan aktifitas  yang  sedang  berlangsung, tentunya  hal  ini sangat berhubungan dengan keamanan yang membuat akun kita bisa terjaga dengan baik, berikut langkah – langkah Log Out Aplikasi.

Tampilan Tombol Log Out
Tampilan Tombol Log Out

Langkah – Log Out Aplikasi :

1. Klik nama peserta yang terletak di sebelah kanan pojok atas.

2. Kemudian klik tombol "🔑Log Out"

3. Atau user dapat langsung klik tombol "LOG OUT" pada halaman beranda peserta, apabila proses log out berhasil akan tampil kembali halaman log in sebagai berikut. 

Tampilan Halaman Berhasil Log Out
Tampilan Halaman Berhasil Log Out

Nah sampai disini kamu sudah mengetahui Halaman Dashboard Aplikasi CAT IPMB Kemenag.go.id untuk Ujian Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPBM).
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar