"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun, Lengkap dengan Hikmah & Artinya

Bagaimana bacaan do’a akhir tahun dan awal tahun menurut Islam? Setiap kali kita mendekati tahun baru

dengan

Bagaimana bacaan do’a akhir tahun dan awal tahun menurut Islam? Setiap kali kita mendekati tahun baru, ada baiknya mengakhiri tahun dengan pengakuan dosa dan meminta pengampunan.

Daftar isi bacaan

Baik juga jika kita meminta untuk diterima nya amal baik kita yang serba kekurangan. Berikut doa yang dibaca Nabi Muhammad SAW di akhir tahun Hijriah.

Dalam surat Al-Ghafir dijelaskan bahwa dengan doa, segala bentuk permintaan dan harapan yang diinginkan insya Allah dapat dikabulkan Allah SWT.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: "Berdoalah kepada ku niscaya akan aku kabulkan." (Surat Al-Ghafir, ayat 60)

Dalil Anjuran Membaca Doa Akhir dan Awal Tahun

Ajaran membaca doa akhir tahun dan awal tahun terdapat dalam Al-Qur'an surah Ghafir ayat 60.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَࣖ

Wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna 'an 'ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn.

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS. Ghafir: 60).

Kapan Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun Dibaca

Bacaan doa akhir tahun yang dibaca 3 kali setelah waktu salat Ashar sampai sebelum Maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah atau tanggal 29/30 Dzulhijjah sesuai anjuran Rasulullah SAW. 

Sedangkan doa untuk mengawali tahun yang baru juga dapat Anda baca sebanyak 3 kali setelah Maghrib tepanya pada 1 Muharram.

Berikut doa akhir tahun dan doa awal tahun yang dapat dibaca saat menyambut Tahun Baru 2023, lengkap huruf arab dan latin beserta artinya. Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Doa Menyambut Tahun Baru 2023 Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun, Lengkap dengan Keutamaan & Artinya

Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun Dibaca

Berikut adalah bacaan doa akhir tahun dan awal tahun yang lengkap dengan bacaan latin dan terjemahannya. Semoga dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun, kita akan mendapatkan kebaikan-kebaikan dari Allah Swt. pada tahun berikutnya.

# Doa Akhir Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Lathin:

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam. Allahumma antal-abadiyyul-qodimul-awwalu, wa 'alaa fadhlikal-'azhimi wujuudikal-mu'awwali, wa haadza 'aamun jadidun qad aqbala ilaina nas'alukal 'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa'ihi wa junudihi walauna 'alaa haadzihin-nafsil-ammarah bis-suu'i wal-isytighal bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram ya arhamar-rahimin, wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'ala alihi wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

"Dengan menyebut asma Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Ya Allah Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertobat, padahal Engkau tidak meridai (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut padaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertobat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada-Mu.

Maka sungguh aku mohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku! Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau rida dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada-Mu ya Allah, Zat yang Maha Pemurah, Zat yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari-Mu, wahai Zat yang Maha Pemurah! Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau."

# Doa Awal Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

للَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Lathin:

Allahumma ma'amiltu min'amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha'alayya bi fadhlika ba'da qudratika'ala uqubari, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirlo wa ma'amiltu fiha mimma tardha, wa wa'attani'alaihits tsawaba, fa as'aluka an taqabbal minna wa la taqata' raja'i minka ya karim.

Artinya:

"Ya Allah, Aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara Aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu. Sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.

Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan yang Maha Pemurah."

Hikmah Membaca Doa Akhir dan Awal Tahun

Membaca doa akhir tahun dan awal tahun dapat mendatangkan banyak kebaikan. Berikut beberapa hikmah yang bisa kita dapatkan dengan membaca doa akhir tahun.

1. Mendoakan tahun yang lebih baik

Melafalkan doa akhir tahun dan awal tahun juga dapat kita lakukan untuk mendoakan tahun baru yang lebih baik dari sebelumnya. Membaca doa akhir tahun dan awal tahun juga dapat kita lakukan dengan mengharap banyak kebaikan dari Allah Swt. pada tahun yang akan datang.

2. Terhindar dari godaan syaitan

Mengutip dari Detikcom, menurut Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid membaca doa akhir tahun bisa membuat kita terhindar dari godaan syaitan yang terkutuk. Kita dapat terjaga dari fitnah syaitan dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun.

3. Memohon pengampunan dosa

Membaca doa akhir tahun juga bisa kita lakukan dengan mengharap pengampunan dosa atas segala khilaf yang kita lakukan pada tahun sebelumnya.

Dan semoga, dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun segala urusan kita dipermudah dan menjadi pribadi yang lebih taat beribadah kepada-Nya. Sekian, semoga tulisan berisikan informasi doa akhir tahun dan awal tahun ini bermanfaat, ya. 


Dikutip dari berbagai sumber:

https://www.insertlive.com/
https://mediaindonesia.com/
https://jabar.tribunnews.com/
https://www.cnnindonesia.com/
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar