"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Kumpulan Contoh Refleksi Pembelajaran PPG Daljab Terlengkap Format PDF dan Word

Contoh Refleksi Pembelajaran PPG Daljab Terlengkap Format PDF dan Word

Contoh Refleksi Pembelajaran PPG Daljab Terlengkap Format PDF dan Word

Refleksi merupakan kata yang kerap didengar saat proses pembelajaran. Refleksi adalah istilah yang dikenal juga sebagai cerminan atau gambaran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), refleksi adalah gerakan, pantulan di luar kemauan (kesadaran) sebagai jawaban atas suatu hal atau kegiatan yang datang dari luar.

Dalam pembelajaran, refleksi merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan, tetapi sering kali dilupakan. 

Refleksi berkaitan dengan penilaian ataupun umpan balik setelah melakukan atau mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu.

Refleksi juga berkaitan dengan pembelajaran di kelas antara guru dan murid. Refleksi dilakukan dalam proses pembelajaran untuk melihat kembali proses pembelajaran yang telah dilakukan secara lebih detail.

Tak terkecuali juga didalam kegiatan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), dimana mahasiswa wajib membuat sebuat refleksi Pembelajaran pada setiap kegiatan. Refleksi Pembelajaran didalam PPG fase ini Saudara diajak untuk meninjau ulang keseluruhan proses pembelajaran dan melakukan refleksi pembelajaran yang memuat komponen terkait yaitu:

  1. Kegiatan apa yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
  2. Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
  3. Upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
  4. Upaya apa yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Untuk memudahkan mahasiswa PPG untuk mengisi daftar pertanyaan Refleksi Pembelajaran. berikut ini saya bagikan Kumpulan Contoh Refleksi Pembelajaran PPG Daljab Terlengkap Format PDF dan Word yang pernah saya buat selama mengikuti PPG Daljab  di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Tahun 2022.

Pendalaman Materi

Pembelajaran Mata Kuliah ini dilaksanakan dalam bentuk analisis permasalahan pembelajaran yang ditemui dalam konteks kelas dan/atau sekolah dalam upaya pemecahan permasalahan tersebut. Permasalahan dapat meliputi  literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills). Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas tiga langkah: (1) identifikasi masalah, (2) eksplorasi penyebab masalah, dan (3) penentuan penyebab masalah. Aktivitas pembelajaran ini dilakukan secara daring dengan beban belajar 4 (empat) sks.

1.f. Refleksi Pembelajaran - Identifikasi Masalah

2.k. Refleksi Pembelajaran - Eksplorasi Penyebab Masalah

3.i. Refleksi Pembelajaran - Penentuan Penyebab Masalah

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) eksplorasi alternatif solusi, (2) penentuan solusi, (3) pembuatan rencana aksi, dan (4) pembuatan rencana evaluasi.

4.h. Refleksi Pembelajaran - Eksplorasi Alternatif Solusi

5.i. Refleksi Pembelajaran - Penentuan Solusi

6.o. Refleksi Pembelajaran - Pembuatan Rencana Aksi

7.h. Refleksi Pembelajaran - Pembuatan Rencana Evaluasi




Kata Kunci

Bagaimana cara membuat refleksi diri? Bagaimana contoh refleksi dalam pembelajaran? Bagaimana Cara Membuat refleksi pembelajaran? Apa saja jenis jenis refleksi pembelajaran refleksi pembelajaran identifikasi masalah ppg 2022 2.k. refleksi pembelajaran - eksplorasi penyebab masalah refleksi pembelajaran lk 1.2 ppg refleksi pembelajaran lk 1.2 eksplorasi penyebab masalah 8.e.1.a. refleksi - praktik pembelajaran ke-1 contoh refleksi eksplorasi penyebab masalah simpkb ppg, refleksi pembelajaran contoh contoh refleksi ppl ppg refleksi pembelajaran identifikasi masalah ppg 2022 contoh refleksi pembelajaran pdf refleksi pembelajaran lk 1.2 ppg refleksi pembelajaran identifikasi masalah ppg 1 g contoh pertanyaan refleksi pembelajaran, jenis refleksi pembelajaran tujuan refleksi contoh pertanyaan refleksi pembelajaran refleksi diri manfaat refleksi dalam pembelajaran bagi pendidik adalah, kecuali . . . . refleksi pembelajaran pdf apa itu refleksi diri dalam pembelajaran

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar