DIKLAT MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MAHASISWA SKRIPSI. JON SEKARANG

Bab IX Pengolahan Multimedia Interaktif dengan ActionScript 3.0 - Melakukan Pengolahan Media Interaktif Dengan Audio Tombol dan Latar Musik

Bab IX Pengolahan Multimedia Interaktif dengan ActionScript 3.0 - Melakukan Pengolahan Media Interaktif Dengan Audio Tombol dan Latar Musik

Melakukan Pengolahan Media Interaktif Dengan Audio Tombol dan Latar Musik
Suatu media interaktif adalah media yang menampilkan tampilan berupa teks, audio, dan gambar yang dikemas dengan interaksi tertentu. Penggunaan audio (suara) pada multimedia interaktif dapat berupa narasi, lagu, dan sound effect.

B. Melakukan Pengolahan Media Interaktif Dengan Audio

Pemberian audio pada media interaktif memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

  1. Audio dapat digunakan untuk lebih memantapkan dan mengesankan dalam proses penyampaian pesan.
  2. Audio mampu untuk meningkatkan motivasi bagi pengguna agar lebih berminat dalam mengikuti proses penyampaian pesan atau informasi.
  3. Audio mampu menimbulkan suasana yang lebih menarik dan dapat menghasilkan tumpuan yang lebih terhadap pesan yang ingin dipersembahkan.
  4. Penyajian audio merupakan cara lain untuk memperjelas pengertian suatu informasi. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video.
  5. Suara dapat lebih menjelaskan karakter suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect), maupun suara asli (real sound).

Pemberian audio pada media interaktif juga merupakan jenis pengolahan yang dapat dilakukan. Pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh agar kamu semakin memahami langkah-langkah pengolahan media interaktif dengan audio!

1. Memberikan Sound Effect pada Tombol Navigasi

Sound effect pada tombol navigasi yaitu suara yang akan muncul ketika kita menekan tombol navigasi tersebut.Pemberian sound effect pada tombol navigasi akan bermanfaat untuk membuat media interaktif tidak terlalu'membosankan. Untuk memberikan sound effect pada tombol navigasi, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Bukalah Adobe Flash/Animate dan buatlah sebuah button atau tombol navigasi.

b. Siapkan sound yang akan digunakan sebagai sound effect pada button tersebut. Jangan lupa untuk menjadikannya ke dalam format .wav. Sound akan digunakan sebagai sound effect saat kita menekan tombol navigasi, jadi sebaiknya durasi sound yang digunakan pendek atau sekitar 1 detik.

c. Import sound tersebut ke dalam library Adobe Flash/Animate, dengan cara Klik file > import >Import to library > pilih sound. Atau kamu dapat langsung mendragnya ke dalam library Adobe Flash/Animate.


d. Setelah sound berhasil ter-import ke dalam library, double klik button yang sebelumnya telah dibuat. Kemudian berikan keyframe pada Frame Down.

e. Drag sound yang telah ter-import ke dalam stage, pastikan sudah berada pada Frame Down.

Melakukan-Drag-Sound-Ke-Stage-Frame-Down.png

f. Uji pemberian sound pada tombol navigasi tersebut dengan melakukan test movie, tekan CTRL+Enter.

==========

PRAKTIKUM

A. Judul Kegiatan :Membuat Tombol Navigasi dengan Sound effect

B. Jenis Kegiatan :Kerja Mandiri

C. Tujuan Kegiatan:
1) Peserta didik dapat memahami langkah memberikan sound effect pada tombol navigasi dengan benar.(KD 3)
2) Peserta didik dapat memberikan sound effect pada tombol navigasi dengan terampil. (KD 4)

D. Alat dan Bahan
1. Komputer/Laptop
2. Aplikasi Adobe Flash Professional CS6 atau Adobe Animate

E. Langkah Kerja

1. Kamu telah mempelajari langkah-langkah memberikan sound effect pada tombol navigasi.

Bukalah aplikasi Adobe Flash CS6 atau Animate yang terinstal di komputer/laptop kemudian pilih ActionScript,3.0

2. Selanjutnya kalian akan ditampilkan area kerja Adobe Flash/Animate. Buatlah media interaktif dengan ketentuan:,

a. Tampilan user interface menarik

b. Terdapat pengolahan berupa animasi pada button.

c. Terdapat kontrol animasi pada salah satu halaman media interaktif.

d. Setiap button harus memiliki sound effect.

3.Buatlah media interaktif tersebut sesuai dengan kreativitasmu!

4.Screenshoot setiap langkah kerjanya untuk nanti digunakan sebagai bahan pembuatan laporan.

5. Simpan proyek tersebut dengan nama “Pengolahan Media Interaktif 3_no.absen".,

G. Laporan kerja :

Buatlah laporan kerja membuat tombol navigasi dengan pengolahan animasi dan sound effect lengkap dengan gambar setiap langkah kerjanya sesuai dengan sistematika penulisan laporan dalam bentuk print out! Kemudian kumpulkan laporan dan file .fla pada gurumu pada waktu yang telah ditentukan!

====

2. Memberikan Sound Effect pada Tombol Navigasi dengan Action Script

Kontrol audio biasanya digunakan untuk mematikan atau menghidupkan suara pada game atau media pembelajaran, memainkan atau mengatur volume, dan lain sebagainya. Dengan adanya kontrol audio, pengguna dapat mengatur sendiri audio yang terdapat pada media interaktif tersebut.

a. Membuat Objek Berbunyi Saat di Klik Dengan Memanggil Sound dari Library dengan ActionScript

Perhatikan langkah-langkah memanggil sound dari library dengan ActionScript berikut.
1) Bukalah Adobe Flash/Adobe Animate kemudian pilih ActionScript 3.0.

2) Siapkan objek hewan ayam, kambing, sapi, atau jenis hewan lain. Objek hewan dapat diunduh melalui internet. Objek tersebut nantinya akan digunakan sebagai button. Carilah gambar dengan format png. sehingga button yang kamu buat tidak memiliki background.

3) Siapkan suara hewan ayam, kambing, sapi, atau jenis hewan lain. Suara hewan tersebut nantinya yang akan digunakan untuk pengolahan kontrol audio.

4) Jika semua bahan sudah siap, import objek dan sound ke dalam library Adobe Flash/Adobe Animate.
Import-Objek
Import Objek

5) Buatlah button dari objek-objek tersebut, misalnya dengan memberikan nama btnAyam, btnKamping, btnSapi. 

6) Sebelum memberi ActionScript, atur properties sound terlebih dahulu, dengan cara klik kanan file audio yang berada di library kemudian pilih properties, beralihlah ke tab ActionScript lalu ubah nama kelas menjadi “suaraAyam”, lakukan hal yang sama pada suara kambing "suaraKambing dan suara sapi "suaraSapi". Sedangkan untuk Instance Name nya disamakan saja.

Mengatur properties sound dan pemberian nama Class
Mengatur properties sound dan pemberian nama class

7) Buatlah layer baru yang akan digunakan untuk menempatkan ActionScript. Buka panel action kemudian tulislah ActionScript pada layer tersebut sebagai berikut:

import flash.media.Sound;
import flash.events.MouseEvent;

stop();

var mySound:Sound=new suaraAyam(); //variabel untuk memberikan suara Ayam
var mySound1:Sound=new suaraKambing(); //variabel untuk memberikan suara Kambing
var mySound2:Sound=new suaraSapi(); //variabel untuk memberikan suara Sapi

btnAyam.addEventListener(MouseEvent.CLICK, ayam);
function ayam(e:MouseEvent){
mySound.play();
}

btnKambing.addEventListener(MouseEvent.CLICK, kambing);
function kambing(e:MouseEvent){
mySound1.play();
}

btnSapi.addEventListener(MouseEvent.CLICK, sapi);
function sapi(e:MouseEvent){
mySound2.play();
}


Jika sudah diketik, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Keterangan:
  • var mySound:Sound=new suaraAyam() ; merupakan variabel yang digunakan untuk menyimpan suara pada Adobe Flash/Adobe Animate.
  • Untuk memanggil atau memainkan suara tersebut, yaitu dengan menggunakan: action mySound. play();
8) Uji media imteraktif tersebut dengan melakukan test movie dengan menekan CTRL+Enter.

DOWNLOAD ASSETS FILE LENGKAP

b. Membuat Kontrol Audio / Latar Musik dengan ActionScript

Pada sebuah game atau media interaktif biasanya memiliki fitur untuk mematikan atau menghidupkan audio yang berada pada game atau media interaktif tersebut. Fitur ini memiliki konsΔ—p kerja yang sama dengan tombol play and pause. Untuk membuatnya, perhatikan langkah-langkah pembuatan kontrol audio dengan ActionScript berikut.
1) Bukalah Adobe Flash/Adobe Animate yang berada pada laptop/PCmu kemudian pilih ActionScript 3.0.

2) Pertama, buatlah tombol play dengan nama "btnPlay" dan tombol mute dengan bama "btnMute" dan letakkan secara tumpang tindih. Sedangkan untuk Instance name nya samakan saja.
Convert to Symbol Button Play dan Mute

3) Siapkan dan import audio yang akan digunakan, kemudian atur propertiesnya seperti padΓ  langkah materi sebelumnya. Pada materi ini nama class yang digunakan adalah “lagu”.
Memberikan Class Pada Lagu

4) Buatlah layer baru yang akan digunakan untuk menempatkan ActionScript. Buka panel action kemudian tulislah ActionScript pada layer tersebut sebagai berikut:

stop();

var mySound:Sound=new lagu();
var lasposition:Number=0;
btnPlay.visible=true;
btnMute.visible=false;
var myChannel:SoundChannel=new SoundChannel();
var myTransform:SoundTransform=new SoundTransform();
myTransform.volume=0.5;

btnPlay.addEventListener(MouseEvent.CLICK,mainkan);
function mainkan (e:MouseEvent){
btnPlay.visible=false;
btnMute.visible=true;
myChannel=mySound.play(lastposition);
myChannel.soundTransform=myTransform;
}

btnMute.addEventListener(MouseEvent.CLICK,diam);
function diam (e:MouseEvent){
btnPlay.visible=true;
btnMute.visible=false;
myChannel.stop();
}

Jika sudah diketik, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Keterangan:
  • var mySound:Sound=new suaraAyam() ; merupakan variabel yang digunakan untuk menyimpan suara pada Adobe Flash/Adobe Animate.
  • Untuk memanggil atau memainkan suara tersebut, yaitu dengan menggunakan: action mySound. play();
e. Uji media interaktif tersebut dengan, melakukan test Gambar 9.25 Hasil pembuatan kontrol audio movie dengan menekan CTRL+Enter.

DOWNLOAD ASSETS FILE LENGKAP
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar